Modifikasi Daihatsu Ayla

Modifikasi Daihatsu Ayla

Lahir dari sosok konsep Daihatsu A-Concept yang dikenalkan lewat ajang IIMS 2011, butuh sekitar satu tahun hingga versi menjadi produk yang kita kenal sebagai Daihatsu Ayla. Saat itu, pengenalannya dilakukan di ajang IIMS 2012. Namun baru meluncur di Indonesia pada September 2013 menyusul keluarnya regulasi Low Cost Green Car (LCGC).

Meski secara penampilan, Ayla cukup berbeda dari versi konsepnya, mobil mungil itu tetap terbilang modis. Apalagi jika ditilik dari statusnya sebagai 'mobil murah' atau Low Cost Green Car (LCGC). Hal ini bukan hanya berlaku pada versi lawasnya yang dijual sejak 2013. Tapi juga di edisi terbaru yang mendapat permak wajah pada 2017 dan versi 1.2 yang juga lahir di tahun yang sama.

Mesin Ayla yang awalnya hanya hadir dalam versi 998 cc 3-silinder dengan kode 1KR-DE terbilang irit. Mulai 2017 silam, hadir varian 1.2 dengan mesin 1.200 cc 4-silinder tipe 3NR-VE Dual VVT-i yang lebih bertenaga.

Sejak kehadirannya 2013 silam hingga kini, mobil yang dijual tanpa pajak barang mewah (PPnBm) tersebut masih dilepas pada kisaran Rp 100 jutaan. Karena terjangkau dan irit membuat banyak kalangan mengincarnya sebagai kendaraan pertama. Mulai dari keluarga muda, anak muda hingga ibu-ibu menjadi konsumennya.

Tak heran jika sosok kompaknya itu mudah ditemui di kota-kota besar hingga pinggiran. Maraknya 'kembaran' mobil mereka di jalan, membuat tak jarang banyak pemilik Ayla yang lantas memodifikasi mobilnya. Apalagi secara bawaan, Ayla memang cocok dibuat sebagai bahan modifikasi.

Kunci ubahan paling simple pada Ayla bisa hadir dari modifikasi di tampilan eksteriornya. Bisa disebut, ini merupakan kunci modifikasi sebuah mobil untuk bisa memikat siapapun yang melihatnya. Tapi jika salah ubahan, bukan pujian yang didapat tapi justru cemoohan yang dituai. Asyiknya tak perlu banyak ubahan radikal agar Ayla tampil beda.

Ubahan pada sektor bodi kitnya sudah dapat langsung mendongkrak tampilan Ayla. Agar semakin berbeda, velg bawaannya juga bisa diganti dengan model aftermarket yang sporty. Dalam kondisi standar, Ayla disediakan velg dalam ukuran 13 dan 14 inci.

Selain itu, secara umum, biasanya pemilik Ayla akan melakukan modifikasi lanjutan ke bagian dalam atau interior mobil. Bisa dengan melakukan pelapisan ulang jok dan trim. Hingga upgrade di sektor audio. Penambahan kaca film agar kabin makin adem juga kerap dilakukan.

Modifikasi Ayla

Tujuannya selain untuk mengubah tampilan standarnya, bisa juga untuk menambah kenyamanan pengguna. Biasanya pemilihan konsep modifikasi akan disesuaikan dengan selera atau keinginan pada pemilik. Yang jelas, kenyamanan dan keamanan berkendara wajib jadi prioritas saat melakukan modifikasi mobil ini.

Baca Kurang

Seller Aksesoris Modifikasi Daihatsu Ayla


Garasi 57
DJ Custom Automotive Workshop

Daihatsu Ayla Cerita Modifikasi

Ceritakan kisah mobil Anda

Review Anda akan membantu orang lain memilih

Tulis ceritamu

Pertanyaan Seputar Modifikasi Daihatsu Ayla

  • Apakah mengganti velg menggugurkan garansi mobil?

    Garansi biasanya berlaku per bagian komponen. Velg dalam hal ini adalah kaki-kaki, dan jika Anda menggantinya ke ukuran yang tidak direkomendasikan oleh bengkel resmi, maka garansi akan hangus. Parts yang biasanya termasuk dalam garansi kaki-kaki adalah suspensi, lengan ayun.

  • Apakah Daihatsu Ayla mesinnya sama dengan Agya?

    Ya, sama persis, dan tak ada perbedaan sama sekali di sektor permesinan dari kedua mobil tersebut. Soalnya baik Daihatsu Ayla maupun Toyota Agya, diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor

  • Berapa ukuran PCD Roda Daihatsu Ayla?

    Daihatsu Ayla menggunakan ukuran PCD 4 x 100. Ukuran tersebut sangatlah jamak digunakan banyak mobil, sehingga pabrikan velg aftermarket pun menyediakan ragam produk dan jenis yang bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda.