Toyota Kijang Innova

Rp 288,9 - 432,7 juta*
Harga On The Road (OTR)
Dapatkan promo eksklusif dan pilihan pinjaman dari dealer
Gambar Toyota Kijang Innova
3.9 / 5
based on 2 reviews
0 Shares

Toyota Kijang Innova Price List

lihat di bawah ini - daftar varian
    Varian Diesel
    • 2393 cc, Diesel
      Rp 319 juta*
    • 2393 cc, Diesel
      Rp 340,5 juta*
    • 2393 cc, Diesel
      Rp 366,4 juta*
    • 2393 cc, Diesel
      Rp 386,2 juta*
    • 2393 cc, Diesel
      Rp 411,3 juta*
    • 2393 cc, Diesel
      Rp 432,7 juta*
    Varian Bensin
    • 1998 cc, Bensin
      Rp 288,9 juta*
    • 1998 cc, Bensin
      Rp 309,1 juta*
    • 1998 cc, Bensin
      Rp 332,5 juta*
    • 1998 cc, Bensin
      Rp 352,1 juta*
    • 1998 cc, Bensin
      Rp 371,6 juta*
    • 1998 cc, Bensin
      Rp 391,7 juta*

Iklan

Video Toyota Kijang Innova

Kami pilihkan video terbaik dari youtube dan web - Lihat Semua Video
Subscripe Now!

Iklan

Pilihan Warna Kijang Innova

  • Biege

  • Super White

  • Silver Metallic

  • Dark Gray Mica Metallic

  • Avant Garde Bronze

  • Attitude Black

  • Alumina Jade

Review Toyota Kijang Innova

Pendahuluan

Empat dekade menemani keluarga Indonesia menjadikan nama Toyota Kijang tak dapat dilupakan begitu saja. Mobil yang awalnya diciptakan untuk memenuhi kebutuhan angkutan barang, telah menjelma menjadi mobil penumpang idaman setiap keluarga di Tanah Air.

Dan sejak tahun 2004 lalu, generasi ke-5 Toyota Kijang Innova hadir untuk mengukuhkan diri sebagai tolak ukur kendaraan keluarga di Nusantara.  Generasi terbaru Kijang Innova yang merupakan generasi ke-6 menyuguhkan desain yang lebih segar.

Dimensi yang lebih besar menjadikan mobil ini menjanjikan ruang lebih lapang di dalam kabinnya. Innova kini menawarkan tiga varian G, V dan Q dengan dua pilihan mesin (bensin dan diesel) serta pilihan transmisi manual 5-speed dan otomatis 6-speed.

Teknologi terbaru yang diadopsi mesin bensin 2,0 liter dan diesel 2,4 liternya menjadikan mobil ini tak sekedar semakin hemat bahan bakar tapi juga diklaim semakin berperforma. Fitur-fitur kenyamanan disebar di dalam kabin, yang sekaligus memberikan kesan semakin mewah. Di balik badannya, fitur keselamatan berlimpah menjamin keselamatan para penumpang dan disempurnakannya suspensi menjadikan pengendaraannya semakin nyaman.

Semua kelebihan ini tak ayal menjadikan banderol harga Kijang Innova meningkat. Rentang harganya kini berkisar mulai Rp 282 juta (on the road DKI Jakarta) untuk varian G MT bermesin bensin, hingga Rp 423,8 juta (on the road DKI Jakarta) untuk varian Q AT bermesin diesel. Hal ini membuat MPV tujuh penumpang ini berkompetisi dengan banyak segmen, mulai dari segmen crossover layaknya Honda HR-V 1.8 hingga Medium MPV premium seperti Mazda Biante. Sebaik apa generasi terbarunya? Mari kita cari tahu.

Kelebihan

  • Citra merek Toyota yang sangat kuat dan nama Kijang yang legendaris
  • Pilihan mesin diesel yang semakin irit dan bertorsi besarRuang kabin yang semakin lapang dan mewah
  • Pengendaraan yang lebih nyaman dengan pengendalian yang baik
  • Fitur berlimpah, termasuk jaminan keselamatan
  • Pilihan varian yang beragam, sesuai dengan trim, mesin dan transmisi

Kekurangan

  • Peningkatan fitur dan kemewahan menjadikan harganya melonjak
  • Varian tertinggi menghadapi kompetisi dari segmen yang lebih mewah
  • Pengendaraan terganggu putaran roda kemudi yang berat
  • Pilihan warna interior di varian V dan G yang tidak menjadi selera semua orang
  • Mesin dieselnya masih terdengar cukup berisik

Fitur yang menonjol

  • Sistem hiburan dengan layar sentuh
  • Fitur keselamatan berlimpah, terutama di varian tertinggi
  • Mode pengendaraan terbaru

Eksterior

Desain eksterior Kijang Innova mendapatkan perubahan yang signifikan dengan garis desain yang semakin tajam. Sudut-sudut tajam ini tergambar dari fascia depan yang kini menganut bahasa desain “keen look” khas keluarga Toyota lainnya. Kesamaan desain dengan Toyota Camry, Corolla Altis dan Vios kini semakin jelas.

Gril depan trapezoid berukuran masif, yang dihiasi dua palang horizontal yang menyambungkan kedua lampu depan tampil serasi. Kombinasi warna abu-abu dan lapisan chrome pada palang gril menjadikan mobil ini tampil lebih mewah. Garis tajam di kap mesin yang mengarah ke gril juga menjadikan Kijang Innova semakin tampil agresif.

Di bagian bumper, sudutnya lebih tajam, dihiasi dengan lampu kabut di kedua sudutnya yang kini juga terintegrasi dengan lampu sein depan.   Dari samping, sosoknya masih menggambarkan kesan kuat MPV keluarga 7-penumpang khas Kijang. Sosoknya mudah dikenali, sebagai salah satu usaha untuk mempertahankan citra sebagai mobil keluarga. Tak lain hal ini disebabkan Innova terbaru masih menggunakan struktur chassis yang sama dengan generasi sebelumnya, yaitu ladder frame. Menurut Toyota, keunggulan chassis model tangga ini adalah kekokohan dan kekuatannya dalam menghadapi medan jalan di Tanah Air.

Salah satu detail yang membuat mobil ini tampak lebih tangguh adalah adanya garis lengkung di atas fender ban belakang hingga menyambung ke bumper yang menjadikannya seakan memiliki otot untuk menampilkan kemampuannya.   Hal ini menjadikan Innova 2016 tetap tampil 'tradisional', berbeda dengan MPV keluarga lain yang menggunakan chassis monokok, seperti Nissan Serena, Mazda Biante atau Toyota Nav1.

Dari sisi kenyamanan mungkin harus ada yang dikorbankan, namun soal kekuatan dan daya tahannyalah yang menjadikan Toyota tetap mengadaptasi chassis ladder frame oleh Kijang Innova terbaru.   Di atas chassis tangga tersebut, Toyota mendudukkan bodi Kijang Innova yang kini memiliki panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm dan tinggi 1.795 mm. Dimensi ini artinya lebih panjang 180 mm, lebih lebar 60 mm dan lebih tinggi 45 mm dari generasi sebelumnya, namun sumbu roda yang tetap sama, yakni 2.750 mm.

Ada beberapa perbedaan eksterior pada varian tertinggi Kijang Innova Q. Pada varian Q diesel yang merupakan varian tertinggi memiliki fitur paling lengkap dari seluruh jajaran Kijang Innova terbaru, bahkan dibandingkan dengan varian Kijang Innova Q bermesin bensin sekalipun. Di bagian luar, Innova Q memiliki lampu utama model projector dengan teknologi LED. Lampu kecil atau lampu senja yang digunakan juga telah menggunakan teknologi LED. Sayangnya lampu utama ini belum mengadaptasi Daytime Running Lights (DRL). Sementara lampu utama varian V dan G masih menggunakan model reflektor halogen.

Selain itu, yang membedakan antara varian Q diesel dengan bensin adalah penggunaan velg alloy berukuran 17 inci pada varian bermesin diesel. Sementara pada varian bermesin bensin berukuran 16 inci. Desain velg Q diesel memiliki bilah lebih besar dibandingkan velg 16 inci milik Q bensin.

Pada varian di bawahnya yaitu V dan G menggunakan velg 16 inci serupa dengan varian Q bensin. Bagian belakang juga mendapatkan perubahan yang cukup menonjol. Lampu vertikal kini berubah dengan pola huruf 'L'. terbalik yang memberikan kesan lebih emosional di bagian belakang. Tidak banyak pahatan desain di belakang, tampil simple, dengan sentuhan sporty berkat adanya rear spoiler. Antena ala sirip hiu di bagian atap belakang kini menggantikan antena konvensional di pilar-A.

Interior

Perubahan paling signifikan memang di tampilkan di dalam kabin. Kijang Innova mengusung kabin yang mewah untuk ukuran sebuah Kijang. Dibandingkan generasi sebelumnya, kami akui jika ini adalah sebuah loncatan kemewahan. Panel dengan tekstur kayu yang dikombinasikan dengan sentuhan plastik berwarna perak aluminium memberikan kesan mewah. Lengkungan pada bagian atas dashboard-nya juga memberikan kesan modern.

7 Panel instrumen dan head unit sistem hiburan menyuguhkan tampilan yang sangat modern. Apalagi layar MID di tengah panel instrument telah menggunakan layar TFT yang menyuguhkan banyak informasi berkaitan dengan kondisi pengendaraan. Pada varian Q dan V, di konsol tengah telah terdapat  kendali penyejuk ruangan (AC) otomatis dengan display digital. Sementara pada varian G, masih menggunakan tombol putar untuk mengatur AC. Selain itu, MID berlayar TFT juga tidak terdapat pada varian G ini

17

Pada varian Q, head unit dengan layar sentuh 8 inci telah memiliki fitur yang berlimpah. Sebut saja kemampuan mirroring dengan gadget atau ponsel, air gesture, voice command, sistem koneksi USB, Bluetooth dan port HDMI.

Varian V juga menggunakan head unit berlayar sentuh 8 inci, dengan fitur yang nyaris sama lengkapnya dengan milik Q, hanya saja, terdapat beberapa keterbatasan pada fungsi mirroring dengan ponsel tertentu. Pada varian G, head unit berlayar sentuh juga digunakan, dengan ukuran 7 inci yang telah memiliki kemampuan koneksi via USB dan Bluetooth termasuk kemampuan mengikuti perintah suara.

Pada varian Q, Kijang Innova juga telah menggunakan Smart Entry Key, yang memungkinkan Sang Pemilik cukup mengantongi kunci untuk membuka pintu dan menyalakan mesin via tombol Start-Stop.

Di balik kemudi, posisi mengemudi ideal dapat dengan mudah didapat berkat pengaturan kursi elektrik yang leluasa pada varian Q. Posisi mengemudi ideal juga diberikan oleh pengaturan kemudi tilt and telescopic. Selain itu, kenyamanan di kabinnya disuguhkan lapisan fabric pada tempat duduk dan trim pintu yang terasa halus saat disentuh.

Pada varian Q, warna hitam mendominasi interior, menyuguhkan kesan mewah, sementara pada varian V dan G lapisan material fabric yang digunakan berwarna  kombinasi jingga dan coklat yang dipastikan bukan menjadi selera setiap orang. Jika pada varian Q bangku baris ketiga merupakan captain seat untuk dua orang, maka pada varian V dan G bangku baris kedua menyambung, yang dapat menampung tiga orang. 

Hadirnya  picnic tray atau meja kecil lipat di balik bangku depan memaksimalkan akomodasi di bangku baris kedua. Busa kursi yang tebal turut menyumbang kenyamanan Kijang Innova baru ini. 

    19

Bertambahnya dimensi panjang kendaraan cukup dapat dirasakan dengan semakin luasnya ruang kaki di baris kedua dan ketiga. Apalagi, bangku baris kedua dapat diatur posisi maju-mundurnya sehingga mudah mendapatkan ruang kaki yang ideal. Sayangnya, duduk di bangku baris ketiga terasa tenggelam, terutama karena head rest bangku baris kedua yang besar, sehingga pandangan ke arah depan tidak leluasa. Berikut ini adalah data ruang kaki dan kepala di Kijang Innova Q 2.4 A/T

  Table-1

Sebagai mobil keluarga, faktor kepraktisan juga menjadi salah satu poin utama keunggulan Kijang Innova. Ruang penyimpanan semakin berlimpah baik di depan maupun belakang, plus kapasitas bagasi yang juga semakin lapang. Akses menuju bangku ketiga semakin mudah dengan hanya menggunakan satu tuas.

Bangku paling belakang kini tidak seberat kursi di Kijang Innova lama, sehingga memudahkan untuk mengangkat dan ‘menggantungkannya’ di kedua sisi kabin. Berikut ini adalah dimensi ruang bagasi Kijang Innova Q:

  Table-2

Soal kenyamanan ini juga hadir dari kekedapan kabin yang semakin baik. Pihak Toyota mengklaim adanya penambahan peredam kabin di bagian lantai, panel dashboard dan frame sekitar pintu. Selain itu di dalam fender juga terdapat penutup yang dapat meredam suara mesin yang masuk ke dalam kabin.  

Meski begitu, pada varian bermesin diesel, suara khas mesin diesel dapat terdengar keras hingga ke dalam kabin. Berikut ini adalah hasil penghitungan nilai kekedapan kabin Kijang Innova Q bermesin diesel:

Table-3

Satu hal yang juga tak bisa dilupakan pada Kijang Innova baru ini adalah terdapatnya 'Ambience Lights' berwarna biru yang memberi sentuhan mewah di dalam kabinnya. Hal ini dapat memberikan kesan nyaman saat duduk di bangku baris belakang, terutama saat tengah terjebak di kemacetan dan Anda ingin untuk beristirahat. Meski begitu, bagi mereka yang merasa fitur ini tidak mengesankan, lampu ini memiliki opsi untuk dimatikan.

Performa

Varian bermesin diesel mengusung mesin baru 2GD FTV, 4-silinder 2,4 liter dengan turbocharger bertenologi VNT (Variable Nozzle Turbo) dan intercooler. Mesin ini menggantikan mesin 2KD-FTV 2.5 liter generasi sebelumnya. Dari data teknis, mesin ini dapat menghasilkan tenaga puncak 147 hp (149 ps) pada 3.400 rpm dan torsi puncak 342 Nm mulai 1.200 hingga 2.800 rpm.

Angka tenaga dan torsi ini bertambah signifikan jika dibandingkan dengan data yang dimiliki oleh Kijang Innova bermesin diesel 2,5 liter di generasi sebelumnya. Tenaga bertambah 47 ps dan torsi bertambah 82 Nm (untuk Kijang bertransmisi otomatis 5-speed).

Tak heran, saat berakselerasi, mobil ini memberi respon yang lebih agresif dibandingkan Kijang Innova diesel generasi sebelumnya. Respon hebat ini antara lain didapat berkat penggunaan transmisi otomatis baru, 6-percepatan dengan mode perpindahan sekuensial.

11

Yang impresif adalah tersedianya Drive Mode yang kini tersemat pada semua varian Kijang Innova. Ada tiga pilihan mode pengendaraan yang tersedia yaitu Eco, Normal dan Power. Menurut Iwan Abdurahman dari Technical Service Division PT Toyota Astra Motor,  mode pengendaraan ini menghadirkan perubahan setting ECU untuk respon gas dan perpindahan gear pada Kijang Innova bertransmisi otomatis.

18

Hal paling dapat dirasakan adalah ketika berakselerasi. Perbedaan antara mode pengendaraan Eco dan Power begitu terasa signifikan. Saat mode Eco, putaran mesin terasa tertahan dan gear berpindah pada putaran mesin lebih rendah untuk menghemat bahan bakar.

Sementara di mode Power, perpindahan gear terjadi di putaran mesin lebih tinggi sekitar 1.000 rpm dibandingkan pada mode Normal. Saat melakukan kick-down (menginjak gas penuh untuk mendapatkan respon lebih baik), perpindahan bahkan bisa dicapai sebelum jarum penunjuk putaran mesin menyentuh redline di kisaran 4.500 rpm.

Dalam kesempatan menguji performanya di Proving Ground Bridgestone, Karawang, Jawa Barat, varian Q diesel ini mencatatkan waktu berakselerasi 0 – 100 kpj dalam 14,3 detik. Hal ini dilakukan dengan kondisi transmisi pada posisi S, mode pengendaraan pada mode Power dan melakukan  kickdown pada pedal gas.

Akselerasi menengah dari kecepatan 40 – 80 kpj dapat diraih dengan waktu 5,8 detik, dan dari 60 – 100 kpj diraih dalam 8,1 detik. Berikut ini adalah hasil pengujian performa yang kami lakukan pada Kijang Innova Q 2.4 A/T:

Table-4   Table-5           Table-6   Table-7

Saat kami melakukan pengujian konsumsi bahan bakar ke luar kota, Innova Q diesel bertransmisi otomatis mencatatkan hasil yang cukup mengesankan. Menurut kami, salah satu hal yang menyumbang peningkatan efisiensi adalah penggunaan mode pengendaraan Eco, sehingga putaran mesin menjadi lebih rendah pada tingkat kecepatan tertentu. Pada 100 kpj misalnya, jarum putaran mesin hanya menunjukkan angka 1.600 rpm.  

Dalam perjalanan pergi menuju Bandung melalui jalan tol Cipularang, kontur yang menanjak menjadikan mobil ini dapat meraih konsumsi bahan bakar 14,2 kpl dengan kecepatan rata-rata 62 kpj. Sementara untuk arah sebaliknya, dengan kondisi menurun, mobil ini mencatat konsumsi bahan bakar 19,6 kpl dengan kecepatan rata-rata 86 kpj.

Hal ini menjadikan konsumsi bahan bakar rata-rata luar kota menjadi 16,9 kpl. Sementara konsumsi bahan bakar saat menembus kemacetan Ibu Kota Jakarta tercatat 11,6 kpl dengan kecepatan rata-rata 18 kpj.   Sementara, mesin bensin yang diusung oleh Kijang Innova terbaru sebenarnya serupa dengan generasi sebelumnya (1TR-FE), hanya saja pada mesin baru ini telah mendapatkan teknologi Dual VVT-i.

Hasilnya, mobil ini mendapatkan tiga daya kuda tambahan menjadi 137 hp pada 5.600 rpm dan torsi puncak 183 Nm pada 4.000 rpm. Meski penambahan tenaganya tampak tidak signifikan, namun dalam hal efisiensi bahan bakar, diklaim semakin baik. Meskipun hasil pengujian kami, tidak sehebat konsumsi bahan bakar varian Kijang Innova bermesin diesel.

Saat kami melakukan uji konsumsi bahan bakar dengan rute yang sama dengan varian bermesin diesel dengan transmisi otomatis, konsumsi mobil ini terukur 10,3 kpl dalam perjalanan Jakarta menuju Bandung, dengan kecepatan rata-rata 78 kpj, Sementara di rute sebaliknya, konsumsi bahan bakarnya mencapai 11,6 kpl dengan kecepatan rata-rata 62 kpj.

Hal ini menjadikan konsumsi bahan bakar rata-ratanya mencapai 10,9 kpl. Saat kami berkendara di kecepatan konstan 100 kpj, tampak jarum putaran mesinnya menunjukkan angka 3.000 rpm. Tak heran jika konsumsi bahan bakar varian bermesin bensin ini masih lebih boros dibandingkan varian dieselnya. Untuk di dalam kota, konsumsi bahan bakar rata-ratanya mencapai 9,6 kpl.

Table-8

Selain itu, kombinasi mesin bensin dan transmisi manual 5-speed jutsru menghasilkan respon yang terasa biasa saja. Dalam mode pengendaraan Eco, saat berakselerasi peningkatan putaran mesin terasa tertahan. Sementara dalam mode pengendaraan Power, respon akselerasinya terasa lebih lepas dan cepat mencapai putaran mesin lebih tinggi.

Meski begitu, di kondisi putaran mesin konstan pada mobil bertransmisi manual, mode pengendaraan ini tidak akan berubah meski Anda mengubah mode pengendaraannya. Menurut pihak Toyota, hal ini dilakukan untuk tetap mempertahankan efisiensi bahan bakar.

  Table-9

Pengendaraan & Pengendalian

Dengan posisi mengemudi yang tepat, visibilitas pengendaraan Kijang Innova terasa begitu lapang, meski dalam beberapa sudut, pilar-A terasa terlalu besar. Pandangan ke belakang terhalang oleh head rest tempat duduk tengah baris ketiga yang besar, yang untungnya dapat dilepas.

Di bagian suspensi, desain ulang per dan peredam kejut untuk mengatasi penambahan bobot mobil hingga 200 kg turut mendukung kenyamanan yang dihasilkan. Saat menghadapi lubang kecil di jalan atau speed trap di jalan bebas hambatan, redamannya tidak terasa tajam.

Di kecepatan tinggi bobot kemudi terasa pas, mantap karena tidak terlalu ringan. Namun saat kecepatan rendah, putaran kemudinya terasa sangat berat, bahkan lebih berat dari generasi sebelumnya. Menurut Toyota, hal ini disebabkan terdapatnya tambahan mekanisme pengaturan telescopic pada sistem kemudi.  

Untuk varian bermesin diesel, saat menghadapi jalan menanjak panjang, penggunaan transmisi otomatis dengan mode perpindahan sekuensial membuat pemilihan gear lebih cepat. Cukup jaga putaran mesin tetap berada di kisaran 1.200 hingga 2.800 rpm, torsi maksimal tersedia untuk melesat sembari menyusul kendaraan di depannya. Kelebihan lain pada varian Q bermesin diesel adalah telah tersematnya Vehicle Stability Control (VSC) yang menjamin pengendalian lebih baik saat menikung.

Fitur Keselamatan

Kini, semua varian Kijang Innova telah dilengkapi dengan sistem rem ABS dan EBD. Pada varian Q bermesin diesel bahkan telah dilengkapi dengan VSC serta hadirnya Hill Assist Control (HAC) untuk pengendaraan yang lebih aman di medan pegunungan. Pada varian terlengkap ini pula penumpang  mendapatkan empat set airbag, yaitu dual SRS airbags di bagian depan, knee airbags serta curtain shield airbags dan side airbags.

13

Sementara pada varian Q bermesin bensin, V dan G, hanya mendapatkan dual SRS airbag di depan serta knee airbags. Fitur keselamatan lain yang tak dimiliki generasi sebelumnya adalah tersedianya sabuk keselamatan tiga titik di semua posisi tempat duduk, termasuk penumpang bangku baris kedua dan ketiga bagian tengah.

Di bangku baris kedua juga sudah terdapat pengikat bangku anak-anak ISOFIX sebagai salah satu fitur keselamatan. Dalam kesempatan ini, kami juga melakukan uji pengereman pada Kijang Innova Q bermesin diesel dan hasilnya adalah sebagai berikut:

Table-10

Pilihan Varian

Seperti sudah disebut-sebut di atas, Kijang Innova menawarkan tiga varian yaitu Tipe G, V dan Q dengan dua pilihan mesin yaitu 2,0 liter bensin dan 2,5 liter diesel serta transmisi manual 5-speed dan otomatis 6-speed.

Varian Tipe G adalah varian paling dasar yang menawarkan seluruh fitur dasar, mulai AC dengan tombol putar analog, laci dengan kotak pendingin, head unit dengan layar sentuh 7 inci termasuk sistem koneksi USB, Bluetooth, SD Card dan voice command.

Sistem kemudi kini telah mendapatkan pengaturan tilt dan telescopic. Sementara di bagiann luar, roda menggunakan velg alloy berukuran 16 inci.   Varian Tipe V, telah mendapatkan AC digital, head unit dengan layar sentuh 8 inci yang memiliki sistem koneksi USB, Bluetooth, SD Card, dan ditambah dengan port HDMI dan kemampuan terkoneksi dengan ponsel pintar via Miracast dan akses internet.

Di kabin varian Tipe V ini juga telah mendapatkan lampu kabin LED yang dapat beriluminasi berwarna biru yang memberikan suasana lebih mewah.  Pada varian Tipe Q, terhadap perbedaan antara Kijang Innova bermesin diesel dan bensin. Pada Kijang Innova Q bermesin bensin selain mendapatkan kelengkapan Tipe V, juga mendapatkan tambahan power window otomatis di semua jendela, smart entry key, head unit layar sentuh 8 inci yang lebih canggih dibandingkan Tipe V, dan kini dilengkapi dengan pengoperasian air gesture.

Pada lampu utama, Tipe Q telah menggunakan model projektor. Sebagai pembeda untuk Kijang Innova Tipe Q bermesin diesel, rodanya telah mendapatkan velg berukuran 17 inci, serta beberapa tambahan fitur pengendalian seperti Vehicle Stability Control dan Hill Assist Control.  

Pendapat Kami

Kijang Innova terbaru jelas merupakan sebuah lompatan perubahan generasi Kijang. Tak hanya soal desain, teknologi yang disematkan, kenyamanan dan jaminan keselamatan menjadikan mobil ini semakin ideal untuk keluarga. Sayangnya, hal ini menjadikan banderol harganya melonjak, bahkan menyamai segmen MPV dan SUV yang sebelumnya berada di atas segmen Kijang. Hal ini menjadikan calon konsumen akan berpikir ulang soal kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Kijang Innova terbaru.

Table-11

Namun sebenarnya hal ini tidak terlalu dikhawatirkan calon konsumen Kijang Innova. Luasnya jaringan purna jual milik Toyota di seluruh Indonesia menjadikan konsumen mudah untuk melakukan perawatan dan perbaikan unit Kijang Innova yang dimilikinya. Belum lagi, Toyota memiliki tawaran jasa perawatan langsung ke rumah via Toyota Home Service.

Untuk pembelian Kijang Innova, sebagaimana model Toyota lainnya mendapatkan gratis biaya jasa untuk servis berkala sampai dengan 50.000 km atau 4 tahun (mana yang tercapai lebih dahulu).   Selain itu, jaminan nama besar Toyota juga memberikan andil untuk tak ragu memilih Kijang Innova, terutama karena nilai jual kembalinya yang cukup baik di pasar mobil bekas. Apalagi rentang harga seluruh variannya begitu lebar, menjadikan calon konsumen dapat memilih sesuai dengan anggaran yang mereka miliki.

12

Untuk varian Q bermesin diesel seharga Rp 427,7 juta memang paling mahal, namun kelengkapannya sangat istimewa. Penggunaan mesin diesel baru dengan transmisi otomatis 6-speed juga sangat menyenangkan dikendarai. Namun di segmen tersebut, mereka harus bersaing dengan Mazda Biante, Nissan X-Trail, Isuzu MU-X dan Ford Focus yang memiliki kisaran harga serupa.

Table-12

Jika kelengkapan fitur bukan menjadi prioritas, dan Anda mencari mobil keluarga dengan kepraktisan dan nilai jual kembali yang menguntungkan, varian Kijang Innova G bermesin diesel dengan transmisi otomatis dapat menjadi pilihan paling tepat.

Banderol harganya yang Rp. 331,6 juta nyaris tak ada yang menyamai di kisarannya. Untuk sebuah mobil keluarga dengan kapasitas 7-8 orang, mobil ini melenggang sendirian tanpa pesaing. Anda juga tetap dapat menikmati kehebatan mesin diesel dengan transmisi otomatis 6-speed, serta kenyamanan dan kepraktisan yang dimilikinya.  

Download Brosur

Download brosur Toyota Kijang Innova untuk spesifikasi yang lebih detail
Lihat Brosur Toyota lainnya

Berita Toyota Kijang Innova

Inikah Toyota Kijang Innova Venturer?

Dirilis pada | | 5012

Toyota Astra Motor dan Toyota Motor Manufacturing Indonesia sepertinya sedang kejar target akhir tahun. Setelah diketahui akan segera meluncurkan New Yaris yang dilengkapi dengan varian Heykers, kini Innova akan hadir dengan varian tambahan yaitu Toyota Kijang Innova Venturer. Seperti apa wujudnya? Tidak ada yang tahu karena bocoran ini hanya kami...BACA BERITA SELENGKAPNYA

Video Toyota Kijang Innova Dapatkan Golden Trophies di Cannes

Dirilis pada | | 1035

Film Toyota All New Kijang Innova milik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berhasil meraih Golden Dolphin di ajang Cannes Corporate Media and TV. Dalam ajang penghargaan untuk film korporasi, media online dan produksi televisi yang digelar Oktober lalu, TMMIN berhasil menjadi yang terbaik di kategori Corporate Video yang ditayangkan di...BACA BERITA SELENGKAPNYA

Toyota Kijang Innova 2016 Resmi Diluncurkan di Indonesia Hari Ini

Dirilis pada | | 17232

Update: Baru saja menginjak satu bulan sejak peluncuran resmi Toyota KIjang Innova 2016 di tanah Indonesia dan mobil ini sudah mendapatkan pemesanan lebih dari 6000 unit sampai sekarang. Untuk menunjukkan rasa terima kasihnya terhadap respon luar biasa ini kepada pelanggan, perusahaan telah mengundang para calon pelanggan untuk menguji kendara mobi...BACA BERITA SELENGKAPNYA

Salah satu MPV Diesel Terbaik

By Bilal Bhanuadji Posted on 09 May 16, 03:06 PM

Pros

Cons

Salah satu bagian paling mengesankan dari Kijang Innova terbaru adalah mesin dieselnya. Pada Kijang Generasi sebelumnya, mesin dieselnya sudah memberi konsumsi bahan bakar yang cukup irit, dan di generasi paling baru ini, ternyata mesin dieselnya semakin mengesankan. Saat keluarga kami mencobanya berjalan keluar kota, konsumsi bahan bakarnya bisa menembus lebih dari 14 km/liter!! Lebih istimewanya lagi, performanya juga mengesankan. Terutama saat menggunakan mode berkendara POWER. Ya memang bahan bakarnya mungkin akan semakin boros, tapi respon di pedal gasnya begitu spontan, apalagi saat menghadapi tanjakan. Hal lain yang juga menyenangkan adalah kabin dengan captain seat, sehingga menghadirkan ruang kabin yang menyenangkan untuk anak-anak. Kepraktisan yang ditawarkan di dalam kabin dengan begitu banyak ruang penyimpanan juga sangat berguna sebagai sebuah mobil keluarga. Kekurangan yang saya dapati sejak awal hanyalah suara mesin dieselnya yang masih cukup keras, dan putaran setirnya yang berat, terutama saat bermanuver parkir.

Was this review helpful? Yes / No

17 of 18 users found this review helpful.

Performa dan Radio/Audio Accessory

By Toat Soemohandojo Posted on 13 Jun 16, 10:33 AM

Pros

Cons

1. Performa mesin baik, suara mesin tidak keras seperti mobil-mobil diesel merk lain. Sehingga dapat menikmati audio bila sedang disetel selama dalam perjalanan. 2. Berkendara dengan Kijang Innova type V M/T diesel terasa nyaman. 3. Hanya ada yang perlu diperbaiki, ialah: - Kadang-kadang alau mesin baru dihidupkan dan tanda "OK" pada layar radio diklik, maka suara langsung keras sekali/mengkagetkan. - Bila alat audio / radio disetel dengan cara mirroring dengan HP, misal menyetel TV, gambar dapat dilihat, tetapi suara (audio) tidak ada (audio tidak bunyi).

Was this review helpful? Yes / No

7 of 7 users found this review helpful.