Renault Triber
Renault Triber Rp 187,9 Juta
Dp Rp 41,72 Juta Angsuran : Rp 3,92 Juta x 36
Lihat Promo

Modifikasi Renault Triber

renault triber concept

Pertama kemunculannya pada dua tahun lalu, Renault Triber dicita-citakan sebagai sebuah low MPV yang dirancnag khusus untuk keluarga Indonesia dengan harga yang terjangkau namun memiliki kualitas di atas sebuah kendaraan Low Cost Green Car (LCGC). Itulah yang disampaikan oleh petingi Agen Pemegang Merek (APM) Renault saat peluncurannya di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 lalu.

Nyatanya memang benar demikian. Desainnya jauh dari kata sederhana, harganya pun sesuai dengan janji yang diutarakan, yakni mulai Rp 133 juta dan termahal Rp 183,9 juta. Ada lima varian yang dijual resmi di Indonesia.

Dengan kabin yang cukup lapang dengan kapasitas tujuh penumpang, Renault Triber merupakan mobil dengan multi peruntukan. Sebagai mobil keluarga, transportasi ke tempat kerja bahkan masih pantas bila dipakai anak muda kuliah. Desainnya yang modern, merek yang tidak pasaran dan predikat eropa, Renault Triber memiliki potensi yang besar untuk dilirik meski pada kenyataannya ia merupakan rakitan Renault India.

Tarikan garis yang relatif membulat, membuatnya gampang dimodifikasi untuk meningkatkan penampilannya. Body yang membulat membuat Renault Triber cenderung mudah “dimainkan”. Artinya mobil ini bisa dimodifikasi dengan berbagai gaya. Setidaknya untuk sedikit menghapus predikat mobil keluarga dari MPV ini.

Beberapa penggiat modifikasi digital pernah berkarya lewat media Renault Triber. Mulai dari rancangan gaya elegan dengan pelek berdiameter besar, gaya reli yang lengkap dengan atributnya hingga gaya mobil pelahap aspal jarak jauh atau mobil touring dengan perangkat roof box di atap.

Sayangnya sumber pacu yang dimiliki oleh Renault Triber terbilang kecil. Anda wajib memperhitungkan matang-matang aksesori atau modifikasi yang diaplikasikan agar perubahan bobotnya tidak terlalu signifikan.

Opsi meningkatkan tenaga mesin juga bisa masuk daftar modifikasi yang dilakukan. Secarik spesifikasi yang dirilis pabrikan, mesin ini hanya menghasilkan tenaga 76 dk dengan torsi 96 Nm. Angka tersebut sebetulnya cukup untuk pemakaian di dalam kota, namun dengan melakukan sedikit sentuhan paling tidak output mesin 3 silinder 1.0 L bisa lebih dimaksimalkan dari pada saat keluar showroom.

Baca Selengkapnya Sembunyikan

Populer Modifikasi Renault Triber

Karena masih seumur jagung, belum banyak yang melakukan modifikasi Renault Triber. Namun kami akan coba merekomendasikan beberapa pilihan modifikasi yang dapat Anda aplikasikan pada Renault Triber.

Mengingat kabin mobil adalah tempat dimana pemilik menghabiskan waktunya, maka sektor ini bisa menjadi prioritas saat melakukan modifikasi. Di bagian kabinnya, Renault Triber hadir dengan jok tiga baris berbahan fabric. Modifikasi yang dapat dilakukan adalah menggantinya dengan  bahan sintetis Alasannya agar lebih awet karena gamoang dibersihkan dan lebih terlihat ekskusif.

Tatanan nada lagu yang diputar sepanjang perjalanan juga mempengaruhi impresi dan mood saat berkendara, oleh karenanya sektor audio dimaksimalkan sebaik mungkin. Pengeras suara atau speaker bawaan pabrik umumnya kurang dapat memuaskan telinga pengendara. Menggantinya dengan speaker berdaya tinggi kerap menjadi solusi bagi para pemilik mobil.

Mesin 3 silinder 1.0 L milik Renault Triber memang menjanjikan kehematan bahan bakar untuk penggunaan di dalam kota, meski pada kenyataannya saat digunakan di luar kota atau membawa beban penuh akan terasa kurang bertenaga. Sedikit sentuhan dapat menggali potensi performa mesin yang “disembunyikan” oleh pabrikan atas nama efisiensi.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
jok triber
jok triber
Retrim Jok

Ada dua pilihan penggantian bahan sintetis yang umum dilakukan, yakni semi kulit dan kulit. Selain tentunya kedua bahan tersebut punya perbedaan harga yang cukup lumayan, bahan kulit sintetis terasa lebih halus dan lebih mudah melepaskan panas ketimbang semi kulit sintetis. Ada harga, ada rupa. Untuk konfigurasi tiga baris seperti pada Renault Triber, Ongkos merombak bahan menjadi semi sintetis berkisar dari Rp 3,5 jutaan. Sementara untuk yang berbahan kulit sintetis, harganya mulai dari Rp 7,5 juta – Rp 10 juta tergantung varian bahan yang dipilih.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
Audio Triber
Audio Triber
Audio

Di varian tertinggi, Renault Triber sudah dimodali dengan headunit berfitur Apple Car Play dan Android Auto. Setidaknya Anda bisa memutar lagu atau tayangan apa saja di perjalanan langsung dari ponsel Anda. Namun jika ingin output suara yang dihasilkan optimal, maka opsi penggantian perangkat pengeras suara bisa memenuhi ekspektasi. Sepaket pengeras suara two way 6,5 inci, subwoofer 10 inci dan power amplifier berlabel Pioneer dibanderol kisaran Rp 14,5 juta berikut instalasi, boks dan dua lembar peredam untuk membantu kekedapan kabin. Dengan begini, audio di kabin Renault Triber serasa mobil premium

Baca Selengkapnya Sembunyikan
Dastek Renault
Dastek Renault
ECU Tuning

Dibalik kap mesinnya, Renault Triber menggunakan sumber pacu yang sama dengan salah satu varian Renault Clio di Eropa. Di benua asalnya, para tuner sudah berhasil mengoprek ECU bawaan dan melakukan mapping ulang untuk menggali potensi mesinnya. Mengingat di sini belum banyak penggunanya, opsi remappingatau reflash ECU tentu harus menjalani proses trial and error.Solusinya, piggyback ECU menjadi sebuah langkah mudah dan cepat untuk menguras seluruh daya yang dimiliki oleh mesin bawaan. Dastek tipe Q+ merupakan yang paling umum digunakan. Siapkan dana sekitar Rp 8,5 juta untuk menebusnya termasuk instalasi dan dyno tuning.

Baca Selengkapnya Sembunyikan

Aksesoris Renault Triber

Langkah paling mudah merombak penampilan Renault Triber tentu adalah penggantian pelek. Dalam kondisi standarnya, Renault Triber hanya dibekali dengan pelek berdiameter 14 inci di semua variannya. Hanya saja di varian yang paling mahal konsumen mendapatkan pelek alloy sedangkan di varian termurah konsumen mendapatkan pelek besi atau steelies dengan dop roda.

Roof bar dan roof box jadi aksesori yang lumrah untuk mobil-mobil MPV. Selain menambah kapasitas ruang penyimpanan barang, aplikasi gaya seperti ini bagai mobil-mobil road trip pelintas banyak negara di benua Eropa.

Apalagi bentuknya kian modern dengan desain yang aerodinamis dan landai. Sehingga masih terbilang aman saat memasuki parkiran basement.

Dilengkapi dengan lampu utama berproyektor, Renault Triber masih mengaplikasikan bohlam konvensional halogen di dalamnya. Mengganti lampu dengan Xenon HID atau LED, membuat penampilannya sungguh berbeda di malam hari. Hal positif lainnya, penerangan jadi lebih optimal saat berkendara malam hari.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
  • velg triber
  • velg triber
  • velg triber
Velg

Dengan PCD 4x100, segudang pilihan pelek tersedia di pasaran. Tinggal cocokan dengan selera, apakah pelek sport berbobot ringan atau pelek rally yang terkenal kokoh. Lingkar pelek 15 inci terbilang paling ideal bersanding dengan MPV berkapasitas mesin mungil ini. Pun bila mendapatkannya dalam kondisi bekas, tak perlu risau. Karena pelek-pelek lansiran merek kenamaan ini menjamin kualitas produksi dan daya tahannya. Sprinthart CP, Weds Sport SA90 dan Advan RG adalah pelek sport yang terkenal ringan dan kuat di aspal dengan model multi palang merupakan komposisi pas bersanding dengan Renault Triber yang punya desain membulat. Dalam kondisi bekas harganya berkisar Rp 10 juta – Rp 15 juta satu setnya. Menggunakan pelek rally berarti memperluas pilihan lingkar diameter. Umumnya pelek rally berukuran 14 inci dan 15 inci untuk PCD 4x100. Mulai dari Potenza Rally, OZ Terra, Enkei RCT hingga Speedline Corse. Harganya pun setara dengan pelek sport, yakni mulai dari Rp 10 juta – Rp 15 juta dalam kondisi bekas yang masih apik.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
  • Roof Box Triber
  • Roof Box Triber
Roof Accessories

Gaya atap yang menggendong roof box sudah menjadi kultur sebuah MPV atau Van di beberapa negara. Untuk mengaplikasikannya, diperlukan sepasang roof bar sebagai pegangan roof box di atap. Harganya pun kian terjangkau saat ini, sepasang roof bar dan sebuah roof box bermodel landai lansiran Otorack bisa ditebus mulai dari Rp 6,5 juta. Memasangnya pun cukup mudah tanpa melubangi bagian atap.

Baca Selengkapnya Sembunyikan
lampu Triber
lampu Triber
Headlamp

Keduanya merupakan teknologi lampu masa kini. Xenon HID yang hadir terlebih dahulu punya kelebihan pendaran sinar yang lebih merata di aspal namun butuh waktu beberapa detik saat menyala hingga sinarnya optimal. Sementara LED adalah yang paling mutakhir, dengan tingkat panas dan tegangan yang lebih rendah, lampu LED dapat menyala dengan konstan. Meski demikian pendaran sinarnya tidak sebaik Xenon HID dalam penggunaan lampu jauh. Dengan lensa proyektor bawaan lahir, cukup mudah mengaplikasikan Xenon HID atau LED di lampu utama Renault Duster. Sediakan dana berkisar Rp 1,8 juta – Rp 3 juta untuk sepasangnya.

Baca Selengkapnya Sembunyikan

Seller Aksesoris Modifikasi Renault Triber

Artikel Modifikasi Renault Triber

Berita Mobil Triber

Bandingkan Varian Renault Triber

  • Bensin
  • Triber RXL MT
    Rp 166,9 Juta Harga OTR
    Fitur Varian Dasar
    • Bensin
    • Manual
    • AC
    • Power Steering
    • Ventilasi AC Belakang
    • Power Outlet
    • Radio AM/FM
    • Speaker depan
    • Sambungan Bluetooth
    • Soket USB
    • Power Window Depan
    • Power Window- Belakang
    • Lampu Pengingat Jumlah Bahan Bakar
    • Adjustable Seats
    • Headrest Kursi Belakang
    • Pengaturan Posisi Stir
    • Cup Holder - depan
    • Bottle Holder
    • Vanity Mirror
    • Anti Lock Braking System
    • Sensor Parkir
    • Central Locking
    • Child Safety Locks
    • Kantong Udara Pengemudi
    • Airbag Penumpang Depan
    • Sabuk Pengaman Belakang
    • Pengingat Pemakaian Sabuk Pengaman
    • Crash Sensor
    • Pengingat Pintu Terbuka
    • Pelindung Benturan Samping
    • Pelindung Benturan Depan
    • Engine Immobilizer
    • Tanki Bahan Bakar Diletakkan di Tengah
    • Adjustable Headlights
    • Kaca spion elektrik
    • Grille Krom
    • Odometer Digital
    • Pemanas
    • Tachometer
    • Jam Digital
    • Kursi Pengemudi Dengan Penyesuai Ketinggian
    • Engine Check Warning
    • EBD (Electronic Brake Distribution)
    • Anti Theft Device
    • Kursi Lipat Belakang
    • Lampu baca
    • Wiper Kaca Belakang
    • Cup Holder - belakang
    • Cover Velg
    • Antena elektrik
    • Power Door Locks
    • Arm Rest Konsol Tengah
    • Rear Parking Sensors
    • Sun Visors
    Lihat Lainnya Lihat Promo
  • Triber RXT MT
    Rp 172,9 Juta Harga OTR
    + 1 Fitur Tambahan
    • Bensin
    • Manual
    • Roof Rail
    Lihat Promo
  • Triber RXZ AMT
    Rp 187,9 Juta
    + 10 Fitur Tambahan
    • Bensin
    • AMT
    • Engine Start Stop Button
    • Speaker belakang
    • Layar Sentuh
    • Airbag Samping Depan
    • Spion Tengah Lipat
    • Defogger Kaca Belakang
    • Velg alloy
    • Electronic Multi Tripmeter
    • Washer Kaca Belakang
    • Kamera Belakang
    Lihat Lainnya Lihat Promo

Video Renault Triber

Lihat video terbaru Renault Triber untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

  • Renault Triber | First Impression | MPV-7 Seater Bermesin 1.0 Liter | OTO.com
    Renault Triber | First Impression | MPV-7 Seater Bermesin 1.0 Liter | OTO.com
    13 Jul, 2019 .
Video Triber

Bandingkan Renault Triber Dengan Mobil Sejenis

Renault Triber
Renault Triber
Rp 166,9 - 187,9 Juta
Spesifikasi Triber
Wuling Confero
Wuling Confero
Rp 185,3 Juta
Spesifikasi Confero
Wuling Formo
Wuling Formo
Rp 152,7 - 169,6 Juta
Spesifikasi Formo
Toyota Calya
Toyota Calya
Rp 167,3 - 190 Juta
Spesifikasi Calya
Daihatsu Sigra
Daihatsu Sigra
Rp 139 - 182,6 Juta
Spesifikasi Sigra
Mesin 999
1485
1206
1197
998
Panjang 3990 mm
-
4493 mm
4110 mm
4110 mm
Lebar 1739 mm
1691 mm
1691 mm
1655 mm
1655 mm
Tinggi 1643 mm
1715 mm
1715 mm
1600 mm
1600 mm
Tempat Duduk 7
8
2
7
7
Jenis Transmisi Manual
Manual
Manual
Manual
Manual
Mesin 1.0L Petrol Engine, 3 Cylinder 12 Valve
1.5 L
1.2L Petrol Engine, In-line 4 Cylinder 16 Valve DOHC
1.2L Petrol Engine, In-line 4 Cylinder 16 Valve DOHC
1.0L Petrol Engine, In-line 3 Cylinder 12 Valve DOHC
Bandingkan Sekarang

Lindungi Mobil Anda Segera. Dapatkan tawaran asuransi terbaik untuk Mobil Anda.

Lihat Penawaran

Modifikasi Mobil

Modifikasi Mobil

Pertanyaan & Jawaban Renault Triber (FAQs)

Apakah ada aksesoris resmi resmi Renault Triber di dealernya?

Saat ini belum ada, namun bukan berarti Anda tak bisa mendapatkannya. Soalnya Renault di India sudah menyediakan ragam aksesoris OEM untuk crossover Low MPV ini. Mulai dari perangkat eksterior bodi, interior, hingga garnis elektrik berupa lampu di logo, sill plate sampai welcome light di spion.

Bagaimana cara membuat kabin Triber lebih senyap?

Anda bisa mengambil opsi menambah peredam di bagian door trim, lantai, firewall, pintu bagasi, dan plafon. Ada banyak peranti pengedam yang bisa digunakan, sesuai dengan budget Anda. Pastikan dikerjakan oleh pihak yang profesional, agar risiko kerusakan material kabin yang dibongkar bisa dihindari.

Apakah mengganti komponen lampu merusak garansi?

Ya, jika Anda tidak melakukannya di bengkel resmi. Namun biasanya yang gugur parsial, misalnya ketika Anda mengganti lampu, yang notabene berhubungan dengan kelistrikan, maka garansi elektrikal saja yang gugur. Sedangkan garansi mesin dan komponen lain tidak digugurkan.
Dapatkan pinjaman dana untuk Mobil Angsuran mulai dari Rp 3,92 Juta/bulan Dapatkan Pinjaman kredit Renault Triber
Dapatkan penawaran eksklusif di Triber OTR mulai dari Rp 187,9 Juta Lihat Promo

Bandingkan

You can add 3 variants maximum*