Ini Lima Alasan Memilih Yamaha Jupiter Z1

Ini Lima Alasan Memilih Yamaha Jupiter Z1
Gambar
Review Pengguna

Bicara sepeda motor bebek, tak lengkap rasanya tanpa menyebutkan Yamaha Jupiter Z1. Di awal kehadirannya, ia berhasil melambungkan nama Yamaha dengan mendominasi penjualan bebek di Indonesia. Bahkan hingga hari ini, masih dianggap sebagai moped terbaik di kelas 115 cc. Inilah lima alasan memilih Yamaha Jupiter Z1.

Performa Menjanjikan

Pada dasarnya moped adalah kendaraan utilitas tinggi, karena dibekali mesin yang kuat dan hemat bahan bakar. Jupiter Z1 masuk kategori itu. Mesinnya kuat karena sudah tersemat teknologi Forged piston dan DiASil cylinder. Membuatnya tiga kali lebih kuat, tiga kali lebih ringan dan tiga kali lebih tahan lama. Ia punya spesifikasi 115 cc, satu silinder, SOHC berpendingin udara. Dapur pacunya mampu menghasilkan tenaga 10 hp di 7.750 rpm dan torsi puncak 9,9 Nm pada 6.500 rpm. Dengan teknologi penyuplai bahan bakar Fuel Injection System, membuatnya lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Belum lagi dengan ditanamkan standar emisi gas buang EURO 3. Lebih ramah lingkungan.

Desain Menarik

Masih mempertahankan konsep sport bebek modern. Tidak seperti model sebelumnya, headlamp dan lampu sein dibuat terpisah. Dua lampu utama berada di batok atas, sedang seinnya ada di fairing bagian depan. Fairing depannya tidak hanya dirancang untuk memberikan tampilan menarik, tetapi juga membantu menyalurkan udara ke mesin agar tetap dingin. Sayap samping yang tegas dengan dual layer, juga membantu aliran angin masuk ke bagian mesin.

Elemen menarik lainnya ada bagian belakang. Dari bodi tengah hingga belakang dibuat meruncing. Desain lampu belakang, dirancang menjadi satu dengan sein dan tampak tampak seperti unit LED, padahal kenyataannya tidak. Dipasangkan juga cover muffler krom yang menambah kental nuansa sporty pada bebek Yamaha ini.

Pengendalian Mudah

Sepeda motor berjenis moped sejak dulu dikenal dengan penggendalian yang mudah dan lincah. Jupiter Z1 memiliki bobot 102 kg dan tinggi tempat duduk 765 mm. Itu membuatnya sangat ramah dan mudah dikendarai, karena sesuai dengan postur tubuh orang Indonesia. Bobot yang ringan dan ringkas, juga membuatnya mudah meliuk-liuk di tengah kepadatan lalu lintas. Tak hanya perjalanan jarak pendek, jauh pun masih sanggup ia taklukkan. Pembuktian lainnya, dengan tipe rangka backbone, membuat motor bebek ini sangat potensial berlaga di ajang balap.

Peredam guncangan, Yamaha mempercayakan suspensi jenis teleskopik pada bagian depan dan jenis shock ganda pada belakang. Pengereman pakai piringan cakram dengan 1 kaliper piston tunggal di depan, dan sistem teromol di bagian belakang. Untuk ukuran ban depan pakai 70/90 dan 80/90 belakang. Peleknya masih sama seperti bebek lain dengan diameter 17 inci.

Fitur Rasional

Selain Fuel Injection dan Forged piston serta DiASil cylinder, Z1 masih punya fitur menarik. Satu di antaranya speedometer dengan bentuk Diamond (Berlian). Terlihat lebih elegan dan mewah. Isinya standar, ada penunjuk kecepatan, trip meter, penunjuk posisi gigi dan indikator bahan bakar. Informasi itu sudah cukup untuk ukuran motor bebek. Buat penunjang keamanan, ada guard key pada kunci starternya. Meski dibilang minim fitur, itu masih sangat rasional, karena Jupiter Z1 tetap menjadi motor bebek praktis dan irit.

Harga Terjangkau

Tidak seperti segmen skutik, moped underbone sudah mulai berkurang peminatnya. Tetapi untuk Jupiter Z1 sepertinya bisa menjadi opsi utama, apalagi jika Anda mencari kendaraan roda dua yang kuat dan irit bahan bakar. Setidaknya harga yang ditawarkan cukup terjangkau, Rp 17,6 juta on the road Jakarta. Terdapat tiga pilihan warna, Blue Racing Hero, Red Champion dan Black Winner.(Bgx/Hlm)

Baca Juga: Daftar Lengkap Motor Bebek Yamaha

Jelajahi Yamaha Jupiter Z1

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store