Honda CBR 250 RR SP tanpa Quick Shifter Dijual Mulai Rp 72,7 Juta

Honda CBR 250 RR SP tanpa Quick Shifter Dijual Mulai Rp 72,7 Juta
Gambar
Review Pengguna

PT Astra Honda Motor (AHM) merilis varian baru Honda CBR 250 RR. Tetap ada embel-embel 'SP', namun tanpa pengaplikasian quick shifter. Pasalnya, unit bernama CBR 250 RR SP ini hanya ketambahan fitur Assist & Slipper Clutch saja. Kendati begitu, optimasi penggunaannya tetap didapatkan, terutama untuk kebutuhan harian.

Jelas bahwa CBR 250 RR SP ditempatkan untuk mengisi celah antara versi standar dan tertinggi - menjadi varian ketiga. Pada CBR 250 RR tipe standar misalnya, pembeli tentu tak dapat merasakan seperti apa keuntungan dari penggunaan Assist and Slipper Clutch tadi. Sementara sebelumnya, perangkat itu masih terdapat pada varian paling atas. Notabene pula sudah dilengkapi Quick Shifter. Namun, seberapa penting pengoperasian gigi itu kala bertemu kemacetan? Ditambah lagi harga jual yang terbilang tinggi.

Black freedom

Sementara untuk mendapatkan unit CBR 250 RR SP Quick Shifter, Anda mesti merogoh kocek mulai dari Rp 76,7 juta hingga Rp 77,7 juta. Itu kenapa PT AHM menghadirkan tambahan varian terhadap motor sport buatannya ini. CBR 250 RR SP memang cuma mendapatkan perbekalan tambahan berupa Assist and Slipper Clutch saja. Meski begitu, pengaplikasiannya tetaplah bermanfaat. Pertama, pengoperasian tuas kopling menjadi ringan. Kedua, menghindari roda belakang terkunci ketika pengemudi melakukan down shift (menurunkan gigi) secara cepat. Menariknya lagi, harga yang ditawarkan pun jauh lebih ekonomis.

Pada pengumuman via rilis hari ini (5/10), CBR 250 RR SP dipatok mulai Rp 72,7 juta untuk warna Bravery Red Black. Kelir ini sama seperti pilihan pada tipe tertinggi. Namun, tipe SP punya opsi lain yaitu Gunpowder Black Metallic - tidak ada di CBR 250 RR SP Quick Shifter. Tipe menegah jua punya penawaran berupa Racing Red layaknya tipe teratas. Namun dijual lebih murah yaitu 73,3 juta saja. Sebaliknya saat perkenalannya Juli lalu, CBR 250 RR SP Quick Shifter dijual masing-masing Rp 76,7 juta (Bravery Red Black) Rp 77,3 juta (Racing Red). Bisa dilihat kedua tipe berselisih antara Rp 4 juta sampai Rp 4,4 juta. Bahkan ada yang lebih mahal lagi, CBR 250 RR SP Quick Shifter Special Edition Garuda x Samurai. Harganya Rp 77,7 juta.

Warna Baru Honda CBR 250 RR

Pemegang merek Honda di Indonesia juga tetap menawarkan tampilan serupa lewat CBR 250 RR standar. Ketersediaan kelir Mat Gunpowder Black Metallic dan Bravery Red Black bisa juga dijadikan pilihan calon konsumen. Bedanya tak ada logo SP atau Quick Shifter saja. Toh, harganya pun bersahabat lantaran dilepas Rp 66,1 juta saja. Opsi ini sekaligus melengkapi varian Black Freedom yang sebelumnya menjadi satu-satunya pilihan tipe paling dasar.

CBR250RR Mat Gunpowder Black Metallic

Kendati begitu, baik pembeli CBR 250 RR atau CBR 250 RR SP tetap bisa merasakan lonjakan yang sebelumnya ada di tipe atas. Seperti kita ketahui, generasi terbaru CBR 250 RR mengalami pengembangan di sektor mesin. Tetap mengandalkan jantung mekanik DOHC dua silinder berkapasitas 249,7 cc. Namun, daya dan torsi terdongkrak menjadi 40,2 Hp/13.000 rpm dan 25 Nm di putaran mesin 11.000 rpm. Meningkat dari CBR250RR biasa yang bertenaga 38,2 Hp/12.500 rpm dan 23,3 Nm/11.000 rpm. Tak cuma itu, rasio kompresinya pun turut dinaikan dari 11,5:1 menjadi 12:1. Otomatis pula melesatkan akselerasinya dibanding versi pandahulu. Pabrikan mengklaim CBR250RR 2020 hanya butuh waktu 8,65 detik untuk mencapai jarak 0-200 meter. Sementara kecepatan puncak adalah 172 km/jam.

Tak ketinggalan, Throttle By Wire yang menjadi pendobrak standar baru saat Honda CBR250RR pertama kali diluncurkan. Untuk memaksimalkan fungsinya, ia dilengkapi riding mode selector sehingga pengendara dapat menikmati berkendara di berbagai kondisi jalan, mulai berkendara secara agresif di sirkuit hingga jalanan padat perkotaan. Memiliki tiga pilihan yaitu Comfort, Sport dan Sport +. Bisa diatur sesuai preferensi pengendara.

Berkat peningkatan tersebut, maka ada sedikit penyesuaian soal penopang motor. Membesarnya tenaga dan momen puntir perlu maksimalisasi area kaki-kaki. Itu kenapa suspensi depan dan belakang dibuat sedikit lebih panjang. Selain itu, keduanya diracik lebih keras sepuluh persen dari versi pandahulu. Bagian depan, bertujuan memberikan stabilitas maksimal, ketika pengendara melakukan pengereman keras dari kecepatan tinggi. Posisinya juga 5 mm lebih keluar dari seri lama, supaya riding position tetap sama. Sementara shock belakang mengeras guna menekan ban ke aspal lebih kuat – cengkeraman lebih optimal.

Bravery red black

"Kami berusaha memahami berbagai keinginan konsumen untuk merasakan DNA Total Control Honda CBR Series melalui sepeda motor sport 250 cc terbaik di kelasnya. Honda CBR 250 RR SP dan Honda CBR250RR memberikan pilihan yang lebih beragam, dengan tetap mempertahankan tampilan agresif dan performa tinggi khas Honda CBR250 RR," tutur Thomas Wijaya, Direktur Marketing PT AHM dalam keterangan rilis tersebut. (Ano/Tom)

Baca juga: Honda BeAT 2020 Bekas, Menguntungkan Ketimbang Beli Baru?

Jelajahi Honda CBR250RR

Honda CBR250RR Rp 61,6 - Rp 76,7 Juta Cicilan : Rp 1,41 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store