Modifikasi KIA Sonet

KIA benar-benar menunjukan eksistensinya di tanah air dengan menghadirkan model-model kendaraan modern untuk menggaet konsumennya. Diluncurkan dengan harga yang relatif murah, KIA Sonet dibekali dengan dimensi yang kompak serta berbagai macam fitur menarik untuk menyasar kawula muda masa kini.

Terbilang sangat baru, KIA Sonet bisa dijadikan sebagai modal pergaulan bagi para ‘pemain’ mobil masa kini. Mobil ini jadi punya potensi untuk dibuat lebih menarik lagi dengan beberapa langkah modifikasi.

Hasil akhirnya, KIA Sonet yang telah dimodifikasi oleh pemiliknya dapat mengundang decak kagum. Dengan kehadirannya yang belum begitu umum di jalanan, ditambah racikan modifkasi yang sesuai, tentunya akan membuat beberapa pasang mata melirik sekaligus mengapresiasinya.

Tentunya tidak perlu modifikasi total atau modifikasi yang berlebihan. Ingat, salah kaprah dalam memodifkasi kendaraan umumnya berujung kepada kepada opini miring dari para ‘pemain’ mobil.

Konsep ‘Sederhana Tapi Nampol’ bisa diterapkan pada KIA Sonet. Tak perlu semua perangkat modifikasi dipasang pada mobil ini. Agar ujung-ujungnya mobil tidak menjadi sebuah ‘barang display’ toko.

Pemilihan perangkat modifikasi atau aksesori sekiranya diperhitungkan dengan matang soal cocok atau tidaknya diaplikasikan terhadap mobil kompak ini. Karena masih terbilang baru, tentunya belum banyak produsen-produsen aftermarket yang memang merilis peranti modifikasi untuk KIA Sonet. Disinilah kreativitas Anda sebagai pemilik mobil ditantang.

Gaya yang dipilih juga tidak bisa sembaranagan. Meskipun ia berdimensi kompak, namun KIA Sonet terlahir sebagai sebuah SUV. Maka gaya modifkasi dengan body kit yang masif sekiranya tidak perlu diperhitungkan. Kami lebih menyarankan gaya modifikasi bergaya SUV city slicker dengan tapak ban  aspal ataupun permainan fitment kaki-kaki dengan tetap menjaga ground clearance yang aman.

Berkat fitur bawaan yang berlimpah dari pabrikan, seperti tujuh buah speaker Bose, Sunroof, jok bersirkulasi udara, Engine Start/Stop, panel meter digital dan lampu LED artinya konsumen sudah tidak perlu banyak menambahkan opsi untuk meningkatkan tampilan dan rasa berkendaranya.

Dengan begitu anggaran modifikasi bisa lebih terarah kepada peningkatan tampilan eksterior KIA Sonet.

Baca Kurang

Populer Modifikasi KIA Sonet

Mobil yang terbilang masih baru ini memang belum banyak yang memodifikasinya. Pabrikannnya sendiri pun baru meluncurkan KIA Sonet pada November tahun lalu. Namun dengan dimensi dan desain yang dimiliki, KIA Sonet punya potensi terpendam untuk di modifikasi agar tampilannya berbeda dengan bawaan pabrik.

Konsentrasi modifikasi umumnya ada pada bagian eksterior. Ini adalah segmen paling mudah dan paling cepat untuk mendongkrak tampilan KIA Sonet.

Penggantian pelek dan suspensi merupakan  modifikasi paling umum. Apalagi KIA Sonet memiliki jarak lubang baut atau PCD 5 x 114,7. Dengan demikian banyak tersedia opsi pelek yang bisa digunakan oleh KIA Sonet, hanya tinggal menyesuaikan dengan ukuran lingkar hub roda.

Untuk penggemar gaya base model atau OEM Look sebagai mobil dengan dengan gaya varian termurah, KIA Sonet cenderung bisa dibawa kearah sana. Ubahan permainan warna kelir bemper dengan warna hitam doff serta pelek besi standar bawaan mobil lain bisa diaplikasikan disini.

Soal suspensi, penggunaan coilovers atau sport kit untuk sedikit mengurangi ketinggian berkendara mobil disinyalir dapat meningkatkan pengendalian di kecepatan tinggi. Namun jika racikan suspensi bawaan pabrik sudah terasa cukup, maka sektor ini tidak perlu disentuh.

Baca Kurang

Aksesoris KIA Sonet

Tidak semua aksesori yang dipasarkan pantas untuk diaplikasikan di KIA Sonet. Ingat, modifikasi yang berlebihan cenderung menggambarkan sejauh apa selera yang pemilik mobil miliki. Bukannya apresiasi yang didapat, justru opini negatif yang akan hadir.

Ubahan pada pelek dapat membuat tunggangan Anda berubah secara signifikan. Kunci ‘Simple Tapi Nampol’ umumnya datang dari sektor ini. Fokuskan pada model yang dipilih untuk menentukan gaya modifikasi yang diinginkan beserta lingkar diameter yang dipilih. Dari sini cukup tergambar siapa Anda.

Selain pelek, untuk semakin menguatkan karakter SUV yang dimiliki pada KIA Sonet, Anda dapat mengisi bagian atap dengan aksesori yang tepat guna dan memiliki manfaat.

Baca Kurang

Seller Aksesoris Modifikasi KIA Sonet

Paso Sticker
Banteng Mas

Pertanyaan Seputar Modifikasi KIA Sonet

  • Apakah ada aksesoris resmi Kia Sonet?

    Saat ini aksesoris resmi OEM Kia belum tersedia, namun untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi dealer Kia terdekat.

  • Berapa ukuran velg maksimum untuk Kia Sonet?

    Kia Sonet menggunakan velg berukuran 16 inchi sebagai standar. Pada umumnya, mengganti velg memiliki rentang maksimum up 2 inchi. Dalam Kia Sonet, berarti velg 18 inci masih bisa digunakan. Namun pastikan juga pilihan ban yang dipakai nanti tidak terlalu tipis, karena selain berbahaya juga berefek pada kenyamanan yang berkurang.

  • Apakah aman memodifikasi mesin Kia Sonet?

    Selama Anda melakukannya di bengkel profesional, harusnya modifikasi mesin bisa diandalkan. Tak ada salahnya berkonsultasi dengan spesialis di dealer Kia untuk memastikan kompatibilitas perangkat yang akan dipakai nantinya.