jakarta-selatan
Bahasaen|id

Suzuki Grand Vitara

Rp358 - Rp369 Juta
Harga OTR
Dapatkan Harga OTR
Dapatkan promo eksklusif, diskon & kredit bunga rendah dari dealer resmiLihat promo MARET
Performa
Tenaga164 hp
Mesin2393 cc
 
Kenyamanan
ACYa
Power steeringYa
 
Keselamatan
Kantong Udara PengemudiYa
 
Kapasitas
Tempat Duduk5 Kursi
Ground Clearance193 mm
 
ANGSURAN BULANAN
Durasi 36 Bulan
Angsuran BulananRp8,17 Juta
Dapatkan Harga
Menampilkan informasi mengenai Suzuki Grand Vitara AT - Petrol

Harga Suzuki Grand Vitara

Varian(Harga OTR) 
Varian Bensin
MT
5 Kursi, 164 hp, 2393 cc Petrol
Rp358 Juta*
AT
5 Kursi, 164 hp, 2393 cc Petrol
Rp369 Juta*

Bandingkan Suzuki Grand Vitara dengan Mobil Sejenis

Video Suzuki Grand Vitara

Lihat video terbaru Suzuki Grand Vitara untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Gambar Suzuki Grand Vitara

Warna Suzuki Grand Vitara

  • Bluish Black Pearl Metallic

  • Brown

  • Pearl White

  • Silky Silver Metallic

Review Suzuki Grand Vitara

Tinjauan

Kelahirannya pada 1998 membuka lembaran baru dalam sejarah, baik bagi manufaktur Suzuki maupun dunia otomotif. Suzuki Vitara menjadi SUV kompak yang menawarkan performa hebat dan kemampuan off-road mumpuni. Kepopulerannya bertahan sampai sekarang. Padahal Suzuki telah memperbarui generasi Vitara pada 2005 dengan kode nama Grand Vitara.

Kemunculan Grand Vitara kurang mendapat respon yang diharapkan, jauh dari fenomena pendahulunya. Sejumlah faktor diperkirakan menjadi penyebabnya, internal maupun eksternal. Apa pun alasannya, Suzuki Grand Vitara seharusnya bisa bersaing lebih baik karena dibangun dengan kualitas yang tidak main-main.

Salah satu penilaian adalah bahwa karakter Vitara sebagai SUV yang andal hilang pada generasi Grand Vitara. Sisanya bisa dilihat dari harga jual dan persaingannya sendiri di segmen yang ramai dihuni oleh manufaktur lain. Pada evolusi terakhir, Grand Vitara menawarkan pilihan mesin lebih besar, dari 2.0 liter menjadi 2.4 liter.

  • Tinjauan
  • Interior
  • Eksterior
  • Suspensi Nyaman
  • Performa mesin
  • Pengereman

Pros

Performa

Desain masih menawan

Cons

Transmisi

Harga

Eksterior

Penampilan Grand Vitara sendiri tidaklah buruk, bahkan terbilang berkelas dan memancarkan aura \'bukan mobil murah\'. Bagian wajah mudah diingat dan grille berlapis krom menjadi bukti salah satu kemewahan. Di sampingnya adalah lampu yang berkumpul dalam satu rumah, kecuali lampu kabut yang terletak di bumper, di bawah lampu depan utama.

Dari samping, fender terbentuk besar dan kekar, serta diisi oleh roda berukuran 18-inci. Peleknya sendiri menggunakan desain 10 palang yang sporty dan modern. Jika diibaratkan, Grand Vitara lebih seperti atlet renang ketimbang binaraga.

Desain buritan masih menggendong ban dan roda cadangan pada tailgate. Desain itu tabu bagi sebagian orang, padahal sangat ikonik dan berciri SUV serta meningkatkan penampilan.

Modernisasi berarti juga mengikuti pasar modern. Saat kompetitornya mulai menggunakan chassis monokok, Suzuki pun mengikuti. Grand Vitara pun diberikan rangka monokok, secara tak langsung menjadikannya lebih kepada mobil on-road ketimbang off-road.

Suzuki Grand Vitara memiliki dimensi 4.500 x 1.810 x 1.683 mm (PxLxT) sedangkan jarak sumbu rodanya masih tetap di angka 2.640 mm.

Interior kabin Grand Vitara juga berkualitas tinggi. Dibangun dengan rapih, meskipun beberapa bagian masih menggunakan plastik dan berbahan sedikit kasar. Tombol-tombol pun disusun dengan baik serta ergonomis.

Pengatur suhu kabin sudah otomatis, dan di atasnya terdapat layar infotainment yang berfungsi menghibur penumpang di dalam kabin. Kontrol audio bahkan bisa dilakukan dengan tombol pada palang kemudi.

Jok nya empuk dan nyaman ketika harus digunakan jarak jauh atau perjalanan berdurasi lama. Material pembungkusnya memang masih kain, namun tetap berkualitas. Sementara bangku baris kedua bisa diatur kemiringan sandarannya, dan bisa dilipat hingga rata untuk meninkatkan kapasitas bagasi yang semula berdaya muat 398 liter.

Kabinnya memang bukan yang paling lapang. Namun masih tersedia ruang kaki dan kepala yang mencukupi, termasuk pada bangku baris keduanya. Bahkan baris kedua bisa ditempati oleh tiga orang dewasa sekaligus tanpa merasa kesempitan.

  • What we like

    Desain berkelas

  • What we dislike

    Ban cadangan di tailgate

Suspensi Nyaman

Penggunaan chassis monokok memang tak lazim untuk pengendaraan off-road. Namun Grand Vitara sejatinya mobil jalan raya yang sudah kehilangan taji off-road-nya. Chassis itu juga lebih ringan namun tetap kokoh.

Redaman suspensinya terbilang baik, tidak keras dan tidak juga memantul. Berkat suspensi MacPherson Strut di depan dan multi-link di belakang. Kemampuannya berbelok juga layak diacungi jempol, ada gejala understeer namun tidak parah, bisa langsung dikoreksi dengan mengangkat kaki dari pedal akselerator. Satu hal yang perlu diingat, Grand Vitara menerapkan penggerak roda belakang (RWD). Palang kemudinya berbobot putar pas, presisi, serta responsifitas yang juga baik.

  • What we like

    Handling

  • What we dislike

    Chassis monokok

Performa mesin

Grand Vitara pada awalnya hadir dengan mesin 2.0 liter. Barulah di tengah perjalanan hidupnya hanya sisa mesin 2.4 liter VVT yang ditawarkan. Tenaganya 166 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 225 Nm pada 4.000 rpm. Opsi transmisi tersedia manual 5-speed dan otomatis 4-speed. Klaim konsumsi bahan bakarnya adalah 10 km/liter pada penggunaan luar kota dan 7 km/liter untuk digunakan di dalam kota.

  • What we like

    Mesin bertenaga

  • What we dislike

    Transmisi kurang responsif

Pengereman

Grand Vitara menggunakan rem cakram berventilasi di keempat roda nya. Tak hanya itu, deselerasi juga didukung teknologi ABS, EBD, dan BA sehingga pengereman lebih mantap. Penjamin keselamatan lainnya adalah kantung udara untuk pengemudi dan penumpang depan.

  • What we like

    Rem full cakram

    Sudah ABS, EBD, dan BA

  • What we dislike

    Fitur keselamatan bisa ditingkatkan lagi

Berita Suzuki Grand Vitara

Pilih kota untuk memulai pencarian
Atau pilih dari daftar kota populer