jakarta-selatan

Mitsubishi Xpander Ultimate, Makin Cinta Setelah Dipacu Jarak Jauh

Oleh Anton Musthafa untuk Mitsubishi Xpander (2017-2019)

Dua tahun sudah Mitsubishi Xpander Ultimate berwarna silver metallic ini menjadi mobil keluarga kami. Saat saya menulis review ini, odometernya masih menunjukkan angka 9.721 km. Harap maklum, MPV dengan desain gagah yang membuat saya tertarik pada pandangan pertama ini hanya bertugas mengantar sekolah atau pergi berbelanja dalam radius kurang dari 15 km. Apalagi sejak masa pandemi setahun terakhir, Xpander kami tidak setiap hari digunakan.

Performanya untuk pengendaraan sehari-hari relatif tidak beda jauh dengan MPV di kelasnya. Apalagi dengan kilometer yang masih rendah, sama sekali belum ada keluhan. Untuk servis di bengkel resmi Mitsubishi pun juga masih gratis, mungkin hanya aki yang perlu diganti beberapa bulan ke depan mengingat usianya yang sudah berusia dua tahun.

Kenikmatan mengendarai Xpander yang sebenarnya justru sangat kami rasakan ketika mengajaknya pergi jarak jauh dengan rute Jakarta - Bandung - Malang - Bandung - Jakarta. Tenaga maksimal mesinnya hanya 105 hp, jauh di bawah mesin Honda Mobilio/BR-V yang mencapai 120 hp. Nyatanya saya sama sekali tidak merasakan gejala under power saat melintasi rute dengan tanjakan panjang di Tol Cipularang maupun Tol Semarang - Boyolali.

Awalnya saya lebih sering menurunkan transmisi otomatisnya dari posisi D ke 2 untuk mendapatkan torsi maksimal saat jalan menanjak. Memang sangat terasa tarikannya tapi raungan mesin terdengar lebih kasar dan menghentak. Saya kemudian mencoba tetap berada di posisi D namun mengkatifkan mode Overdrive dengan menekan tombol di sebelah kanan tuas transmisinya.

Saat overdrive aktif, komputer memerintahkan transmisi otomatisnya untuk bertahan di gear ketiga, hampir tidak pernah turun ke gear kedua. Tarikannya terasa lebih berisi dan nafasnya lebih panjang. Jarum speedometer terasa lebih cepat meninggalkan angka 100 km/jam.

Dari kaca spion kabin, kendaraan di belakang dengan cepat terlihat semakin kecil. Bahkan di lintasan lurus yang kosong tanpa saya sadari kecepatan di speedometer telah menyentuh 140 km/jam. Buru-buru kaki kanan saya angkat dari pedal gas demi alasan keselamatan. Setirnya akan lebih baik jika diseting lebih berat pada kecepatan tinggi agar tidak terasa kosong.

Meskipun ground clearance-nya tergolong tinggi untuk ukuran MPV, mencapai 205 mm, Xpander tetap terasa menapak dengan baik berkat suspensi dengan kekerasan medium. Ini soal selera, tapi saya lebih suka suspensi yang cenderung keras seperti ini saat melesat di tol. Suspensi yang terlalu empuk malah membuat penumpang mual karena mengayun-ayun.

Satu fitur yang sangat terasa manfaatnya saat menjelajahi tol Trans Jawa adalah cruise control yang telah menjadi fitur standar pada varian Ultimate ini. Saya tinggal menaik-turunkan kecepatan dengan memainkan tombol pengatur di bagian palang setir bagian kanan.

Selain membantu kaki kanan agar tidak lelah di jalan tol yang cenderung monoton dengan trek lurus tidak habis-habis, cruise control ini sangat membantu agar kendaraan ini tidak melebihi kecepatan maksimal yang diperbolehkan. Apalagi di beberapa titik mulai diawasi dengan kamera pendeteksi kecepatan.

Konsumsi bahan bakar Xpander pun juga semakin efisien karena putaran mesin lebih terjaga dibandingkan saat pedal gas dioperasikan secara manual. Rekor konsumsi BBM rata-rata terhemat yang tertera di layar MID (Multi Information Display) mencapai 17 km/liter. Jauh lebih irit dibandingkan saat dikendarai dalam kota yang kadang bisa kurang dari 10 km/liter.

Cruise control ini juga dapat bekerja di jalanan menanjak tapi tidak saat jalan menurun. Pastikan jalan dalam kondisi lengang dan konsentrasi mengemudi jangan kasih kendor.

Saya juga mengaktifkan fitur Rest Reminder yang saya seting agar mengaktifkan suara setiap tiga jam sekali sebagai penanda untuk segera mencari Rest Area untuk berisitirahat sejenak.

Dalam perjalanan pergi-pulang yang menempuh jarak lebih dari 2.000 km ini, kabin Xpander diisi empat penumpang dewasa dan tiga penumpang anak-anak, serta beberapa travel bag di belakang jok baris ketiga. Sama sekali tidak ada keluhan dari seluruh penumpang. Hal ini terlihat dari geng bocah yang lebih banyak tertidur lelap dan baru bangun saat "jam makan" tiba.

Dari segi pengemudi, saya puas dengan posisi duduknya yang memberikan pandangan jauh ke depan maksimal. Setirnya dapat dinaik-turunkan dan dimaju-mundurkan, jangan dilakukan saat kendaraan berjalan ya. Tombol AC-nya belum digital tapi saya lebih suka dengan tombol putar berukuran besar karena saat menyetir lebih mudah dioperasikan dengan tangan tanpa perlu melihat.

Secara umum, saya cukup puas dengan Mitsubishi Xpander Ultimate ini. Bukan yang tercepat maupun yang teririt tapi lebih dari cukup memenuhi kebutuhan kami sebagai mobil keluarga yang nyaman dan dapat diandalkan dalam berbagai kondisi.

Sejauh ini hanya ada tiga hal yang perlu ditingkatkan. AC-nya perlu waktu lama untuk mendinginkan kabin dan sorotan lampunya kurang terang saat malam hari apalagi saat hujan. Tampilan kamera mundur di layar monitor saat siang hari cenderung overexposure. Saya tertarik dengan lampu depan LED dan tambahan sensor parkir pada Xpander versi facelift yang baru diluncurkan tahun lalu.

Apakah review ini berguna untuk Anda? Ya Tidak
Dapatkan promo eksklusif, diskon & kredit bunga rendah dari dealer resmi Lihat Promo

Ceritakan tentang desain, kenyamanan, dan fitur keselamatan kendaraan Anda. Bantu teman Anda membuat keputusan yang tepat.

Tulis Review
Tulis Review
Punya pertanyaan tentang Xpander?

Tanyakan pada sesama pengguna Xpander atau tim ahli Oto kami

Informasi Personal*
+62 -
Klik gambar untuk memuat ulang
Login/Daftar
Hanya nama Anda yang akan ditampilkan. Email dan nomor HP tidak akan ditampilkan
Terima kasih telah bertanya pertanyaan
Pertanyaan Anda menjadi masukan yang berguna bagi kami

Jutaan orang akan sangat terbantu memilih mobil berkat kontribusi Anda

Review Pengguna Mitsubishi Xpander Lainnya

4.7
Berdasarkan 111 Ulasan
  • 5 98
  • 4 8
  • 3 7
  • 2 0
  • 1 4
Ceritakan kisah mobil Anda

Review Anda akan membantu orang lain memilih

Tulis Review
Review populer
  • Semua(111)
  • Fitur(80)
  • Specs(50)
  • Performa(46)
  • Dimensi(26)
  • Mesin(28)
  • Suspensi(18)
  • Transmisi(13)
  • Ban(46)
  • Lainnya...
    Pilih Kategori
    ×
  • A
    Arief Arafah 05 Okt, 2021 untuk Mitsubishi Xpander (2017-2019)

    Awal mei ketika pertama kali saya menggunakan mobil xpander sport, walau mobil bekas 2018 tp tidak mengurangi rasa nyaman berkendara dgn xpander, mobil keluarga yg irit bensin dan sangat lega membuat anak sangat senang bermain di dalam mobil, suspensi yg baik saat bermanuver membuat kendaraan sangat nyaman ketika berkendara. Dengan desain mobil kekinian cocok untuk smua kalangan. Yuk tggu apa Baca Selengkapnya

  • H
    Henry Erman 04 Jul, 2021 untuk Mitsubishi Xpander (2017-2019)

    Suka dengan designya, kalau bawa mobil ini meningkatkan pede, meskipun masuk LMPV tapi modelnya kelihatan mahal dan bergengsi. Built Quality dan berkendara yang nyaman dan lebih dibandingkan dengan kompetitor sekelas.Gak usah didandani macam2x juga sudah cakep. Thank Mitsubishi for providing me this car. Baca Selengkapnya

  • d
    Dul Mufid 15 Jun, 2021 untuk Mitsubishi Xpander (2017-2019)

    Kami Sekeluarga sangat berterima kasih pada produsen mobil mitsubishi karena telah memberikan kepuasan kepada masyarakat yg selama ini mendabakan mobil keluarga yang benar-benar memberikan kenyamanan dalam berkendara baik untuk dalam kota maupun buat luar kota dengan harga yang sangat kompetitif Baca Selengkapnya

  • B
    Baskoro 03 Jun, 2021 untuk Mitsubishi Xpander

    Setelah menempuh kurang lebih 22.000km selama 16 bulan penilaian saya untuk xpander Sebagai mobil harian commuter di jakarta kurang lebih 40 km setiap hari saat jam pergi dan pulang kantor 1. Konsumsi bbm irit rata-rata 13-15km/liter kombinasi tol dan non-tol 2. Peredaman suara baik 3. Posisi duduk ergonomis, berkat teleskopik sehingga setir bisa diatur maju mundur. 4. AC mumpuni untuk Baca Selengkapnya

  • T
    Tofik Hidayat 03 Mei, 2021 untuk Mitsubishi Xpander

    Saya pengguna keduanya, lebih memilih Xpander setelah merasakan kenyamanan, lembutnya suspensi, handling, kelegaan, kekedapan, dan power. New Terios/Rush suka dgn modelnya saja Baca Selengkapnya

  • A
    Arbino Berry Ocktora 04 Feb, 2021 untuk Mitsubishi Xpander

    Entah knp sy suka sekali dengan mobil Mitsubishi. Selain kokoh & Tangguh, setiap kendaraan memiliki nilai minus & plusnya. Tp klo untuk Saya pribadi, tipe anak muda. Sangat suka dengan Mitsubishi. Selain tangguh & kokoh, Mitsubishi memiliki kelebihan tersendiri. " Buat pribadi sy" Mitsubishi tipe kendaraan jenis yg tidak cengeng.. sekalipun di jalan yg penuh dengan rintangan. Apa lg di Baca Selengkapnya

  • B
    Boy Erdi Juferdi 21 Jan, 2021 untuk Mitsubishi Xpander (2017-2019)

    Kesempurnaan dari desain, performa, kenyamanan, dan keselamatan memberikan kesan percaya diri serta aman saat berkendara. Dan dari konsumsi bahan bakar yang masuk kategori irit memberikan keinginan untuk berkendara terus menerus dengan mobil low mpv yang istimewa ini. Baca Selengkapnya

  • F
    Frenky 02 Jan, 2021 untuk Mitsubishi Xpander

    Mobil xpander memang mobil no 1 d kelasny sangat nyaman pas bawak mobil expander mau dekat mau jauh pokokny sangat nyaman Baca Selengkapnya

  • D
    Damaredi Pambudi 29 Des, 2020 untuk Mitsubishi Xpander (2017-2019)

    Mitsubishi. Mendengar merek itu orang berasumsi mobil yang hebat. Hal ini diyakinkan dengan ketangguhan berbagai jenis mobil produksi Mitsubishi telah terbukti. Salah satunya jenis L300 yang legendaris. Beberapa tahun terakhir mengeluarkan produk baru, salah satunya Xpander Sport. Kami telah membuktikan mobil baru ini sangat elegan, sporty, gagah, dan sangat nyaman dikendarai. Kami membuktikan dengan melakukan perjalanan jarak jauh Semarang - Baca Selengkapnya

Bandingkan Varian Mitsubishi Xpander

  • Petrol
  • GLS M/T
    Rp 234,46 Juta
    • 7 Kursi
    • 1499 cc
    • 104 hp
    DP(mulai dari) Rp 14,2 Juta
    MA Rp 20,44 Juta
  • Exceed M/T
    Rp 242,79 Juta
    • 7 Kursi
    • 1499 cc
    • 104 hp
    DP(mulai dari) Rp 14,96 Juta
    MA Rp 6,06 Juta
  • GLS A/T
    Rp 245,26 Juta
    • 7 Kursi
    • 1499 cc
    • 104 hp
    DP(mulai dari) Rp 15,34 Juta
    MA Rp 6,12 Juta
  • Exceed A/T
    Rp 253,33 Juta
    • 7 Kursi
    • 1499 cc
    • 104 hp
    DP(mulai dari) Rp 16,55 Juta
    MA Rp 6,31 Juta
  • Sport M/T
    Rp 261,05 Juta
    • 7 Kursi
    • 1499 cc
    • 104 hp
    DP(mulai dari) Rp 18,25 Juta
    MA Rp 6,74 Juta
  • Black Edition MT
    Rp 269,93 Juta
    • 7 Kursi
    • 1499 cc
    • 104 hp
    DP(mulai dari) Rp 18,08 Juta
    MA Rp 6,71 Juta
  • Sport A/T
    Rp 270,94 Juta
    • 7 Kursi
    • 1499 cc
    • 104 hp
    DP(mulai dari) Rp 16,75 Juta
    MA Rp 6,5 Juta
  • Ultimate A/T
    Rp 274,82 Juta
    • 7 Kursi
    • 1499 cc
    • 104 hp
    DP(mulai dari) Rp 17,84 Juta
    MA Rp 6,83 Juta
  • Black Edition AT
    Rp 269,93 Juta
    • 7 Kursi
    • 1499 cc
    • 104 hp
    DP(mulai dari) Rp 18,57 Juta
    MA Rp 6,94 Juta

Pilihan Alternatif Mitsubishi Xpander

Pilihan Mobil Bekas

Artikel Feature Mobil

Video Mitsubishi Xpander

Lihat video terbaru Mitsubishi Xpander untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Temukan Mobil Alternative Lainnya

  • MPV
  • 7 Kursi
  • 1000 cc to 2000 cc

Mobil Mitsubishi Pilihan

Modifikasi Mobil

Pencarian Cepat untuk Mitsubishi Xpander