jakarta-selatan

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki GSX-R150

  • 07 Jun, 2017
  • 42735 Kali Dilihat

Tak ada gading yang tak retak, frasa itu cocok dengan Suzuki GSX-R150. Motor sport fairing berukuran kompak yang menjadi perdana bagi Suzuki ini seolah menawarkan hal yang menarik dari paket harganya. Namun dari observasi dan uji coba langsung motor anyar produksi tanah air itu kami temukan kelebihan dan kekurangannya.


Kelebihan 1. Harga Tidak bisa dipungkiri, harga GSX-R150 sangat terjangkau dibandingkan kompetitor (Yamaha All New R15 dan Honda CBR150R). Di saat pesaingnya mematok banderol di atas Rp 30 juta, Suzuki sanggup menjualnya Rp 29,9 juta. Apalagi sampai 31 Juni 2017, motor ini masih dipasarkan dalam harga promo Rp 27,9 juta (OTR-Jakarta).


Suzuki GSX1


Bukan cuma itu, pabrikan berlambang S ini juga menawarkan promo Ramadan. Setiap pembelian GSX-R150 secara kredit, pembeli diberikan cashback sampai Rp 1 jutaan. Bahkan bagi yang hanya melakukan test ride di diler-diler bertanda khusus, ada kesempatan mengikuti sesi undian untuk mendapat hadiah menarik.


2. Mesin Bertenaga Mesinnya merupakan hasil pengembangan Suzuki Satria F150 FI. Jantung mekanisnya berkapasitas 147,3 cc DOHC 4-valve berpendingin cairan. Sanggup memuntahkan torsi puncak 14 Nm pada 9.000 rpm dan tenaga maksimal 19,17 PS pada 10.500 rpm. Sistem transmisinya menggunakan 6-percepatan manual.


GSX R nikung


Kemampuan ini secara spesifikasi melebihi mesin CBR150R. Hanya saja, jika dibandingkan dengan Yamaha R15 terbaru, kalah. Sebenarnya wajar, mengingat pabrikan garpu tala memberi motornya dengan kapasitas mesin yang jauh lebih besar dari GSX-R150 yaitu 155,1 cc.


3. Smart Key System Fitur belum dimiliki oleh rival, Suzuki menjadi pionir di tanah air yang memperkenalkan sistem ini. Smart key system memastikan fungsi anak kunci digantikan remote. Jika Anda ingin mengaktifkan mesin, remote tidak perlu keluar dari saku celana. Cukup tunggangi kendaraan, kemudian tekan dan putar kenop yang ada di ujung tangki bensin.


sistem keyless lebih aman


Di dalam remote itu juga ada fitur answer back system. Berguna kalau ingin mencari motor di parkiran. Cukup tekan tombol yang ada di remote, maka GSX-R150 mengeluarkan suara dan lampunya menyala untuk memberitahukan lokasi.


Kekurangan 1. Minim Fitur Berkendara Motor ini benar-benar minim intervensi fitur berkendara. Semuanya terasa sangat natural dan konvensional. Bila dibandingkan, Yamaha R15 sudah dibekali teknologi variable valve actuation (VVA) yang memungkinkan torsi dan tenaga maksimal terjaga di berbagai rentang rpm. Kemudian di transmisinya ada assist & slipper clutch, yang berguna untuk memperhalus dan mempercepat perpindahan gigi.


Mesin Suzuki GSX-R150


Dalam sistem pencahayaan, Suzuki juga tidak semaksimal CBR150R. LED pada GSX-R150 hanya pada lampu depan, sementara kuda besi Honda menggunakan lampu LED di semua lampu. Semua itu diklaim membuat sistem kelistrikan lebih stabil dan juga menghasilkan pencahayaan lebih baik terutama saat berkendara di malam hari.


2. Layanan Purna Jual Kurang Maksimal Kekurangan kedua dari GSX-R150 adalah layanan purna jual. Jumlah bengkel Suzuki tidak sebanyak milik Honda dan Yamaha. Meski mereka mengklaim menambah jaringan sebanyak 300 mitra bengkel pada 2017, namun sampai saat ini belum kelihatan jelas batang hidungnya. Masih lebih sulit bagi kami untuk menemukan bengkel Suzuki dibandingkan rival. (Lodra/Van)


mesin Suzuki GSX


Baca Juga : Perbedaan Yamaha New Vixion dan New Vixion R

kali dibagikan

Harga dan Promo Varian GSX R150

  • Shuttered Key | Rp28,9 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp2,9 Juta
    Angsuran Rp1,24 Juta
    Tenor 35 Months
    Lihat Promo
  • Keyless Ignition System | Rp29,9 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp3 Juta
    Angsuran Rp1,28 Juta
    Tenor 35 Months
    Lihat Promo
  • ABS | Rp24,75 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp6,25 Juta
    Angsuran Rp826.000
    Tenor 33 Months
    Lihat Promo

Video Suzuki GSX R150

Lihat video terbaru Suzuki GSX R150 untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor Pilihan

  • Populer
  • Komparasi