Modifikasi Honda Civic Type R

Civic Type R Limited Edition

Hadir sebagai mobil yang mengedepankan performa, Honda Civic Type R merupakan sebuah jawaban bagi para penggemar Honda yang sangat antusias dengan kecepatan. Honda Civic generasi sepuluh dengan kode lahir FK8R ini merupakan penerus dari deretan Honda berjulukan Type R yang memang ditakdirkan untuk berlari kencang sejak lahir.

Dengan mesin berperforma tinggi, Honda Civic Type R dilengkapi dengan atribut penunjang aerodinamika di sekujur tubuhnya. Hal ini menjadi sebuah peranti wajib yang disematkan oleh para insinyur Honda untuk membuatnya tetap stabil dan melekat di aspal saat berkecepatan tinggi.

Struktur body yang lebar dengan tarikan garis tajam pada rancangan desainnya, membuat Honda Civic Type R memiliki tampilan yang sangat sporty. Honda memang secara jelas membedakan karakter desain antara Civic Type R yang lebih ‘galak’ dengan Civic Hatchback Turbo yang lebih ‘sopan dan manis’ yang menjadi basis produksinya.

Sumber pacu Honda K Series memang terkenal sebagai pemasok tenaga paling optimal di jajaran mesin empat silinder lansiran Honda. Mesin berkode K20C1 Turbo yang berada di balik kap mesin Honda Civic Type R dipasangkan dengan transmisi 6-percepatan manual dengan rasio rapat dan Limited Slip Differential di roda depan. Konfigurasi tersebut menghasilkan tenaga 306 dk dan torsi 400 Nm.

Banderol Rp 1,068 miliar untuk sebuah hatchback empat pintu memang dinilai sangat besar. Namun ini adalah generasi penerus dari Honda Civic Type R yang legendaris, sebuah hatchback yang tetap dengan kapasitas empat penumpangnya namun bisa diandalkan untuk Track Day.

PT Honda Prospect Motor (HPM) yang menjual resmi Honda Civic Type R generasi terakhir ini cukup disibukkan dengan lebih besarnya pemintaan dari pada kuota jualan yang dimiliki. Oleh karenanya, di kemudian hari, Honda Civic Type R ini bisa jadi sebuah buruan kolektor penggemar mobil-mobil berspesifikasi tinggi.

Meski datang sepaket dengan perangkat tampilan yang sporty dan mesin berperforma tinggi, Honda Civic Type R tidaklah haram untuk dimodifikasi. Berbagai aspek bawaan standar, masih dapat ditingkatkan lagi kemampuannya.

Namun perlu diingat, modifikasi yang dilakukan sepatutnya mempertimbangkan beberapa aspek. Antara lain keamanan berkendara, kenyamana berkendara serta yang paling penting adalah estetika.

Kegiatan modifikasi juga patut ditunjang dengan responsibiltas pengendaranya. Tetap patuhilah peraturan berkendara yang berlaku dan tetap hargai pengguna jalan lain saat berkendara.

 

Baca Kurang

Populer Modifikasi Honda Civic Type R

Honda Civic Type R keluar dari pabrik dengan sederet peranti penunjang performa. Namun beberapa pemiliknya masih kurang puas dengan spesifikasi yang diberikan oleh pabrikan. Oleh karenanya modifikasi adalah langkah selanjutnya yang dilakukan oleh pemilik guna mendapatkan personalisasi.

Demi meningkatkan performa standarnya, modifikasi di sektor mesin adalah hal yang aling umum dilakukan. Beberapa langkah dapat dilakukan mulai dari yang termudah yakni melakukan remapping atau reflash Engine Control Unit (ECU) hingga penggantian peranti ECU aftermarket yang memiliki lebih banyak parameter pengaturan.

Selain ECU, modifikasi di sektor mesin biasanya merambah ke sektor pembakaran yang dibuat lebih optimal. Caranya adalah meningkatkan pengapian dan pasokan udara bersih ke ruang bakar serta meningkatkan kinerja jalur distribusi bahan bakar.

Memperlancar aliran gas buang juga menjadi satu sektor penting dalam hal meningkatkan performa Honda Civic Type R. Penggantian perangkat knalpot bisa dilakukan secara lengkap atau parsial mulai dari centre pipe, resonator hingga muffler belakang.

Baca Kurang

Aksesoris Honda Civic Type R

Modifikasi tampilan adalah hal paling mudah dan terbilang lebih murah untuk make over Honda Civic Type R. Paling instan adalah ubahan tampilan lewat penggantian pelek dengan pilihan model yang masif di pasaran.

Honda Civic Type R Modifikasi

Lingkar velg 20 inci bawaan standar memang sudah cukup besar. Tidak perlu menggantinya dengan diameter yang lebih besar, namun Anda dapat menggantinya dengan model lain yang membuat tampilannya lebih ‘galak’. Beberapa pemilik bahkan melakukan down size atau melakukan penggantian pelek bawaannya dengan lingkar diameter yang lebih kecil, namun lebih lebar untuk kenyamanan berkendara dan meningkatkan pengendalian.
Selain melakukan penggantian pelek, sebagai pelengkap estetika biasanya turut dilakukan penggantian mur roda. Selain mur roda aftermarket lebih ringan namun punya kekuatan yang setara dengan mur roda standar. Soal tampilan, tentu jauh berbeda, apalagi bila mur roda tersebut merupakan lansiran tuner kenamaan.

Setelah beres urusan pelek dan mur roda, umumnya sektor suspensi adalah aspek terkena imbas dari modifikasi yang telah dilakukan. Ubahan di sektor ini dilakukan untuk menunjang estetika penampilan dengan menurunkan sedikit ketinggian Honda Civic Type R, menambah performa pengendaliannya di kecepatan tinggi dan memberikan traksi lebih kepada roda terhadap aspal.

Baca Kurang

Seller Aksesoris Modifikasi Honda Civic Type R

Elika Automotive
Permaisuri Ban

Honda Civic Type R Cerita Modifikasi

Ceritakan kisah mobil Anda

Review Anda akan membantu orang lain memilih

Tulis ceritamu

Pertanyaan Seputar Modifikasi Honda Civic Type R

  • Bagaimana meringankan bobot Civic Type R

    Bagian bodi yang masih menggunakan plastik atau metal, bisa disubtitusi dengan material berbahan serat karbon komposit. Pastikan Anda menggunakan perangkat yang berkualitas dan pemasangan dilakukan dengan sesuai standar keamanan jalan raya.

  • Kapan harus mengganti rem Civic Type R dengan BBK?

    Big Brake Kit, atau BBK sebaiknya Anda pasang begitu melakukan peningkatan tenaga yang signifikan pada mobil. Pastikan Anda menggunakan suku cadang yang berkualitas, Brembo dan HSR adalah beberapa contoh opsinya.

  • Bisakah menaikkan kapasitas mesin Civic Type R?

    Tentu bisa saja menaikkan kubikasi Civic, namun sebaiknya lakukan modifikasi lain dulu yang tanpa mengubah bore silinder. Misalnya mengganti turbo, exhaust, intake, dan remap ECU.