Mercedes-Benz S-Class W223 Pakai MBUX Baru, Makin Pintar Serbaotomatis

Mercedes-Benz S-Class W223 Pakai MBUX Baru, Makin Pintar Serbaotomatis

Mercedes-Benz menggoda publik dengan merilis video S-Class anyar. Tidak dibeberkan semua, pabrikan asal Jerman itu hanya menjelaskan teknologi terkini yang dibenamkan. Wujud masih terbungkus rapat jubah kamuflase. Adapun fitur canggihnya adalah sektor infotainment. Antarmukanya baru, disokong generasi kedua sistem Mercedes-Benz User Experience (MBUX). Baik perangkat lunak maupun kerasnya sudah di-update.

Dimulai dari panel instrumen digital masif 12,3 inci yang dilengkapi tombol di kemudi. Mampu menampilkan visual tiga dimensi yang terlihat jelas dan sama dari sudut manapun. Hal ini didukung kamera yang mendeteksi pergerakan mata pengemudi, kemudian menyesuaikan gambarnya. Seperti biasa, ada beberapa pilihan display, seperti simpel, dinamis, sporty dan klasik.

Display Mercedes S-Class

Ini masih ditambah head-up display. Monitor yang menampilkan informasi seputar kendaraan di windshield. Sudah menganut teknologi augmented reality. Gambar yang disajikan bersifat dinamis. Sebagai contoh saat menggunakan navigasi, tanda panah seolah terproyeksi di jalan. Bentuknya berubah seiring mendekatnya mobil. Perilaku sama juga diimplementasikan untuk perangkat bantuan mengemudi, seperti collision warning. Begitu juga ketika menentukan jarak untuk adaptive cruise control. Masih ada segudang fungsi lainnya yang bisa diproyeksikan HUD S-Class anyar.

Baca Juga: Mercedes-Benz Segera Mengenalkan S-Class W223, Begini Wujudnya

Head unit tak kalah besar. Berteknologi OLED dengan ukuran 12,8 inci yang diposisikan portrait di konsol tengah. Resolusinya 1.888 x 1.728 pixel dan memiliki penyimpanan lokal SSD berkapasitas 320 GB. Tampilannya tajam, mudah dioperasikan. Tak hanya bisa dikontrol lewat tombol atau sentuh, juga voice command. Menariknya kini mampu mengenali 27 bahasa. Versi baru juga tak membutuhkan kalimat "Hey Mercedes" untuk mengaktivasi seperti sebelumnya. Perintah suara juga bisa dilakukan dari berbagai sudut, termasuk baris penumpang belakang. Semakin pintar karena sistem dapat memberitahu lokasi P3K di dalam mobil, menginformasikan cara menghubungkan head unit dengan smartphone.

New Mercedes MBUX

Sensor dalam sistem juga dapat membaca pergerakan saat mengemudi. Contohnya ketika kepala pengemudi tiba-tiba bergerak ke samping untuk melihat spion tengah. Sistem secara otomatis membuka tirai jendela buritan (bila terpasang). Atau ketika pengemudi tengah mencari sesuatu di jok depan saat gelap. Secara otomatis lampu kabin dinyalakan.

Lalu MBUX terbaru dapat menyimpan tujuh profil settingan. Baik posisi jok, kemudi hingga stasiun radio favorit. Datanya disimpan ke dalam jaringan cloud Mercedes Me. Sehingga bisa diinput ke model lain yang memiliki MBUX anyar. S-Class terbaru turut meningkatkan kenyamanan baris kedua. Penumpang mendapatkan kontrol infotainment setara di depan. Konsumen pun bisa menambahkan tiga layar sentuh. Dua di belakang jok, satu di armrest tengah.

Baca Juga: Mercedes Benz Kenalkan Update E63 AMG, Punya Wajah Baru Mirip AMG GT

New MBUX

Jantung mekanis masih dirahasiakan. Kemungkinan ada pilihan mesin empat silinder, enam silinder dan delapan silinder. Begitu juga PHEV (Plug-in Hybrid) dan AMG S63. Pilihan paling bertenaga dengan konfigurasi V12 bakal dibenamkan di S-Class Maybach dan disandingkan dengan penggerak semua roda 4Matic. Dipastikan akan tersedia versi wheelbase standar dan panjang, termasuk model Maybach yang dimelarkan.

Walau begitu, diketahui terdapat teknologi canggih lain tersemat. Seperti proteksi akses dengan otentikasi biometrik memakai sidik jari, wajah atau suara. Untuk interior, secara desain dibikin minimalis, tapi memancarkan nuansa futuristik. Terlihat pada tatanan dasbor. Pendingin kabin menganut auto climate dengan delapan ventilasi di depan. Konfigurasinya empat yang berbaris di tengah dan dua di masing-masing sudut. Sementara pada bodi, Mercedes-Benz sudah memperlihatkan sedikit wajah depannya dengan grille besar dan bumper berpalang horizontal yang melebar. Di belakang, muffler ganda kromium sebagai penegas ekstraksi daya.

Penasaran dengan wujud dan spesifikasi sepenuhnya? Anda harus bersabar, karena S-Class dijadwalkan meluncur September ini. (Hfd/Odi)

Baca Juga: Mendekati Peluncuran, Mercedes-Benz EQA Kembali Tertangkap Kamera

Jelajahi Mercedes Benz S-Class

Model Mobil Mercedes Benz

  • Mercedes Benz CLS-Class
    Mercedes Benz CLS-Class
  • Mercedes Benz AMG GT
    Mercedes Benz AMG GT
  • Mercedes Benz G-Class
    Mercedes Benz G-Class
  • Mercedes Benz V-Class
    Mercedes Benz V-Class
  • Mercedes Benz A-Class
    Mercedes Benz A-Class
  • Mercedes Benz GLC-Class
    Mercedes Benz GLC-Class
  • Mercedes Benz GLA-Class
    Mercedes Benz GLA-Class
  • Mercedes Benz GLS-Class
    Mercedes Benz GLS-Class
  • Mercedes Benz S-Class
    Mercedes Benz S-Class
  • Mercedes Benz C-Class Sedan
    Mercedes Benz C-Class Sedan
  • Mercedes Benz E-Class
    Mercedes Benz E-Class
  • Mercedes Benz Vito
    Mercedes Benz Vito
  • Mercedes Benz GLB-Class
    Mercedes Benz GLB-Class
  • Mercedes Benz C-Class Coupe
    Mercedes Benz C-Class Coupe
  • Mercedes Benz AMG A35
    Mercedes Benz AMG A35
  • Mercedes Benz C-Class Cabriolet
    Mercedes Benz C-Class Cabriolet
  • Mercedes Benz CLA-Class
    Mercedes Benz CLA-Class
  • Mercedes Benz GLE-Class
    Mercedes Benz GLE-Class
  • Mercedes Benz Sprinter
    Mercedes Benz Sprinter
  • Mercedes Benz C-Class Estate
    Mercedes Benz C-Class Estate
  • Mercedes Benz A-Class Sedan
    Mercedes Benz A-Class Sedan
  • Mercedes Benz B-Class
    Mercedes Benz B-Class
Mobil Mercedes Benz

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Mercedes Benz S-Class Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Mercedes Benz S-Class

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Sedan

  • Yang Akan Datang