jakarta-selatan
Bahasa en | id

Toyota Avanza

Rp189,7 - Rp220,1 Juta
Harga OTR
Dapatkan Harga OTR
Dapatkan promo eksklusif selama bulan Ramadan, diskon & kredit bunga rendah dari dealer resmi Lihat Promo Ramadan
Performa
Tenaga 91 hp
Mesin 1329 cc
 
Kenyamanan
AC Ya
Power steering Ya
 
Keselamatan
Kantong Udara Pengemudi Ya
 
Kapasitas
Tempat Duduk 7 Kursi
Ground Clearance 200 mm
 
ANGSURAN BULANAN
Durasi 36 Bulan
Angsuran Bulanan Rp4,33 Juta
Dapatkan Harga
Menampilkan informasi mengenai Toyota Avanza 1.3 E M/T - Petrol

Informasi terkini Toyota Avanza

Kendaraan di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) merupakan penyumbang penjualan terbesar di Indonesia. Lantas bila dilihat dari fungsi, kegunaan dan efisiennya, mobil MPV mana yang cocok digunakan keluarga Indonesia?

Harga Toyota Avanza

Varian (Harga OTR)  
1.3 E M/T
7 Kursi, 91 hp, 1329 cc, Petrol
Rp189,7 Juta*
1.3 E A/T
7 Kursi, 91 hp, 1329 cc, Petrol
Rp200,9 Juta*
1.3 G M/T
7 Kursi, 91 hp, 1329 cc, Petrol
Rp207,8 Juta*
1.3 G A/T
7 Kursi, 91 hp, 1329 cc, Petrol
Rp218,5 Juta*
1.5 G M/T
7 Kursi, 103 hp, 1496 cc, Petrol
Rp220,1 Juta*

Bandingkan Toyota Avanza dengan Mobil Sejenis

VS

Review Pengguna Toyota Avanza

4.25
Berdasarkan 2 review
  • 5 1
  • 4 1
  • 3 0
  • 2 0
  • 1 0
Toyota Avanza

Review populer

  • R
    Ramadhan Jul 12, 2016

    Mobil keluarga muat banyak orang. Dari performa ok sangat bagus mesin halus dantarikan enteng.dari desain bagus sudah ada perubahan dari bentuk dan asesorisnya.dari harga sangat pas untuk mobil keluarga karena masyarakat banyak mencari mobil ini.dari handling cukup bagus saat di kendarai mobil ini nyaman.kenyamanan bagus sudah ada air bag dan dilengkapi ac menjadi nyaman saat berada di dalam mobil ini.yang Baca Selengkapnya

  • A
    Andrian Manuel Hutabarat Jun 27, 2016

    Toyota Avanza Memang Sangat Bagus Irit Bahan Bakar Terbukti karena Saya dan keluarga saya cukup mengisi 250-300rb (Full Tank) Maka saya dan keluarga saya dapat berpulang kampung dari Medan ke Tapanuli Utara ...Tapanuli Utara Ke Medan (Pergi-Pulang)...Desainnya Elegean dan juga Minimalis...dan Handling nya yang sangat nyaman ketika berkendara...Sangat Cocok Buat Mobil Keluarga Baca Selengkapnya

Video Toyota Avanza

Lihat video terbaru Toyota Avanza untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Gambar Toyota Avanza

Warna Toyota Avanza

  • Biege Metallic

  • Dark Brown Mica Metallic

  • Dark Red Mica Metallic

  • Greymetallic

  • Mebula Blue

  • Metallic Black

  • Silver

  • Silver Metallic

  • White

Review Toyota Avanza

Tinjauan

Toyota Avanza adalah salah satu kunci penjualan strategis yang dimiliki oleh Toyota Astra Motor sebagai APM Toyota di Indonesia. Seperti diketahui, MPV adalah salah satu pasar yang menggiurkan di Indonesia, yang masyaraktnya suka bepergian ‘rame-rame’.

MPV andalan sebelumnya, Toyota Kijang, diproyeksikan untuk menjangkau pasar yang lebih tinggi, melalui Kijang Innova. Karena itu, Toyota memerlukan sebuah produk yang tetap berada di level harga yang ditinggalkan oleh Kijang tadi. Mereka kemudian bekerja sama dengan Daihatsu, untuk menghasilkan MPV kembar, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, yang muncul pertama kali ke hadapan publik pada tahun 2003.

Daihatsu bertanggung jawab terhadap desain dan produksi mobil ini. Sementara Toyota akan menyediakan teknologi VVT-i dan mesin 3SZ berkapasitas 1.5 liter untuk Avanza. Sedangkan Xenia menggunakan mesin K3 berkapasitas 1.3 liter. Produksi dilaksanakan di pabrik Daihatsu di Sunter, dan pada tahun pertama, mobil ini mencetak penjualan hingga 100.000 unit.

Maju ke tahun 2015, mobil ini berubah nama menjadi Grand New Avanza, dan didaulat sebagai generasi kedua. Mulai menggunakan mesin baru, 1NR-VE (1,3 liter) dengan teknologi Dual VVT-i. Mesin ini dibuat langsung di fasilitas terbaru Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), di Karawang, Jawa Barat. Dengan mesin baru tersebut, Avanza memiliki tenaga hingga 97 PS. Sementara itu, mesin 1,5 liter menggunakan jantung mekanis berkode 2NR-VE yang juga memiliki teknologi Dual VVT-i. Mesin terkhir itu mampu menghasilkan 104 PS.

Generasi kedua Avanza, dengan dimensi yang lebih besar, dirancang untuk memberikan kenyamanan yang lebih baik dari sebelumnya. Itulah kenapa, saat dikendarai, mobil ini terasa lebih kedap, peredaman yang jauh lebih nyaman, dan kabin yang lebih lega, berkt wheelbase yang melar menjadi 2.655 mm.

Grand New Avanza hadir dalam 5 varian yaitu 1.3 E M/T, 1.3 E A/T, 1.3 G M/T, 1.3 E A/T, dan varian 1.5 G yang hanya tersedia dalam pilihan transmisi manual 5-speed. MPV legendaris ini dihargai mulai Rp 189.700.000 hingga Rp 220.100.000.

Di bagian kabin, ada satu kata yang bisa menggambarkan interior Avanza baru: Membosankan. Bukan bermaksud menjelekkan, tapi interior Avanza memang begitu-begitu saja dari dulu, meskipun untuk yang baru ini mereka telah memberikan sentuhan perubahan desain dashboard. Meski demikian, Toyota telah meningkatkan kualitasnya, dan hal ini yang membantu mengobati rasa bosan tersebut.

Peredaman suara dan getaran terasa meningkat jauh dibanding sebelumnya. Bahkan dari sejak Anda menutup pintu, rasa yakin akan peningkatan kualitas sudah mulai terasa.

Jok berbahan baru yang lebih baik, lingkar kemudi juga memiliki desain baru, namun facia dashboard bagian tengah mendesak untuk segera diganti karena desainnya yang terlalu kaku. Untungnya, ada fitur multimedia baru disitu, untuk Avanza tipe 1.5 G, yang mampu memberikan beragam konektivitas. Meter cluster di hadapan pengemudi juga memiliki desain baru yang lebih atraktif, dan hal tersebut dipasangkan pada semua varian Avanza.

Namun yang lebih penting adalah, kemampuannya untuk menampung tujuh orang di kabin. Seperti biasa, mobil ini memiliki kabin tengah yang lega, dan baris ketiga yang sempit. Penambahan 2 cm pada dimensi panjang tanpa dibekali perubahan dimensi wheelbase membuatnya terasa sama saja seperti Avanza sebelumnya. Namun sekali lagi, kami harus angkat jempol untuk peningkatan kualitas kabin, dan menjadikan Avanza terasa seperti mobil mahal.

Selain itu, ruang kepala yang memadai dan ruang kaki yang cukup bagi semua penumpangnya. Untuk ukuran bagasi, Toyota Avanza memiliki kapasitas hingga 899 liter.

  • Tinjauan
  • Interior
  • Eksterior
  • Biaya BBM Selama Kepemilikan
  • Suspensi Nyaman
  • Performa mesin
  • Pengereman

Pros

Perubahan yang lumayan bikin \'fresh\' di parasnya

Cons

Bentuknya secara keseluruhan masih begitu-begitu saja Platform belum ganti

Eksterior

Secara keseluruhan, Anda akan langsung mengenalinya sebagai sebuah Avanza, meski parasnya berubah. Grille depannya berubah total dan kini menganga lebih besar. Pada varian G, grille ini sudah dilapisi chrome. Lampu depan desain baru kemudian mengapit grille tersebut. Bumper depan pun mengalami sentuhan perubahan dengan desain yang lebih tegas.

Sementara desain belakang menghadirkan lampu yang mirip dengan sebelumnya, namun mengalami perubahan pada tata letak. Dan jangan lupakan kehadiran pemanis di bagian ini seperti garnish lampu di pintu bagasi, serta spoiler di pintu bagasi Avanza G. Tergantung varian mana yang Anda pilih, Avanza dibekali dengan lampu kabut di bumper depan, serta kaca spion elektrik yang dibekali dengan lampu sein.

Secara dimensi, Avanza memiliki ukuran sebagai berikut:
  • Panjang: 4.190 mm
  • Lebar: 1.660 mm
  • Tinggi: 1.695 mm
  • Wheelbase: 2.655 mm
  • What we like
    Desain paras yang lebih fresh
  • What we dislike
    Perlu perubahan lebih menyeluruh

Suspensi Nyaman

Jujur, dalam hal ini antara Avanza lama dan baru tidak terlalu memiliki perbedaan yang signifikan. Namun sekali lagi, kualitas peredaman Avanza kini jauh lebih baik dibanding sebelumnya. Model suspensinya masih mengandalkan MacPherson Strut di bagian depan, dan torsion beam belakang yang dilengkapi stabilizer.

Bahkan efek peredaman yang terasa di kabin pun berhasil ditingkatkan. Kami menduga, meski konstruksinya masih sama seperti Avanza lama, namun engineer Toyota meningkatkan kualitas beberapa komponen seperti bushing dan shock breaker.

Saat bermanuver pun, Avanza kini bisa terasa meyakinkan dan memiliki efek limbung yang muncul lebih lama daripada sebelumnya. Lingkar kemudi yang telah dilengkapi dengan EPS (Electronic Power Steering) memberikan bobot yang nyaman, meski feedback yang diberikan tetap minim. Pendek kata, kami harus angkat jempol untuk perubahan di bagian ini. Untuk ukuran sebuah Avanza yang masih mengandalkan ladder frame sebagai platform, perubahannya sangat positif.

  • What we like
    Peningkatan kualitas berkendara
  • What we dislike
    Waktunya perubahan platform

Performa mesin

Jantung mekanis baru yang berasal dari keluarga mesin NR, memang memberikan perubahan yang signifikan untuk Avanza (dan Xenia). Baik mesin 1.3 maupun 1.5 liter, memiliki konfigurasi 4-silinder dengan imbuhan sistem waktu (timing) pembakaran dual VVT-i yang lebih akurat. Selain itu, mesin ini juga dilengkapi dengan dua noken as alias DOHC, dan memiliki 16 katup untuk proses pembakaran (valve).

Seperti dikatakan tadi, mesin 1.3 liter memiliki tenaga hingga 96,5 ps pada 6.000 rpm, dengan torsi maksimum 120,6 Nm pada 4.200 Nm. Sedangkan mesin 1.5 liter akan menghasilkan 104 PS pada 6.000 rpm, dengan torsi puncak 136,3 Nm di putaran 4.200 rpm.

Sayang, belum ada perubahan signifikan pada bagian transmisi, dan masih menganut 4-speed untuk tipe otomatis, dan 5-speed manual.

  • What we like
    Mesin baru
  • What we dislike
    Transmisi perlu pembaharuan

Pengereman

Saat pertama muncul, sepertinya tidak ada yang terlalu peduli soal fitur keselamatan. Toyota Avanza pun hadir dengan kemampuan perlindungan seadanya. Namun seiring berjalannya waktu dan kompetisi, Avanza berbenah.

Kini, mobil ‘sejuta umat’ ini dibekali dengan fitur yang lumayan dan sepadan dengan harganya. Dari hal yang sederhana seperti pengingat seat belt penumpang depan yang hadir di dashboard, hingga rem dengan fitur ABS menjadi bawaan standar Avanza. Bahkan penumpang yang duduk di tengah pada bangku kedua juga diberikan seatbelt 3 titik. Dudukan ISOFIX untuk pengait kursi anak-anak juga hadir sebagai standar di kursi belakang.

Sepertinya value Avanza akan sangat bertambah jika Toyota mau membekalinya dengan fitur keselamatan aktif seperti EBD ataupun Brake Assist (BA).

Dari unsur keamanan, sayangnya baru Avanza tipe G yang dibekali dengan immobilizer key.

  • What we like
    Fitur keselamatan cukup lengkap
  • What we dislike
    Fitur keselamatan masih bisa ditingkatkan

Berita Toyota Avanza

Pilih kota untuk memulai pencarian
Atau pilih dari daftar kota populer