Suzuki GSX-R150, Sang Panglima Perang

Suzuki GSX-R150, Sang Panglima Perang

Pertarungan segmen motor sport 150 cc memang ketat. Terhitung ada tiga brand yang maju ke medan perang : Honda, Yamaha dan Suzuki. Meski yang terakhir, Suzuki tidak bisa dianggap sepele. Lantaran dia langsung mengutus GSX-R150 sebagai panglima perang.

Sebelumnya, pabrikan motor asal Hamamatsu, Jepang ini,  belum melirik kelas motor sport fairing bermesin 150 cc. Mereka hanya fokus di segmen ayam jago dengan Satria F150 sebagai ujung tombaknya. Namun ternyata, terpaku pada satu jenis pasar saja tidak cukup. Mereka kemudian melebarkan sayap ke kelas lainnya, GSX-R150 mulai awal tahun ini.

Hebatnya, panglima perang baru itu, sanggup bertarung dengan baik. Penjualannya bahkan sempat mengungguli Yamaha R15 pada Februari dan Maret 2017. Honda CBR150R memang belum dapat dia kalahkan, namun catatannya sempat berbeda tipis saja, 84 unit pada Februari 2017.

Salah satu kelebihan kuda besi ini, terletak pada mesinnya. Basisnya menggunakan jantung mekanis milik Satria F150 dengan kapasitas 147.3 cc DOHC 4-valve. Hanya saja, ada beberapa perbedaan mulai dari mapping ECU, desain injector, sampai dengan lubang knalpotnya yang membuat torsi dan tenaganya lebih hebat. Mesin itu sanggup menyemburkan torsi puncak 13,9 Nm dan tenaga maksimal 18,9 hp. Padanannya adalah sistem transmisi 6-percepatan.

sistem keyless lebih aman

Fitur lain yang membuat GSX-R150 unggul jauhdari kompetitor adalah keyless. Tersedia pula alarm system dan lampu depan yang sudah dibekali LED. Panel instrumennya pun sudah menggunakan layar LCD. Kelebihan lain darinya, memiliki bobot paling ringan dibanding saingan, hanya 126 kg.

Jagoan Suzuki ini dibanderol Rp 27,9 juta (on the road Jakarta). Harga perkenalan itu berlaku sampai dengan akhir Mei 2017. Setelah itu berlaku harga normal Rp 29,9 juta (on the road Jakarta).

GSX-R150 di pabrik

Biarpun lihai berperang, bukan berarti GSX-R150 tidak pernah kalah. Buktinya pada April, dia berhasil diluluhlantakkan oleh para saingan dengan menempati posisi buncit. Apalagi Yamaha sudah mulai mendistribusikan R15 generasi terbaru, sehingga penjualannya melejit ke angka 6.020 unit. CBR150R berada di peringkat dua dengan 5.427 unit. Toh perang belum usai. Setiap bulan, persaingan sengit terus disuguhkan.

Suzuki pun mengklaim, perang di segmen motor sport adalah jangka panjang. Jadi bukan hanya produknya saja yang dibuat dengan baik, tapi pelayanan purna jualnya kudu ditingkatkan. Mereka menjanjikan penambahan jaringan servis dan sparepart di Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi sampai Papua untuk tahun ini.

Kehadiran GSX-R150 bukan untuk menggebrak pasar tanah air, melainkan juga luar negeri. Jadi dengan basis produksi di Indonesia, motor dikirim ke negara-negara di Asia dan Eropa dimulai pada semester dua tahun ini. Khusus pasar Jepang dan Eropa, kuda besi yang dikirim memiliki mesin dengan kapasitas 125 cc. Meski berbeda jantung mekanis tapi desain dan fitur-fiturnya tetap sama seperti yang dipasarkan di Indonesia. Sementara untuk tujuan Asia Tenggara, spesifikasinya sama persis dengan yang dipasarkan di tanah air.

Edisi SARP Cobra Lebih Beringas Bagi Anda yang belum puas dengan sosok GSX-R150 standar, Suzuki juga menawarkan sejumlah aksesori Suzuki Authorized Replacement Part (SARP) untuk menunjang penampilan dan performanya. "SARP memenuhi kebutuhan high performance product untuk konsumen," ujar Group Head New Strategic Sparepart Development, Kresna Cakra beberapa waktu lalu.

unnamed (2)

Terhitung ada enam aksesori SARP yang disediakan untuk konsumen yaitu full system exhaust, triple clamp assy, brake and clutch lever, hand guard, foot step assy dan chain guard. Misal untuk full system exhaust mampu meningkatkan torsi sampai 0,4 Nm dan tenaga 1,4 hp lebih baik dari knalpot standar. Komponen yang terbuat dari material full stainless steel ini, dibanderol Rp 1,5 juta. Sementara foot step assy sanggup meningkatkan cornering angle ke kanan 10 derajat dan ke kiri 3 derajat. Khususnya sangat penting digunakan untuk melibas tikungan di sirkuit. Harganya Rp 1,4 juta.

unnamed (1)

Jika Anda tertarik, bisa langsung datang ke diler-diler Suzuki terdekat karena produk ini dijual di sana. "Salah satu kelebihan SARP, suku cadangnya tersedia di diler resmi Suzuki dan memiliki garansi, serta tidak menggugurkan garansi sepeda motor. Inilah kelebihan yang tidak dimiliki part aksesori lainnya. Dengan membeli Sarp Cobra Series, konsumen tidak perlu khawatir garansi gugur," papar Cakra.

Baca Juga : Yamaha All New R15, Dilahirkan dan Dirancang Untuk Trek

Jelajahi Suzuki GSX S150

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

Video Motor Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor

Bandingkan & Rekomendasi