Toyota Agya
Toyota Agya Rp 158,5 - 179,7 Juta
Dp Rp 39,62 Juta Angsuran : Rp 3,62 Juta x 36

Modifikasi Toyota Agya

Modifikasi Agya

Pada tahun 2013 silam, pemerintah mengeluarkan kebijakan mengenai hadirnya mobil murah yang dikemas dalam tajuk Low Cost Green Car (LCGC). Kebijakan tersebut disambut PT Toyota Astra Motor (TAM) dengan meluncurkan Agya pada September 2013.

Hingga kini, kembaran Daihatsu Ayla tersebut tetap memikat hati penggemarnya. Pasalnya, harga jual Agya yang mulai Rp 144-170 juta terbilang terjangkau. Kondisi tersebut juga didukung dengan harga jual kembalinya yang tetap bertahan tinggi.

Belum lagi keunggulannya dari sektor efisiensi BBM juga tak bisa dilepaskan. Sejak awal, mobil ini mengusung mesin 998 cc 3-silinder 1KR-DE yang sama dengan saudaranya Ayla. Sementara di tahun 2017 mesin Agya diubah dengan versi 1KR-VE yang sudah dilengkapi teknologi VVT-i. Versi lainnya adalah mesin 1.200 cc 4-silinder tipe 3NR-VE Dual VVT-i yang lebih bertenaga.

Tak heran hingga 2020, populasinya mencapai sekitar 270 ribu unit. Hal ini yang membuat banyak penggunanya yang memodifikasi Agya baik dari sisi tampilan hingga interiornya untuk mempercantik atau menambah kenyamanan kendaraannya.

Untuk memodifikasi Agya, bisa dimulai dari tampilan eksteriornya. Tak perlu banyak ubahan radikal agar Agya tampil beda. Karena secara bawaan, tampilannya sudah terbilang sporty. Hanya butuh ubahan ringan seperti penggunaan body kit add on hingga pengaplikasian velg aftermarket sudah cukup mengubah tampilannya. Tak jarang Toyota Indonesia bahkan menghadirkan versi modifikasi dari Agya untuk membuktikan kemudahan produk tersebut dalam dimodifikasi.

Sederet opsi modifikasi juga dapat dilakukan untuk benar-benar memanjakan selama perjalanan. Diantaranya dengan ubahan di sektor audio visual. Seperti penggantian headunit standar dengan model bersistem Android yang kini tengah digandrungi. Dengan dukungan sistem Android, pengguna bisa browsing saat sengang atau menggunakan GPS.

Optimalisasi ubahan yang bisa dilakukan pada Agya dapat dilakukan dengan modifikasi lanjutan ke bagian dalam atau interior mobil. Bisa dengan melakukan pelapisan ulang jok dan trim. Serta ubahan kaca film aftermarket  agar kabin makin sejuk.

Tujuan modifikasi sejatinya selain untuk mengubah tampilan standarnya, bisa juga untuk menambah kenyamanan pengguna. Tentu pemilihan konsep modifikasi akan disesuaikan dengan selera atau keinginan pada pemilik. Namun perlu diperhatikan, kenyamanan dan keamanan berkendara wajib jadi prioritas saat melakukan modifikasi mobil ini.

Baca Selengkapnya Sembunyikan

Populer Modifikasi Toyota Agya

modifikasi Agya

Saat ini modifikasi pada Toyota Agya kerap dilakukan pemiliknya dengan mengarah ke gaya sporty dan stylish. Lewat penambahan body kit hingga ubahan velg. Di mana saat ini, aksesoris tersebut tersedia melimpah untuk Agya.

Tak jarang juga ubahan hanya dilakukan secara minimalis tanpa kesan menyolok di sisi eksterior. Seperti sekadar menambah kenyamanan interior dengan pergantian lapisan jok dan penambahan kaca film standar dengan merek aftermarket.

Bisa juga menambah peranti audio dengan pergantian headunit model double din dengan tipe layar sentuh. Kemudian adanya penambahan fitur seperti dashcam atau kamera parkir yang belum tersedia di bawaan standarnya. Agar makin maksimal, kerap kali dilakukan pergantian speaker dari merek aftermarket yang biasanya juga dijual secara paketan bersama headunitnya.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
body kit agya
Body

Cara mengubah penampilan mobil Sahabat agar berbeda dan tetap nyaman, maka pemilik Agya bisa melakukannya dengan memasangkan body kit pada mobil kesayangannya. Body kit merupakan aksesoris pendukung untuk memodifikasi mobil agar tampil berbeda. Pada bodykit biasanya dibuat dalam satu set yang terdiri dari bumper depan, belakang, dan side skirt di bagian bawah kanan dan kiri mobil. Namun, ada pula di pasaran yang menawarkan body kit yang masih mengandalkan bumper bawaannya atau add on. Harga yang ditawarkan body kit pun beragam menyesuaikan dengan model yang digunakan. Semisal body kit berbahan fiber yang disediakan dalam kondisi plug and play atau tinggal pasang. Untuk harga sepaket dikenakan harga Rp 8 jutaan. Sedangkan untuk bumper depannya saja dihargai Rp 2,5 juta. Desainnya akan jauh berbeda dari standarnya karena tak lagi mengandalkan bumper bawaan. Sementara paket body kit add on berbahan fiber bisa dilirik bagi Anda yang menginginkan tampilan ke desain OEM edisi spesial yang lebih minimalis. Harganya juga lebih terjangkau. Seperti model TRD Sportivo yang dijual di angka Rp 900 ribu hingga Rp 1,2 jutaan diluar cat. Tambah Rp 600 ribu lagi untuk ongkos catnya.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
Interior
Interior

Bagian dalam mobil (interior) kerap kali sering dikeluhkan oleh para pengguna mobil, khususnya pada material pembungkus jok bawaan mobil yang terkadang spesifikasinya tidak sesuai keinginan pemiliknya. Tak terkecuali pemilik Agya. Oleh karena itu, para pemilik mobil biasanya akan melakukan modifikasi dengan mengganti bahan yang lebih baik dan nyaman digunakan. Selain jok, biasanya pengguna mobil juga memasang cover atau sarung penutup pada bagian setir dan sabuk pengaman menyesuaikan dengan warna jok. Untuk itu lapisan kulit sintetik seperti merek MB Tech yang menyediakan banyak varian dan warna. Tersedia model Camaro, Camaro Fiesta, Superior dan Carrera. Ada juga brand Cherokee yang ditawarkan Karunia Agung Motor. Untuk pelapisannya tersedia tipe paten yang harus melepas lapisan fabric bawaannya dan langsung melapis joknya dengan bahan tersebut. Harga yang ditawarkan Rp 2,8 juta. Keunggulannya, selain rapi dan pilihan warna lebih banyak, konsumen juga bisa memilih kombinasi benang jahitannya. Mau lebih murah? Ada juga opsi lainnya yakni tipe lapisan berbahan kulit sintetis Cherokee. Di mana bahan kulit sintetik hanya melapis bahan fabric bawaannya. Kekurangannya, pelapis jok model ini kerap tidak rapi dalam pemasangannya jika dibanding model paten.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
perangkat audio Agya
Entertainment

Selain mengganti beberapa bagian penting pada interior mobil, maka hal yang tak kalah penting untuk kenyamanan selama di dalam mobil adalah dengan menambah fitur hiburan dengan layar sentuh bersistem Android yang kini tengah digemari. Dengan adanya sistem Android, pengguna bisa menonton tayangan favorit via Youtube dikala parkir atau sengang. Apalagi saat ini hanya Agya tipe tertentu yang dibekali headunit tipe layar sentuh. Saat ini di pasar tersedia ragam ukuran headunit layar sentuh Android 7 atau 10 inci. Diantaranya Eniqma dan Asuka Mirai dengan banderol Rp 1,65-3,5 juta. Headunit tersebut bisa dioptimalkan dengan keluaran suara yang makin gahar dengan penerapan subwoofer kolong. Keuntungannya ada di penggunaan ruang yang lebih kompak dibanding subwoofer standar. Saat ini banyak tersedia subwoofer kolong yang ditawarkan banyak brand sebut saja Embassy, Momentum atau LM Audio. Harga jualnya pun beragam, mulai Rp 1,5-1,75 jutaan.

Baca Selengkapnya Sembunyikan

Aksesoris Toyota Agya

Hadir sebagai mobil 'sejuta umat' membuat aksesoris yang ditawarkan bagi Agya melimpah. Mulai dari penunjang di sektor tampilan hingga kenyamanan. Dari sektor eksterior, tentu ubahan paling mudah ada di velgnya. Dengan lubang PCD 4x100, aksesoris Agya ini terbilang mudah ditemui. Hal tersebut membuat banyak pilihan velg yang ditawarkan dari brand aftermarket. Termasuk dari produsen-produsen velg lokal yang cocok dipilih tanpa memakan budget besar.

Beralih ke penunjang kenyamanan penumpang, salah satunya bisa ditingkatkan dengan penggunaan kaca film. Meski tampak sepele, namun selain pengaruhnya besar pemilihan warna kaca film yang tepat juga bisa mendongkrak tampilan mobil secara paripurna. Untuk menambah pencahayaan di malam hari, sekaligus mendongkrak tampilan bisa juga dengan mengandalkan lampu LED baik di luar atau kabinnya.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
Kaca Film
Kaca Film

Salah satu peranti yang kerap diganti oleh pemilik Agya untuk menambah kenyamanan mobilnya adalah kaca film. Tujuan utamanya tentu untuk menambah adem kabin dari teriknya cahaya matahari. Namun sisi lain yang didapat dari penerapan kaca film aftermarket adalah tampilan warnanya yang lebih apik. Beragam tipe mulai dari harga terjangkau hingga produk premium bisa dipilih untuk meredam panas sinar UV dari sorot matahari. Kemampuan kaca film dalam menolak sinar UV dan infrared yang bisa diuji melalui alat Transmission Meter. Tersedia angka Visible Light dan Infrared Light. Dalam angka Visible Light menunjukan tingkat kebeningan dari kaca film. Sementara Infrared Light merupakan angka penolak panas dari sinar infrared. Semakin kecil angka yang ditunjukan pada panel Infrared Light, maka makin baik dalam menolak panas. Dalam memilih kaca film juga jangan hanya berpatokan pada kadar kegelapannya saja. Untuk kaca samping dan belakang, kegelapan maksimal yang masih nyaman dipakai harian cukup 60 persen. Sedangkan untuk kaca depan kegelapan yang disarankan 40 persen saja. Soal harga, sepaket kaca film untuk Agya dimulai dari Rp 1,3 jutaan untuk merek 3M. Sedangkan brand premium seperti V-Kool dihargai Rp 5,5 juta sepaket.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
Velg

Dilengkapi dengan ukuran lubang 4x100, membuat pilihan velg aftermarket Agya melimpah. Ini karena ukuran tersebut jamak ditemui pada mobil jenis sedan dan hatchback di Indonesia. Dalam kondisi standar, velg Agya dibekali ukuran 14 inci Cukup naik 2 ukuran dari standarnya, semisal ke 16 inci dengan palang lurus dipadu ban berprofil tipis akan makin menambah kesan sporty pada mobil tersebut, tanpa mengorbankan kenyamanan. Bisa juga menerapkan velg berdiameter lebih besar, seperti 17 inci. Tetapi harus memperhatikan celah ban ke spakbor dan lebar velgnya. Bahkan banyak produsen velg lokal yang menghadirkan produk-produk mereka di ukuran PCD Agya. Diantaranya DNZ Wheels Type One yang dijual seharga Rp 5,8 juta. Lalu tengok pula Torsion Wheels TR-20 yang dilepas Rp 4 jutaan. Atau pilihan HSR Wheel yang dilepas Rp 5 jutaan.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
Lampu Ayla
Lampu

Banyak bagian lampu Agya yang dapat dieksplor dengan ubahan ke tipe LED. Memang dalam kondisi standar, Agya sudah dilengkapi dengan DRL LED, juga proyektor. Namun bukan berarti hal tersebut tidak bisa dioptimalkan. Terutama di varian lawasnya. Karena bohlam halogen biasa masih menjadi andalannya. Untuk itu bisa dilakukan ubahan ke tipe LED untuk ragam lampunya. Seperti headlamp LED jenis H4 yang ditersedia dengan lampu Philips Ultinon seharga Rp 1,8-1,9 juta. Keunggulannya selain lebih terang juga daya listrik yang diserap kecil, yakni 15-18 watt saja. Untuk lampu kabin LED bisa lirik brand Osram atau LED Plasma yang dijual Rp 125 ribu. Cahaya putihnya terang namun tidak menyilaukan saat dipasang. Sektor fog lamp dengan jenis H11 juga bisa diganti dengan LED dari Philips Ultinon Essential, 24 watt, seharga Rp 750 ribu atau Osram LEDriving, 25 watt, Rp 1,35 juta. Sedangkan tipe Philips Ultinon LED 15 watt dilepas paling mahal, yakni Rp 1,7 juta.

Baca Selengkapnya Sembunyikan

Seller Aksesoris Modifikasi Toyota Agya

Artikel Modifikasi Toyota Agya

Berita Mobil Agya

Bandingkan Varian Toyota Agya

  • Semua
  • Bensin
  • Agya 1.2L G M/T
    Rp 158,5 Juta
    Fitur Varian Dasar
    • Bensin
    • Manual
    • AC
    • Power Steering
    • Power Outlet
    • Radio AM/FM
    • Speaker depan
    • Speaker belakang
    • Sambungan Bluetooth
    • Soket USB
    • Power Window Depan
    • Lampu Pengingat Jumlah Bahan Bakar
    • Adjustable Seats
    • Headrest Kursi Belakang
    • Lapisan berbahan kain
    • Pengaturan Posisi Stir
    • On Board Computer
    • Cup Holder - depan
    • Bottle Holder
    • Anti Lock Braking System
    • Child Safety Locks
    • Kantong Udara Pengemudi
    • Airbag Penumpang Depan
    • Sabuk Pengaman Belakang
    • Sabuk Pengaman Depan dengan Penyesuai ketingg
    • Pengingat Pemakaian Sabuk Pengaman
    • Crash Sensor
    • Alarm Mobil
    • Pengingat Pintu Terbuka
    • Pelindung Benturan Samping
    • Pelindung Benturan Depan
    • Engine Immobilizer
    • Tanki Bahan Bakar Diletakkan di Tengah
    • Adjustable Headlights
    • Velg alloy
    • Antena Terpadu
    • Lampu sein kaca Spion Luar
    • Odometer Digital
    • Pemanas
    • Tachometer
    • Electronic Multi Tripmeter
    • Kursi Pengemudi Dengan Penyesuai Ketinggian
    • Keyless Entry
    • Engine Check Warning
    • Anti Theft Device
    • Tuas Pembuka Tutup Bensin
    • Kursi Lipat Belakang
    • Lampu Kabut Depan
    • Wiper Kaca Belakang
    • Spoiler Belakang
    • Cup Holder - belakang
    • Kaca spion luar manual
    Lihat Lainnya Lihat Promo
  • Agya 1.2L GR Sport M/T
    Rp 163,9 Juta
    + 4 Fitur Tambahan
    • Bensin
    • Manual
    • Engine Start Stop Button
    • Audio 2DIN
    • Layar Sentuh
    • Spion Lipat Elektrik
    Lihat Promo
  • Agya 1.2L G A/T
    Rp 172 Juta
     
    • Bensin
    • Automatic
    Lihat Promo
  • Agya 1.2L GR Sport A/T
    Rp 179,7 Juta
    + 4 Fitur Tambahan
    • Bensin
    • Automatic
    • Engine Start Stop Button
    • Audio 2DIN
    • Layar Sentuh
    • Spion Lipat Elektrik
    Lihat Promo
  • Agya 1.2L G M/T
    Rp 158,5 Juta
    Fitur Varian Dasar
    • Bensin
    • Manual
    • AC
    • Power Steering
    • Power Outlet
    • Radio AM/FM
    • Speaker depan
    • Speaker belakang
    • Sambungan Bluetooth
    • Soket USB
    • Power Window Depan
    • Lampu Pengingat Jumlah Bahan Bakar
    • Adjustable Seats
    • Headrest Kursi Belakang
    • Lapisan berbahan kain
    • Pengaturan Posisi Stir
    • On Board Computer
    • Cup Holder - depan
    • Bottle Holder
    • Anti Lock Braking System
    • Child Safety Locks
    • Kantong Udara Pengemudi
    • Airbag Penumpang Depan
    • Sabuk Pengaman Belakang
    • Sabuk Pengaman Depan dengan Penyesuai ketingg
    • Pengingat Pemakaian Sabuk Pengaman
    • Crash Sensor
    • Alarm Mobil
    • Pengingat Pintu Terbuka
    • Pelindung Benturan Samping
    • Pelindung Benturan Depan
    • Engine Immobilizer
    • Tanki Bahan Bakar Diletakkan di Tengah
    • Adjustable Headlights
    • Velg alloy
    • Antena Terpadu
    • Lampu sein kaca Spion Luar
    • Odometer Digital
    • Pemanas
    • Tachometer
    • Electronic Multi Tripmeter
    • Kursi Pengemudi Dengan Penyesuai Ketinggian
    • Keyless Entry
    • Engine Check Warning
    • Anti Theft Device
    • Tuas Pembuka Tutup Bensin
    • Kursi Lipat Belakang
    • Lampu Kabut Depan
    • Wiper Kaca Belakang
    • Spoiler Belakang
    • Cup Holder - belakang
    • Kaca spion luar manual
    Lihat Lainnya Lihat Promo
  • Agya 1.2L GR Sport M/T
    Rp 163,9 Juta
    + 4 Fitur Tambahan
    • Bensin
    • Manual
    • Engine Start Stop Button
    • Audio 2DIN
    • Layar Sentuh
    • Spion Lipat Elektrik
    Lihat Promo
  • Agya 1.2L G A/T
    Rp 172 Juta
     
    • Bensin
    • Automatic
    Lihat Promo
  • Agya 1.2L GR Sport A/T
    Rp 179,7 Juta
    + 4 Fitur Tambahan
    • Bensin
    • Automatic
    • Engine Start Stop Button
    • Audio 2DIN
    • Layar Sentuh
    • Spion Lipat Elektrik
    Lihat Promo

Video Toyota Agya

Lihat video terbaru Toyota Agya untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

  • Cari Mobil Dibawah 200juta? Ini dia rekomendasinya di awal tahun 2022! | oto.com
    Cari Mobil Dibawah 200juta? Ini dia rekomendasinya di awal tahun 2022! | oto.com
    17 Jun, 2022 .
  • Toyota Agya 2020 | First Impression | Lebih Kaya Fitur | OTO.com
    Toyota Agya 2020 | First Impression | Lebih Kaya Fitur | OTO.com
    19 Mar, 2020 .
  • Toyota New Agya 1.2 TRD | Road Test | Pesaing Honda Brio Satya | OTO.com
    Toyota New Agya 1.2 TRD | Road Test | Pesaing Honda Brio Satya | OTO.com
    08 Jun, 2018 .
  • Peluncuran Toyota Agya Terbaru I OTO.com
    Peluncuran Toyota Agya Terbaru I OTO.com
    07 Apr, 2017 .
Video Agya

Bandingkan Toyota Agya Dengan Mobil Sejenis

Honda Brio
Honda Brio
Rp 156,9 - 236,9 Juta
Spesifikasi Brio
Daihatsu Ayla
Daihatsu Ayla
Rp 110 - 169,25 Juta
Spesifikasi Ayla
Toyota Calya
Toyota Calya
Rp 158,6 - 181,1 Juta
Spesifikasi Calya
Renault KWID
Renault KWID
Rp 161 - 170,8 Juta
4.75 (4 Ulasan)
Spesifikasi KWID
Mesin 1.2L Petrol Engine, 4 Cylinder 16 Valve SOHC
1.0L Petrol Engine, In-line 3 Cylinder 12 Valve DOHC
1.2L Petrol Engine, In-line 4 Cylinder 16 Valve DOHC
1.0L Petrol Engine, 3 Cylinder 12 Valve
Mesin 1199
998
1197
999
AC Ya
Tidak
Ya
Ya
Power Steering Ya
Ya
Ya
Ya
Power Window Depan Ya
-
Ya
Ya
Lampu Pengingat Jumlah Bahan Bakar Ya
Ya
Ya
Ya
Adjustable Seats Ya
Ya
Ya
Ya

Lindungi Mobil Anda Segera. Dapatkan tawaran asuransi terbaik untuk Mobil Anda.

Lihat Penawaran

Modifikasi Mobil

Modifikasi Mobil

Pertanyaan & Jawaban Toyota Agya (FAQ)

Apakah mengganti velg menggugurkan garansi mobil

Garansi biasanya berlaku per bagian komponen. Velg dalam hal ini adalah kaki-kaki, dan jika Anda menggantinya ke ukuran yang tidak direkomendasikan oleh bengkel resmi, maka garansi akan hangus. Parts yang biasanya termasuk dalam garansi kaki-kaki adalah suspensi, lengan ayun.

Berapa ukuran PCD Roda Toyota Agya?

Toyota Agya menggunakan ukuran PCD 4 x 100. Ukuran tersebut sangatlah jamak digunakan banyak mobil, sehingga pabrikan velg aftermarket pun menyediakan ragam produk dan jenis yang bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda.

Apakah Toyota Agya mesinnya sama dengan Ayla?

Ya, sama persis, dan tak ada perbedaan sama sekali di sektor permesinan dari kedua mobil tersebut. Soalnya baik Daihatsu Ayla maupun Toyota Agya, diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor