Modifikasi Mitsubishi Xpander Cross

Kesuksesan Mitsubishi Xpander rupanya tidak membuat pabrikan berhenti berinovasi. Mereka melihat masih ada celah market yang belum terisi, yakni Low SUV dengan rentang harga yang memang masih selisih sedikit dengan Low MPV.

Mitsubishi Xpander Cross pun diluncurkan, versi Low SUV dari Xpander, MPV yang tengah berjaya di Indonesia. Dihadirkan di Indonesia sebagai penantang bagi Toyota Rush, Daihatsu Terios dan Honda BR-V.

Hadir resmi di Indonesia sejak November 2019, sang LSUV punya daya tarik tersendiri. Tampilannya maskulin, lebih gahar dan gagah ketimbang saudaranya. Daya jelajahnya juga bisa diandalkan untuk kelas SUV murah meriah berpenggerak 2WD. Modal utama di sektor ini adalah ground clearance yang mencapai 225 mm.

Sesuai namanya, mobil ini merupakan versi crossover dari Xpander, secara basis masih sama namun terdapat beberapa perubahan kosmetik dan suspensi yang membuat mobil ini lebih SUV.

Seperti desain bemper depan-belakang baru dengan plastic cladding hitam dibawahnya, over fender di keempat roda serta headlamp dan foglamp yang kini sudah LED.

Di sektor kaki-kaki turut dibedakan dengan penggunaan pelek 17 inci serta suspensi yang dibuat sedikit lebih kaku untuk menunjang ground clearance yang lebih jangkung.

Sebagai crossover, Mitsubishi meracik ulang suspensi yang lebih kuat. Konfigurasinya sama, menggunakan MacPherson Strut di depan dan Torsion Beam di roda belakang. Namun damper, pegas dan posisi caster angle diatur ulang agar mengurangi gejala body roll berlebih.

Kemudian jarak pijak tanah (ground clearance) Xpander Cross didesain lebih tinggi menjadi 225 mm. Lebih tinggi 20 mm dari Xpander standar yang berjarak 205 mm. Hal ini tentunya sangat membantu ketika harus berhadapan dengan medan yang sulit atau melibas genangan saat musim hujan.

Untuk fitur, sebagai varian tertinggi di Xpander maka fiturnya pun paling lengkap. Selain fitur-fitur yang sudah ada di Xpander tipe Ultimate seperti dual airbagsactive stability & traction controlcruise control serta hill start assist. Untuk pengereman masih sama, mengandalkan cakram di depan dan drum di roda belakang dengan teknologi terkini yaitu ABS (anti-lock brake system), EBD (electronic brake distribution) dan BA (brake assist).

Xpander Cross juga sudah dilengkapi dengan Cruise Control dan layar infotainment 7 inci yang sudah mendukung koneksi smartphone dan rear view camera. Hal ini setara dengan fitur yang juga ada pada Xpander Ultimate.

Sementara untuk mesin pada Xpander Cross juga masih sama dengan Xpander yaitu mesin 4A91 1.5L MIVEC DOHC 16-valve. Mesin berkapasitas 1.499 cc itu memiliki tenaga 102 hp dan torsi 141 Nm. Demikian juga dengan transmisi yang digunakan masih ada dua pilihan yaitu 4-speed AT dan 5-speed MT.

 

Baca Kurang

Populer Modifikasi Mitsubishi Xpander Cross

 

Mencari tema modifikasi mobil ini pun tidak sulit, karena sejatinya mobil ini dirancang untuk menjadi MPV dengan rasa crossover, maka pemilik tinggal memberi ‘bumbu penyedap’ agar semakin kental nuansa mobil penjelajahnya.

Pastikan saja bahwa aliran yang Anda pilih tidak keluar dari DNA asli dari Xpander Cross, yakni Low SUV. Misalnya saja dengan mengimbuhkan beragam perangkat penunjang utilitas agar ia lebih mumpuni saat penjelajahan. Membuat tampilannya jadi lebih maskulin juga masih bisa dimungkinkan, walau agak sedikit tricky, sebab desainnya sudah sangat dinamis, jadi tak bisa sembarang peranti dilekatkan pada bodinya.

Penggantian pelek dan suspensi merupakan  modifikasi paling umum. Apalagi Xpander Cross memiliki jarak lubang baut atau PCD 5 x 114,3 mm. Dengan demikian banyak tersedia opsi pelek yang bisa digunakan oleh Low SUV ini, hanya tinggal menyesuaikan dengan ukuran lingkar hub roda.

Untuk penggemar gaya base model atau OEM Look sebagai mobil dengan dengan gaya varian termurah, Xpander SUV ini bisa dioptimalkan kearah sana. Ubahan permainan warna kelir bemper dengan warna hitam doff serta pelek besi standar bawaan mobil lain bisa diaplikasikan di sini.

Baca Kurang

Aksesoris Mitsubishi Xpander Cross

Menambahkan aneka peralatan ke Mitsubishi Xpander Cross terbilang cukup fleksibel. Sebab, mobil ini memang lahir sebagai SUV, alias mobil yang punya fungsionalitas lebih dari mobil-mobil biasa. 

Menambahkan ragam aksesoris ala SUV pun bisa jadi opsi. Namun pastikan peranti yang Anda gunakan masih sesuai dengan batasan yang dimiliki oleh Low SUV ini. Ingat, Xpander Cross adalah sebuah Crossover SUV, ia bukanlah mobil penggerak 4 roda, dan hanya punya mesin 1,5 liter dengan skema gerak depan. Menambahkan aksesoris sebatas fungsi SUV perkotaan dengan daya jelajah off road ringan tentu masih bisa jadi langkah yang logis. 

Baca Kurang
Lihat Semua

Seller Aksesoris Modifikasi Mitsubishi Xpander Cross

Yudi Sticker
Permaisuri Ban

Pertanyaan Seputar Modifikasi Mitsubishi Xpander Cross

  • Apakah ada aksesoris resmi resmi Xpander Cross di dealernya?

    Sedikitnya ada 7 aksesori yang ditawarkan. Semuanya untuk memperindah tampilan eksterior, mencakup bagasi belakang, tutup tangki, bumper belakang, kaca, dan spatbor. Aksesori tersebut meliputi scuff plate, fuel LID, fender garnish, lower tailgate garnish, luggage tray, side visor, dan muffler cut. Tambahan lain adalah rubber nat dan wheel lock nut.

  • Apakah mengganti komponen lampu merusak garansi?

    Ya, jika Anda tidak melakukannya di bengkel resmi. Namun biasanya yang gugur parsial, misalnya ketika Anda mengganti lampu, yang notabene berhubungan dengan kelistrikan, maka garansi elektrikal saja yang gugur. Sedangkan garansi mesin dan komponen lain tidak digugurkan.

  • Berapa ukuran PCD Mitsubishi Xpander Cross

    Xpander Cross menggunakan ukuran PCD 5x114,3. Opsi yang tersedia untuk velg ini sangat banyak, sky is the limit, namun saran kami ambil velg dengan ukuran yang cukup lebar agar lebih rata dengan fendernya.