• Wishlist

Tilik Persamaan Yamaha MT-15 dan R15, Ternyata Banyak!

Tilik Persamaan Yamaha MT-15 dan R15, Ternyata Banyak!

Tak sedikit yang membandingkan Yamaha MT-15 dengan Yamaha R15. Meski sekilas pandang beda tampilan, tapi tak dipungkiri cukup banyak persamaan dari keduanya. Ini wajar, mengingat R15-lah yang paling dulu mendapatkan pengembangan dari pihak pabrikan. Lantas apa saja yang identik antara MT-15 dan R15?


Ketika diperkenalkan 2017 silam, All New R15 datang dengan penawaran serbabaru. Buka cuma desain tubuh, fitur yang ditanamkan terhadapnya pun berbeda jauh dari R15 lawas. Namun, bukan berarti peruntukannya semata-mata buat keluarga R-Series terkecil. Pemikiran agar perangkat itu bisa dikawinkan dengan produk lain, pasti ada di benak Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Sama halnya perlakuan mereka terhadap produk yang rilis setelah R15.


Contohnya terlihat kala pemegang merek meluncurkan Yamaha MT-15 (2019). Secara penyajian, tampilan ala street fighter begitu menggoda. Sosok kekar dari kuda besi ini pun makin kental nuansa MT-Series bermesin besar. Meski terlepas dari itu, beberapa sematan pada tubuh MT-15 merupakan hasil turunan dari R15.


Yamaha R15


Mesin


Sebagai produk terbaru, sudah seharusnya MT-15 mengedepankan teknologi anyar. Seperti pengaplikasian jantung mekanis. Naked bike satu ini sudah menggunakan mesin baru berkapasitas 155 cc. Sudah dilengkapi pula dengan Variable Valve Actuation (VVA). Adanya selenoid actuator serta intake low cam dan intake high cam, memungkinkan performa enjin MT-15 merata di setiap putaran.


Hal inilah yang diterapkan duluan oleh Yamaha R15. Bahkan, menyangkut kemampuannya pun tak ada beda. Ya, MT-15 juga memiliki daya 19 Hp/10.000 rpm dan torsi maksimal 14,7 Nm di putaran mesin 8.500 rpm. Tersalurkan melalui transmisi 6-percepatan, sama persis dengan si motor fairing. Rasanya ini juga yang menjadi alasan MT-15 juga memakai knalpot kepunyaan R15.


Assist & Slipper Clutch


Dapat dikatakan MT-15 atau R15 siap memberikan tendangan, baik di putaran bawah maupun atas. Oleh karena itu, R15 disusupi Assist & Slipper Clutch (ASC). Selain bertujuan memudahkan aktivitas pergantian transmisi, fitur ini juga berfungsi untuk mengurangi gejala roda terkunci saat pengendaranya menurunkan gigi secara cepat. Lantaran MT-15 punya kemampuan serupa, maka wajar kalau dia pun disisipi perangkat ini.


2019 Yamaha MT-15


Roda


Boleh jadi desain roda MT-15 lebih keren. Desain peleknya kekinian, ditambah kelir yang nyentrik ketimbang R15. Tapi karena ada ASC tadi, ramuan jitu juga mestinya merujuk kepada pemilihan ukuran ban. MT-15 menggunakan size 140/70-17 (belakang), diimbangi ban depan 110/70-17. Namun, khusus karet bundar belakang punya ukuran sama dengan milik R15. Sudah pasti bertujuan supaya 'sepatu' mereka punya tapak lebih luas ke aspal. Dengan begitu, kinerja ASC juga makin optimal.


Perangkat penghenti laju pun serupa. Sama-sama mengandalkan cakram ganda, tanpa ABS. Agak disayangkan, kaki-kaki mencolok dari MT-15 mestinya semakin outstanding jika diselaraskan dengan sematan disc brake model bergelombang (wavy disc).


Yamaha YZF R15 image


Swingarm


Persamaan lain antara MT-15 dan R15 terlihat pada desain swing arm. Saat All New R15 meluncur, inilah salah satu bagian yang diekspos Yamaha Indonesia. Sekilas bentuknya sama (melengkung) dengan R15 lama. Tapi, R15 baru punya wujud lebih kompak. Bagian ini diklaim menunjang penurunan bobot R15 anyar. Namun, tetap kokoh karena terbuat dari material aluminium, sehingga berdampak positif pada kestabilan handling. Dan, lengan ayun ini pula yang kemudian digunakan MT-15.


Suspensi


Berkaitan dengan pengendalian, tentu menyangkut beberapa aspek. Salah satunya sasis deltabox juga dapat Anda temui pada MT-15. Menyoal satu ini memang tak bisa dikatakan meniru R15, meski bentuknya sama. Pasalnya, rangka demikian sudah menjadi andalan pihak garpu tala sejak lama. Termasuk pemasangan suspensi depan upside down (USD). Model suspensi terbalik ini sudah ada di Yamaha Xabre, yang duluan meluncur sebelum MT-15. Diameternya pun serupa 37 mm, baik pada Xabre, R15 dan MT-15.


panel meter MT-15


Panel Meter


Tapi kalau bicara soal panel meter, pasar sepertinya bakal menyukai tampilan MT-15 daripada Xabre. Seluruh indikatornya sama-sama disajikan secara digital. Tapi MT-15 punya penampang lebih besar. Utamanya informasi putaran mesin, kecepatan dan kapasitas bahan bakar. Menggugah pengendara untuk merasakan impresi lebih dari tunggangannya. Belum lagi soal keberadaan gear position, yang tak dapat ditemui pada Xabre. Berikut pula shift timing light, untuk memudahkan Anda dalam penggantian transmisi. Mengenai terapan paling akhir ini, tak dipungkiri mencomot kepunyaan Yamaha R15. (Ano/Odi)


Baca Juga: Fitur Apa Saja yang Semestinya Dipakai Yamaha R15?

Bandingkan & Rekomendasi