Kenali Fitur Konektivitas Yamaha All New NMax, Ada Apa Saja?

Kenali Fitur Konektivitas Yamaha All New NMax, Ada Apa Saja?
Gambar
Review Pengguna

Yamaha All New NMax menawarkan pembaruan mutakhir. Rasanya kurang cocok menyebut pembenahan dari model lama. Apa yang dilakukan pabrikan pada motor ini, lebih terlihat sebagai rilis model yang benar-benar berbeda. Ini lantaran banyaknya hal baru pada skutik mid level itu. Satu fitur yang kami garisbawahi adalah kemampuan konektivitas.

Yamaha All New NMax

Dikenalkan dengan jargon Communication Control Unit. Mungkin bisa dianalogikan bak koneksi smartphone dengan headunit mobil. Namun apa yang disiapkan Yamaha NMax baru, tidak sesederhana itu. Pengguna bisa mendapatkan ragam informasi motor pada gawainya. Juga sebaliknya. Ada notifikasi dari smartphone yang bisa ditampilkan pada panel instrumen motor.

Cara kerjanya, ada software atau aplikasi yang harus diunduh pemilik motor di smartphonenya. Aplikasi ini, dihubungkan dengan motor via bluetooth. Lewat apps, ada lima fungsi utama yang bisa dikomunikasikan dengan motor.

1. Tingkat Efisiensi

Informasi mengenai status bahan bakar, memang sudah terekam di motor. Variabel ini sudah ada sejak NMax lawas. Bedanya, sekarang Anda juga bisa memantaunya di gawai. Level bahan bakar dalam tangki, catatan efisiensi di beberapa perjalanan terakhir, tersaji lengkap dengan jarak tempuhnya.

2. Kondisi Motor

Status oli mesin, voltase baterai (accu), bisa dipantau. Kondisi ini bisa diakses sebelum pengguna menyalakan motornya. Setelah motor dinyalakan, maka informasi pada smartphone meliputi putaran mesin, kecepatan dan efisiensi.

3. Peringatan Malfungsi

Jika terjadi malfungsi pada motor, aplikasi mengirimkan email pada pengguna. Panduan ini bisa digunakan untuk menjaga kondisi motor agar terhindar dari kerusakan yang lebih banyak. Pabrikan juga menyebut adanya sistem penyimpan informasi garansi, hingga booking servis di perangkat lunak.

4. Lokasi Parkir

Berbasis GPS pada gawai, sistem merekam posisi terakhir motor Anda berhenti. Tentu bisa diandalkan untuk mencari lokasi parkir pada motor. Terlebih jika Anda memarkir di lokasi yang luas.

5. Notifikasi Panggilan, SMS dan Email

Telepon seluler Anda pasti digunakan untuk berkomunikasi. Nah, jika ada panggilan masuk, sms atau email, aplikasi menyajikan notifikasinya di panel instrumen.

Sayangnya, kami belum sempat menjajal sendiri fitur ini. Lantaran aplikasinya (Y-Connect) belum tersedia di toko digital (Google Playstore Apple AppStore). Seluruh materi yang kami temukan merupakan presentasi dari gawai pihak YIMM.

Yamaha All New NMax

Fitur-fitur ini mungkin terkesan baru di motor. Memang demikian adanya, lantaran di catatan kami, peranti ini belum pernah ada di motor Yamaha apapun. Kalaupun ada di merek lain, tersemat pada model-model premium, semisal Honda Goldwing, Kymco Like 150i dan Vespa GTS300 Super Tech. Tapi untuk model produksi Indonesia, baru NMax.

Hadirnya fitur ini tentu membuat NMax baru lebih bernilai dan makin meninggalkan rival-rivalnya. Sayangnya, sulit menilai potensi value for moneynya. Lantaran harga skutik maxi terlaris ini masih belum dirilis. Banderolnya baru dipublikasikan medio Desember, sedangkan distribusi ke konsumen pada 2020. (Van)

Baca Juga: Saingi Honda CRF150L Berapa Harga Yamaha WR155R?

Jelajahi Yamaha Nmax

Yamaha Nmax Rp 29,75 - Rp 33,75 Juta Cicilan : Rp 678.789

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store