jakarta-selatan

The real SUV Grand vitara 2.4

Oleh Danar Giansatya Winarno untuk Suzuki Grand Vitara

Grand vitara 2.4 2012, salah satu mobil SUV CBU Jepang. First impression pada mobil ini tampilannya maskulin dan gagah. Tidak banyak bentuk yang sifatnya aerodinamis, lebih cenderung ke kotak dan tegas. Bodi cukup tebal, lampu sudah projector HID dan keyless entry. Velg 18 inch yang sangat masuk penampilannya dengan bodinya, profil ban 225/55 R18 dan dapat ban serep dengan velg standardnya.
Dengan ground clearence setinggi 215 mm, mobil ini cukup mudah untuk akomodasi orang2 Asia pada umumnya. Karena mobil ini dari segi bentuk tidak terlalu tinggi.

Di dalam interiornya dominan dengan warna hitam dan hard plastic. Yang ingin saya tekankan, material hard plastic di mobil ini tergolong cukup baik. Hard plastic yang dipakai di mobil ini sifatmya longlasting. Tidak gampang rusak dan tidak menimbulkan bunyi pada saat berkendara. Kualitas CBU? Mungkin saja.
Soft touch yang ada di mobil ini diletakkan ditempat yang sering dipakai oleh pengendara, salah satu contohnya armrest.
Airbag hanya di sisi penumpang dan driver. Jok bahan fabric dan cukup keras untuk busanya. Pengaturan steer hanya naik turun. Tapi diluar itu posisinya memadai untuk mengemudi, ruang visibilitas keluar cukup luas.
Untuk ruang jok belakang tergolong cukup, tidak luas tidak sempit. Yang saya tidak suka dari mobil ini, pengaturan jok belakang tidak bisa maju mundur. Bagasi tergolong sempit untuk ukuran SUV.

Saat berkendara, kesan pertama mobil ini suspensinya tergolong stiff dan stirnya berat. Untuk melewati polisi tidur dan jalan lubang dalam suspensinya terasa keras. Akan tetapi jika masuk jalan gelombang dan belok tajam mobil ini juaranya. Body rollnya tidak terasa.
Untuk akselerasi di mobil 2400 cc menurut saya masih tergolong biasa saja dan cenderung ke lemot, tapi ini bisa ditutup dengan menyalakan fitur overdrive. Yang saya rasakan fitur ini akan nyala jika di RPM tinggi, tarikan akan terasa lebih agresif.

Dan yang terakhir dan terpenting adalah konsumsi bahan bakar. Mobil ini akan terasa sangat boros jika pengendara mengendarakan mobil ini secara agresif, munurut perspektif saya orang yang tinggal di jabodetabek biasa memakai mobil mobil dengan cc kecil atau lcgc. Kecenderungan mereka dalam mengendarai mobil ini salah satunya menekan pedal gas secara dalam atau agresif. Jika diterapkan di grand vitara 2.4 ini akan boros, saya pernah mencoba berkendara dengan gaya seperti ini dapat 1:6 dalam kota 1:9 luar kota. Akhirnya saya mencoba ubah gaya berkendara saya, lebih ke eco dengan rpm maksimal 3000. Dalkot 1:7.5, lurkot 1:11 dengan metode full to full. Bahan bakar RON 92.

Overall mobil ini yang sifatnya relaible sangat baik untuk diajak berpetualang dan pergi jarak jauh. Akan tetapi karakter mobil ini tidak cukup baik untuk hidup di dalam kota seperti jakarta.



Apakah review ini berguna untuk Anda? Ya Tidak

Review Pengguna Suzuki Grand Vitara Lainnya

4.5
Berdasarkan 4 Review
  • 5 2
  • 4 2
  • 3 0
  • 2 0
  • 1 0
Ceritakan kisah mobil Anda

Review Anda akan membantu orang lain memilih

Tulis Review
Review populer
  • Semua(4)
  • Fitur(4)
  • Specs(4)
  • Performa(3)
  • Dimensi(2)
  • Mesin(1)
  • Suspensi(2)
  • Ban(1)
  • Keselamatan(4)
  • A
    Agustinus Wurliantono 01 Nov, 2019 untuk Suzuki Grand Vitara

    Cc gede kelihatan mewah gagah dan tangguh tapi nyaman di kendarainya. Baca Selengkapnya

  • r
    Rezky Prasetiyo 03 Jan, 2018 untuk Suzuki Grand Vitara

    perjalanan yang mengesankan mengendarai suzuki grand vitara, nyaman untuk dikendarai jarak jauh keluar kota. Tangguh disegala jenis jalan. Kabin yang senyap karena kedap, mobil grand vitara sangat stabil di kecepatan rendah maupun kecepatan tinggi,konsumsi penggunaan bahan bakar normal baik dalam kota maupun luar kota., suspensi handal di segala kondisi jalan, mantaaap...salam gaspoll Baca Selengkapnya

  • Z
    Zulman 03 Jan, 2018 untuk Suzuki Grand Vitara

    Saya pada pendakian tidak ragu dengan kemampuan grand vitara 2000cc Dan juga pada sebuah tikungan dg kecepatan 80km/hrs mobil tetap stabil dan tidak pernah ada slip selama dalam perjalanan ac hidup tidak pernah saya matikan, tapi bahan bakar tetap normal tanpa ada pemborosan pemakaian dan terasa nyaman di dalam mobil tanpa ada terdengar kebisingan bunyi mesin. Baca Selengkapnya

Pilihan Mobil Bekas

Mobil Suzuki Populer

Artikel Feature Mobil

Video Suzuki Grand Vitara

Lihat video terbaru Suzuki Grand Vitara untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Pencarian Cepat untuk Suzuki Grand Vitara