• Wishlist

Suzuki Belum Yakin GSX-250R Laku di Indonesia

Suzuki Belum Yakin GSX-250R Laku di Indonesia

Suzuki Indonesia nampak masih fokus untuk menggarap pasar GSX-150R. Hal ini ditunjukkan dengan keengganan mereka menjual GSX-250R dalam waktu dekat. Alasannya, cukup logis, PT Suzuki Indomobil Sales 2W merujuk pada respons pasar atas segmen itu yang tak signifikan.


“Kalau GSX-250R kami luncurkan, kami tanya, memang seperti apa responsnya?” ungkap Seiji Itayama, Managing Director Roda Dua PT SIS, Seiji Itayama ketika ditemui OTO.com beberapa waktu lalu. Ia merujuk penjualan merek-merek yang sudah lebih dulu berdagang. Misalnya, Honda dan Yamaha. Kedua merek ini tak berhasil menjual motor 250.




[caption id="attachment_5269" align="alignnone" width="650"]Desain Bodi Suzuki GSX-R250 Suzuki GSX-250R[/caption]

Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang diterbitkan pada Juni 2017 merilis, Honda sekalipun, hanya menjual CBR250RR sebanyak 5.010 unit dalam tempo 5 bulan. Padahal CBR150R-nya mencapai 33 ribuan. Demikian pula Yamaha R25, sejak Januari hingga Mei, motor 250 cc berlambang garputala itu hanya dijual sebanyak 653 unit. Padahal All New R15 yang baru didistribusikan secara resmi selama 1 bulan saja, sudah mencapai 8.474 unit.


Spesimen dari dua merek motor terbesar di tanah air itu, tentu sudah cukup merepresentasikan maksud Itayama. Menurutnya, pihaknya siap sedia jika dibutuhkan untuk merilis motor tersebut. Namun, itu terjadi jika ada demand.


“Saya memang sudah mendiskusikan dengan principal (Yamaha Jepang), model apa yang bakal kami luncurkan di sini. Namun untuk GSX-250, kami masih melihat dulu. Saat inipun, motor ini baru beredar di Cina. Tapi kami lihat kembali spesifikasinya untuk dikeluarkan di sini, canggih atau tidak,” jelas Itayama.


Suzuki Indonesia memang sudah cukup lama tak mengedarkan seri motor bermesin 250 cc. terakhir, mereka sempat meniagakan Inazuma 250. Sebelumnya pernah ada juga seri Thunder, itu pun hanya sesaat mengorbit di Indonesia. Dua spesies itupun bukanlah motor sport berfairing, keduanya adalah motor sport naked yang artinya tak sekelas dengan CBR250RR ataupun Yamaha R25.


Jika akhirnya Suzuki merilis GSX-250R di Indonesia, memang tak menjamin merek mereka terdongkrak. Jikapun dirilis, mungkin hanya membahagiakan fanatis GSX semata. Berbeda dengan GSX-R150 yang memang menjadi pilihan masyarakat yang mengidamkan motor sport berfairing dengan harga terjangkau.


Baca juga: Mau Tingkatkan Performa GSX-R150, Suzuki Tawarkan ECU Racing

Jelajahi Suzuki GSX R150

Suzuki GSX R150 Rp 30,6 - Rp 34,6 Juta Cicilan : Rp 698.183

Bandingkan & Rekomendasi