Yamaha R15 2017

Mulai Dari Rp 31,3 juta*
* Harga On The Road (OTR)
Dapatkan Promo FEBRUARI
0 Shares
Gambar Yamaha R15 2017
  • Warna

Harga Yamaha R15 2017

Lihat Di Bawah Ini - Daftar Varian

Iklan

Video Yamaha R15 2017

Kami Pilihkan video terbaik dari Youtube dan Web - Lihat Semua Video
Subscribe Now!

Pilihan Warna R15 2017

  • Biru

  • Matte-Red

  • Matte-black

Review Yamaha R15 2017

Pada Senin (23/1), media-media otomotif di Indonesia mendapat kesempatan bertemu pertama kalinya dengan produk baru dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Adalah R15 generasi kedua, yang merupakan penerus generasi pertama yang meluncur pertama kali pada Juni 2014.

Spesies ini mendapat banyak penyegaran, banyak perubahan, banyak peningkatan yang membuatnya semakin bernilai di kelasnya. Kami pun mendapat kesempatan mengulik lebih dalam serta menjajalnya langsung di sirkuit Sentul, Jawa Barat. Berikut impresi kami

Desain

Umumnya, motor di kelas ini memiliki bodi yang ramping dan terlihat berdesain tidak lebih keren dari kakaknya yang bermesin 250 cc. R15 sebelumnya seperti itu. Ia seolah versi ‘murah’ R25. Namun tak demikian dengan Yamaha All New R15. Ia menggunakan tampilan yang mengusung desain super sport dengan DNA R-Series yang kental.

Desain bodi yang meruncing dan tajam mengesankan aura balap yang khas. Guratan kokoh dan keren juga tersirat dari aplikasi rangka Delta Box serta suspensi depan up side down. Belum lagi kesan agresif, yang mudah terlihat dari spakbor belakang yang atraktif. Keren? Coba lihat buntutnya, seolah menggunakan dua lapis bodi.

Kesan ‘menyilaukan’ mata pun, datang dari lampu sipit berbasis LED di bagian depan serta lampu belakang khas racing yang mungil, juga dengan LED. Membuat orang-orang di jalan akan menoleh dan menyangka itu adalah motor sport berkapasitas mesin besar nan mahal dengan lampu-lampu canggih . Entah dari mana nyali mendesain rancangan seperti ini datang ke benak insinyur Yamaha Indonesia. Namun kami sepakat menyebutnya tak layak jika disebut motor sport kompak fairing. Justru lebih layak disebut Mini Super Sport. Well, Yamaha memang menyebutnya dengan Baby R6, jadi jika tampilannya lebih keren dari R25, itu wajar bro.

Fitur

Bahkan kami menyebutnya sungguh tak cocok. Ya, ada fitur-fitur yang memang tak sepantasnya ada di motor ini. Namun bukan dalam artian negatif, katakanlah peranti yang ada jadi tak berfungsi. Melainkan tak cocok lantaran jika fitur ini ada di motor seperti itu, lalu kakak-kakaknya akan ketinggalan zaman.

Kami bedah ketidakcocokan fitur ini dalam kompartemen yang sejenis. Pertama, di segi fitur kenyamanan. Layar panel instrumennya, kini sudah menggunakan panel LCD utuh. Tak ada lagi jarum analog yang berputar untuk menunjukkan putaran mesin seperti gen 1. Panel digital ini berisi seluruh informasi yang bisa tercatat oleh komputer.

Tak kurang dari 20 informasi yang kami catat tersaji di panel. Berikut adalah datanya, putaran mesin (RPM), kecepatan (KPJ), odometer (KM), tripmeter (KM) average kecepatan rata-rata (KPH), konsumsi bahan bakar rata-rata (KPL), konsumsi bahan bakar instan (KPL), jam, setting mode, fuel trip motor, self diagnostic, water temperatur, neutral indicator, check engine, gear position, VVA activation indicator, turn indicator, high beam indicator, identitas dan shift timing indicator.

Parameter terakhir memang agak tak lazim didengar pada motor di kelasnya. Maklum saja, Yamaha Indonesia mengadopsi fitur ini dari R6, yang notabene jauh lebih tinggi. Fitur ini bisa memberikan panduan kapan perpindahan gigi harus dilakukan lewat kedipan lampu yang pancarannya mudah terlihat. Pengguna bahkan bisa menyesuaikan di putaran berapa nyala lampu ini muncul agar sesuai dengan gaya berkendaranya.

Kompartemen mesin pun mendapat fitur yang lagi-lagi tak cocok ada di kelasnya. Sebab jika ini ada, maka pesaingnya harus khawatir. Adalah teknologi VVA atau Variable Valve Actuation. Fitur yang memberikan dua level asupan udara berbeda ini, memungkinkan mesin bisa mendapat pasokan bahan bakar optimal pada putaran tinggi dan tetap hemat di putaran rendah.

Ketika kami mencobanya, fitur ini membuat motor menjadi sangat fungsional. Saat berjalan dengan putaran mesin rendah, grafik peningkatan tenaga pun terasa cukup lambat. Hal ini bermanfaat untuk menjaga efisiensi saat Anda melaju di perkotaan dengan kondisi stop and go.

Namun, begitu membutuhkan tenaga maksimal, maka tinggal pelintir saja tuas gas ke putaran 7.000 rpm, katup langsung menyesuaikan dan ditunjukkan dengan munculnya aksara VVA di bawah tachometer. Yang artinya, klep intake dengan bukaan lebih besar sedang berfungsi dan asupan mixture bahan bakar serta udara yang lebih banyak disemburkan ke ruang bakar. Tenaga pun melontar lebih banyak dan akselerasi lebih cepat menyambut.

Penguji yang bobotnya lebih dari 100 kg saja, ternyata masih sanggup dilajukan Yamaha All New R15 ke kecepatan 135 kpj di trek lurus Sentul. Bukan perkara memang mencipta akselerasi di lintasan balap ke kecepatan seperti itu. Namun dengan bobot rider yang harus ditopang, kecepatan ini terasa sangat mudah diraih.

Tapi bukan cuma peningkatan fitur saja yang membuat akselerasinya kian mudah. Tenaga mesin juga tercatat mengalami kenaikan menjadi 19,3 daya kuda. Unit 1-silinder SOHC kini memiliki mesin baru berkapasitas 155 cc.

Transmisinya pun kini sudah dilengkapi assist & slipper clutch. Ini adalah salah satu fitur yang kami rasa ‘tak cocok’ ada di motor ini. Hey, ingat, ini motor yang harganya akan dijual di kisaran 30 jutaan. Namun seolah ingin menjawab kebutuhan konsumennya, Yamaha tak main-main membenamkan kecanggihan pada R15.

Hadirnya slipper clutch pun membuat perpindahan gigi terasa sangat mudah. Kopling makin ringan diremas dan perpindahannya sangat halus, yang membuat grafik peningkatan tenaga terjaga.

Handling, adalah salah satu faktor yang sangat diperhatikan Yamaha Indonesia. Untuk R15, pada fork depan diberikan suspensi up side down yang notabene memang menyajikan pengendalian yang lebih rigid dan stabil saat bermanuver di kecepatan tinggi. Melahap tikungan S kecil di Sentul bukan perkara sulit ketika menunggangi Yamaha All New R15.

Tapi, biasanya ada konsekuensi dari penggunaan supensi jenis ini. Redaman yang lebih keras, umumnya memberikan performa tak maksimal saat bertemu jalan rusak. Sayang kami belum sempat menjajalnya lebih jauh, lantaran tak ada medium jalan seperti itu di sirkuit kebanggaan masyarakat Indonesia itu.

Kesimpulan

Kehadiran Yamaha All New R15 bakal menjadi suatu hal yang tak baik bagi para kompetitornya. Mau bagaimana lagi, berbagai fitur dan teknologi yang belum bisa disajikan oleh Honda maupun Suzuki, kini ada di motor produksi Yamaha.

Sayangnya, hingga review ini diturunkan, PT YIMM belum berniat merilis harganya. Maklumlah, motor ini belum masuk jalur produksi massal. Yamaha Indonesia kemarin hanya memperkenalkannya pada media secara khusus dalam rangka memanfaatkan momen kedatangan Valentino Rossi dan Maverick Vinales, pembalap Movistar Yamaha MotoGP ke Indonesia.

Well, paling tidak para kompetitor masih memiliki waktu untuk memberikan diskon habis-habisan pada harga Honda CBR150R dan Suzuki GSX-R150 agar tetap bisa kompetitif menghadapi pesaing yang ‘tak baik’ dari Yamaha.

Berita Yamaha R15 2017

Berita

Ingin Libas Honda CBR150R, Ini Modal Yamaha R15 2017

Dirilis pada | | 743

Bogor: PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), kemarin (24/1) memperkenalkan All New R15. Generasi terbaru motor sport fairing kompak ini, diperkenalkan di awal tahun dengan mengusung banyak perubahan. Meski belum mulai dijual ke publik, namun YIMM yakin berbagai senjata yang diusungnya akan membuatnya lebih kompetitif untuk melibas kompeti...BACA BERITA LEBIH LENGKAP

Maverick Vinales Geber Yamaha R15 di Sentul, Mirip MotoGP!

Dirilis pada | | 942

Pembalap MotoGP, Maverick Vinales, kemarin hadir di sirkuit Sentul menjajal Yamaha All New R15. Pembalap yang baru bergabung dengan tim Movistar Yamaha ini, memilih tinggal di Jakarta ketimbang jalan-jalan seperti rekan setimnya, Valentino Rossi, dan mencoba performa motor yang baru diracik ulang oleh Yamaha Indonesia. Apa pendapatnya? “Aku menikm...BACA BERITA LEBIH LENGKAP

Yamaha Indonesia Perkenalkan All New R15 2017

Dirilis pada | | 2926

Bogor: Yamaha Indonesia akhirnya meluncurkan untuk pertama kali generasi baru dari R15. Tak tanggung-tanggung pembalap Movistar Yamaha Moto GP, Maverick Vinales pun hadir di Sentul hari ini untuk menunjukkan di depan awak jurnalis. "Konsumen segmen sport 150cc pada umumnya menginginkan performa motor yang terbaik. Tetapi juga masih mempertimbangka...BACA BERITA LEBIH LENGKAP