MotoGP: Begini Ubahan Motor Ducati untuk Musim 2020

MotoGP: Begini Ubahan Motor Ducati untuk Musim 2020
Gambar
Review Pengguna

Ducati resmi jadi tim pabrikan pertama yang merilis motornya untuk musim 2020. Banyak ubahan yang kentara, dan sisanya, tentu dirahasiakan. Namun dari fisiknya saja Anda akan mudah membedakannya dari Desmosedici 2019. Konon, dengan semua yang telah dipersiapkan, motor ini disebut siap menjadi penantang kuat di tiap balapnya.


"Persaingan MotoGP musim 2020 akan makin keras dan membutuhkan kerja keras dengan 20 balapannya. Lawan-lawan kami tentu akan sangat kompetitif, karenanya kami perlu meningkatkan komitmen. Oleh sebab itu, kami sudah bekerja keras belakangan ini untuk menyiapkan Desmosedici 2020 bagi Dovi dan Pettruci. Motor ini akan memungkinkan mereka jadi penantang kuat di semua kondisi pada setiap balapan," jelas General Manager Ducati Corse Gigi Dall'igna saat peluncuran, seperti dikutip Crash Net.


Ducati Desmosedici GP20


Seperti apa ubahannya? Dari sektor fisik, warna merah khas pabrikan motor asal Bologna, Italia tentu tetap jadi dasarnya. Padu padannya juga masih sama, hitam, chrome dan abu-abu. Namun proporsi kombinasi warnanya yang kini sedikit berbeda. Kelir hitam lebih dominan pada beberapa bagian. Aksara Mission Winnow juga sekarang jadi jauh lebih mencolok dibanding sebelumnya. Mungkin saja ada sedikit perbedaan pada besar sponsorship mereka di musim ini.


Baca juga: Sembilan Model Baru Ducati Hadir di 2020


Dari fisiknya, yang bisa dideskripsikan adalah makin menonjolnya spoiler yang berada di bawah swing arm. Perangkat yang tahun lalu sempat menuai protes dari beberapa pabrikan ini, nampaknya sudah tak malu-malu lagi dipajang oleh Ducati.


Spesifikasi Ducati Desmosedici GP20


Tak cuma itu, perangkat pemanfaat aerodinamika lainnya yang kini dipajang sedari peluncuran adalah wheel cover. Seperti diketahui, tim ini sudah mulai memasangnya sejak Mugello 2019. Kala itu Michel Pirro yang diberikan peranti ini. Nampaknya tim sudah merasakan kesuksesannya untuk menjaga suhu ban tanpa perlu berkompromi dengan stabilitas sehingga percaya diri untuk memamerkannya.


Dua rider Italia, Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci juga memaparkan optimisme yang sama. Dengan ubahan yang disiapkan, mereka menjanjikan performa terbaiknya untuk menunggangi Desmosedici tercepat di setiap sirkuit.


Ubahan Ducati Desmosedici GP20


"Tiap tahun kami punya cerita dan kisah, tentu tak mudah memprediksi apa yang akan terjadi di musim 2020. Tujuan kami jelas, merebut gelar juara. Ducati dan saya sudah bekerja keras pontang-panting lebih dari sebelumnya. Saya percaya diri mampu memberi kontribusi positif," jelas Dovi.


Secara spesifikasi teknis meski ada beberapa yang diungkap, tentu tak disebutkan secara detil. Maklum, motor MotoGP merupakan seri prototype yang juga jadi ajang tes bagi pabrikan untuk peranti barunya. (Van/Ano)


Spesifikasi Ducati Desmosedici GP20:


Mesin: 1.000 cc, 4-Silinder V4 90o, Evo Desmodromic DOHC, 16-valve, liquid cooled, 4-stroke


Transmisi: Ducati Seamless Transmission, chain final drive


Sistem Bahan Bakar: Injeksi tak langsung, four throttle bodies with double ride by wire


Tenaga: Lebih dari 250 dk


Kecepatan Maksimum: Lebih dari 350 kpj


Bahan Bakar: Shell Racing V-Power


Pelumas: Shell Advance Ultra-4


Knalpot: Akrapovic


Final Drive: D.I.D. Chain


Rangka: Aluminium Alloy Twin-Spar


Suspensi: Ohlins Upside Down dengan pipa luar karbon (depan) dan Ohlins adjustable preload dan damping (belakang)


Elektronik: Magneti Marelli ECU Programmed dengan Dorna Unified Software


Ban: Michelin 17 inch


Rem: Brembo, double disc 340 mm karbon empat piston (depan), single stainless dua piston (belakang).


Bobot kering: 157 kg


Sumber: Crash Net, MCN AU


Baca juga: Tilang Elektronik buat Pemotor Berlaku 1 Februari 2020

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store