Modifikasi Renault Triber

renault triber concept

Pertama kemunculannya pada dua tahun lalu, Renault Triber dicita-citakan sebagai sebuah low MPV yang dirancnag khusus untuk keluarga Indonesia dengan harga yang terjangkau namun memiliki kualitas di atas sebuah kendaraan Low Cost Green Car (LCGC). Itulah yang disampaikan oleh petingi Agen Pemegang Merek (APM) Renault saat peluncurannya di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 lalu.

Nyatanya memang benar demikian. Desainnya jauh dari kata sederhana, harganya pun sesuai dengan janji yang diutarakan, yakni mulai Rp 133 juta dan termahal Rp 183,9 juta. Ada lima varian yang dijual resmi di Indonesia.

Dengan kabin yang cukup lapang dengan kapasitas tujuh penumpang, Renault Triber merupakan mobil dengan multi peruntukan. Sebagai mobil keluarga, transportasi ke tempat kerja bahkan masih pantas bila dipakai anak muda kuliah. Desainnya yang modern, merek yang tidak pasaran dan predikat eropa, Renault Triber memiliki potensi yang besar untuk dilirik meski pada kenyataannya ia merupakan rakitan Renault India.

Tarikan garis yang relatif membulat, membuatnya gampang dimodifikasi untuk meningkatkan penampilannya. Body yang membulat membuat Renault Triber cenderung mudah “dimainkan”. Artinya mobil ini bisa dimodifikasi dengan berbagai gaya. Setidaknya untuk sedikit menghapus predikat mobil keluarga dari MPV ini.

Beberapa penggiat modifikasi digital pernah berkarya lewat media Renault Triber. Mulai dari rancangan gaya elegan dengan pelek berdiameter besar, gaya reli yang lengkap dengan atributnya hingga gaya mobil pelahap aspal jarak jauh atau mobil touring dengan perangkat roof box di atap.

Sayangnya sumber pacu yang dimiliki oleh Renault Triber terbilang kecil. Anda wajib memperhitungkan matang-matang aksesori atau modifikasi yang diaplikasikan agar perubahan bobotnya tidak terlalu signifikan.

Opsi meningkatkan tenaga mesin juga bisa masuk daftar modifikasi yang dilakukan. Secarik spesifikasi yang dirilis pabrikan, mesin ini hanya menghasilkan tenaga 76 dk dengan torsi 96 Nm. Angka tersebut sebetulnya cukup untuk pemakaian di dalam kota, namun dengan melakukan sedikit sentuhan paling tidak output mesin 3 silinder 1.0 L bisa lebih dimaksimalkan dari pada saat keluar showroom.

Baca Kurang

Populer Modifikasi Renault Triber

Karena masih seumur jagung, belum banyak yang melakukan modifikasi Renault Triber. Namun kami akan coba merekomendasikan beberapa pilihan modifikasi yang dapat Anda aplikasikan pada Renault Triber.

Mengingat kabin mobil adalah tempat dimana pemilik menghabiskan waktunya, maka sektor ini bisa menjadi prioritas saat melakukan modifikasi. Di bagian kabinnya, Renault Triber hadir dengan jok tiga baris berbahan fabric. Modifikasi yang dapat dilakukan adalah menggantinya dengan  bahan sintetis Alasannya agar lebih awet karena gamoang dibersihkan dan lebih terlihat ekskusif.

Tatanan nada lagu yang diputar sepanjang perjalanan juga mempengaruhi impresi dan mood saat berkendara, oleh karenanya sektor audio dimaksimalkan sebaik mungkin. Pengeras suara atau speaker bawaan pabrik umumnya kurang dapat memuaskan telinga pengendara. Menggantinya dengan speaker berdaya tinggi kerap menjadi solusi bagi para pemilik mobil.

Mesin 3 silinder 1.0 L milik Renault Triber memang menjanjikan kehematan bahan bakar untuk penggunaan di dalam kota, meski pada kenyataannya saat digunakan di luar kota atau membawa beban penuh akan terasa kurang bertenaga. Sedikit sentuhan dapat menggali potensi performa mesin yang “disembunyikan” oleh pabrikan atas nama efisiensi.

Baca Kurang

Aksesoris Renault Triber

Langkah paling mudah merombak penampilan Renault Triber tentu adalah penggantian pelek. Dalam kondisi standarnya, Renault Triber hanya dibekali dengan pelek berdiameter 14 inci di semua variannya. Hanya saja di varian yang paling mahal konsumen mendapatkan pelek alloy sedangkan di varian termurah konsumen mendapatkan pelek besi atau steelies dengan dop roda.

Roof bar dan roof box jadi aksesori yang lumrah untuk mobil-mobil MPV. Selain menambah kapasitas ruang penyimpanan barang, aplikasi gaya seperti ini bagai mobil-mobil road trip pelintas banyak negara di benua Eropa.

Apalagi bentuknya kian modern dengan desain yang aerodinamis dan landai. Sehingga masih terbilang aman saat memasuki parkiran basement.

Dilengkapi dengan lampu utama berproyektor, Renault Triber masih mengaplikasikan bohlam konvensional halogen di dalamnya. Mengganti lampu dengan Xenon HID atau LED, membuat penampilannya sungguh berbeda di malam hari. Hal positif lainnya, penerangan jadi lebih optimal saat berkendara malam hari.

Baca Kurang

Seller Aksesoris Modifikasi Renault Triber

DS HID
Koko Ayung Audio

Pertanyaan Seputar Modifikasi Renault Triber

  • Apakah ada aksesoris resmi resmi Renault Triber di dealernya?

    Saat ini belum ada, namun bukan berarti Anda tak bisa mendapatkannya. Soalnya Renault di India sudah menyediakan ragam aksesoris OEM untuk crossover Low MPV ini. Mulai dari perangkat eksterior bodi, interior, hingga garnis elektrik berupa lampu di logo, sill plate sampai welcome light di spion.

  • Bagaimana cara membuat kabin Triber lebih senyap?

    Anda bisa mengambil opsi menambah peredam di bagian door trim, lantai, firewall, pintu bagasi, dan plafon. Ada banyak peranti pengedam yang bisa digunakan, sesuai dengan budget Anda. Pastikan dikerjakan oleh pihak yang profesional, agar risiko kerusakan material kabin yang dibongkar bisa dihindari.

  • Apakah mengganti komponen lampu merusak garansi?

    Ya, jika Anda tidak melakukannya di bengkel resmi. Namun biasanya yang gugur parsial, misalnya ketika Anda mengganti lampu, yang notabene berhubungan dengan kelistrikan, maka garansi elektrikal saja yang gugur. Sedangkan garansi mesin dan komponen lain tidak digugurkan.