Mobil Listrik

Mobil Elektrik - Kesenangan Baru Berkendara

  • Biaya Kepemilikan lebih murah
    Biaya Kepemilikan lebih murah

    Memakai mobil listrik berarti tidak perlu lagi membeli bensin. Beban biaya tentunya akan beralih ke penggunaan listrik sebagai energi utama.

  • Perawatan
    Perawatan

    Mekanikal mobil listrik banyak berbeda dengan mobil konvensional. Beberapa komponen yang biasanya harus mendapat perawatan rutin, sudah tidak diperlukan lagi.

  • Lebih Baik untuk Lingkungan
    Lebih Baik untuk Lingkungan

    Mobil listrik tidak menghasilkan emisi gas buang sama sekali. Tidak seperti mesin konvensional yang mengeluarkan zat sisa pembakaran dari hasil olahan bahan bakar minyak. Jelas sangat ramah lingkungan.

Mobil Listrik

Kenapa Harus Beralih ke Kendaraan Listrik

Yang menggerakkan mobil listrik

Lebih Sehat Lebih Sehat

Kalau mayoritas sudah beralih ke mobil listrik, udara kian bersih dari polusi. Dampaknya tentu ke lingkungan sekitar dan kesehatan badan. Berbagai penyakit yang biasa ditimbulkan akibat polusi juga drastis berkurang.

Lupakan BBM Lupakan BBM

Banyak pengeluaran uang dapat dikurangi saat memakai mobil listrik. Mulai dari biaya bahan bakar, pajak kendaraan hingga perawatan. Anda pun bisa menabung lebih banyak tiap bulannya. Tidak perlu lagi mampir ke stasiun pengisian bahan bakar. Mengisi baterai bisa dari rumah, melalui pemakaian listrik sehari-hari. Lebih praktis dan tidak memakan waktu harus antri isi bensin.

Energi Tergantikan Energi Tergantikan

Bila masih bergantung pada minyak bumi, tentu persediaannya lambat laun akan habis. Beralihnya ke mobil listrik, pemakaian sumber energi tak tergantikan itu dapat berkurang drastis. Cadangan minyak pun selalu terjaga.

Video Mobil Listrik

Video mobil listrik terbaru

Komponen Kendaraan Listrik

Apa yang membuat kendaraan listrik busa bergerak

Baterai Baterai

Baterai adalah sumber energi utama di mobil listrik. Mengisi ulangnya bisa melalui listrik rumah atau stasiun pengisian khusus. Beberapa jenis baterai yang dipakai antara lain: Lithium-ion, Lead Acid dan Nickel Metal Hydride.

Motor Elektrik Motor Elektrik

Fungsi motor bertugas menyalurkan daya menuju roda. Output dihasilkan pun berbeda-beda sesuai spesifikasi yang ingin dicapai pabrikan. Semakin besar, tentu akselerasinya juga tambah cepat. Kehebatan motor elektrik di mobil listrik, menghasilkan torsi besar tanpa terpengaruh putaran mesin. Makanya rata-rata mobil listrik punya tarikan yang melebihi mobil konvensional.

Charger Charger

Mengisi baterai mobil listrik sama seperti proses charging baterai smarthphone. Dibutuhkan adaptor khusus untuk tersambung dengan sumber listrik. Biasanya berupa konverter tersendiri, agar aliran listrik yang masuk sesuai dengan yang dibutuhkan. Alat itu tersedia satu paket ketika membeli mobil listrik.

Mobil Listrik di Indonesia

Kendaraan roda empat berpenggerak listrik bukan barang baru di Indonesia. Hanya saja, tidak ada yang berani dengan serius menjualnya. Biasanya, hanya sebatas untuk eksebisi. Peraturan pemerintah yang memberlakukan pajak berdasarkan emisi, seperti menjadi lampu hijau bagi produsen yang selama ini hanya bisa memajang produk mobil listriknya di pameran

Toyota, Mitsubishi, Wuling, DFSK menyambut baik peraturan tersebut. Meski mereka untuk awal ini, lebih suka bermain aman dulu dengan menyuguhkan mobil berpenggerak hybrid (motor listrik dipadukan mesin biasa).

  • Mengapa mobil listrik dianggap ramah lingkungan?

    Karena tidak menggunakan mesin dengan pembakaran dalam (internal combustion engine) yang mengeluarkan emisi gas buang dari proses pembakaran yang menggerakkan piston, untuk menjalankan mobil.

  • Berapa lama proses isi ulang baterai mobil listrik?

    Tergantung kapasitas baterai dan kemampuan alat isi ulang (charger). Saat ini, charger paling cepat adalah 30 menit untuk mencapai kapasitas 80 persen. Tapi para produsen berkomitmen untuk memangkas waktu isi ulang baterai ini.

  • mengapa mobil listrik belum bisa diproduksi secara massal di indonesia

    Karena berbagai hal. Mulai dari peraturan pemerintah soal kendaraan elektrik, kesiapan alat produksi, ketersediaan infrastruktur yang masih minim hingga pasar otomotif yang belum familiar dengan kendaraan seperti ini.

  • Apakah mobil listrik menggunakan oli

    Tidak. Oli bukan cairan utama untuk melancarkan pergerakan komponen. Justru sistem pendingin yang jadi hal utama. Diperlukan untuk mendinginkan baterai dan dinamo penggerak utama.

  • Apakah Indonesia sudah siap menerima kehadiran mobil listrik?

    Tentu. Peraturan Pemerintah no 73 Tahun 2019 sudah terbit sejak Oktober 2019. Produsen otomotif dan instansi pemerintahan terkait diberi waktu hingga 2021 untuk mempersiapkan segalanya. Saat itu, PP 73 tersebut mulai diberlakukan.

  • Seperti apa skema perpajakannya?

    PPnBM untuk kendaraan berpenggerak listrik adalah 15 persen dengan dasar pengenaan pajak nol persen dari harga jual. Ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 73 tahun 2019, yang berlaku penuh pada 16 Oktober 2021.

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store