Tantang Kawasaki Ninja ZX-25R, Yamaha Garap R25 Empat Silinder?

Tantang Kawasaki Ninja ZX-25R, Yamaha Garap R25 Empat Silinder?
Gambar
Review Pengguna

Yamaha diisukan tengah menyiapkan pesaing Kawasaki Ninja ZX-25R. Bukan produk baru, melainkan menggunakan Yamaha R25 sebagai dasar pengembangan. Itu artinya, bakal ada transformasi dari jantung mekanik 250 cc dua silindernya menjadi empat silinder. Benarkah demikian?

Memang belum dapat dipastikan kebenarannya. Toh, untuk sekarang ini Yamaha Indonesia masih optimis dengan R25 yang ada. Dari segi harga misalnya, motor seperempat liter itu jadi pilihan yang ramah dompet di kelasnya. Lantas soal pengendalian, ringan lantaran punya tubuh paling ramping. Meski begitu, mereka rasanya tidak menutup mata terhadap suguhan Ninja ZX-25R. Terlebih kuda besi Geng Hijau juga sudah dijual oleh PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Mengejutkannya lagi, motor yang dijual mulai Rp 96 juta sampai Rp 112,9 juta itu laris di pasaran. Contohnya saja, pemesanan pertama sebanyak 200 unit ludes hanya dalam dua hari.

Ninja ZX-25R vs YZF-R25

Tak dipungkiri, sensasi mesin empat silinder yang ditawarkan ZX-25R menjadi godaan paling utama. Nah, situasi inilah yang mungkin mencuatkan rumor adanya perubahan dari produk Yamaha tersebut. Beberapa sumber mengatakan konstruksi mesin R25 akan ketambahan silinder serupa ZX-25R. Yang otomatis bakal mendongkrak catatan performanya. Sebagai informasi, Yamaha R25 saat ini memiliki output 35,5 Hp/12.000 rpm dan 23,6 Nm pada putaran 10.000 rpm. Kalau boleh berkaca dari sang pesaing - peningkatan dari Ninja 250 dua silinder ke empat silinder, capaian daya dan torsi Yamaha R25 bakal melonjak drastis.

Persepsi ini pula yang akhirnya merujuk kepada penamaannya nanti. Seperti kutipan Visordown dan Greatbiker, rumornya pihak pabrikan Garpu Tala melabelinya dengan nama Yamaha YZF-25M (Yamaha R25M). Identitas ini sudah ditemui pada Yamaha R1M. Superbike itu digadang sebagai pemburu waktu di lintasan balap, lantaran menurunkan DNA rancang mesin kepunyaan Yamaha M1 (motor MotoGP). Jika benar R25 kedapatan inisial itu, dipastikan ia pun punya kapabilitas serupa ZX-25R.

Baca juga: Perbandingan Performa ZX-25R, CBR250RR, R25 dan RC250, Sedigdaya Itukah Ninja 4-Silinder?

Namun, mesin saja sepertinya tidak cukup untuk menyaingi Ninja ZX-25R. Sudah semestinya Yamaha R25 empat silinder dibekali perangkat pendukung. Tengok saja kelengkapan Power Mode, traction control, slipper clutch, quick shifter (upshift/downshift) hingga pengaplikasian sistem bernama Electronic Throttle Valves (ETV) pada Ninja ZX-25R. Cukup masuk akal jika Yamaha ingin mengikuti permainan kompetitornya. Terlebih sekarang ini, R25 masih sangat minim peranti bantuan. Satu-satunya yang dapat ditemui adalah sistem pengereman ABS, itupun hanya pada tipe paling atas.

2019 Yamaha YZF-R25 On a corner

Bukan cuma dari Ninja ZX-25R, secara teknologi pun R25 masih ketinggalan dari Honda CBR250RR. Paling utama yakni terapan mode berkendara dan teknologi Throttle by Wire. Namun lain cerita ketika R25 empat silinder diperkaya terapan demikian. Kendati begitu, tak lantas pula Yamaha latah untuk menggunakannya di R25. Ada kemungkinan Yamaha mempertahankan harga jual bersahabat sebagai strategi, ketika menjual Yamaha R25 empat silinder nanti. Artinya, Yamaha akan memilah pengaplikasian fitur yang lebih tepat guna. Misalnya saja menyandingkan rem ABS bersama kontrol traksi. Plus melengkapi sektor transmisi dengan Assist and Slipper Clutch (ASC), yang kita tahu baru terpakai pada Yamaha R15 di segmen sport mereka.

Lagi-lagi, belum ada keterangan resmi mengenai kepastian penggarapan R25 empat silinder ini. Kalau pun benar, Yamaha Indonesia dipastikan menjadi basis produksinya - sama seperti status mereka sekarang sebagai produsen Yamaha R25 maupun R3 untuk pasar global. Berbeda kondisi dengan KMI yang sekarang masih memproduksi Ninja ZX-25R peruntukan domestik saja. Tapi Yamaha pun sepertinya harus bergegas karena ada isu pula Honda turut merombak dagangannya di segmen sport 250 cc.

Beberapa waktu lalu, pabrikan Sayap Kepak diketahui sedang mengembangkan CBR250RR. Konon ia mendapatkan fitur baru berupa Assist & Slipper Clutch, quick shifter hingga sistem kunci keyless. Tak cuma itu, kuda besi ini pun dikatakan mengalami rombakan dapur pacu. Berdampak terhadap peningkatan dalam sisi output, naik dari 38,2 Hp menjadi 41,2 Hp atau meningkat sebanyak 3 daya kuda. Lantas muncul juga pemberitaan menyoal pemasangan turbocharger pada tubuhnya. Walau cuma bermodal mesin dua silinder, performanya pasti melejit dari catatan awal. Namun hal itu pun masih ada realisasinya. Belum juga terbukti, isunya Honda malah sedang merancang mesin 250 cc itu pasokan empat silinder. Artinya bukan cuma Yamaha yang andil dalam standardisasi baru di segmen sport 250 cc ini. Kita tunggu saja pembuktian dari masing-masing pabrikan.

Mesin Yamaha R25 Tiga Silinder

Yamaha R25 Pakai Mesin Tiga Silinder

Sebuah media yaitu Gazzetta, pernah menulis bahwa R25 akan memakai konstruksi mesin tiga silinder. Ini pun masuk akal karena contoh itu ada di produk-produk eksis Yamaha. Sebut saja Yamaha MT-09, XSR900, Tracer 900 hingga Niken. Dengan rancangan demikian saja, diyakini sudah cukup untuk melawan Ninja ZX-25R. Memang belum ada data resmi, meski kalau ditebak catatan itu tak jauh dari output Ninja 250 empat silinder. Di atas kertas, Ninja ZX-25R sanggup menorehkan tenaga 49,3 Hp/15.500 rpm dan torsi 22,9 Nm/14.500 rpm. Namun, catatan itu bisa berubah jika ram air Ninja ZX-25R aktif (kecepatan 100 kpj). Dayanya diklaim melejit naik hingga 50,2 Hp/15.500 rpm atau 51 PS (pembulatan 50,9 PS). (Ano/Tom)

Sumber: Visordown, Greatbiker, Gazzetta

Baca juga: Harga Yamaha R25 dan Kawasaki Ninja ZX-25R Selisih Rp 44 jutaan, Sejauh Mana Bedanya?

Jelajahi Yamaha R25

Yamaha R25 Rp 61,66 - Rp 68,12 Juta Cicilan : Rp 1,41 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store