Modifikasi Daihatsu Terios

Lead Terios

Ini adalah generasi kedua Terios yang diluncurkan oleh Daihatsu sejak kehadirannya di Indonesia. Desainnya berubah total dari model yang pertama, lebih mengarah ke SUV ringan negara maju dengan menghapus sanggul ban cadangannya.

Rangkanya yang monokok, memberikan efek kenyamanan dan kelapangan kabin yang lebih baik ketimbang mobil dengan sasis bertangga atau ladder frame. Kendati demikian, predikat Daihatsu Terios yang bantingannya keras dan limbung di kecepatan tinggi masih mengalir deras dari para pemiliknya.

Perlu sedikit garapan pada suspensinya agar bisa lebih nyaman lagi. Ada dua konsentrasi yang harus diperhatikan saat memodifikasi suspensi Daihatsu Terios. Pertama membuat ayunannya lebih baik saat ban bertemu dengan kontur jalan tidak rata, kedua membuat penyerapan tekanan ban terhadap aspal lebih lembut saat berhadapan dengan kontur jalan tidak rata.

Selain sektor suspensi, daerah roda juga sering mendapatkan komentar yang miring dari para pembesut Daihatsu Terios. Soal model memang relatif, selera orang pasti berbeda, beberapa menilai pelek alloy bawaan kurang terlihat menarik dari aspek desain dan warna. Sebagian lagi menilai ban dan pelek alloy bawaan Daihatsu Terios kurang lebar atau dirasa kurang kekar.

Kendati sudah dilengkapi dengan peranti audio yang cukup canggih dengan empat speaker dan headunit layar sentuh, namun fitur yang terdapat di dalamnya terbilang kurang mengakomodir kebutuhan perjalanan. Pasalnya headunit di era sekarang bukan hanya sebagai peranti penghibur di dalam kabin saja, namun lebih ke arah alat bantu dalam perjalanan, misal fitur navigasi atau pemutar lagu dan sambungan telefon langsung dari ponsel.

Meskipun demikian, Daihatsu Terios adalah salah satu pilihan yang baik untuk di modifikasi, mengingat ada beberapa hal bawaan pabrik yang mesti diperbaiki lagi. Tentu hal ini menjadi tantangan dan kesenangan tersendiri bagi pemilik yang gemar modifikasi agar tunggangan tampil tidak sama dengan bawaan dealer.

Di Indonesia, Daihatsu Terios memiliki rentang harga jual Rp 207 jutaan hingga Rp 258 jutaan tergantung varian dan transmisi yang dipilih. Dengan kapasitas angkut tujuh penumpang dan jaminan layanan purnajual tersebar di Indonesia, tak sulit untuk meminang dan menggunakan Daihatsu Terios sebagai tunggangan harian dan tampil ciamik dengan beberapa sentuhan modifikasi.

Baca Kurang

Seller Aksesoris Modifikasi Daihatsu Terios

Cvan Auto Parts (K&N/BMC Filter official dealer)
ORD Exhaust Indonesia

Daihatsu Terios Cerita Modifikasi

Ceritakan kisah mobil Anda

Review Anda akan membantu orang lain memilih

Tulis ceritamu

Pertanyaan Seputar Modifikasi Daihatsu Terios

  • Berapakah diameter maksimal yang aman digunakan untuk Daihatsu Terios?

    Umumnya peningkatan lingkar pelek yang direkomendasikan adalah dua inci lebih besar dari ukuran standar. Bila Daihatsu Terios menggunakan pelek berdiameter 16 inci sebagai standar, maka pelek aftermarket paling aman yang dapat digunakan adalah lingkar 18 inci atau paling maksimal 19 inci.

  • Apakah modifikasi mesin masih aman untuk penggunaan harian?

    Selama pengerjaan modifikasi yang dilakukan terstruktur dan terarah maka kendaraan masih aman untuk digunakan harian. Sebaiknya konsultasikan dengan tuner atau modifikator soal batasan-batasan modifikasi yang dapat dilakukan untuk penggunaan harian.

  • Apakah modifikasi pada mesin dapat menggugurkan garansi?

    Biasanya garansi memang akan gugur tatkala spesifikasi mesin telah berubah dari standarnya. Namun ini adalah konsekuensi yang wajib ditempuh oleh konsumen bila memutuskan untuk meningkatkan performa mobilnya.