Yamaha MT-15 Limited Edition Meluncur dengan Tampilan Menor

Yamaha MT-15 Limited Edition Meluncur dengan Tampilan Menor
Gambar
Review Pengguna

Yamaha Thailand merilis MT-15 Limited Edition di Bangkok International Motor Show (BIMS) 2020. Edisi spesial ini menyodorkan warna baru yang lebih berani, yakni Tosca Metallic dipadukan hitam pekat dengan pelek berkelir kuning fluo. Selain cat anyar, tidak ada perbedaan lagi dengan versi reguler.

MT-15 keluaran baru ini punya warna lumayan kontras dibanding yang lain. Pasalnya kelir sebelumnya mencerminkan naked bike dengan cat serbagelap seperti matte grey, matte blue, black metallic dan racing blue. Sesuai dengan tagline yang diusung, ‘Born Of Darkness’. Namun pemilihan warna Tosca Metallic mengaburkan jargon itu.

Yamaha MT-15 Limited Edition Tosca Metallic

Skema warna Tosca Metallic terlihat di bagian cover headlamp, sepatbor depan, shroud, sisi tangki, dan bodi belakang. Sementara bagian tengah penampung bahan bakar dan pelek berukuran 17 inicinya diberikan warna kuning yang eye catching. Tak lupa juga lambang MT series di shroudnya yang cukup kontras. Ditambah upside down berwarna emas. Perpaduan kelir itu disesuiakan dengan minat masyarakat Thailand yang suka warna cerah.

Untuk spesifikasinya tidak ada perubahan, masih sama dengan versi reguler. Tetap mengadopsi lampu berteknologi Projector LED pada headlamp, diklaim mampu menghasilkan cahaya lebih terang dan fokus. Spidometer full digital dengan tone warna negative juga membuat tampil modern. Apalagi disisipkan shift timing light, untuk memberi tahu pengemudi kapan harus melakukan perpindahan gigi. Sangat membantu meraih performa berkendara yang optimal.

Baca juga: Adu Performa dan Fitur BMW F 900 R VS MT-09 dan Z900, Siapa Paling Unggul?

Menggunakan setang lebar yang cocok untuk melintasi daerah urban atau perkotaan. Dipakai buat turing jarak jauh juga masih nyaman. Sisi kanan setang diberi tombol big bike switch. Berfungsi sebagai pengoperasian motor (cut off/ on) dan starter engine. Ini menciptakan kesan motor macho yang kuat pada MT-15.

Walau penggunaan warna cerah, bodi MT-15 tetap terlihat kokoh. Masih mengedepankan konsep naked bike dengan garis tegas dengan detail sudut yang tajam. Terutama pada area tangki serta air shroud, membuat tampilannya makin sporty. Bagian ekor belakang pun sama. Mendapat sentuhan lebih padat dengan model jok menyatu dan lebih panjang.Tatanan ini menciptakan ruang posisi duduk yang lebih luas. Baik bagi si pengendara maupun penumpang.

MT-15 Tosca Metallic Limited Edition Thailand

Suspensi belakang menggunakan tipe mono shock demi menciptakan pengendaraan yang stabil. Lalu penggunaan LED pada lampu belakang, turut menambah nilai sporty, selain dibilang lebih awet dan efisien.

Rasa berkendara yang lebih stabil pun tetap diperoleh, berkat pengaplikasian rangka tipe deltabox. Komponen ini juga memberikan handling yang stabil di kecepatan tinggi. Ditambah dengan penggunaan banana arm yang terbuat dari bahan alumunium. Selain menambah kesan sporty, ia punya bobot lebih ringan.

Ditambah dengan pelek depan lebar ukuran 2,75 inci dengan lingkar 17 inci dibungkus ban 110/70. Belakang 3 inci dengan diameter sama, yang berbalut ban 140/70. Motor jadi lebih stabil dan bisa dibilang paling lebar dikelasnya

Yamaha MT-15 dibekali jantung pacu berkubikasi 155 cc 4-katup. Ia mampu menyemburkan tenaga sebesar 19 PS pada 10.000 rpm dan menghasilkan torsi sebesar 14,7 Nm pada 8.500 rpm. Daya lalu disalurkan melalui transmisi enam percepatan. Lebih mantap dengan Variable Valve Actuation (VVA), yang menjadikan torsi merata di setiap putaran mesin.

Yamaha MT-15 Limited Edition

Motor ini telah dilengkapi dengan liquid cooled (berpendingin cairan) yang mampu menjaga suhu motor tetap stabil. Kelebihan lain yang ditanamkan pada mesin MT-15 adalah fitur assist. Konon ini yang membuat kopling menjadi ringan.

Pabrikan juga membenamkan slipper clutch, yang memperhalus proses perpindahan gigi. Jadi pengendara bisa berakselerasi lebih tangkas. Terakhir, isnisyur Yamaha turut mengaplikasikan teknologi DiAsil cylinder & forged piston. Menurut Yamaha, formulasi inilah yang membuat mesin motor menjadi tiga kali lebih awet, kuat dan ringan.

Di Thailand, Yamaha MT-15 Limited Edition ini dijual seharga 98.500 Baht, atau setara dengan Rp 45,6 juta (Kurs 1 Baht = Rp 463,54). Sebagai informasi tambahan, Yamaha MT-15 yang dijual di Indonesia merupakan rakitan pabrik Yamaha di Pulo Gadung, Jakarta Timur. Sementara Thailand, punya otoritas untuk merakit MT-15 sendiri. Meski begitu, tidak ada perbedaan mengenai spesifikasinya, hanya warna saja. (Bgx/Tom)

Sumber : Great Biker

Baca juga: Yamaha Thailand Rilis WR155R di Bangkok International Motor Show 2020

Jelajahi Yamaha MT-15

Yamaha MT-15 Rp 36,93 Juta Cicilan : Rp 842.611

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store