• Wishlist
    • Bahasa iden

Motor Listrik

Sepeda Motor Elektrik - Kesenangan Tanpa Batas

  • Lebih Ramah Lingkungan
    Lebih Ramah Lingkungan

    Sepeda motor listrik mengandalkan baterai dan dinamo untuk menggerakkan roda, tanpa dibantu oleh mesin konvensional dalam bentuk apapun.

  • Tidak Perlu Isi Bensin
    Tidak Perlu Isi Bensin

    Tentu, absennya mesin konvensional SPBU jadi tidak perlu disambangi. Cukup cari soket listrik untuk isi ulang baterai. Beberapa merek bahkan akan menyediakan sistem battery swap (tukar baterai).

  • Pengendaraan Lebih Halus
    Pengendaraan Lebih Halus

    Getaran mesin konvensional kerap jadi hal yang mengganggu. Lupakan hal tersebut jika sepeda motor Anda berpenggerak dinamo listrik.

Motor Listrik

Kenapa Anda Harus Beli Sepeda Motor Listrik?

Serunya motor listrik

Perawatan Lebih Mudah Perawatan Lebih Mudah

Pada motor biasa Anda akan dibebani biaya servis rutin seperti ganti oli, filter udara mesin, busi dan sebagainya, maka pada sepeda motor berpenggerak listrik, hal tersebut tidak ada. Tentu ada suku cadang fast moving yang harus diperhatikan seperti rem, ban. Yang juga harus diperhatikan adalah kemampuan baterai yang akan terdegradasi seiring berjalannya waktu. Itupun umurnya sangat panjang. Sekali lagi, Anda bisa berhemat secara finansial.

Anda Akan Dipuji Sebagai Pejuang Lingkungan Anda Akan Dipuji Sebagai Pejuang Lingkungan

Dengan menggunakan sepeda motor listrik, Anda sudah berkontribusi terhadap berkurangnya emisi karbon di udara. Motor listrik tidak mengeluarkan emisi saat berjalan. Demi anak cucu kita di masa depan, tindakan itu patut mendapatkan pujian.

Lebih Mudah Dioperasikan Lebih Mudah Dioperasikan

Betul, motor matic juga mudah karena tinggal putar gas tanpa harus pindah gigi. Pada sepeda motor listrik, hal yang sama juga berlaku. Apalagi Anda tidak perlu tekan tombol starter untuk menyalakan mesin. Tinggal ON-kan, langsung jalan. Pengendaraan yang lebih halus akan langsung tersedia. Pengeremannya pun lebih mumpuni. Saat gas ditutup, akan langsung terasa efek deselerasi yang signifikan (drag brake), tanpa tuas rem ditarik.

Video Motor Listrik

Motor listrik in action

Komponen Utama Sepeda Motor Listrik

Yang bikin motor listrik bisa jalan

Dinamo/Electric Motor Dinamo/Electric Motor

Inilah yang akan membuat sepeda motor bergerak. Kalau Anda suka bermain dengan mobil remote control elektrik atau mobil-mobilan Tamiya, harusnya familiar. Hanya skalanya lebih besar. Sifat alami dinamo elektrik adalah torsi yang selalu berada di angka tertinggi. Torsi ini akan langsung tersedia begitu gas diputar.

Sumber Energi Sumber Energi

Seperti bensin, baterai jadi hal utama yang menyuplai daya ke dinamo. Seberapa kuat motor bergerak, dipengaruhi oleh kemampuan baterai yang biasanya diberi satuan kWh. Semakin besar, semakin mumpuni dan tentunya mahal. Bahan dasarnya bisa Lithium atau Nikel. Umur baterai bisa puluhan tahun, tapi jangan lupa seiring berjalannya waktu, kemampuan ini bisa terkikis. Asal dirawat sesuai rekomendasi pabrik, dijamin awet.

Pengisi Daya Pengisi Daya

Atau charger. Inilah alat yang akan mengisi ulang daya baterai. Bentuknya bisa beragam dan terpasang di tempat yang memang menyediakan. Selain di tempat umum, biasanya, pabrikan akan memberikan alat charger untuk pengisian ulang di rumah untuk memudahkan. Tentunya, akan ada tambahan biaya listrik kalau di rumah. Seberapa besar, tergantung baterai dan alat chargernya.

Sepeda Motor Listrik di Indonesia

Di Indonesia, sepeda motor dengan penggerak listrik belum jadi hal yang lumrah. Maklum, penjualnya juga belum banyak dan regulasi belum mengakomodir. Zero Motorcycle asal Amerika Serikat sempat hadir dengan motor listrik berdimensi besar. Meski tidak lama karena harganya luar biasa mahal.Tapi sejak 2019, saat pemerintah mengumumkan peraturan soal pajak berbasis emisi, pabrikan motor mulai tertarik untuk menjajakannya.

Tidak hanya pabrikan besar seperti Honda dengan PCX Electric, tercatat ada pabrikan baru seperti Gesits yang 100 persen buatan Indonesia dan Viar dengan Q1 mencoba menggebrak. Dua merek terakhir itu bahkan sudah memperkenalkan produknya jauh sebelum peraturan disahkan oleh Presiden Joko Widodo.

Namun karena sepeda motor listrik adalah hal baru, masih banyak yang ragu untuk menggunakannya. Paling sering terlihat Viar Q1. Itupun masih digunakan untuk moda transportasi di lingkungan setempat seperti kompleks perumahan. Padahal, seperti yang pernah kami coba, Q1 mumpuni untuk dikendarai sehari-hari. Paling tidak pergi dan pulang kantor dengan jarak 60 km.

Tapi gebrakan paling mengejutkan datang dari Honda. Mereka resmi memasarkan PCX Electric meskipun terbatas untuk fleet, dan belum dijual umum. Tapi dengan adanya merek papan atas menjajakan motor seperti ini, tidak perlu lama untuk para produsen lain mendampingi Honda, Viar dan Gesits di pasar sepeda motor elektrik. Buktinya United, yang dikenal sebagai produsen sepeda mulai melihat pangsa pasar sepeda motor listrik. Ada juga skuter MiGo, yang saat ini belum bisa dibeli, tapi sudah bisa disewa.

  • Mengapa sepeda motor listrik dianggap sebagai teknologi ramah lingkungan?

    Karena tidak menggunakan mesin dengan pembakaran dalam (internal combustion engine) yang mengeluarkan emisi gas buang ari proses pembakaran yang menggerakkan piston, untuk menjalankan motor.

  • Berapa lama proses isi ulang baterai sepeda motor listrik?

    Tergantung kapasitas baterai dan kemampuan alat isi ulang (charger). Saat ini, paling cepat adalah 30 menit. Tapi para produsen berkomitmen untuk memangkas waktu isi ulang baterai ini.

  • mengapa sepeda motor listrik belum bisa diproduksi secara massal di indonesia

    Karena berbagai hal. Mulai dari peraturan pemerintah soal kendaraan elektrik, kesiapan alat produksi, ketersediaan infrastruktur yang masih minim hingga pasar otomotif yang belum familiar dengan kendaraan seperti ini.

  • Apakah motor listrik menggunakan oli

    Tidak. Oli bukan cairan utama untuk melancarkan pergerakan komponen. Justru sistem pendingin yang jadi hal utama. Diperlukan untuk mendinginkan baterai dan dinamo penggerak utama.

  • Apakah Indonesia sudah siap menerima kehadiran sepeda motor listrik?

    Tentu. Peraturan Pemerintah no 73 Tahun 2019 sudah terbit sejak Oktober 2019. Produsen otomotif dan instansi pemerintahan terkait diberi waktu hingga 2021 untuk mempersiapkan segalanya. Saat itu, PP 73 tersebut mulai diberlakukan.

  • Seperti apa skema perpajakannya?

    PPnBM untuk kendaraan berpenggerak listrik adalah 15 persen dengan dasar pengenaan pajak nol persen dari harga jual. Ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 73 tahun 2019, yang berlaku penuh pada 16 Oktober 2021.

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store