MotoGP: Resep Alex Rins Jaga Performa di Tengah Balapan Hujan GP Mandalika

  • Alex Rins
  • Alex AleA
  • Suzuki Ecstar Alex Rins
  • Alex Rins

Balapan MotoGP seri kedua bertajuk Pertamina Grand Prix Indonesia yang digelar di Mandalika, Lombok, kemarin (20/3), terbilang sukses bagi tim Suzuki Ecstar. Pasalnya, mereka memulai tidak dari situasi yang strategis, baik dari posisi start, maupun kondisi cuaca dan trek. Nyatanya, keduanya bisa memaksimalkan poin optimal bagi tim dengan finish kelima dan keenam.

KEY TAKEAWAYS

  • Poin Optimal Diraih Tim Suzuki Ecstar

    Finish di posisi lima dan enam sementara start dari posisi yang kurang baik, jadi modal yang baik bagi Suzuki di musim ini.
  • Sirkuit Mandalika Diguyur Hujan Deras

    Hujan deras disertai badai dan petir membuat balapan diundur lebih dari satu jam.
  • “Akhir pekan ini sangat sulit karena banyak faktor; kondisi trek, cuaca, dan juga masalah yang kami alami dengan set-up. Tetapi pada akhirnya pembalap kami mendapat posisi kelima dan keenam, yang tidak buruk dan kami menganggapnya sebagai tanda positif untuk balapan berikutnya. Kami tidak terlalu jauh dari podium hari ini, dan semoga kami akan segera berada di sana. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua tim atas kerja keras mereka di sini,” terang Ken Kawauchi, Technical Manager Tim Suzuki Ecstar dalam informasi yang diberikan pada kami hari ini (21/3).

    Alex Rins

    Hujan deras yang mengguyur Sirkuit Pertamina Mandalika International Street Circuit sesaat sebelum MotoGP dimulai membuat tim harus mengubah strateginya. Alex Rins, rider Suzuki Ecstar bernomor 42 yang memulai dari posisi delapan, sempat bertarung memperebutkan podium pada putaran awal.

    "Saya sangat khawatir dengan kondisinya dan tidak tahu apakah itu bisa dilanjutkan. Itu adalah balapan yang sulit, saya membuat awal yang baik dan mencoba segalanya untuk naik podium, tetapi setelah beberapa moment besar di bagian depan saya mencoba untuk tenang dan menjadi lebih halus," tutur Alex Rins.

    Kami yang menyaksikan langsung balapan di Mandalika juga sangat khawatir dengan guyuran hujan deras. Soalnya, start sudah ditunda berkali akibat hujan disertai petir. Harusnya, para pembalap termasuk Rins bisa memulai aksinya pukul 3 sore, tapi penundaan demi keamanan oleh race director menyebabkan start diundur hingga 4:15. Itupun dimulai dalam status balapan hujan (wet race). Jumlah lap pun dipangkas, dari seharusnya 27 putaran menjadi hanya 20.

    Alex Rins

    Fabio Quartararo, juara dunia 2021, yang memulai dari grid terdepan sempat tercecer. Namun ia memberikan perlawanan pada Rins yang berada di depannya. "Ketika Zarco dan Quartararo melewati saya, saya melihat bahwa mereka memiliki kecepatan yang lebih baik daripada saya, dan saya menyadari bahwa saya tidak dapat berbuat lebih banyak tanpa risiko besar. Jadi, saya mengambil tempat kelima, yang tidak buruk untuk balapan yang sulit dan akhir pekan yang sulit di mana saya berjuang dengan kondisi fisik saya. Saya senang mendapatkan poin dan saya ingin melanjutkan dengan konsistensi,” terang Rins yang menunggangi Suzuki GSX-RR.

    Hasil yang cukup baik itu, menjadi kontribusi cukup besar bagi tim Suzuki Ecstar. Poin pada klasemen konstruktor menjadi 21, dan menempatkan Suzuki di posisi empat klasemen dari total enam pabrikan. (Van)

    Sumber Foto: Suzuki Indonesia, Facebook Suzuki Ecstar

    Baca Juga: KTM Menangkan Gelaran MotoGP Indonesia

    Jelajahi Suzuki GSX R150

    Model Motor Suzuki

    • Suzuki Satria F150
      Suzuki Satria F150
    • Suzuki GSX R150
      Suzuki GSX R150
    • Suzuki NEX II
      Suzuki NEX II
    • Suzuki Address
      Suzuki Address
    • Suzuki Gixxer SF 250
      Suzuki Gixxer SF 250
    • Suzuki GSX S150
      Suzuki GSX S150
    • Suzuki NEX Crossover
      Suzuki NEX Crossover
    Motor Suzuki

    Jangan lewatkan

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    Video Motor Suzuki GSX R150 Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor Suzuki GSX R150

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren Sport

    • Yang Akan Datang