• Wishlist

Vinales Optimis Yamaha Makin Kompetitif di MotoGP 2020

Vinales Optimis Yamaha Makin Kompetitif di MotoGP 2020

Maverick Vinales yakin bakal lebih kompetitif di MotoGP 2020. Pembalap Monster Energy Yamaha bahkan berani bersaing untuk kemenangan sejak seri pertama bergulir. Dengan catatan, pihak tim menyelesaikan masalah yang menjadi kelemahan Yamaha M1 saat ini. Dia mewanti pekerjaan mesti berjalan sangat baik. Bahkan sebelum musim baru berjalan.


Maverick Vinales


Akhir pekan ini, putaran pamungkas MotoGP 2019 berakhir di Valencia (Spanyol). Apapun hasilnya tak lagi menarik. Toh, Marc Marquez juga sudah meraih gelar juara dunia sejak seri Thailand lalu. Pembahasan penting justru menyasar soal persiapan tim pasca-balapan. Pasalnya, semua tim langsung dihadapkan dengan tes pramusim MotoGP 2020.


Vinales sendiri menyambut positif sesi ini. Apalagi, dia juga sudah merasakan perubahan positif M1. "Saya pikir kami memiliki kesempatan yang bagus dengan Yamaha, tahun depan. Kami harus bekerja dengan cara yang benar di tes musim dingin dan pramusim. Serta memulai musim depan dengan level tinggi agar bisa bersaing untuk kemenangan sejak race pertama. Itu targetnya. Dan, ini adalah tugas kami, membawa motor yang bagus sebelum musim dimulai," ujar The Top Gun dari kutipan Speedweek.com


Memang sedikit terlambat jika melihat perkembangan M1 musim ini. Terutama saat melakoninya hingga seri ketujuh. Vinales menyebut selama putaran itu dia memakai clutch berbeda. Yamaha juga tak melakukan ubahan berarti urusan set up. "Tentu saja sebagai tim pabrikan kami mencoba parts baru. Tapi pada akhirnya kami selalu pergi dengan set up seperti ini. Namun, saya jadi tahu bagaimana mengendarai motor saya. Tahu kekuatan dan kelemahannya," ujar Vinales.


Setelah 7 seri, Vinales mampu meraih kemenangan pertamanya di seri Belanda. Seiring itu pula beberapa torehan positif diberikansang rider Spanyol. Dan, kemenangan terakhir dicetak pada seri Malaysia. Kendati begitu, Vinales masih merasakan beberapa kendala pada tunggangannya. Sebagai contoh ada persoalan saat top speed. "Lalu, tikungan lambat juga jadi kelemahan kami. Jadi kami harus meningkatkannya. Walaupun motor yang sekarang ini tidaklah jelek. Saya bahkan cukup senang dengan hasilnya. Tapi seperti yang saya bilang, kalau mau menang di tiap balapan maka harus mengambil langkah besar," tuturnya.


Maverick Vinales


Fokus terhadap musim depan pun tampak jelas digagasnya. Ia bahkan tampak acuh dengan rumor yang bakal dihadapi ketika kontraknya habis tahun depan. Termasuk pula menanggapi rumor soal kepindahan Fabio Quartararo ke tim pabrikan Yamaha. "Saya harus mengatakan, saya berada di tim yang bagus. Sekarang, saya 100 persen fokus untuk 2020 karena saya punya kesempatan. Target utama saya adalah memenangkan pertarungan musim 2020 bersama motor ini. Baik di trek lurus, hujan ataupun panas. Saya mau motor ini bisa melesatkan saya sejak musim pembuka di Qatar," tutup pemilik nomor 12. (Ano/Van)


Sumber: Speedweek


Baca Juga: Marquez Ingin Motornya Bersahabat Seperti Yamaha