Suzuki Ertiga

Rp 184 - 224,5 juta*
Harga On The Road (OTR)
Dapatkan promo eksklusif dan pilihan pinjaman dari dealer
Gambar Suzuki Ertiga
4.2 / 5
based on 2 reviews
0 Shares

Suzuki Ertiga Price List

lihat di bawah ini - daftar varian
    Varian Bensin
    • 1400 cc, Bensin
      Rp 184 juta*
    • 1400 cc, Bensin
      Rp 200,5 juta*
    • 1400 cc, Bensin
      Rp 212 juta*
    • 1400 cc, Bensin
      Rp 213 juta*
    • 1400 cc, Bensin
      Rp 224,5 juta*

Iklan

Video Suzuki Ertiga

Kami pilihkan video terbaik dari youtube dan web - Lihat Semua Video
Subscripe Now!

Iklan

Pilihan Warna Ertiga

  • Putih

  • Snow-white-pearl

  • Silky-silver-metallic

  • Radiant-red-pearl

  • Lilac-grey

  • Graphite-grey-metallic

  • Cool-black-metallic

  • Burgundy-red-pearl

Review Suzuki Ertiga

Tinjauan Umum

Suzuki Ertiga merupakan MPV kompak tujuh kursi yang diluncurkan di Indonesia pada tanggal 22 April 2012 oleh produsen mobil asal Jepang, Suzuki, bersama dengan mitranya dari India, Maruti. Mobil ini mencatat rekor dengan volume penjualan yang tertinggi selama tahun peluncurannya dan berhasil mengungguli kompetitor terberatnya, Toyota Innova. Mobil ini merupakan kombinasi dari hatchback dan MUV, dan diklaim sebagai LUV (Life Utility Vehicle) yang paling pertama. Mobil ini tersedia dalam 5 varian – GA, GL, GX, Elegant, dan model tertinggi Sport. Pembuat mobil Ertiga juga menonjolkan karakter aerodinamis pada mobil ini, dimana tidak terdapat sudut di antara kaca dan pintu sehingga udara dapat mengalir dengan lancar. Selain itu, windshield juga dibuat ramping, sehingga aliran udara dari kaca depan dapat mengalir dengan lancar.

Ertiga didesain sebagai sebuah kendaraan keluarga dan mobil ini tentunya sama sekali tidak mengecewakan sekalipun anda hanyalah penonton. Suzuki membenamkan mesin bensin 1,4 liter dibawah kapnya. Mesin ini dibuat dari material berbasis aluminium yang mampu mengurangi bobot dan gesekan pun juga menjadi lebih kecil. Tenaga maksimum yang dihasilkan, mencapai 95 hp pada putaran 6000 rpm dan letupan torsi tertinggi sebesar 130 Nm pada 4000 rpm. Mobil ini menggunakan sistem penggerak roda depan dengan transmisi manual 5 kecepatan. Akselerasi tercepat dari 0-100 km diraih dalam waktu 14,2 detik, yang sebenarnya tidaklah terlalu memuaskan, mengingat bahwa mobil ini menggunakan sistem penggerak roda depan. Tapi ini juga mungkin disebabkan oleh bobotnya yang agak berat. Tingkat efisiensi bahan bakar sebesar 18,35 kmpl tergolong cukup memadai. Pengaturan suspensi yang handal dan sasis monoque dapat menjaga kestabilan mobil. Secara keseluruhan, Suzuki Ertiga merupakan kendaraan keluarga berjenis MPV yang terjangkau, yang dapat menawarkan kesenangan selama berkendara, mengingat statusnya sebagai mobil besutan merek Suzuki yang terpercaya.

Jarak Tempuh dan Tingkat Efisiensi

Mesin bensin 1,4 L K14B besutan Suzuki merupakan turunan dari seri K yang telah disempurnakan serta irit bahan bakar. Mesin ini memberikan jarak tempuh rata-rata sekitar 18,35 kmpl dengan transmisi manual 5 kecepatan. Performa mesin ini juga sangat impresif. Mobil ini dibangun dari sasis ladder frame berukuran besar yang sangat kokoh dan kuat pada saat kecepatan tinggi. Tangki Ertiga juga dapat menampung 45 liter bahan bakar dalam sekali pengisian.

Tenaga

Mesin bensin merupakan turunan dari lini seri K. Jantung pacu Ertiga didukung dengan sebuah mesin 1,4 liter K14B (DOHC-VVT) yang menggantikan mesin sebelumnya berkapasitas 1373 cc. Mesin bensin K14B ini menyemburkan tenaga yang cukup besar, yakni 95 hp pada 6500 rpm dan torsi maksimum mencapai 130 Nm pada 4000 rpm. Ertiga bukanlah MPV yang paling bertenaga besar di pasaran saat ini, namun mobil ini menawarkan anda kesenangan selama berkendara, terutama ketika menikung dan dikendarai pada putaran rpm yang lebih rendah.

Akselerasi dan Daya Angkut

Mesin 1.4L K14B sangat responsif pada putaran yang rendah dan menembus kecepatan 100 kmpj dari titik nol dalam waktu 14,2 detik. Mobil ini mencapai kecepatan tertinggi apda 160 kmpj. Penyempurnaan yang dilakukan pada jantung pacu ini juga mengurangi suara bising selama kendaraan. Tenaga yang dihasilkannya membuat mobil ini cocok untuk dikendarai baik di perkotaan maupun di jalan tol. Sistem kendali juga lumayan mumpuni, meskipun tenaga yang dihasilkan terkadang sedikit pelan karena menggunakan model yang terendah dari lini seri K. Mesin tersebut akan mengeluarkan sedikit suara bising pada saat perputaran yang cepat.

Eksterior

Ertiga memiliki bentuk yang kompak dan hadir dalam balutan desain yang stylish sehingga terlihat sangat impresif dan dinamis. Pembuat mobil Ertiga juga menonjolkan karakter aerodinamis pada mobil ini, dimana tidak terdapat sudut di antara kaca dan pintu sehingga udara dapat mengalir dengan lancar. Selain itu, windshield juga dibuat ramping, sehingga aliran udara dari kaca depan dapat mengalir dengan lancar. Tampilan eksterior didesain sangat elegan dengan lampu yang dibuat lebih lebar, mencakup lampu utama yang stylish, lampu kabut yang bernuansa sporty, kaca luar dengan indikator lampu belok, lampu kombinasi belakang yang atraktif, serta lampu stop yang dipasang lebih tinggi. Desain Ertiga tidaklah agresif dan menonjolkan karakter yang lebih ‘kalem’ sebagai mobil perkotaan, tapi terdapat tambahan fitur di varian Sport, dimana anda bisa mengubah Ertiga versi standar menjadi MPV yang terlihat lebih segar.

Ukuran Eksterior

Ertiga memenuhi syarat sebagai MPV berukuran kompak dengan dimensinya secara keseluruhan yakni 4265 mm x 1695 mm x 1685 mm (P x L x T) sehingga menghadirkan ruang interior yang cukup besar. Ground clearance setinggi 184 mm, cukup handal dalam melindungi kendaraan pada saat melaju di permukaan jalan yang kasar dan berlubang. Jarak sumbu roda Ertiga juga sangat memadai, yakni 2740 mm, yang menawarkan ruang kabin lebih besar untuk penumpang.

Interior

Sebagaimana yang terlihat dari luar, Interior Ertiga kurang luas, tapi memiliki jok premium bertekstur sempurna yang memberikan sentuhan kemewahan. Pada bagian tengah dasbor, terdapat unit Double Din Head yang dapat memutar radio dan CD. Soket USB juga dipasang di bawah konsol. Pengaturan audio dapat diakomodir melalui tombol yang disematkan di roda kemudi. Kursi pada baris tengah dapat dipindahkan sejauh 240 mm untuk memperluas ruang kaki dan dapat dilipat dengan konfigurasi 60 : 40 untuk meningkatkan kapasitas ruang penyimpanan. Terdapat fasilitas yang cukup dan sejumlah fitur hiburan untuk meningkatkan kesenangan selama berkendara. Selain itu, mobil ini juga memiliki kluster meteran yang stylish lengkap dengan tampilan LCD, tweeter, untuk meningkatkan kualitas audio dan roda kemudi yang stylish terintegrasi dengan kontrol audio.

Kenyamanan Interior

Ertiga memiliki kabin yang lapang dengan fitur yang memadai. Kursi depan sangat nyaman untuk anda selama perjalanan yang panjang. Baris tengah memiliki ruang kaki, ruang kepala, dan ruang bahu yang cukup untuk menawarkan kepraktisan dan kenyamanan selama berpergian bersama keluarga. Baris kedua juga dapat dilipat dan digeser sesuai dengan kebutuhan anda. Terutama di varian sport, Anda bisa meningkatkan level kenyamanan anda dengan fitur-fitur standar, kecuali kontrol iklim otomatis. Selain itu, mobil ini juga memiliki sandaran tangan pada baris kedua, dan kantung pada kursi depan dan belakang, AC pada baris kedua dengan kontrol manual, pegangan gelas di dasbor, ruang bagasi yang lapang, serta mekanisme walk-in untuk memudahkan anda selama perjalanan bersama keluarga.

Ukuran Interior

Ketika terisi dengan semua penumpang, mobil ini hanya bisa menampung 185 liter bagasi, dengan kata lain, ketika semua kursi ditegakkan, anda tidak dapat memuat banyak barang bagasi untuk keluarga anda. Namun, jika kursi belakang dilipat, kapasitas ruang boot dapat ditingkatkan hingga 785 liter, yang tergolong cukup memadai. Tapi tetap saja, anda harus memilih antara ingin memasukkan lebih banyak penumpang atau memuat lebih banyak bagasi. Untuk mengakomodir ruang interior ini, kursi pada baris tengah dapat dimajukan hingga 240 mm untuk memperluas ruang kaki dan dapat dilipat dengan konfigurasi 60 : 40 untuk meningkatkan kapasitas ruang penyimpanan.

Roda

Roda didesain secara lebih sederhana dan dirakit secara sempurna sehingga memberikan nilai tambah pada estetika MPV ini. Varian Elegant dibekali dengan ban berukuran 185/65 R15 baik untuk pelek aluminium maupun baja. Sementara itu, varian Sport dijejali dengan pelek berukuran lebih besar, 16 inchi, dengan ban berukuran 205/55 R16.

Stereo dan Aksesoris

Sistem audio Ertiga tidaklah terlalu memuaskan anda, tapi secara keseluruhan, mobil ini menawarkan paket stereo yang tergolong memadai dengan sistem 2DIN AM/FM, kompatibel dengan MP3, pemutar CD dengan soket USB, kontrol remot audio dan teknologi Bluetooth. Roda kemudi pada varian tertinggi juga disematkan kontrol audio serta tambahan Tweeters yang semakin meningkatkan kualitas audio.

Mesin dan Performa

Ertiga dipersenjatai dengan mesin 1,4 liter K14 B yang diklaim oleh Suzuki sebagai mesin dari keluarga Seri K. Jantung pacu ini mengusung sistem injeksi Multi Point Injection yang menghasilkan pembakaran secara sempurna sehingga meningkatkan performa dan mereduksi emisi gas buangan. Mesin ini menghasilkan tenaga cukup besar, yakni 95 hp pada putaran 6000 rpm dan torsi maksimum mencapai 130 Nm pada 4000 rpm.

Pengereman dan Penanganan

Ertiga menggunakan torsion beam sebagai suspensi belakang, yang jarang digunakan oleh mobil MPV. Suspensi belakang disematkan pada sistem penggerak roda depan mobil ini sehingga membuatnya dapat bekerja lebih sempurna. Dengan ini, mobil dapat dengan mudah ditangani ketika berada di tikungan. Kontrol bodi dan suspensi didukung dengan McPherson Coil Spring di bagian depan dan dapat diandalkan pada saat berada di tikungan. Seiring dengan penambahan kecepatannya, mobil ini menawarkan penanganan yang mumpuni baik pada saat perjalanan off-road maupun saat dikendarai di perkotaan.

Keselamatan dan Keamanan

Sebagai sebuah mobil keluarga berukuran besar, Ertiga sangat memprioritaskan fitur keselamatannya. Dengan adanya teknologi keselamatan yang canggih, anda tidak perlu cemas selama berkendara. Mobil ini dibekali dengan airbag Dual SRS, sabuk pengaman untuk setiap penumpang, Immobilizer, dan sistem masuk tanpa kunci (keyless entry) dengan sistem alarm yang dapat ditemukan di semua varian. Sistem pengereman ABS dengan brake assists dan EBD menawarkan kontrol traksi yang mumpuni pada saat perjalanan off-road.

Pro

  • Mesin yang irit bahan bakar
  • Interior yang lapang
  • Pengaturan kursi yang nyaman

Kontra

  • Kapasitas Ruang boot kurang memadai
  • Tenaga yang dihasilkan dapat lebih ditingkatkan

Download Brosur

Download brosur Suzuki Ertiga untuk spesifikasi yang lebih detail
Lihat Brosur Suzuki lainnya

Berita Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga dan Ciaz Meraih 4 Bintang ASEAN NCAP

Dirilis pada | | 1353

Dua line-up Suzuki yakni Ertiga dan Ciaz, pada bulan April 2016 kemarin, telah menjalani pengujian keselamatan berkendara yang digelar ASEAN NCAP dan baru-baru ini, Lembaga independen yang bertugas untuk memberikan penilaian terhadap faktor keselamatan di regional Asia Tenggara tersebut, sudah merilis hasilnya. Tercatat, Low MPV dan Sedan Suzuki in...BACA BERITA SELENGKAPNYA

Dealer 3S Suzuki Ke-300 Resmi Beroperasi Di Palembang

Dirilis pada | | 735

Palembang: PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebagai Agen Pemegang Merek mobil Suzuki di Tanah Air terus melakukan usaha perluasan jaringan dan meningkatkan pelayanannya di tahun ini. Setelah pada pertengahan bulan April lalu meresmikan dealer 3S Sumber Baru Mobil di Yogyakarta, maka pada tanggal 25 April 2016 ini, SIS meluncurkan dealer Nusa Sarana ...BACA BERITA SELENGKAPNYA

Rumor Varian Tertinggi Suzuki Ertiga Tampak Menjadi Kenyataan di Suzuki Dealership di Indonesia

Dirilis pada | | 27035

JAKARTA: Perusahaan otomotif asal Jepang, Suzuki meluncurkan kompak MPV 7-penumpang buatannya – Suzuki Ertiga pada tahun 2012 silam. Mobil tersebut meraup ketenaran dan kepopuleran di pasar otomotif Indonesia karena teknologi canggih dan fitur inovatifnya. Dengan kesuksesan ini, dirumorkan bahwa Suzuki Indomobil Sales sedang mempersiapkan varian te...BACA BERITA SELENGKAPNYA

Kesan pertama dengan ertiga dreza gs

By Yuddy Imowanto Posted on 31 May 16, 08:31 PM

Pros

Cons

Saat terakhir mau memutuskan mobil keluarga kompak paling tepat untuk antar jemput anak saya sekolah. Waktu itu ada pameran mobil di salah satu mall di kota Malang, ini tidak direncanakan karena awalnya mau nonton film bioskop, ternyata gedungnya tutup direnovasi, sehingga kami putuskan sebelum pulang untuk melihat pameran mobil mungkin ada yang pas dengan kriteria pilihan kami (peluang terakhir sebelum keputusan final). Kami sangat penasaran dengan ertiga dreza gs, saat melihat desain eksterior yang agak "menor", namun interior cukup lega dan paling menggoda unit audio video navigasinya. Dan selama di rumah saya mencari informasi dan melihat video test drive dari beberapa reviewer terkenal yang semakin meyakinkan saya untuk memilih dreza dan keraguan saya yang masih tersisa sedikit menjadi sirna setelah saya membuktikan sendiri saat test drive di dealer suzuki dan ditambah dengan penghargaan yang diterima ertiga maka akhirnya memutuskan untuk meminangnya. Dreza adalah mobil kedua kami, dimana mobil pertama dengan volume mesin lebih besar dan RWD, sehingga menjadi pengalaman baru untuk merasakan dreza yang bermesin lebih kecil dan FWD. Semakin hari mengendarai ertiga dreza semakin mengasyikan dan merasakan akselerasi responsif sangat ideal di perkotaan dan bahkan saat mengendarai di tanjakan pun tetap mengasyikan. Rumor tentang kekurangannya saya yakin berlebihan. Kami bangga telah memilih ertiga dreza. Untuk pilihan tipe kendaraan tidak dreza gs, sehingga kami memilih gx m/t dengan alasan unit yang saya coba tipe ini (waktu itu unit test drive dreza belum tersedia).

Was this review helpful? Yes / No

4 of 4 users found this review helpful.

Suzuki Ertiga, pas untuk keluarga

By Johanes Kurnia Wijaya Posted on 09 Jun 16, 08:12 PM

Pros

Cons

Saya menggunakan Suzuki Ertiga GL AT sejak akhir 2014, dan sejauh ini saya percaya ini adalah kendaraan yang pas untuk keluarga: 1. Kenyamanan dalam kabin oke punya, 2. Stabil, relatif tidak terlalu goncang dalam melakoni perjalanan, baik dalam maupun luar kota, 3. Ground clearence yang lumayan tinggi, sehingga tidak terlalu khawatir saat menghadapi jalan bergelombang atau jalanan yang banjir, 4. Konsumsi bensin yang irit. Pengalaman saya 1 : 14 kmpl; 5. Biaya perawatan yang murah dan spare part yang ready setiap saat; 6. Kursi baris terakhir yang bisa dilipat sejajar deck membuatnya terasa luas untuk membawa barang (stroler anak, tas, dll); 7. Oh ya, walaupun matic, tapi tarikannya tidak kalah dengan versi manualnya. Padahal saya isi BBM standar alias premium, tapi untuk mencapai 100 Km/jam tidak terlalu lama...

Was this review helpful? Yes / No

3 of 3 users found this review helpful.