Honda Civic Type R
Honda Civic Type R Rp 1,18 Milyar
Dp Rp 294,25 Juta Angsuran : Rp 27,66 Juta x 36

Modifikasi Honda Civic Type R

Civic Type R Limited Edition

Hadir sebagai mobil yang mengedepankan performa, Honda Civic Type R merupakan sebuah jawaban bagi para penggemar Honda yang sangat antusias dengan kecepatan. Honda Civic generasi sepuluh dengan kode lahir FK8R ini merupakan penerus dari deretan Honda berjulukan Type R yang memang ditakdirkan untuk berlari kencang sejak lahir.

Dengan mesin berperforma tinggi, Honda Civic Type R dilengkapi dengan atribut penunjang aerodinamika di sekujur tubuhnya. Hal ini menjadi sebuah peranti wajib yang disematkan oleh para insinyur Honda untuk membuatnya tetap stabil dan melekat di aspal saat berkecepatan tinggi.

Struktur body yang lebar dengan tarikan garis tajam pada rancangan desainnya, membuat Honda Civic Type R memiliki tampilan yang sangat sporty. Honda memang secara jelas membedakan karakter desain antara Civic Type R yang lebih ‘galak’ dengan Civic Hatchback Turbo yang lebih ‘sopan dan manis’ yang menjadi basis produksinya.

Sumber pacu Honda K Series memang terkenal sebagai pemasok tenaga paling optimal di jajaran mesin empat silinder lansiran Honda. Mesin berkode K20C1 Turbo yang berada di balik kap mesin Honda Civic Type R dipasangkan dengan transmisi 6-percepatan manual dengan rasio rapat dan Limited Slip Differential di roda depan. Konfigurasi tersebut menghasilkan tenaga 306 dk dan torsi 400 Nm.

Banderol Rp 1,068 miliar untuk sebuah hatchback empat pintu memang dinilai sangat besar. Namun ini adalah generasi penerus dari Honda Civic Type R yang legendaris, sebuah hatchback yang tetap dengan kapasitas empat penumpangnya namun bisa diandalkan untuk Track Day.

PT Honda Prospect Motor (HPM) yang menjual resmi Honda Civic Type R generasi terakhir ini cukup disibukkan dengan lebih besarnya pemintaan dari pada kuota jualan yang dimiliki. Oleh karenanya, di kemudian hari, Honda Civic Type R ini bisa jadi sebuah buruan kolektor penggemar mobil-mobil berspesifikasi tinggi.

Meski datang sepaket dengan perangkat tampilan yang sporty dan mesin berperforma tinggi, Honda Civic Type R tidaklah haram untuk dimodifikasi. Berbagai aspek bawaan standar, masih dapat ditingkatkan lagi kemampuannya.

Namun perlu diingat, modifikasi yang dilakukan sepatutnya mempertimbangkan beberapa aspek. Antara lain keamanan berkendara, kenyamana berkendara serta yang paling penting adalah estetika.

Kegiatan modifikasi juga patut ditunjang dengan responsibiltas pengendaranya. Tetap patuhilah peraturan berkendara yang berlaku dan tetap hargai pengguna jalan lain saat berkendara.

 

Baca Selengkapnya Sembunyikan

Populer Modifikasi Honda Civic Type R

Honda Civic Type R keluar dari pabrik dengan sederet peranti penunjang performa. Namun beberapa pemiliknya masih kurang puas dengan spesifikasi yang diberikan oleh pabrikan. Oleh karenanya modifikasi adalah langkah selanjutnya yang dilakukan oleh pemilik guna mendapatkan personalisasi.

Demi meningkatkan performa standarnya, modifikasi di sektor mesin adalah hal yang aling umum dilakukan. Beberapa langkah dapat dilakukan mulai dari yang termudah yakni melakukan remapping atau reflash Engine Control Unit (ECU) hingga penggantian peranti ECU aftermarket yang memiliki lebih banyak parameter pengaturan.

Selain ECU, modifikasi di sektor mesin biasanya merambah ke sektor pembakaran yang dibuat lebih optimal. Caranya adalah meningkatkan pengapian dan pasokan udara bersih ke ruang bakar serta meningkatkan kinerja jalur distribusi bahan bakar.

Memperlancar aliran gas buang juga menjadi satu sektor penting dalam hal meningkatkan performa Honda Civic Type R. Penggantian perangkat knalpot bisa dilakukan secara lengkap atau parsial mulai dari centre pipe, resonator hingga muffler belakang.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
Ecu Tuning

Program ulang ECU atau Remapping atau Reflashing merupakan langkah termudah dalam meningkatkan kinerja mesin. Parameternya adalah mengoptimalisasi pembakaran di setiap rentang RPM atau putaran mesinnya termasuk paling umum melepas speed limiter atau pembatas kecepatan tanpa membongkar perangkat keras ECU. Proses pengerjaan ini memerlukan biaya sekitar Rp 6,5 juta – Rp 10 juta untuk aplikasi EP Tune atau Hondata Flash Pro termasuk tuning diatas roller dyno. Versi lebih serius adalah penggantian ECU standar ke ECU aftermarket yang plug and play. Kelebihan dari ECU aftermarket plug and play ini adalah kemampuannya memprogram peranti yang lebih banyak tingkat tingkat akurasi yang tinggi. Misalnya timing pengapian, pembakaran, debit udara masuk di tiap rentang RPM serta pengaturan embusan turbocharger dan pendinginan mesin tanpa mengubah perkabelan mesin. Output tenaga yang dihasilkan pun jauh lebih besar dari pada sekadar mengubah chip ECU. Namun jangan kaget, biayanya juga turut mengikuti, berkisar Rp 125 jutaan untuk Motec M142 termasuk instalasi dan dyno tuning.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
Pengapian dan Pasokan Udara

Pembakaran pada mesin berbahan bakar bensin sangat tergantung pada besaran udara dingin yang masuk ke ruang bakar dan besaran pengapian saat terjadinya pembakaran. Maka penggantian busi dengan api yang lebih besar dan sistem pasokan udara yang lebih cepat jadi kunci peningkatan performa. Meski bawaan standar Honda Civic Type R adalah busi dengan tipe Laser Iridium, namun di pasaran busi aftermarket dengan kemampuan diatas standar juga tersedia dengan rentang harga Rp 1,5 juta untuk lansiran HKS Super Fire. Untuk meningkatkan pasokan udara bersih, penggantian Cold Air Intake (CAI) yang meliputi air intake dan open air filter hingga intercooler yang lebih besar memang diperlukan. Penggantian air intake dan open air filter memerlukan biaya mulai dari Rp 25 juta untuk merek Arma atau HKS serta penggantian intercooler berbahan billet lansiran HKS atau PRL berkisar mulai dari Rp 18 juta – Rp 23 juta termasuk pipa dan instalasi

Baca Selengkapnya Sembunyikan
Exhaust System

Gas buang hasil pembakaran pada mesin sebisa mungkin segera terhempas keluar agar mesin dapat segera memproses ulang pembakaran di langkah selanjutnya. Dengan begitu, penggantian exhaust sistem diperlukan untuk mempercepat pembakaran. Ada beberapa merek di pasaran dari buatan lokal hingga produksi tuner kenamaan. HKS, PRL, Remus hingga Spoon Sports punya produk exhaust yang memang dtujukan untuk Honda Civic FK8R ini. Penggantian meliputi centre pipe, resonator hingga muffer belakang. Seperangkat exhaust set ini dapat ditebus mulai dari Rp 20 juta satu set. HKS Legamax, PRL Exhaust & Remus Valvetronic

Baca Selengkapnya Sembunyikan

Aksesoris Honda Civic Type R

Modifikasi tampilan adalah hal paling mudah dan terbilang lebih murah untuk make over Honda Civic Type R. Paling instan adalah ubahan tampilan lewat penggantian pelek dengan pilihan model yang masif di pasaran.

Honda Civic Type R Modifikasi

Lingkar velg 20 inci bawaan standar memang sudah cukup besar. Tidak perlu menggantinya dengan diameter yang lebih besar, namun Anda dapat menggantinya dengan model lain yang membuat tampilannya lebih ‘galak’. Beberapa pemilik bahkan melakukan down size atau melakukan penggantian pelek bawaannya dengan lingkar diameter yang lebih kecil, namun lebih lebar untuk kenyamanan berkendara dan meningkatkan pengendalian.
Selain melakukan penggantian pelek, sebagai pelengkap estetika biasanya turut dilakukan penggantian mur roda. Selain mur roda aftermarket lebih ringan namun punya kekuatan yang setara dengan mur roda standar. Soal tampilan, tentu jauh berbeda, apalagi bila mur roda tersebut merupakan lansiran tuner kenamaan.

Setelah beres urusan pelek dan mur roda, umumnya sektor suspensi adalah aspek terkena imbas dari modifikasi yang telah dilakukan. Ubahan di sektor ini dilakukan untuk menunjang estetika penampilan dengan menurunkan sedikit ketinggian Honda Civic Type R, menambah performa pengendaliannya di kecepatan tinggi dan memberikan traksi lebih kepada roda terhadap aspal.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
Velg

Terlahir berdarah Jepang, maka pelek (velg) lansiran Jepang merupakan pilihan paling tepat. Model-model kompetisi dengan spesifikasi hub roda ber PCD 5x120 yang disesuaikan untuk Honda Civic Type R tersedia deras di pasaran. Menariknya, rata-rata produsen merilis pelek berlingkar sedikit lebih kecil dari pelek standar untuk Honda Civic Type R yakni ring 19 dan ring 18 namun lebih lebar dengan offset yang aman di ruang sepatbor dan lebih ringan tentunya. Jika Enkei RPF01 dan Volk Rays TE37 terlalu pasaran, maka pilihan selanjutnya adalah Volk Rays G025, Volk Rayz ZE40 atau Volk Rays CE28. Harganya berkisar dari Rp 45 juta.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
lug nut
Suspensi Civic Type R

Penting bagi pembesut Honda Civic Type R soal pengendalian yang presisi saat bermanuver. Oleh karenanya bila suspensi bawaan pabrik terasa kurang mumpuni, banyak dari pemilik mobil yang menggantinya. Pilihannya berupa lowering kit atau penggantian per saja, ataupun lengkap dengan sokbreker dengan fitur pengaturan ketinggian atau coilover. Untuk lowering kit umumnya penggantian dilakukan dengan menggunakan lansiran Spoon Sports dengan banderol berkisar Rp 10 juta-an, sementara untuk coilover set umumnya menggunakan lansiran Tein berbanderol Rp 22 juta-an.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
Lug Nut

Meski kecil, namun penggantian mur roda bawaan standar cukup mendongkrak penampilan bagian kaki-kaki. Mur roda yang biasa diaplikasikan di mobil kompetisi ini punya bobot yang ringan namun cukup kuat menahan beban putaran roda. Salah satu yang ternama adalah produksi dari Spoon Sports yang memang dirancang khusus untuk kebutuhan hub roda Honda Civic Type R. Harganya satu set lengkap untuk keempat roda sekitar Rp 3,8 juta.

Baca Selengkapnya Sembunyikan

Seller Aksesoris Modifikasi Honda Civic Type R

Artikel Modifikasi Honda Civic Type R

Berita Mobil Civic Type R

Bandingkan Varian Honda Civic Type R

  • Bensin
  • Civic Type R 6-Speed MT
    Rp 1,18 Milyar
    Fitur Varian Dasar
    • Bensin
    • Manual
    • AC
    • Power Steering
    • Engine Start Stop Button
    • Power Outlet
    • Lingkar kemudi Dengan Tombol Multi Fungsi
    • Radio AM/FM
    • Speaker depan
    • Speaker belakang
    • Audio 2DIN
    • Sambungan Bluetooth
    • Soket USB
    • Automatic Climate Control
    • Power Window Depan
    • Power Window- Belakang
    • Lampu Pengingat Jumlah Bahan Bakar
    • Adjustable Seats
    • Headrest Kursi Belakang
    • Lapisan berbahan kain
    • Pengaturan Posisi Stir
    • Layar Sentuh
    • On Board Computer
    • Cup Holder - depan
    • Bottle Holder
    • Anti Lock Braking System
    • Central Locking
    • Child Safety Locks
    • Kantong Udara Pengemudi
    • Airbag Penumpang Depan
    • Airbag Samping Depan
    • Sabuk Pengaman Belakang
    • Sabuk Pengaman Depan dengan Penyesuai ketingg
    • Pengingat Pemakaian Sabuk Pengaman
    • Brake Assist
    • Crash Sensor
    • Alarm Mobil
    • Pengingat Pintu Terbuka
    • Pelindung Benturan Samping
    • Pelindung Benturan Depan
    • Spion Tengah Lipat
    • Engine Immobilizer
    • Tanki Bahan Bakar Diletakkan di Tengah
    • Adjustable Headlights
    • Kaca spion elektrik
    • Spion Lipat Elektrik
    • Velg alloy
    • Antena Terpadu
    • Lampu sein kaca Spion Luar
    • Odometer Digital
    • Pemanas
    • Tachometer
    • Electronic Multi Tripmeter
    • Jam Digital
    • Kursi Pengemudi Dengan Penyesuai Ketinggian
    • Vehicle Stability Control System
    • Keyless Entry
    • Engine Check Warning
    • EBD (Electronic Brake Distribution)
    • Anti Theft Device
    • Sistem Navigasi
    • Stir Berbalut kulit
    • Wiper Kaca Belakang
    • Spoiler Belakang
    • Cruise control
    • Kamera Belakang
    • Power Door Locks
    • Arm Rest Konsol Tengah
    • Hill-Start Assist Control
    • Smartphone Connectivity
    Lihat Lainnya Lihat Promo

Video Honda Civic Type R

Lihat video terbaru Honda Civic Type R untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

  • 6 Hal Dari Honda Civic Type R I OTO.com
    6 Hal Dari Honda Civic Type R I OTO.com
    25 Aug, 2017 .
  • GIIAS 2017: Ini Dia Detail Honda Civic Type R! I OTO.com
    GIIAS 2017: Ini Dia Detail Honda Civic Type R! I OTO.com
    16 Aug, 2017 .
  • GIIAS 2017: Peluncuran Honda Civic Type R I OTO.com
    GIIAS 2017: Peluncuran Honda Civic Type R I OTO.com
    10 Aug, 2017 .
Video Civic Type R

Bandingkan Honda Civic Type R Dengan Mobil Sejenis

Wuling Air EV
MINI Clubman
MINI Clubman
Rp 995 Juta - 1,36 Milyar
Spesifikasi Clubman
MINI Countryman
MINI Countryman
Rp 850 Juta - 1,52 Milyar
Spesifikasi Countryman
MINI 3 Door
MINI 3 Door
Rp 885 Juta - 1,15 Milyar
Spesifikasi 3 Door
MINI 5 Door
MINI 5 Door
Rp 905 Juta - 1,06 Milyar
Spesifikasi 5 Door
Torsi 110 Nm
220 Nm
220 Nm
220 Nm
220 Nm
Tenaga 40
136
136
136
136
Automatic Climate Control Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Anti Lock Braking System Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Airbag Penumpang Depan Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Kamera Belakang Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Airbag Samping Depan Tidak
Ya
-
Ya
Ya
Cruise control -
Ya
-
Ya
Ya
Brake Assist -
Ya
Ya
Ya
Ya

Lindungi Mobil Anda Segera. Dapatkan tawaran asuransi terbaik untuk Mobil Anda.

Lihat Penawaran

Modifikasi Mobil

Modifikasi Mobil

Pertanyaan & Jawaban Honda Civic Type R (FAQ)

Bagaimana meringankan bobot Civic Type R

Bagian bodi yang masih menggunakan plastik atau metal, bisa disubtitusi dengan material berbahan serat karbon komposit. Pastikan Anda menggunakan perangkat yang berkualitas dan pemasangan dilakukan dengan sesuai standar keamanan jalan raya.

Kapan harus mengganti rem Civic Type R dengan BBK?

Big Brake Kit, atau BBK sebaiknya Anda pasang begitu melakukan peningkatan tenaga yang signifikan pada mobil. Pastikan Anda menggunakan suku cadang yang berkualitas, Brembo dan HSR adalah beberapa contoh opsinya.

Bisakah menaikkan kapasitas mesin Civic Type R?

Tentu bisa saja menaikkan kubikasi Civic, namun sebaiknya lakukan modifikasi lain dulu yang tanpa mengubah bore silinder. Misalnya mengganti turbo, exhaust, intake, dan remap ECU.
Dapatkan pinjaman dana untuk Mobil Angsuran mulai dari Rp 27,66 Juta/bulan Dapatkan Pinjaman
Dapatkan penawaran eksklusif di Civic Type R OTR mulai dari Rp 1,18 Milyar Lihat Promo