Desainnya Bocor, Inikah Sosok Yamaha R25 Terbaru?

Desainnya Bocor, Inikah Sosok Yamaha R25 Terbaru?
Gambar
Review Pengguna

Gambar desain Yamaha R3 atau R25 facelift akhirnya terungkap. Memang, sejak Agustus lalu, kehadiran R25 baru sempat menjadi perbincangan di Indonesia. Apalagi ketika sosoknya terlihat diuji di jalanan. Model R25 2019 disebut meluncur tahun depan di India. Indonesia? Belum tahu kapan, namun biasanya lebih dulu dari India.

Dilansir bikeadvice, pembaruan pada motor sport 250cc itu, dipastikan diikuti oleh R3 yang memiliki platform sama dengan beda kapasitas mesin. Desain ini konon merupakan bagian dari pengajuan Yamaha Australia dan Turki.

Menyumber laman Young Machine, R25 ini bahkan disebut berbasis dari model yang diproduksi di Indonesia. Panutan desainnya tentu sang kakak R1, versi produksi massal tunggangan Valentino Rossi dan Vinales. Hal itu terlihat dari kedok lampu hingga buritan. Bagi kami, R25 anyar nampak lebih kalem dibanding model sekarang.

Mempertahankan tema desain dari keluarga 'R', Yamaha masih menggunakan headlamp kembar yang terpisah lubang di antara kedua lampunya, sama seperti R15 v3. Entah lubang ini benar bolong untuk aerodinamika atau fungsi lain. Atau sekadar aksentuasi tertutup seperti pada R15?

Namun bagi kami, secara keseluruhan, R25 terbaru malah banyak kesamaan dengan motor sport R15 dan R6. Bentuk fairing depan barunya, menyesuaikan dengan identitas keluarga YZF terbaru. Tangki bahan bakarnya tetap sama. Sementara taillight juga persis model sebelumnya, mengaksentuasikan huruf Y. Kepastian paling keren dari gambar desain itu tentu aplikasi fork yang upside-down, seperti pesaingnya, Honda CBR250RR. Atau mungkin, mirip adiknya? R15?

Buritannya, swing arm, tabung knalpot nampak tak ada ubahan. Bisa diartikan tak ada ubahan juga pada mesin. Karena umumnya, perubahan mesin diiringi dengan desain knalpot yang direvisi. Sayang, padahal kami sempat berharap mesin R25 menggunakan panduan katup variabel. Ya, sistem ini sudah sukses digunakan pada unit 125-155 cc Yamaha.

Karena masih sangat mirip dengan versi yang dijual saat ini, bentuk sepatbor dan jok belakang juga tak berubah. Meski demikian, R25 atau R3 terbaru, tampak lebih berotot dengan stang yang tinggi dan menjanjikan posisi duduk lebih santai. Panduan sistem rem berupa ABS yang sukses meningkatkan performa rem di R25 sekarang, nampaknya tetap hadir sebagai pilihan varian.

Bocornya desain Yamaha R25 facelift ini, tentu membuat masyarakat Indonesia penasaran atas tampilannya yang tampak lebih gahar. Lantas, akankah Yamaha Indonesia memboyong R25 barunya ke gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 akhir Oktober nanti?

Menanggapi itu, pihak PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang kami hubungi enggan berkomentar. Selaku Agen Pemegang Merek (APM) di tanah air, YIMM nampak masih menutup rapat-rapat semua informasinya. Hmm, kita tunggu saja di IMOS nanti, ya! (Yrk/Odi)

Sumber: Bikeadvice, Young Machine

Baca Juga: Terungkap Sosok Yamaha Xabre Terbaru, Parasnya Lebih Beringas

Jelajahi Yamaha R25

Yamaha R25 Rp 61,66 - Rp 68,12 Juta Cicilan : Rp 1,41 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store