• Wishlist

MotoGP: Vinales Balapan untuk Yamaha hingga 2022, Rossi?

MotoGP: Vinales Balapan untuk Yamaha hingga 2022, Rossi?

Maverick Vinales mengamankan satu tempat di tim Yamaha. Dia sepakat melanjutkan durasi kerjanya di tim pabrikan hingga 2 tahun ke depan (2021-2022). Bagi sang pembalap kabar ini tentu sangat penting, terutama dalam persiapannya menghadapi musim balap MotoGP 2020.


Yamaha boleh jadi tak beruntung musim lalu. Gelar terbaik di kejuaraan para raja disapu bersih oleh Honda. Namun, mereka mesti berterima kasih kepada Vinales. Pembalap Spanyol menyumbangkan 7 podium dengan dua kali kemenangan.


Kontrak Vinales Yamaha MotoGP


Memang tak sebagus penampilannya saat pertama kali membela Yamaha (2017). Kali itu Vinales mengumpulkan torehan serupa, namun memenangkan lebih banyak balapan. Walau begitu, Vinales-lah yang jadi rider teratas Yamaha di 2019. Dia berhasil mengamankan posisi ketiga di klasemen akhir dengan torehan 211 poin.


Layak bila Yamaha menawarinya kontrak baru. Toh, dalam 3 tahun belakangan Vinales selalu memperlihatkan penampilan maksimal. "Semenjak bergabung, dia sudah memberi kami 6 kali kemenangan, 19 podium dan 100 persen komitmen. Sekarang, sejalan dengan pengembangan YZR-M1 tiap balapannya, kami melihat dia punya masa depan cerah di Yamaha," ucap Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing.


Baca juga: Program Baru Vinales Hadapi MotoGP 2020


Dalam keterangan rilis Yamaha Factory Racing (28/1), Jarvis mengutarakan apresiasinya kepada pengguna nomor 12 tersebut. "Keputusan Vinales menandatangi kontrak lebih awal bersama tim MotoGP pabrikan untuk 2 tahun ke depan, memperlihatkan kekuatan dan keyakinan bersama kami untuk bersaing menjadi juara dunia MotoGP," papar Jarvis lagi.


Vinales Yamaha MotoGP 2022


Kegembiraan serta optimisme juga terpapar dari Vinales. "Bagi saya, sangat penting untuk membuat pengumuman ini sebelum musim dimulai. Karena saya sangat termotivasi dan ingin dapat berkonsentrasi penuh pada musim 2020. Tidak ada alasan untuk tidak bersama Yamaha, karena mereka sudah seperti keluarga. Yamaha juga memberi saya banyak dukungan. Target utama kami seperti biasa, menjadi juara dunia dan mengembalikan kehormatan Yamaha menjadi nomor satu lagi," ungkap Vinales.


Tentu tak semudah membalikan telapak tangan. Kita tahu, tim lain bakal menunjukkan determinasi serupa demi gelar raja. Maka itu pula si joki berkomitmen untuk bekerja lebih keras lagi. Pastinya juga didukung kinerja apik tim mekanik meramu Yamaha M1 di tiap balapan. "Yamaha memberi saya banyak dukungan, mereka seperti keluarga. Saya pun senang karena dapat mengamankan tim sendiri. Saya akan mencoba yang terbaik. Yang pasti, memberikan semua yang saya miliki untuk membuat tim kami bangga," tuturnya.


Sayangnya perpanjangan kontrak Vinales belum diikuti rekan setim, Valentino Rossi. Beberapa pertimbangan sepertinya masih jadi pembahasan kedua belah pihak. Termasuk soal waktu pensiun The Doctor, hingga peluangnya pindah ke tim Petronas Yamaha SRT. Meski bisa saja kontrak baru Rossi disetujui jelang seri pertama MotoGP di Qatar.


Pabrikan Yamaha sendiri dikabarkan memperkenalkan formasi MotoGP 2020-nya, 6 Februari mendatang. Berlangsung di Sepang (Malaysia), dan berbarengan dengan tim satelitnya itu. Kita tunggu kejutan lain dari mereka bulan depan! (Ano)


Sumber: Yamaha MotoGP


Baca juga: Ini Ubahan Terbaru Ducati Desmosedici GP20