• Wishlist

Pakai Mesin Baru, Yamaha X-Ride Ogah Diadu Lagi Dengan Honda Beat Street

Pakai Mesin Baru, Yamaha X-Ride Ogah Diadu Lagi Dengan Honda Beat Street

Yamaha All New X-Ride kini menggunakan mesin baru, 125 cc. Kenaikan itu, tentu membuatnya lebih tangguh secara performa dibanding sebelumnya. Jika pada generasi pertama keberhasilannya diikuti Honda dengan merilis Beat Street, Yamaha tak hilang akal. Mereka kini mendeskripsikan kastanya berbeda dengan sang rival.


“Ini beda, Yamaha start dengan X-Ride category (adventure skutik). Saya gak perlu sebut merek, tapi kita tahu sendiri di sana masih menggunakan nama yang model di bawahnya (Beat - Street), sedang kami membangun model di kasta yang baru, skutik adventure 125 cc,” jelas Executive Vice President Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Dyonisius Beti pada OTO.com di sela peluncuran X-Ride generasi terbaru hari ini (9/6).




[caption id="attachment_7746" align="alignnone" width="650"]X-Ride beda dengan yang lain X-Ride menolak disamakan dengan Beat[/caption]

Jika sebelumnya hanya 115 cc dengan tenaga 7,75 PS, kali ini X-Ride mengadopsi mesin Mio Soul GT 125 yang sudah berteknologi Blue Core. Mesin 1-silinder ini mampu menelurkan daya hingga 9,52 PS dan torsi 9,6 Nm.


“Kami sudah perbaharui dengan menaikkan kapasitas mesin. Kami ingin menyajikan yang lebih irit dan performanya bagus. Tampilannya juga beda sekali. X-Ride itu dulu sudah menjadi pionir. Nah, kalau yang yang lain kan hanya memodifikasi saja. Sekarang ciri khas ini tetap kita gunakan, tapi tastenya diekspansi, dengan fitur yang lebih kaya, jadi jika mau dibandingkan, tidak bisa, bukan apple to apple,” jelas Dyon dengan detail.


X-Ride mesin baru


Pihak Yamaha melabeli X-Ride generasi kedua dengan harga Rp 17,25 juta atau naik sekitar Rp 1 juta dibanding sebelumnya. “Kenaikan harga ini untuk mengakomodir berbagai perubahan yang diberikan dan menunjukkan perbedaan kelas dengan kompetitor sebelumnya,” imbuh Dyon.


Adapun perubahan yang paling kentara adalah desainnya yang sangat berkarakter bak motor adventure eropa. Lampu depan menggunakan skema bertumpuk, dengan model fairing yang tangguh. Meski terlihat lebih kekar, namun motor ini diklaim memiliki bobot yang ringan. Dengan kondisi bahan bakar penuh saja, bobotnya hanya 98 kg.




[caption id="attachment_7749" align="alignnone" width="650"]Lampu hazard X-Ride Ada lampu hazard[/caption]

Stang tanpa cover yang tegak, juga membuat posisi riding sangat khas dengan motor trail. Belum lagi jok kini dibuat lebih rata agar pengendara mudah mendapatkan posisi duduk yang nyaman.


Berbagai fitur pendukung, juga membuat motor ini kian canggih seperti lampu LED sebagai pencahayaan utama, juga daytime running light (DRL) yang atraktif, hingga suspensi belakang dengan tabung reservoir. Oh ya, X-Ride 125 juga menjadi pionir di kelasnya yang menyediakan lampu hazard untuk penggunaan darurat.


Berbagai kelebihan itu menurut Yamaha mengukuhkan posisinya sebagai the only one skutik 125 cc dengan gaya adventure.


Baca Juga: XMax laris via pemesanan online

Jelajahi Yamaha XRide 125

Bandingkan & Rekomendasi