jakarta-selatan
kali dibagikan

Suzuki Tawarkan Ragam Naked Bike untuk Berbagai Kebutuhan

  • 12 Agt, 2019
  • 1777 Kali Dilihat

Suzuki GSX-S150 dan GSX150 Bandit, dua produk yang kini diusung sebagai ‘backbone’ PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Ditujukan untuk memperluas pasar, agar tak mengandalkan bebek underbone (Satria F150) semata. Lagi pula, sekarang ini penjualan bebek juga turun. Pangsa pasar motor batangan di Indonesia pun sebenarnya tidak spesial. Kendati begitu, segmen sport harus tetap dipenuhi. Utamanya bagi mereka, penggemar brand Suzuki maupun pengguna Suzuki Thunder di masa silam.


Mengusung desain sama-sama ‘telanjang’, kedua produk memberikan penawaran baru. Mesin khas dari si ayam jago, Satria F150 sekarang dapat dinikmati dengan cara berbeda. Ya, tangki bensin di depan dan tanpa stang jepit. Suzuki GSX-S150 menjadi varian pertama yang dirilis. Produk ini menyajikan tampilan agresif. Terlihat melalui usungan garis-garis tegas pada bodi. Mulai dari desain lampu utama, shroud, tangki BBM, engine cover sampai buritan.


Dia juga dibuat stylish. Tampak pada penggunaan pelek berwarna, wavy disc brake (cakram bergelombang) dan jok pisah. Secara fitur pun terbilang kekinian. Aplikasi sistem pencahayaan LED sudah menjadi standar. Begitu pula panel meter digital. Di dalam LCD itu, konsumen bisa melihat beragam informasi. Berikut pula aneka indikator yang mengelilinginya. Unit dengan sistem kunci pintar (keyless) bisa ditemui pada GSX-S150, harganya Rp 27.525.000. Sementara unit yang memakai shuttered key, dibanderol Rp 27.025.000 (OTR Jakarta).


Perbedaan



Model GSX150 juga sedikit banyak, menurunkan apa yang dimiliki GSX150 Bandit. Sebutlah panel meter, desain cakram serta kunci berpengaman magnet. Tapi varian yang hanya ada satu tipe ini, dijual lebih murah. PT SIS mematoknya dengan harga Rp 26.750.000. Perbedaan itu tak lepas dari desain. Bisa dilihat sendiri bentuk lampunya. Sekilas nyaris sama, tapi kedua lampunya berbeda. Satu lagi, pelek GSX150 Bandit hanya berwarna hitam. Sementara pada GSX-S150 khususnya warna grey dan hitam, rodanya berwarna merah.


Lanjut soal jok. Sudah kami sebutkan bahwa jok GSX-S150 berundak dan terpisah. Desain begini lebih cocok untuk harian atau penggunaan di perkotaan. Kenapa? Pertama, posisi duduk terutama penumpangnya lumayan tinggi. Kedua, penopang bokong tidak lebar. Ketiga, posisi kakinya kurang rileks. Jadi kalau dikendarai jarak jauh, cepat pegal.


Beda dengan GSX150 Bandit. Sub frame-nya dibuat rendah 8 cm dari GSX-S150. Sengaja dibuat karena GSX150 Bandit punya jok menyatu. Keuntungannya, penumpang lebih nyaman untuk perjalanan jauh. Ditambah ketebalan busa jok, ditunjang juga penyesuaian pada foot step-nya. Nah, lantaran peruntukan jarak jauh pula, makanya penempatan lampu GSX150 Bandit lebih tinggi ketimbang saudaranya itu.


Persamaan


Walau secara dimensi berbeda, wheelbase GSX-S150 atau GSX150 Bandit sama, 1.300 mm. Pengendaliannya tak berbeda jauh. Begitu juga harapan Anda terhadap performanya. Suzuki Indonesia menggunakan mesin serupa terhadap kedua produk ini. Mesin DOHC satu silinder, menghuni jantung mekanisnya. Paduan mesin injeksi 150 cc dengan transmisi 6 percepatan, membuat mereka sanggup mengeluarkan tenaga 18,9 Hp di 10.500 rpm. Torsi maksimalnya 14 Nm pada 9.000 rpm. Selain itu, bore x stroke juga sama, 62.0 × 48.8 mm (overbore).


Pilihan Warna dan Aksesori


suzuki GSX150 Bandit


Opsi warna yang ditawarkan Suzuki GSX150 Bandit, cukup beragam. Meski cuma satu tipe, tapi pilihan kelirnya beragam. Ada Mettalic Matte Titanium Silver, Brilliant White/Aura Yellow, Stronger Red / Titanium Black dan Titanium Black. Untuk GSX-S150 tersedia Met Mat Fibroin Gray-Rouge Red CW dan Stronger Red / Titanium Black untuk tipe shuttered key. Sementara MB Daytona Yellow dan Titan Black-Rouge Red CW bisa ditemukan pada tipe keyless.


Jika sudah cocok memilih salah satu, khususnya GSX-150 Bandit, ada beragam aksesori yang disediakan SGA. Seperti fuel cap, USB charger, windshield, tank pad, rim decal, side bag, hand guard, radiator protector sampai alarm set. Sayangnya, aneka pelengkap itu tidak didapat pada GSX-S150. Itu tadi pembahasan kami soal dua naked bike Suzuki. Semoga desain yang dibawa masing-masing, sesuai kebutuhan Anda. Termasuk pula soal harganya. (Ano/Van)


Baca Juga: Ragam Naked Bike Honda, dari Belasan Hingga Ratusan Juta!

Harga dan Promo Varian GSX S150

  • Standard | Rp 24,4 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 3,5 Juta
    Angsuran Rp 977.000
    Tenor 35 Months
    Lihat Promo

Video Suzuki GSX S150

Lihat video terbaru Suzuki GSX S150 untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor Suzuki Pilihan

  • Populer
  • Komparasi