Modifikasi Honda CBR250RR SP Quick Shifter, Optimalisasi Aura Racing

Gambar
Review Pengguna

Dengan konsep aslinya, rasanya tak perlu banyak ubahan untuk menjadikan Honda CBR250RR SP Quick Shifter terlihat makin garang. Toh, sejak dilahirkan, perawakannya sudah sangat agresif. Tengok saja desain tubuh yang dominan tarikan garis tajam nan tegas. Namun, bukan berarti 'haram' untuk dimodifikasi. Terlebih jika hal tersebut dilakukan demi memaksimalkan tampilannya.


Satu contohnya dapat Anda lihat pada sosok CBR250RR SP modifikasi berikut ini. Kala kami bertatap muka dengannya beberapa waktu lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) juga menampilkan versi modifikasinya. Area wajah, tangki bensin serta fairing menjadi sektor paling mencolok, lantaran sudah ketambahan decal. Pihak R Autoworks selaku modifikator menamainya dengan Chameleon stripe berpadu padan kelir merah, putih dan abu-abu. Selaras kala diaplikasikan pada tubuh motor berwarna hitam ini.


Stiker modifikasi Honda CBR250RR SP


Agar serasi, decal pun dibuat mengikuti bentuk tubuh CBR250RR SP Quick Shifter. Satu pemikat pada sisi ini adalah keberadaan logo 'CBR' berwarna putih yang membentang mulai dari tangki bensin, fairing hingga sepatbor depan. Plus diaplikasikan lewat ukuran huruf (font) besar. Tampangnya pun makin sangar lantaran sasis dilabur merah dan senada dengan pemilihan kelir cover jok belakang. Sementara untuk penerangan belakang, dibuat menyatu bodi. Penempatan lampu senja dan rem tidak berubah. Hanya saja di bagian terbawah kini kedapatan lampu sein karena sepatbor bawaan motor sudah ditanggalkan. Sama seperti versi standar, sektor ini juga sudah menggunakan lampu jenis LED.


Terlihat jelas pula bahwa penggunaan warna merah begitu mendominasi. Ditambah lagi adanya pewarnaan serupa pada pelek demi mengentalkan nuansa balap. Lantas diikuti pemasangan knalpot custom dengan terapan silincer dan cap (tutup) ala karbon. Selain itu, posisinya pun lebih menjulang ketimbang saluran buang asli CBR250RR SP Quick Shifter.


Modifikasi Honda CBR250RR SP


Sejatinya itu saja ubahan mencolok dari modifikasi ini, karena selebihnya, R Autoworks hanya menyematkan aksesoris pendukung seperti hand grip, lever guard, back mirror (spion), smoke visor, winglet, frame slider guna mendukung optimalisasi konsep awal tadi. Beberapa item ini juga tersedia pada etalase Honda Genuine Accecossories Parts CBR250RR garapan PT AHM. Secara keseluruhan konsep ini dapat menjadi referensi pemilik CBR250RR SP Quick Shifter. Meskipun dalam penerapan, khususnya decal ,kembali lagi kepada selera personifikasi masing-masing.


Tentang Honda CBR250RR SP QS (Quick Shifter) 


Untuk informasi, Honda CBR250RR SP Quick Shifter dijual dengan harga mulai Rp 76,7 juta (Red Black) dan Rp 77,3 juta (Racing Red). Varian ini lebih mahal dari versi sebelumnya karena memiliki kebaruan dari segi fitur. Dirinya sudah dipersenjatai Quick Shifter untuk memudahkan pemilik saat melakukan pergantian transmisi. Sama seperti Kawasaki Ninja ZX-25R, proses menaikkan (upshift) dan menurunkan (downshift) gigi, tak perlu lagi menekan tuas kopling. Namun, kepunyaan CBR250RR tertinggi memiliki opsi untuk penggunaan upshift atau downshift saja. Termasuk pula menon-aktifkannya.


Fitur yang berkaitan dengan kinerja girboks ini juga bekerja beriringan karena adanya fitur tambahan lain yakni Assist adn Slipper Clutch. Bukan cuma tak mesti menekan tuas ketika memindahkan gigi, pengoperasian kopling saat ditekan pun jadi lebih ringan. Yang tak kalah penting, kinerjanya dapat mereduksi gejala roda belakang terkunci. Utamanya saat menurunkan gigi secara agresif dan cepat.


Honda CBR250RR SP QS Modifikasi


Pengembangan lain dari CBR250RR SP Quick Shifter juga terletak pada jantung mekanis. Walau tetap mengusung konfigurasi mesin DOHC dua silinder kubikasi 249 cc, outputnya kini terdongkrak jadi 40,2 Hp/13.000 rpm dan 25 Nm di putaran mesin 11.000 rpm. Meningkat dari CBR250RR biasa yang bertenaga 38,2 Hp/12.500 rpm dan 23,3 Nm/11.000 rpm.


Tak cuma itu, rasio kompresinya pun turut dinaikan dari 11,5:1 menjadi 12:1. Klaim pabrikan, ubahan tersebut berperan besar dalam pencapaian akselerasinya. Dituliskan bahwa CBR250RR SP sekarang hanya butuh 8,65 detik saja untuk menjangkau jarak 0-200 meter. Sedangkan kecepatan puncaknya mencapai 172 km/jam. (Ano/Van)


Data Modifikasi:


· Corsa FR Tubeless Tire 120/70 17”


· Corsa RR Tubeless Tire 160/60 17”


· Chameleon Sticker Decal


· Racing Hand Grip After Market


· Back Mirror After Market


· Winglet After Market


· Undertail After Market


· Custom Racing Exhause System


· Smoke Black H/L


· Visor Smoke Black


· After Market Frame Slider


· Repaint FR/RR Wheels


· Honda Genuine Accessories Parts for Honda CBR250RR


· Designed by PT. Astra Honda Motor


· Built & Assembly by R Autoworks, Jakarta


· CP: Rully Manarullah, 0812-9079-5295


Baca Juga: Begini Kawasaki Ninja ZX-25R Dalam Sosok Naked Bike

Jelajahi Honda CBR250RR

Honda CBR250RR Rp 61,6 - Rp 76,7 Juta Cicilan : Rp 1,41 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store