Modifikasi Toyota Fortuner

Modifikasi Toyota Fortuner

Toyota Fortuner tidak bisa dipungkiri adalah pelopor di kelas SUV 7-seater menengah di Indonesia. Kehadirannya kemudian diikuti oleh Ford Everest, Mitsubishi Pajero Sport, dan terakhir Chevrolet Trailblazer. Pasar ini langsung booming karena kemampuan mobilnya. Tubuh SUV, ditambah muat banyak. Nilai plus lagi, harganya relatif terjangkau bagi mereka yang mulai mapan. Sebelum Fortuner hadir, mereka yang ingin SUV tujuh penumpang hanya ada Toyota Land Cruiser atau Mitsubishi Pajero (bukan sport) yang harganya milyaran.

Fortuner pertama hadir tahun 2004, memanfaatkan platform IMV (Innovative Multi-purpose Vehincle), yang juga digunakan oleh Kijang dan Hilux. Cukup lama bagi Toyota untuk melahirkan generasi kedua, karena baru Januari 2016 dihadirkan. Perubahan total dilakukan oleh Toyota untuk mobil yang juga dipasarkan di Afrika dan Timur Tengah ini.

Desainnya terlihat lebih modern, jantung mekanis berbahan bakar bensin masih sama seperti generasi sebelumnya (2TR-FE) berkapasitas 2,7 liter. Tapi mesin turbodiesel dipilihkan yang benar-benar baru, dengan kode 2GD-FTV, berkapasitas 2,4 liter. Transmisi juga diberikan dua pilihan, menggunakan yang paling mutakhir yaitu 6-speed otomatis atau 6-speed manual. Dan tidak lupa, disediakan juga dua pilihan penggerak yaitu 4x2 (gerak belakang), dan 4WD.

Saat ini, tersedia empat tingkatan varian, dengan pilihan penggerak seperti diatas tadi. Total, ada delapan Fortuner yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Masing -masing adalah VRZ yang hanya bermesin diesel, transmisinya otomatis, dan ada pilihan berpenggerak 4WD. Di bawahnya ada SRZ bermesin bensin dengan transmisi otomatis, dan paling bawah adalah Fortuner G, yang bermesin diesel dan memiliki pilihan transmisi otomatis atau manual.

Pada akhir 2020 Toyota meluncurkan Fortuner facelift, di versi terbarunya ini Toyota melakukan perubahan di beberapa sektor, seperti headlamp led, stoplamp led, foglamp projector led, pelek dan bumper yang lebih dinamis. Selain itu disisi interior kini dominan warna hitam yang menggantikan kelir coklat pada jok dan door trimnya.

Baca Kurang

Populer Modifikasi Toyota Fortuner

Memodifikasi tampilan jadi model yang lebih eksklusif, bisa jadi pilihan utama. Misalnya dengan mengadopsi desain varian Legender yang menjadi varian tertinggi Fortuner di Thailand dan Malaysia tidak dihadirkan di sini.

Hal ini bisa menjadi acuan modifikasi Fortuner agar tampil beda,  karena secara tampilan memang Fortuner Legender ini lebih sangar dan mewah juga bisa jadi terlihat eksklusif. 

Perbedaanya ada pada desain bemper dan grill depan yang menganut desain keen look khas Toyota, bemper belakang yang lebih sporty dengan, serta headlamp yang memakai triple projector dengan DRL yang lebih cantik, serta stoplamp yang sudah menganut sein sequential.

Selain itu dari sektor kaki-kaki seperti pelek dan ban juga memakai ukuran 20 inci yang lebih gagah. Pada Interior juga terdapat sentuhan sporty dengan perpaduan merah hitam pada jok kulit, doortrim serta dashboardnya.

Sektor mesin pun berbeda, karena Legender ini mengusung mesin 1GD-FTV 2.800cc bertenaga 201 hp. Jauh lebih kuat dibanding Fortuner lokal yang memakai mesin 2GD-FTV 2.400cc 147 hp. Mengoprek sektor mesin juga bisa jadi pilihan bagi Anda yang memiliki SUV Toyota ini.

Baca Kurang Lihat Semua

Seller Aksesoris Modifikasi Toyota Fortuner

Sisuka Corporation
PADI Car Leather Seat

Permaisuri Ban
  • 0217211239
  • www.permaisuri.com
  • Jl Mahakam No.5, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Pertanyaan Seputar Modifikasi Toyota Fortuner

  • Di mana bisa membeli paket modifikasi Fortuner?

    Banyak gerai-gerai aksesoris yang menawarkan ragam aksesoris Fortuner. Sisuka Corporation adalah salah satunya, gerai ini berada di bilangan Meruya, Jakarta Barat. Anda juga bisa mengunjungi Pasar Mobil Kemayoran, Pasar Mobil Kemayoran, atau Fatmawati untuk mencari pilihan.

  • Berapa ukuran velg maksimal Fortuner?

    Toyota Fortuner bisa menggunakan ukuran velg mulai 16 inci hingga 22 inci. Pastikan Anda menggunakan velg berkualitas dengan material yang sesuai standar.

  • Apakah mengupgrade mesin dengan piggy back menggugurkan garansi?

    Tentu saja, ini adalah proses elektronik yang berkaitan dengan mesin, dipastikan garansi untuk komponen-komponen ini akan gugur. Namun tentunya para tuner terpercaya akan memberikan jaminan khusus. Pastikan Anda memahami risiko ini sebelum mengambil keputusan untuk meningkatkan performa dengan metode tersebut.