Pahami 10 Keunggulan Yamaha MT-15

Gambar
Review Pengguna

Pertama kali muncul, Yamaha MT-15 pernah dikabarkan menjadi pengganti Xabre. Ternyata tidak, ia justru menemani Xabre untuk pasar Indonesia. Keduanya sama-sama punya gaya street fighter. Dia malah melengkapi keluarga MT series yang ada. Di Indonesia, ia berjajar bersama MT-25, MT-09 dan MT-09 Tracer yang duluan ada.

Buat melukiskan MT-15, Yamaha memberikan tagline “Born of Darkness”. Diterjemahkan atas gaya berkendara masa kini yang divisualisasikan melalui desain agresif. Didukung fitur terbaru serta optimalisasi mesin yang lebih bertenaga. Desainnya mengusung tampilan agresif khas klan MT, dibekali juga dengan karakteristik modern dan fungsional.

Selain kapasitas mesin 155 cc yang cocok buat harian, ia pun memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki pesaingnya. Di Indonesia, ia bersaing dengan Honda CB150 Streetfire dan Suzuki GSX-S150 dan GSX 150 Bandit. Lantas, apa saja keunggulan MT-15 dibanding rivalnya?

1. Desain

Yamaha MT-15 front

Tampilannya hampir sama dengan Yamaha MT-09 terbaru. Hanya saja, dimensinya disesuaikan untuk motor kelas 150 cc. Bentuk depan, samping dan belakang sangat proporsional. Khusus bagian wajah, banyak yang menilai unik. Paling beda dibanding para pesaingnya. Di kelasnya, justru itu membuatnya terlihat lebih sangar dan agresif.

Karena mengusung gaya street fighter, bodi bagian depan lebih padat. Sesuai dengan MT series, banyak ditemukan garis tegas dengan detil sudut tajam. Tangki yang dibalut cover itu sedikit melebar dan disejajarkan dengan air shroud. Efeknya, bodi depannya menjadi paling lebar di antara kompetitornya. Pakai desain jok menyatu, tapi dimensinya lebih pendek dibanding musuhnya. Itulah yang membuat ia berbeda. MT-15 lebih mengedepankan posisi duduk pengendara yang agresif.

2. Mesin

Dibekali 155cc SOHC 4-katup dengan 6-percepatan yang punya tenaga maksimal paling besar, 19,3 hp di 10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm di putaran mesin 8.500 rpm. Lawannya, Honda CB150 Streetfire punya daya maksimal 16,8 hp di 9.000 rpm, Suzuki GSX-S150 dan Bandit 19,1 hp di 10.500 rpm. Perbedaaan paling kentara ada di teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Teknologi itu menghasilkan torsi merata di berbagai rentang putaran mesin.

3. Assist dan Sliper Clutch

Membuat tuas kopling MT-15 menjadi lebih ringan. Sangat bermanfaat saat berkendara di jalanan yang macet. Selain itu, kita tidak perlu khawatir roda belakang mengunci, walaupun kita menurunkan gear saat mesin sedang berada dalam putaran tinggi. Para pesaingnya belum ada yang menggunakan fitur ini.

4. Suspensi Up Side Down

Berkat suspensi up side down yang dipakainya, mampu mendongkrak kesan padat nan modern. Tak salah jika ia layak menyandang gelar motor sport naked 150cc tergagah. Sedangkan dari segi fungsi, jelas memiliki performa yang lebih baik ketimbang suspensi biasa. Apalagi disandingkan dengan tampilan batok lampu yang sangar. Diameter dan warnanya tidak umum seperti pesaingnya.

5. Speedometer Full Digital Negatif

Umumnya speedometer pakai background terang dan angkanya gelap. MT-15 justru terbalik, ia mengusung angka terang dengan latar gelap (negatif). Lebih terlihat jelas saat berkendara siang maupun malam. Teknologi ini juga diterapkan oleh Suzuki GSX-S150.

6. Shift Timing Light indicator

Lagi-lagi MT-15 berbeda dari para penantangnya. Ia sudah punya fitur Shift Timing Light indicator. Fitur itu membantu pengendaranya untuk melakukan perpindahan gigi di waktu yang tepat. Catatan kami, selain MT, hanya GSX-S150 yang punya fitur ini.

7. Lampu full LED, dan Projector Lead Headlight

Ada dua position light LED yang menyerupai mata, serta satu lampu utama menyerupai mulut. Pencahayaan utamanya sudah pakai teknologi Projector, lebih terang dan fokus. Lawannya hanya mengandalkan lampu LED, belum ada yang pakai Projector.

8. Rangka Deltabox dan Swingarm Aluminum

Hanya MT-15 yang menggunakan rangka tipe deltabox di kelasnya. Skema sasis ini memberikan handling yang stabil di kecepatan tinggi. Sementara musuh-musuhnya, mengandalkan rangka jenis teralis atau truss frame. Bobotnya lebih ringan dan lentur dibanding deltabox.

MT-15 menggunakan banana arm yang terbuat dari bahan alumunium. Selain menambah kesan sporty, ia punya bobot lebih ringan. Para pesaingnya masih menggunakan lengan ayun besi.

9. Big Bike Switch

Paling beda dari naked bike lain, karena ada big bike switch, untuk sistem pengoperasian motor. Tombol starter menyatu dengan engine cut off. Bukan ditekan, melainkan didorong ke bawah. Memberikan kesan moge look yang kental. Lawannya masih pakai tombol starter dan engine cut off terpisah.

10. Pelek dan Ban Lebar

Gunakan pelek depan lebar ukuran 2,75 inci dengan lingkar 17 inci dibungkus ban 110/70. Belakang 4 inci dengan diameter sama, yang berbalut ban 140/70. Motor jadi lebih stabil dan bisa dibilang paling lebar. (Bgx/Van)

Baca Juga: Mengenal Lini Lengkap Honda CBR di Indonesia

Jelajahi Yamaha MT-15

Yamaha MT-15 Rp 36,93 Juta Cicilan : Rp 842.611

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store