Modifikasi Yamaha R25 ala MT Tracer

Modifikasi Yamaha R25 ala MT Tracer
Gambar
Review Pengguna

Awal bulan lalu warganet dikejutkan dengan foto viral motor Yamaha model turing. Banyak yang mengira kalau itu ialah unit moge dari Kawasaki. Namun ternyata hasil modifikasi Yamaha R25 bergaya Sport Adventure. Kuda besi yang sejatinya berperawakan sport itu diubah menjadi jenjang.


Motor itu adalah milik seorang pemilik Yamaha R25 bernama Huzni. Ia pertama kali memposting kuda besinya di grup facebook Yamaha R25 Indonesia. Berawal dari keisengan, ternyata hasil modifikasinya dipuji banyak orang. Bagaimana tidak, motor yang standarnya bergaya sport fairing berubah menjadi motor sport adventure dengan postur jangkung. Tak lupa juga penggunaan beberapa part aksesori yang menunjang untuk digunakan perjalanan jauh.


Selain di laman facebook, ia juga mengunggah karyanya ke akun media sosial pribadi. Berkat keterampilannya, Huzni seakan berhasil melahirkan model terbaru dari Tracer series. Tak hanya dalam negeri, media luar seperti Visordown juga ikut terkesima dengan konsep yang dimiliki pria asal Tegal itu. Bahkan mereka mengulas kreasi pemuda asal Indonesia dalam tulisannya berjudul ‘If A Yamaha Tracer 250 Ever Hits The Market, It Should Look Like This’.


Yamaha Tracer 250


Tak mudah bagi pria asal Tegal merakit motor standar Yamaha YZF-R25 menjadi model Tracer. Pekerjaan paling rumit berfokus pada memodifikasi fairing, mengubah yang sebelumnya full menjadi half fairing. Tentu untuk mendapatkan keinginan yang sesuai, dirinya harus rela memotong bagian sayap itu. Kekosongan itu ia isi dengan crashbar custom berwarna hitam, lengkap dengan slider. Tak lupa juga komponen cahaya tambahan dari foglamp cree 6 mata (25watt) yang menempel di tiap sisi pelindung mesin.


Baca Juga: Telisik Modifikasi Kawasaki Ninja ZX-10R Juara Drag Race Nasional


Langkah selanjutnya ada di bagian suspensi depan yang dibuat lebih tinggi. Huzni menggunakan peninggi shock setinggi 15 cm, lengkap dengan cover layaknya motor tualang. Karena bagian depan dibuat tinggi, maka dipasangkan segitiga custom. Ditambah dengan penyematan setang lebar ala motor penjelajah. Hal itu otomatis berujung pada ubahan kabel-kabel yang terdapat pada komponen kemudi.


Fairing depan tidak diubah, hanya ada penambahan part penunjang tampilan. Seperti visor custom milik Versys 650, breket visor punya Honda ADV150 dan winglet di bawah lampu utama. Agar selaras, kaca spion mempercayakan punya Kawasaki Pulsar. Bawahnya agar tidak terlalu melompong, dipasangkan cover engine milik MT-25.


Yamaha R25 modified


Sementara untuk part lain yang menempel di Yamaha R25 bergaya adventure ada knalpot Ninja FI 250, pelek belakang berprofil lebar 5,5 inci, dan mengganti ban yang lebih besar, depan 120/70 dan belakang 180/55. Aksesori tambahannya terdapat bracket top box custom lengkap dengan box dari Givi E43. Sisanya semua masih dibiarkan standar pabrik.


Menyoal budget yang dibutuhkan untuk membuat model seperti ini, sang pemilik tidak mau menyebutkan. Karena ia memodifikasi kuda besinya itu dengan cara menyicil. Tapi konsep yang dibuat Huzni sangat menarik, terlihat hasilnya all out. Ringkas dan sederhana, hanya mengubah beberapa bagian dan tambahan aksesori pendukung.


Spek Yamaha R25


Tampang depan R25 standar persis kepunyaan sang kakak yang berkapasitas 600 cc, karena memang masih satu gen YZF series. Mengandalkan Dual Headlight yang dipisahkan oleh ram air, yang mengarahkan aliran udara dari depan menuju radiator. Tangki dan fairing samping dibuat ringkas agar lebih nyaman dijepit paha. Sementara bagian dari tengah ke belakang masih sama dengan pendahulunya.


Dari segi rancang bangun, New YZF-R25 punya ukuran 2.090 x 720 x 1.135 mm (PxLxT). Wheelbase sepanjang 1.380 mm, ground clearance 160 mm, dan tinggi jok 780 mm. Bobot isi 166 kg dan kapasitas tangki bensin 14 liter. Kemudian di bagian jantung pacu, seperempat liter Yamaha dibekali mesin 249 cc DOHC 2 silinder berpendingin cairan. Tenaga dihembuskan sebesar 36 Hp pada 12.000 rpm dan torsi puncak 23,6 Nm di putaran 10.000 rpm.


Bicara kaki-kaki, New YZF-R25 dibekali suspensi upside down dan monoshock tanpa link yang ditopang lengan ayun asimetris di belakang. Sedangkan rodanya, berukuran 110/70-17 untuk depan dan 140/70-17 buat belakang. Sistem pengereman New R25 dilengkapi cakram tipe floating 298 mm yang dijepit 2 kaliper di depan dan rem cakram hidrolik piston tunggal di bagian belakang. (Bgx/Odi)


Baca Juga: Hilangkan Tingkat Kepraktisan, Yamaha TMax Dimodifikasi Bergaya Radikal

Jelajahi Yamaha R25

Yamaha R25 Rp 61,66 - Rp 68,12 Juta Cicilan : Rp 1,41 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store