Spyshot KTM 250 Adventure Saat Uji Jalan

Gambar
Review Pengguna

Ambisi KTM memperluas jajaran motor makin terlihat nyata. Setelah merilis 390 Adventure di EICMA 2019 – versi lebih kecilnya tertangkap lensa di jalanan India saat pengujian. Diduga kuat ialah sosok Adventure 250, petualang paling kompak merek Austria. Tak menutup kemungkinan kemunculan ini menjadi tanda: waktu perilisan sebentar lagi!

Siluet di balik kamuflase tak mencirikan perbedaan bentuk dengan 390. Gurat-gurat bodinya persis. Paling tidak saat melihat fairing, buntut, sampai model handlebar, panel instrumen dan cover lampu. Rasanya bentuk mereka akan identik. Hanya dibedakan lewat corak grafis dan pewarnaan. Seperti yang dilakukan pada Duke maupun RC.

KTM 250 Adventure

Dan tentu bakal jadi opsi menarik. Pasalnya seri 390 Adventure menuai banyak kritik dari media maupun para konsumen, sebab harganya mencapai 300.000 Rupee, atau jika dikonversi sekitar Rp 59 juta. Kita tahu, di India nominal segitu tak bisa dibilang murah – mengingat motor sudah diproduksi lokal – sekaligus kurang bersaing dengan rival sekelas.

KTM Adventure 250 bisa jadi solusi. Kalau berkaca ke diferensiasi harga Duke 390 dan 250, selisihnya mencapai 30 persen lebih. Karena itu bukan tak mungkin 250 Adventure dijual Rp 38 jutaan di kemudian hari. Terbilang kompetitif, apalagi punya wajah dan beberapa kemiripan teknologi.

Ya, tanpa perlu menunggu lama, apa yang dikandung keluarga Adventure baru sudah dapat diterka. KTM kerap mengeksploitasi basis Duke, diterjemahkan dalam banyak bentuk. Tak terkecuali motor satu ini. Paling memungkinkan ia mengadopsi penuh platform Duke 250, serta merta teknologi dan komponen kaki-kakinya.

Berarti memangku mesin 249 cc satu silinder DOHC bertenaga 30 Hp dan torsi 24 Nm. Dapur pacu itu dikenal memiliki torsi begitu melimpah, serta bisa digapai sejak putaran rendah. Pas buat karakter petualang dalam mengakomodir tenaga di medan dinamis. Belum lagi konsumsi bahan bakar diklaim 30,8 kpl, alias termasuk hemat di kelas 250 cc.

Sektor transfer daya tak kalah menarik. Girboks manual enam percepatan dijejali ragam teknologi canggih. Semisal assist dan slipper clutch, atau disebut PASC antihopping clutch oleh KTM. Proses pemindahan gigi mestinya terasa lebih lembut dan ringan, berikut meminimalisir efek ban terkunci saat engine brake.

Adapun bi-directional quick shifter, memungkinkan naik turun gigi tanpa perlu menarik tuas kopling. Tak disebut kapan fitur berfungsi (rpm), yang pasti sensasi berkendara bakal makin tangkas. Sebab pengendara cukup fokus pada genggaman tangan dan mengarahkan laju motor, tanpa disibukkan momentum menarik tuas.

KTM 250 Adventure advertorial

Lantas struktur utama dan kaki-kaki besar kemungkinan hanya diracik ulang menyoal jarak main. Sementara tipenya sama. Rangka teralis berpadu fork upside down WP 43 mm, serta monoshock WP Apex di belakang. Bisa jadi travel depan dan belakang diperpanjang, mengingat jenisnya adventure. Alhasil ground clearance seharusnya bertambah pula, berikut tinggi jok ke tanah.

Untuk menjinakkan laju, ada kemungkinan pembaruan pada KTM Duke 250 ikut diterapkan. Ia baru saja kedapatan cakram depan berukuran lebih besar dari sebelumnya, mencapai 300 mm. Sementara belakang juga naik jadi 230 mm. Masing-masing dijepit kaliper ByBre empat dan satu piston, terkoneksi ABS dua kanal.

Sementara menyoal fitur, panel instrumen TFT dari kakaknya tampak jadi bawaan standar. Model layar berwarna ini lebih canggih dari pada milik Duke 250. Selain atraktif, data yang tersaji lengkap dan menunjang kebutuhan jalan jauh. Plus, sudah dilengkapi pencahayaan LED dari depan ke belakang.

Rencana Menambah Line Up 500 cc

Selain versi kecil, KTM tengah mempersiapkan basis mesin 500 cc baru. Hal ini diungkapkan beberapa waktu lalu oleh sang CEO, Stefan Pierer. Amunisi untuk bermain di pangsa pasar mid-size dan upaya mengisi celah kosong jajaran motor oranye sedang disusun matang. Bahkan salah satu produknya direncanakan hadir mulai 2022.

KTM 790 motorcycle

Duke menjadi spesies paling memungkinkan untuk jadi pembuka. Dan jika sudah bicara Duke, otomatis RC dan Adventure bakal mengikuti. Seperti yang biasa dilakukan mereka selama ini: Berbagi satu basis di segala jenis. Tapi bukan tak mungkin juga jenama baru akan lahir dua tahun lagi.

Makin menarik, bukan konfigurasi satu silinder yang mereka inginkan. Stefan mengatakan tegas, dapur pacu 500 cc bakal memiliki dua piston berpendingin cairan. Hal ini tentunya menjadi babak baru bagi KTM kelas tengah, mengingat seri 390 ke bawah masih mengadopsi silinder tunggal – yang teriakannya kurang gahar. Dentuman dua silinder niscaya mengalun lebih indah, sekaligus memiliki tenaga besar di putaran atas.

Sumber: Gaadiwaadi

Baca Juga: Benelli Leoncino 800 Dirilis, Harganya Terjangkau!

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store