Rayakan Kemerdekaan Indonesia, Honda CBR250RR SP Special Edition Garuda x Samurai Mulai Dipasarkan

Rayakan Kemerdekaan Indonesia, Honda CBR250RR SP Special Edition Garuda x Samurai Mulai Dipasarkan
Gambar
Review Pengguna

Setelah sebelumnya diperkenalkan pada Juli lalu, harga Honda CBR250RR SP Quick Shifter Special Edition Garuda x Samurai dirilis. Banderolnya Rp 77,7 juta (OTR DKI Jakarta). Dengan demikian, lengkap sudah daftar harga lini Honda CBR250RR SP terbaru. Rilis harga ini sekaligus menandai resmi dimulainya pemasaran edisi khusus tersebut.

Sesuai janji PT Astra Honda Motor (AHM) di awal peluncuran, konsepsi varian motor ini memang dituju untuk merayakan kemerdekaan Republik Indonesia ke-75. Karenanya jumlah unit yang disajikan pada konsumen juga dibatasi secarta eksklusif, hanya 75 unit untuk tahap pertama. Tak dijelaskan lebih lanjut berapa jumlah maupun kapan tahap berikutnya akan diadakan. Nampaknya AHM ingin membaca animo konsumen terlebih dahulu.

Honda CBR250RR edisi spesial Garuda x Samurai

Dalam siaran persnya, GM Sales AHM Ignatius Didi Kwok mengatakan, “Honda CBR250RR SP Quick Shifter Special Edition Garuda X Samurai kami produksi terbatas. Untuk tahap awal, kami sesuaikan jumlahnya dengan HUT kemerdekaan RI yang ke-75. Kami berharap pilihan warna dari varian tertinggi dari Honda CBR250RR ini dapat memenuhi ekspektasi konsumen motor sport di Tanah Air akan motor berperforma terbaik dengan fitur terlengkap di kelasnya,” ujar Didi Kwok.

Honda CBR250RR SP Quick Shifter Special Edition Garuda x Samurai hadir dengan desain menarik yang merepresentasikan sejarah serta budaya Indonesia dan Jepang sebagai negara asal brand Honda.

Baca juga: Honda CT125 Meluncur di Indonesia, Beda Rp 2,3 Juta dari Super Cub C125

Pada sisi kiri bodi Honda CBR250RR SP seharga Rp 77,7 juta ini, terdapat ilustrasi burung Garuda yang dikenal sebagai lambang negara Indonesia. Sang Garuda digambarkan penuh wibawa dengan gagah berdetail corak batik yang disusun oleh rantai dan piston berwarna coklat keemasan serta aksen sayap menyerupai lambang Honda.

CBR250RR edisi spesial

Sementara itu, pada sisi kanan bodi motor terdapat ilustrasi tak kalah menarik berupa sosok samurai Jepang dari era Sengoku (Sengoku-Commander). Sosok samurai yang siap menghunus pedang beraksen rantai itu terlihat sangat agresif berhias sproket dan cakram pada jubahnya. Tak lupa, taburan bunga sakura sebagai simbol ikonik Jepang.

Paras dan buritan tak luput dari aksentuasi desain ini. Wajah sang motor supersport diberi miniatur kedua decal tadi yang seolah bertemu pada bagian yang sama. Housing lampu ganda serta bagian buntut turut dihias decal senada.

Pilihan warna Special Edition Garuda x Samurai dari Honda CBR250RR SP Quick Shifter ini diharapkan dapat memberikan kebanggaan lebih melalui perpaduan desain grafis yang menarik dengan fitur, teknologi, serta performa tinggi yang akan didapat konsumen Honda CBR250RR SP Quick Shifter.

Garuda x Samurai

Seperti sudah disebutkan, edisi Garuda x Samurai ini merupakan bagian dari versi Special (SP). Tentu saja beberapa keunggulan varian SP juga diembannya. Quick Shifter (QS) adalah salah satu yang utama. Fitur ini memungkinkan perpindahan gigi yang lebih cepat dan karena tak perlu menarik tuas kopling. Tak cuma itu, QS-nya juga dilengkapi 4 moda pilihan sesuai kebutuhan pengendaraan. Perangkat itu dipandu juga oleh Assist and Slipper Clutch, yang berfungsi membuat pengoperasian kopling lebih ringan serta mereduksi gejala roda belakang terkunci.

Baca juga: Satu Dekade Transmisi Dual Clutch Honda: Kelanjutan Evolusi Lebih Canggih

Motor bercorak garuda ini juga pakai mesin CBR250RR terbaru. Unit 2-silinder anyar ini dorancang dengan konfigurasi untuk menghasilkan tenaga, torsi, dan kecepatan puncak lebih optimal baik untuk jalur perkotaan maupun sirkuit. Outputnya menjadi 40,2 Hp/13.000 rpm dan 25 Nm di putaran mesin 11.000 rpm.

Figur itu meningkat dari CBR250RR biasa yang bertenaga 38,2 Hp/12.500 rpm dan 23,3 Nm/11.000 rpm. Tak cuma itu, rasio kompresinya pun turut dinaikan dari 11,5:1 menjadi 12:1.

Klaim AHM, kuda besinya hanya butuh waktu 8,65 detik untuk mencapai jarak 200m dan mampu mencapai kecepatan tertinggi 172 kpj.

CBR250RR Garuda x Samurai

Tentunya fitur-fitur unggulan khas CBR250RR juga diembannya. Throttle By Wire yang dipakai, jadi disrupsi di kelasnya. Aplikasi fitur ini memungkinkan motor memiliki riding mode selector yang membuat pengendara bisa menentukan karakter motor sesuai situasinya. Baik itu berkendara secara agresif di sirkuit hingga berkomuter di jalanan padat perkotaan.

Ada tiga pilihan mode yaitu Comfort, Sport dan Sport +. Bisa diatur sesuai preferensi pengendara. Tentunya pula CBR250RR SP Quick Shifter Special Edition ini disemati sistem pengereman anti-lock braking system (ABS).

Hadirnya Special Edition berwarna Garuda x Samurai, membuat total pilihan kelir untuk CBR250RR SP Quick Shifter ada tiga selain Bravery Red Black (merah hitam) dan Honda Racing red (merah putih). Semua pilihan kelir punya banderol yang tentunya berbeda, Rp 76,7 juta (merah hitam), Rp 77,3 juta (merah putih, Rp 77,7 juta (Special Edition).

Varian Special Edition Lain

2017 lalu, Honda CBR250RR versi Special Edition juga pernah meluncur. Pendekatannya sama, dengan memberikan aksentuasi beda lewat permainan cat dan decal. Kala itu nama desainnya The Art of Kabuki.

Honda CBR250RR Art of Kabuki

Desain motor supersport Honda, dibuat secara unik. Ada goresan khas yang menggambarkan peta Indonesia. Edisi khusus ini memang untuk merayakan satu tahun New Honda CBR250RR dengan filosofi 'Total Control'.

Tema ikonik Kabuki, diperlihatkan melalui tampilan spesial shock absorber berwarna hitam, frame berwarna merah, rim wheel asimetris ( velg depan berwarna hitam dan belakang putih) dan rear seat cowl putih.

Edisi spesial CBR250RR itu menggambarkan budaya tradisional ‘Kabukimono’ yang berasal dari era Sengoku sekitar akhir abad 15-16 Masehi. Era itu dikenal dengan Samurai yang menjadi ikon pemberani dan tangguh saat mengabdikan dirinya untuk masyarakat. Filosofi budaya Kabukimono, dianggap sejalan dengan semangat CBR250RR. (Van/Tom)

Baca juga: Resmi Dijual di Indonesia, Harga Honda CBR1000RR-R Fireblade Mulai Rp 990 Juta

Jelajahi Honda CBR250RR

Honda CBR250RR Rp 62,4 - Rp 76,85 Juta Cicilan : Rp 1,42 Juta

Bandingkan & Rekomendasi