Pasang Tambahan Quick Shifter Kawasaki Ninja Empat Silinder Hanya Rp 3,5 juta

Pasang Tambahan Quick Shifter Kawasaki Ninja Empat Silinder Hanya Rp 3,5 juta
Gambar
Review Pengguna

Kabar baik bagi Anda pemilik Kawasaki Ninja ZX-25R varian standar. Jika sewaktu-waktu merasa butuh - atau baru menyadari betapa menyenangkannya kinerja quick shifter – Kawasaki kini menjualnya terpisah. Proses aplikasi begitu mudah dan tak menguras waktu, berikut dijual dengan harga Rp 3,5 juta.

"Harganya Rp 3,5 juta sudah set. Tapi hanya untuk part. Kalau pemasangan tergantung kebijakan diler masing-masing. Setelah itu tinggal pasang dan mengaktivasi kartu berkode khusus di diler resmi, langsung bisa berfungsi. Sebab sebetulnya ECU bawaan Ninja sudah compatible dengan quickshifter," papar Morrit, Section Head Spare Part Department Kawasaki Abdul Muis, saat dihubungi lewat sambungan telepon.

Spek ninja 4-silinder

Komponen tambahan terbilang sederhana. Terbagi dalam empat part utama yakni: Sensor, tie rod, beberapa clamp, serta activation card. Tak perlu menyiapkan banyak alat bengkel. Dalam unggahan video di kanal YouTube resmi Kawasaki, hanya kunci 10 dan mikrometer sekrup saja cukup. Rasanya dalam waktu kurang dari satu jam instalasi quick shifter selesai.

Prosesnya juga mudah. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuka sisi kiri fairing supaya tak terhalang. Setelah itu lepaskan tie-rod persneling, serta baut-baut dan kuncian area tuas. Dilanjut pasang sensor quick shifter, diikat kembali dengan baut dan klem. Terakhir, tinggal sambungkan soket dan melakukan instalasi software. Jika indikator di panel instrumen telah menyala, berarti fitur pun langsung dapat dioperasikan.

Baca juga: Filter Udara Ferrox untuk Kawasaki Ninja ZX-25R Siap Sokong Mesin 4-Silinder

Tentu saja sama persis dengan seri SE. Quick shifter bakal aktif selama putaran mesin lewat 2.500 rpm, berikut dalam keadaan masuk gigi. Sementara jenisnya bi-directional, alias dapat dipergunakan saat up shift dan down shift. Perlu diingat, dari netral ke gigi satu tetap perlu menarik tuas kopling.

kqs

Dengan hadirnya komponen ini, otomatis proses perpindahan gear lebih cepat. Tangan pengendara tak disibukkan mencari momentum menarik kopling. Cukup fokus menggenggam handlebar dan mengarahkan motor. Biasanya, bakal makin terasa fungsinya saat masuk-keluar tikungan.

Baca juga: Review tes Kawasaki Ninja ZX-25R di Sentul

Untuk pengingat, girboks manual enam percepatan ZX-25R turut dilengkapi assist dan slipper clutch. Lever kopling semestinya terasa ringan berkat fitur assist tadi. Sementara slipper clutch, memperhalus transisi gear. Dan tak kalah penting, ia meminimalisir risiko ban terkunci di kala down shifting secara agresif dari kecepatan tinggi.

Angka Rp 3,5 juta terbilang ekonomis. Begitu juga bisa menjadi solusi, lantaran ada saja yang merasa tak butuh ABS. Kalau dihitung, varian standar Rp 96 juta OTR Jakarta plus komponen pemindah gigi baru ditotalkan jadi Rp 99,5 juta. Sementara seri SE (Tertinggi), harganya masih lebih mahal sekitar Rp 13,4 jutaan.

KQS ZX-25R

Di samping spare part resmi, aksesori aftermarket khusus Ninja empat piston juga mulai bermunculan. Salah satunya perihal sistem pembuangan. Akrapovic, melalui jaringan penjualan di Indonesia tampak menjadi merek pertama menghadirkan knalpot full system ZX-25R.

Paket berupa header, mid pipe, silencer, clamp, serta exhaust spring clamp dijual mulai Rp 22,5 jutaan. Tentu bukan cuma suara nyaring yang ditawarkan. Catatan output diklaim bakal tereskalasi, sekaligus bobotnya ringkas.

Dalam keadaan standar saja, mesin 249 cc empat silinder segaris DOHC Ninja memproduksi daya besar. Pabrikan mencatat angka 49,3 Hp/15.500 rpm serta tambahan 1 Hp saat ram air bekerja di atas 100 kpj. Sementara torsi 22,9 Nm memuncak pada 14.500 rpm.

Kawasaki Quick Shifter ZX-25R

Jika dipasang Akrapovic full system, tenaga dapat tambahan tenaga sampai 2,4 Hp serta torsi 1,8 Nm. Harusnya cukup terasa untuk motor kelas 250 cc. Belum lagi berat knalpot hanya 4,4 kg, alias selisih 4,5 kg dari model standar. Menarik.

Berikutnya ialah filter udara buatan Ferrox. Mungkin yang satu ini tak berdampak langsung terhadap daya kuda. Hanya saja perannya cukup krusial demi menjaga aliran ke injektor tetap bersih. Mereka mengklaim, saringan udara khusus Ninja dapat menyaring cairan dan partikel hingga 45 mikron. Bingkai penopang juga dibuat kokoh, supaya kontur tak berubah saat ada tekanan udara. Filter ini dijual mulai Rp 675 ribu.

Catatan Spesifikasi

Kawasaki Ninja ZX-25R merupakan salah satu produk revolusioner. Di saat teman sejawat masih bergerilya dengan padanan dapur pacu dua silinder, ia dijejali empat piston. Mengulang kejayaan sport fairing seperempat liter era 90an. Tak hanya itu, serangkai teknologi canggih terkandung di dalam tubuh jagoan baru geng hijau.

Indikator KQS

Dimulai dari Electronic Throttle Valve (ETV). Mekanisme kerjanya mirip throttle-by-wire, memasok jumlah bahan bakar dan udara ke ruang mesin secara elektronik. Karena itu debitnya presisi. Sekaligus bisa memiliki mode berkendara.

ETV turut menjadi komponen krusial pengoperasian Kawasaki Traction Control (KTRC). Terdapat tiga tingkatan kontrol traksi, tinggal disesuaikan kebutuhan. Pun jika merasa tak butuh, dapat dimatikan total.

Lantas dashboard digital analog, menginformasikan semua data yang dibutuhkan. Bukan hanya fundamental. Sampai penghitung konsumsi bahan bakar tertera. Berikut mode-mode berkendara dan traksi diterjemahkan lewat layar terkait. Dan soal kualitas penerangan, tak perlu ditanya lagi. Sebab sudah full LED dari depan ke belakang.

Aspek pengendalian tak kalah heboh dari jantung pacu. Rancang bangun rangka teralis diadopsi langsung dari ZX-10RR – tunggangan tim Kawasaki di ajang World Superbike. Diklaim punya ketangkasan di sirkuit, sekaligus masih relevan dikendarai di dalam kota.

Sementara didukung pula fork upside down Showa 37 mm tipe SFF-BP (Separate Function Fork - Big Piston) untuk pengendalian optimal. Lantas belakangnya, mengenakan horizontal back-link suspension ala sport fairing ukuran besar. Terakhir, deselerasi diprakarsai cakram 310 mm kaliper empat piston dan 220 mm kaliper satu piston di belakang. Khusus varian SE, keduanya terkoneksi sensor ABS dua kanal. (Hlm/Tom)

Sumber: Kawasaki Indonesia

Baca juga: Begini Visualisasi Kawasaki Ninja ZX-25R Versi Naked Bike

Jelajahi Kawasaki Ninja ZX-25R

Kawasaki Ninja ZX-25R Rp 96 - Rp 112,9 Juta Cicilan : Rp 2,19 Juta
      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store