Ducati Rilis Tiga Model Baru di Bangkok International Motor Show 2020

Ducati Rilis Tiga Model Baru di Bangkok International Motor Show 2020
Gambar
Review Pengguna

Ducati Thailand rilis tiga big bike premium di Bangkok International Motor Show (BIMS) 2020. Ketiga model anyar dikemas dengan teknologi mutakhir. New Panigale V4, Scrambler 1100 Pro dan Diavel 1260 S. Semua unit tersebut hanya dijual untuk pasar domestik negeri Gajah Putih.

Panigale V4 maupun V4 S terbaru sebetulnya telah diluncurkan secara global pada Oktober 2019. Dia hadir dengan beberapa ubahan dibanding model sebelumnya. Pembaruan paling kentara ada di bagian desain. Ia juga merupakan sportsbike terlaris di dunia selama 2 tahun terakhir berturut-turut. Dirinya berhasil terjual lebih dari 8.000 unit.

Panigale V4

Perubahan di bagian desain ditujukan untuk meningkatkan stabilitas dan aerodinamika yang baik, layaknya motor Ducati yang dipakai di kejuaraan MotoGP. Bisa dilihat dengan pemakaian winglet yang terpasang di fairing depan, mirip dengan yang ada pada V4 R. Komponen itu diklaim menawarkan downforce hingga 30 kg pada 270 km/jam. Tentu itu erat kaitannya dengan stabilitas motor dalam kecepatan tinggi. Selain itu, fairing lebih lebar dengan ventilasi samping yang lebih efisien mengalirkan udara ke mesin.

Windshield yang terpasang juga kini lebih tinggi, namun dengan sudut kemiringan yang lebih tajam. Untuk masing-masing sisi, ada penambahan lebar, lebih kurang 38 mm. Itu dimaksudkan untuk mengurangi airflow yang mengenai pengendara, serta meningkatkan grip yang lebih bagus. Paket elektronik juga telah dioptimalkan untuk meningkatkan kepercayaan diri pengendaranya.

Ia ditenagai oleh mesin Desmosedici Stradale 1.103 cc liquid-cooled, L-twin silinder yang merupakan turunan dari mesin 90° V4 dari MotoGP. Ducati mengklaim mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 214 hp pada 13.000 rpm dan torsi 123.5 Nm di putaran 10.000 rpm. Jantung mekanis Desmosedici Stradale V4 dikawinkan dengan transmisi enam percepatan.

Baca juga: Begini Cara Ducati Membangun Superleggera V4 dalam 6 Menit

Untuk fiturnya dibekali Ducati Traction Control (DTC) EVO 2, ABS Cornering EVO, Ducati Slide Control (DSC), Ducati Wheelie Control (DWC) EVO, Ducati Quick Shift up/down (DQS) EVO 2, Engine Brake Control (EBC) EVO, dan Ducati Power Launch (DPL). Ducati Panigale V4 dibanderol sekitar 990.000 bath atau setara Rp 464 jutaan dan sudah tersedia di diler lokal sejak 14 Juli.

Scrambler

Produk selanjutnya yang melantai bersama Panigale V4 ada Scrambler 1100 Pro dan 1100 Sport Pro. Kedua unit bergaya retro ini hadir dengan sejumlah pembaharuan. Utamanya menawarkan performa mesin yang lebih baik dibanding versi Scrambler 1100 biasa. Serta tambahan perangkat elektornik untuk menjamin keamanan.

Dua Scrambler ini pun memiliki warna two-tone baru yang disebut Ocean Drive. Scrambler 1100 Pro dengan skema warna silver dan sedikit list kuning di bagian atas tangki. Sementara 1100 Sport Pro hadir dengan kombinasi serbahitam dipadu dengan jok berkelir cokelat. Perbedaaan lain dari keduanya yaitu versi tertinggi memakai suspensi upside down berwarna emas dan setang lebih rendah, Lengkap dengan spion model tanduk di tiap sisi. Mencerminkan gaya cafe racer.

Sama seperti varian Scrambler lain, ia menggunakan rangka baja teralis dan subframe aluminium belakang berwarna hitam. Tapi desain knalpot kembarnya berbeda dengan tipe lainnya. Bentuk spatbor belakang juga lebih rapi. Tak lupa, logo X pada lampu depan untuk menguatkan kesan retro seperti motor penggaruk tanah era 70-an.

Keduanya menggendong mesin konfigurasi V-Twin berkapasitas 1.079 cc dengan pendingin udara. Berkat mesin tersebut, tenaga maksimum yang mampu dihasilkan sebesar 86 Hp pada 7.500 rpm dan torsi puncak 88 Nm di kitiran 4.750 rpm.

Scrambler ini dilengkapi dengan Ducati Traction Control (DTC), ABS Cornering, tiga mode berkendara standar berupa Active, Journey, dan City. Mode berkendaranya bisa membantu untuk menemukan stabilitas yang tepat dan memilih sesuai gaya berkendara. Demi menunjang perjalanan jauh, motor ini dibekali kapasitas tangki bahan bakar sebanyak 15 liter.

Sektor pengeremannya menggunakan Brembo dengan kaliper radial-mount Monobloc M4.32 empat piston serta cakram berukuran 320 mm di depan. Dari segi dimensi, motor ini memiliki bobot basah seberat 206 kg. Sementara itu, tinggi joknya 810 mm. Ducati Scrambler 1100 Pro dijual dengan harga sekitar 579.000 baht atau setara Rp 270 jutaan dan Scrambler 1100 Sport Pro seharga 659.000 baht atau Rp 306 jutaan.

Diavel

Selain Panigale V4 dan Scrambler Scrambler 1100 Pro dan 1100 Sport Pro, ada juga Ducati Diavel 1260 S yang hadir dengan skema warna anyar. Kombinasi kelir merah dan putihnya menemani dua warna sebelumnya, hitam dan silver. Setelah diluncurkan secara global, produk inipun pernah meraih penghargaan dari “Red Dot Design Award 2019” sebagai Best of The Best dari 5.500 produk yang dinilai oleh 40 juri.

Jantung pacunya dikalim paling canggih di kelas motor penjelajah. Menggendong mesin Testastretta L-twin, 1.260cc DVT (Desmodromic Variable Timing). Ia mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 156 Hp dan torsi maksimalnya menyentuh 129 Nm.

Ducati Diavel 1260 S dibekali fitur tambahan baru, seperti suspensi elektrik dari Ohlins yang dapat diatur tingkat kekerasannya, di depan maupun belakang. Kemudian, pemakaian Ducati Quick Shift EVO ke atas dan ke bawah, bi-directional, kaliper rem monoblock Brembo. Terdapat pula fitur keselamatan, seperti pengendalian titik sumbu IMU (Internatial Measurement Unit) enam titik dengan pengereman ABS, tiga mode berkendara, kontrol wheelie delapan tahap, sistem Ducati Power Launch, sistem pengereman ABS (anti-lock braking system), kontrol traksi delapan tahap, dan layar TFT 3,5 inci.

Pihak pabrikan juga melakukan ubahan pada bentuk rangka. Jadi berbeda dengan model sebelumnya. Motor ini mendapatkan revisi pada geometri kemudi dan memakai swing arm model terbaru. Selain itu, guna mengakomodasi mesin baru yang diusung, Ducati juga melakukan perubahan letak radiator. Tepatnya di bawah headlamp lantaran mesinnya mundur 60 mm. Menyoal harga, Ducati Diavel 1260 S dilego 999.000 bath atau setara Rp 464 jutaan. (Bgx/Tom)

Sumber : Just Ride It

Baca juga: Pembalap MotoGP Takjub dengan Performa Ducati Panigale V2

Jelajahi Ducati Panigale V4

Ducati Panigale V4 Rp 799 Juta Cicilan : Rp 18,23 Juta
      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store