Suzuki V-Strom 250 Versi Silinder Tunggal Hadir di India?

Suzuki V-Strom 250 Versi Silinder Tunggal Hadir di India?
Gambar
Review Pengguna

Honda, Yamaha dan BMW absen di ajang Auto Expo India 2020. Suzuki berinisiatif mengambil panggung utama. Memanfaatkannya untuk mengeluarkan sejumlah model baru, termasuk Suzuki V-Strom 250.

Kemunculan Gixxer SF 250 tahun lalu bisa dijadikan acuan. Meski spekulatif, tak menutup kemungkinan Suzuki menciptakan turunan berbasis motor 250 cc-nya itu. Toh, pekerjaan seperti ini juga lumrah dilakukan pabrikan otomotif manapun. Berbagi sasis, mesin, teknologi, walau diramu dengan paras berbeda. Latar belakang ini pula yang akhirnya menguak terkaan soal keberadaan V-Strom 250.

Suzuki V-Strom 250 India 2020

Ia diyakini mengadopsi rancang bangun dari Gixxer SF 250. Mengaplikasi mesin injeksi satu silinder Suzuki, berkubikasi total 249 cc. Soal tampang, sudah jelas merujuk kepada big bike V-Strom yang ada sekarang. Sebuah pilihan baru sekaligus menarik, khususnya bagi motoris penyuka aktivitas touring.

Memang ada perbedaan dengan sajian V-Strom 250 peruntukan pasar Jepang dan Australia. Di sana, motor touring seperempat silinder itu menggunakan mesin dua silinder. Tepatnya dua silinder segaris dan pendingin cairan. Jantung mekanis SOHC-nya mampu menghasilkan daya 24,6 Hp/8.000 rpm dan torsi puncaknya mencapai 23,4 Nm / 6.500 rpm. Tenaganya disalurkan melalui transmisi 6 percepatan manual.

Baca juga: Menilik Suzuki Katana 150, Calon Rival Yamaha XSR 155 dan Kawasaki W175

Mesin V-Strom 250 versi Australia saat ini memaksimalkan efisiensi bahan bakar dan telah memenuhi persyaratan Euro 4. Konsumsi bahan bakarnya mampu mencatat 29,2 kpl. Dengan tangki bahan bakar berkapasitas 17 liter, motor dapat menempuh jarak hingga 496 km dalam sekali pengisian full.

Sementara, spesifikasi lain masih sama dengan pasar Jepang. Menggunakan suspensi teleskopik di depan, dan peredam kejut jenis monoshock pada bagian belakang. Bagian kaki-kaki V-Strom 250 dilengkapi ban ukuran 110/80-17 (depan) dan 140/70-17 (belakang).

Termasuk lampu depan, menggunakan cover bulat dan masih bohlam. Di bawahnya diberikan seperti paruh burung, layaknya motor adventure. Sedangkan pada bagian atas, disematkan windscreen kecil untuk melindungi panel instrumen berteknologi negative display. Sajiannya pun lengkap, meliputi: spidometer, takometer, odometer, posisi roda gigi, konsumsi bahan bakar rata-rata, indikator bahan bakar, indikator RPM, Indikator waktu penggantian oli, dan jam. Mirip dengan milik Suzuki GSX series buatan Indonesia, pun bentukan lampu belakangnya.

Untuk mengakomodasi perjalanan jarak jauh, Suzuki memberikan rak berbahan alumunium yang dapat dipasang langsung dengan box. Setiap sisi bagian buntut juga sudah dipasangkan pengait untuk memasang tali ataupun side pannier opsional. Secara keseluruhan, aplikasi itu itu bisa ditemui pada V-Strom satu silinder ala India. Memang tak semenggugah versi dua silinder, tapi menyoal harga tentulah lebih bersahabat. Kita tunggu saja kepastiannya mulai 7 Februari 2020. (Bgx/Ano)

Sumber: Ride Apart

Baca juga: Suzuki Indonesia Gelar Kompetisi Desain GSX Series

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store