Pertarungan All New Honda Beat Street vs Suzuki Nex Crossover vs Yamaha X-Ride, Siapa Terbaik?

Membandingkan Honda Beat Street terbaru lawan rival

Pertarungan All New Honda Beat Street vs Suzuki Nex Crossover vs Yamaha X-Ride, Siapa Terbaik?

Hadirnya All New Beat Street terbaru membuat pertarungan skutik bergaya maskulin dengan setang telanjang kian menarik. Selain Beat Street, segmen ini juga diisi Suzuki Nex Crossover dan Yamaha X-Ride. Bila ketiganya diadu, siapa terbaik? Simak ulasan berikut.

KEY TAKEAWAYS

  • Berapa harga All New Honda Beat Street?

    Pada peluncurannya versi baru Honda Beat Street dibanderol Rp19,3 juta OTR Jakarta
  • Desain

    Menyoal desain sebetulnya tidak bisa dibandingkan, tergantung persepsi dan selera setiap orang. Meski begitu, semua pabrikan memberi yang terbaik buat produknya. Ketiganya mengusung desain sporty dan agresif, namun masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Rata-rata mereka punya wujud serba tajam dengan garis-garis tegas di sekujur tubuhnya.

    Honda Beat Street

    Beat Street sekarang punya tampilan baru. Selaras dengan All New Beat reguler yang baru saja dikenalkan pada Senin (3/6). Dan seperti pertama kali dirilis, bagian setang tidak dibungkus cover. Dibiarkan terbuka dan terlihat jelas kabel melintang. Dibanding model sebelumnya, bagian depan, samping dan belakang terlihat berbeda.

    Rumah lampu utamanya sekarang punya tampilan agresif. Strukturnya sekilas mirip Vario 125 bila dilihat dari samping. Area dek depan tampak lebih kaku. Bodi samping berubah, material kasar warna hitamnya kini lebih besar. Format bagian belakang juga mendapat ubahan.

    Suzuki Nex Crossover

    Sama seperti Beat Street, Suzuki Nex Crossover juga mengambil DNA dari model reguler. Secara garis besar, bodinya serupa dengan varian Nex II. Bagian depan serba lancip. Lampu utama menjorok ke belakang sehingga bodi pinggirnya tampak tajam dan dinamis. Didukung pula dengan warna bodi cerah dan grafis nyentrik. Seluruh bodinya juga memiliki konsep garis-garis tegas. Memberikan tampilannya kian maskulin. Kemudian joknya dibungkus dengan lapisan kombinasi warna dual-tone.

    Tak seperti dua lawannya, Yamaha X-Ride justru punya konsep sendiri, tak mengambil basis dari model eksis. Sisi menarik bisa terlihat di bagian depan. Punya headlamp dengan pemisahan antara low beam dan high beam, plus DRL (daytime running light).

    Yamaha X-Ride

    X-Ride kental dengan aura adventure lantaran menerapkan sein terpisah. Sepasang sinyal belok bersarang tepat di bawah setang. Lalu di buritan, penanda tadi juga tak terintegrasi lampu belakang. Umum ditemui pada motor trail.

    Rancang Bangun

    Ketiganya punya dimensi kompak. Untuk Beat Street punya ukuran tubuh 1.868 x 745 x 1.058 mm (P x L x T). Jarak terendah ke tanah 148 mm, berat kosong 89 kg dan tinggi tempat duduk 742 mm.

    Nex Crossover memiliki dimensi 1.890 x 765 x 1.055 mm. Ground clearance 150 mm, seat height 740 mm dan berat kosong 94 kg. Sedang X-Ride 1.860 x 740 x 1.070 mm. Jarak terendah ke tanah 135 mm, tinggi tempat duduk 760 mm dan berat isi 98 kg.

    all new Honda Beat Street

    Dari angka yang disebutkan, Beat Street unggul dalam hal bobot, skutik Suzuki punya ground clearance tinggi dan kursi ramah bagi pemula.

    Selanjutnya sektor kaki-kaki, skutik Honda tak lagi gunakan pelek 14 inci melainkan 12 inci yang dibungkus ban 100/90 di depan dan 110/90 di belakang. Lawannya dari Suzuki pakai pelek dengan lebar 1,60 inci dibalut ban 80/90-14 di depan dan belakang 1,85 inci dengan ban 90/90-14. Sementara X-Ride 80/80-14 di roda depan dan 100/70-14 di belakang. Semuanya memakai ban tubeless, namun hanya Crossover yang mengenakan kulit bundar berjenis semi dual purpose.

    Kalau soal peredam kejut, semua pakai struktur yang sama, teleskopik di depan dan single shock di belakang. Begitu pula sistem pengereman, cakram di depan dan tromol di belakang.

    Suzuki Nex Crossover

    Mesin

    Beat Street masih mengandalkan mesin 110 cc SOHC dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI berteknologi eSP (enhanced Smart Power) yang mampu menghasilkan tenaga 8,5 Hp di 7.500 rpm dengan torsi tertinggi di 9,2 Nm pada 5.500 rpm.

    Mesin Crossover berteknologi Suzuki Eco Performance (SEP), 1 silinder 4 langkah SOHC 2 katup, berpendingin udara dengan kapasitas 113 cc berpengkabut injeksi. Jantung mekanisnya memiliki tenaga maksimum 9,2 hp di 8.000 rpm dan momen puntir 8,5 Nm di 6.000 rpm.

    Sementara spesifikasi X-Ride paling besar di antara lawannya. Berbekal jantung mekanik 125 cc Bluecore yang mampu menjangkau daya maksimal 12,7 Hp di 8.000 rpm dan torsi 9,6 Nm pada 5.500 rpm.

    Yamaha X-Ride

    Fitur

    Perihal fitur, skutik maskulin Honda punya LED headlight, alarm, battery indicator, Secure Key Shutter untuk memudahkan pengguna dalam membuka tutup jok motor, panel meter full digital, power outlet 12 watt, bagasi 12 liter, dua kompartemen di depan, ACG Starter, Combi Brake System (CBS), Side Stand Switch dan Parking Brake Lock.

    Nex Crossover punya digital instrument cluster, dua kompartemen yang cukup besar, rumah kunci dilengkapi pengaman magnet, bagasi hanya 4,8 liter, easy start system, two tone seat cover, ban semi dual purpose, kaliper rem depan dan ulir shock belakang warna merah.

    Sedang skutik Yamaha punya Answer back system, untuk menemukan posisi motor saat di parkiran. Lampu seinnya disematkan hazard. Mesin teknologi Bluecore, sub tank suspension, stand side switch, serta Forged & Diasil.

    garnish panel meter

    Harga dan Varian

    Beat Street tersedia dua pilihan warna, Street Brown dan Street Black. Masing-masing punya grafis energik dan pelek berkelir Burnt Titanium. Harganya Rp19,3 juta OTR DKI Jakarta.

    Suzuki menawarkan 3 warna, Stronger Red-Titan Black, Solid Black dan Pearl Ash Blue. Livery yang menempel punya konsep sporty. Saat ini Crossover dibanderol Rp20,850 juta OTR DKI Jakarta.

    X-Ride punya tiga opsi warna, Cyan Yellow, Black Red dan Sand. Saat ini dirinya dilego Rp20,2 juta OTR DKI Jakarta.

    test ride Suzuki Nex Crossover

    Simpulan

    Hadirnya Beat Street terbaru membuat kompetisi skutik berpenampilan maskulin semakin menarik. Dari segi penetapan harga juga sangat sesuai untuk ukuran entry level. Selisihnya hanya Rp1 jutaan.

    Keunggulan dari skutik Honda bisa dilihat dari fitur yang lebih lengkap. Bobotnya juga lebih ringan dibanding lawan-lawannya. Sedang Crossover punya sajian panel meter digital, ban semi dual purpose, ground clearance dan jarak kursi yang ramah buat pemula. Sementara X-Ride unggul dalam hal performa, sebab dirinya punya kapasitas mesin lebih besar.

    Jadi tinggal sesuaikan dengan kebutuhan Anda, mau fitur lengkap ada Beat Street, ingin skutik dengan durability yang bagus bisa pilih Nex Crossover atau X-Ride dengan performa besar. Pilih mana? (BGX/TOM)

    Baca juga: Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?

    Zenuar Yoga

    Zenuar Yoga

    Zenuar 'Bgenk' Yoga adalah salah satu jurnalis otomotif berpengalaman di Indonesia. Spontanitas dan suaranya yang lantang memberi warna kemanapun dia pergi. Keseharian, Yamaha Nmax jadi andalan mobilitas ke kantor atau untuk peliputan. Pengalaman berkendara dan pengetahuan di bidang otomotif roda dua membuatnya kerap ditunjuk sebagai road captain saat Forum Wartawan Otomotif melakukan kegiatan touring. 

    Baca Bio Penuh

    Model Motor Yamaha

    • Yamaha Nmax
      Yamaha Nmax
    • Yamaha Fazzio
      Yamaha Fazzio
    • Yamaha Aerox Connected
      Yamaha Aerox Connected
    • Yamaha MX King
      Yamaha MX King
    • Yamaha Nmax Connected
      Yamaha Nmax Connected
    • Yamaha Grand Filano Hybrid Connected
      Yamaha Grand Filano Hybrid Connected
    • Yamaha WR155 R
      Yamaha WR155 R
    • Yamaha Mio M3 125
      Yamaha Mio M3 125
    • Yamaha Fino 125
      Yamaha Fino 125
    • Yamaha XSR 155
      Yamaha XSR 155
    Harga Motor Yamaha

    Jangan lewatkan

    Promo Yamaha XRide 125, DP & Cicilan

    • XRide 125 Standard DP Rp 2,9 Juta Angsuran Rp 978.000 x 35 Bulan Rp 19,96 Juta OTR Lihat Promo

    GIIAS 2024

    Anda mungkin juga tertarik

    • Berita
    • Artikel feature
    • Yang Akan Datang
    • Yamaha Niken
      Yamaha Niken
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Yamaha Cygnus X
      Yamaha Cygnus X
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan

    Video Motor Yamaha XRide 125 Terbaru di Oto

    Oto
    • Yamaha X-Ride 2018 |First Impression | Apa Saja Perbedaannya? | OTO.com
      Yamaha X-Ride 2018 |First Impression | Apa Saja Perbedaannya? | OTO.com
      04 Jul, 2018 .
    • Test Ride: Yamaha X-Ride 125, Anti Gasruk? I Oto.Com
      Test Ride: Yamaha X-Ride 125, Anti Gasruk? I Oto.Com
      08 Dec, 2017 . 68 kali dilihat
    Tonton Video Motor Yamaha XRide 125

    Bandingkan & Rekomendasi

    Yamaha XRide 125
    Yamaha XRide 125
    Rp 19,96 Juta
    Harga XRide 125
    Honda Scoopy
    Honda Scoopy
    Rp 22,68 Juta
    Harga Scoopy
    Honda Vario 125
    Honda Vario 125
    Rp 22,55 - 24,45 Juta
    Harga Vario 125
    TVS Rockz
    TVS Rockz
    Rp 15,6 Juta
    Harga Rockz
    Yamaha Mio M3 125
    Yamaha Mio M3 125
    Rp 17,7 Juta
    Harga Mio M3 125
    Kapasitas 125
    109.5
    124.8
    124.5
    125
    Tenaga Maksimal 9.3
    9
    11.1
    9.8
    9.38
    Jenis Mesin 4-Stroke, SOHC
    Single Cylinder, 4-Stroke, Air-Cooled, SOHC
    4-Step, SOHC, eSP, Liquid Cooling Engine
    4 Stroke, SOHC, Air Cooled
    4-Stroke, SOHC
    Torsi Maksimal 9.6 Nm
    9.3 Nm
    10.8 Nm
    9.8 Nm
    9.6 Nm
    Bandingkan Sekarang

    Tren Scooter

    • Yang Akan Datang
    • Kymco AK 550
      Kymco AK 550
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • BMW C Evolution
      BMW C Evolution
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Polytron T-Rex
      Polytron T-Rex
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Yamaha Cygnus X
      Yamaha Cygnus X
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Polytron EVO
      Polytron EVO
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    Motor Scooter Yang Akan Datang

    Artikel Motor Yamaha XRide 125 dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Yamaha X-Ride 125 2022 Tampil Beda dengan Kelir Baru
      Yamaha X-Ride 125 2022 Tampil Beda dengan Kelir Baru
      Zenuar Istanto, 07 Apr, 2022
    • Rumor Yamaha X-Ride Naik Kelas Saingi Honda ADV 150, Seberapa Masuk Akal?
      Rumor Yamaha X-Ride Naik Kelas Saingi Honda ADV 150, Seberapa Masuk Akal?
      Helmi Alfriandi, 03 Feb, 2021

    Bandingkan

    You can add 3 variants maximum*