BMW F 800 R

VIEW DESEMBER OFFERS
0 Shares
Gambar BMW F 800 R
  • Warna

Harga BMW F 800 R

Lihat Di Bawah Ini - Daftar Varian

Iklan

Video BMW F 800 R

Kami Pilihkan video terbaik dari Youtube dan Web - Lihat Semua Video
Subscribe Now!

Pilihan Warna F 800 R

  • Blue

  • White

  • White-black

  • Blue-black

Review BMW F 800 R

Sorotan


Setelah selesai mengutak-atik F800 R, BMW kini kembali menghadirkan versi yang lebih segar dengan peningkatan tenaga, suspensi, pijakan kaki dan setang yang baru selain dari beberapa perubahan tampilan lainnya. Dengan digunakannya lampu depan single unit yang baru, Anda bisa melupakan lampu sipitnya yang lama. Selain itu, setang barunya, pilihan warna yang makin beragam, perubahan pada radiator dan panel samping dan jok yang direndahkan adalah beberapa perbedaan lain yang nampak pada F 800 R. Kini, bahkan pengemudi yang pendek bisa mengincar motor ini karena joknya telah direndahkan. Tenaga yang dihasilkannya naik dari 87 menjadi 90 hp sementara torsinya masih sama berkat peningkatan sistem pembuangan dan penyegaran di sisi rangka.

Pendahuluan


Setelah meluncur dengan sukses selama enam tahun, BMW hadir kembali dengan seri terakhir dari F800R untuk menambah pundi-pundi kekayaannya. Selama ini, F800R telah memiliki semua yang dibutuhkan untuk sukses dan dengan peningkatan yang dilakukan, membuat peluang suksesnya semakin besar. Pesaing-pesaingnya seperti Street Triple dari Triumph dan model Monster yang lebih kecil dari Ducati memang lebih kuat dan tampak lebih berani, namun dengan berat yang ringan, pengendalian mudah dan tingkat kepraktisan yang lebih tinggi, jagoan BMW ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Mulai dari gaya yang fresh dan tenaga yang ditingkatkan, rangka yang lebih kuat dan pilihan warna baru, usaha BMW untuk meningkatkan F800R benar-benar terlihat serius. Motor ini juga hadir dengan berbagai pilihan dan aksesoris termasuk pengontrol traksi dan suspensi yang bisa diatur secara elektrik untuk membuat motor Anda makin aman dan sporty.

Desain


Dengan berbagai pilihan warna baru yang ditambahkan untuk model ini, secara visual mungkin akan menambah daya tarik bagi para penggemar motor. Fairing, pelindung radiator, pelindung lumpur dan pelek dengan desain baru membuat motor ini memiliki keunggulan tersendiri dalam hal styling. Figur motor ini sekarang tampak sangat berbeda dengan bodi yang didesain ulang dan lampu utama yang simetris menggantikan lampu depan ganda asimetris di model sebelumnya. Joknya lebih rendah 10 mm dan setangnya yang bertipe one-piece kini lebih lebar sehingga memberikan rasa rileks saat berkendara sekaligus meningkatkan kemampuan bermanuver untuk pengendara dengan postur pendek. Pilihan warna baru yang tersedia termasuk Light White, Racing Blue metallic matt / Black satin gloss dan Light White / Black, memberikan kesan teknikal yang kuat sekaligus tampilan yang memikat.

Mesin, efisiensi bahan bakar dan performa


Mesin 798 cc empat katup dengan silinder ganda berpendingin cairannya menghasilkan tenaga 66 kW (90 hp) pada 8000 rpm. Terlihat peningkatan sebesar 3 hp dibandingkan dengan versi sebelumnya yang hanya menghasilkan 87 hp pada 8000 rpm. Selain itu, dalam hal kebut-kebutan, motor ini memiliki tenaga tarik yang besar, respon yang cepat dan konsumsi bahan bakar yang minim. Torsi yang dihasilkan tetap sebesar 86 Nm (63 lb-ft) pada 5800 rpm. Peningkatan di sistem injeksi bahan bakar dan sistem pembuangan adalah alasan kenapa tenaganya bisa meningkat. Transmisi berpenggerak rantainya juga dimodifikasi sehingga didapatkan rasio perpindahan gigi dengan enam percepatan yang lebih pendek untuk memudahkan pergerakan di dalam kota.

Pengendalian


Motor ini memberikan performa yang menyenangkan dan tepat sasaran dengan respon gasnya yang makin membuatnya melaju dengan mudah. Meskipun memiliki tenaga besar di putaran menegah, pengaturan dummy conrod-nya menjamin getaran yang terjadi tidaklah berlebihan. Performa rangkanya sungguh memuaskan, menggabungkan faktor kemudahan pengendalian dan kestabilan yang kuat. Garpu depannya turut andil dalam memberikan kendali yang baik saat menikung. Ergonomi yang telah dimodifikasi dengan jok yang lebih rendah (kini 790 mm alih-alih 800 mm), tambahan setang dan pijakan kaki baru semakin menambah kemudahan berkendara.

Fitur keselamatan, pengereman dan fitur lainnya


Perubahan terbesar dari F800R berada pada rangkanya, dimana rangka aluminiumnya kini menahan garpu depan yang menghadap kebawah, peningkatan rem depan dengan menggunakan kaliper bulat empat piston dan sistem ABS sebagai fitur standar. Dengan adanya pilihan tambahan sistem ASC (Automatic Stability Control) and ESA (Electronic Suspension Adjustment) bagi motor Anda, fitur keselamatan yang ada pada sebuah motor telah memasuki babak yang baru. Suspensinya yang bisa diatur membuat Anda bisa langsung merubah pengaturan compression damping di suspensi belakang sementara bagian depan yang dilengkapi rem yang kuat dan dukungan ABS memberikan pengereman yang luar biasa. Meskipun pengendaraan di jalan yang kering membuat sistem kontrol traksi ASC tidak terlalu terasa, di jalan yang licin fitur tersebut bisa menambah keamanan bagi Anda.

Kesimpulan


Dengan berbagai perubahan yang dilakukan pada F800R, motor dengan mesin silinder ganda paralel berkarakter dari BMW ini dengan bangganya akan menghasilkan decak kagum di pasaran. Memanjakan pemiliknya dengan tampilan yang sporty, kelincahan, pengendalian yang baik dan keserbabisaannya, sebuah paket yang dinamis menanti Anda. F800R adalah sebuah kenyamanan dan pengalaman berkendara yang menyenangkan.