First Drive Suzuki Jimny 5-Door: Daya Tarik Sang Ikonik

Tawaran performa off-road, kabin lebih lapang dan nilai ikonik jadi poin unggulannya

First Drive Suzuki Jimny 5-Door: Daya Tarik Sang Ikonik

Jimny 5 pintu jadi model terbaru yang dikenalkan Suzuki untuk pasar SUV di Indonesia. Model ini melengkapi kehadiran Jimny 3 pintu terdahulu dan juga deretan produk SUV Suzuki lainnya seperti XL7 dan Grand Vitara.

KEY TAKEAWAYS

  • Berapa harga Suzuki Jimny 5 pintu?

    Ditawarkan dengan banderol Rp462 - 478,6 juta
  • Pada perkenalannya di IIMS 2024, Jimny 5 pintu langsung ditawarkan di area test drive pengunjung pameran hingga 25 Februari mendatang. Ini tentu jadi kesempatan apik mencoba model terbaru Suzuki tersebut.

    Selain area test drive biasa, Suzuki juga menawarkan sensasi berkendara ekstrem untuk pengunjung. Area bernama Jimny Adventure Experience ini menggali kemampuan offroad SUV sejati Jimny yang dikemudikan off roader profesional.

    Lantas bagaimana dengan impresi SUV ini? Simak bahasan berikut.

    Performa

    First Drive Suzuki Jimny 5 Doors

    Jimny 5 pintu masih mempercayakan mesin K15B empat silinder 1.462 cc untuk menjadi sumber tenaganya. Mesin ini juga tidak berbeda dengan varian tiga pintu, menghasilkan tenaga 102 ps pada putaran 6.000 rpm dan torsi 130 Nm pada putaran 4.000 rpm.

    Impresinya di area test drive IIMS 2024 tidak memberikan perbedaan dengan varian tiga pintu. Mesin ini menawarkan tenaga dan impresi yang cukup memuaskan pada penggunaan di dalam kota.

    Unit yang dicoba merupakan varian transmisi otomatik dengan pemilihan mode P, R, N, D, 2, dan L untuk gigi rendah. Mode D cukup memberikan kemudahan selama berkendara di area test drive. Akselerasi yang ditawarkan juga cukup baik, meski sedikit terasa kalem tenaga yang disalurkan dibandingkan dengan model 3 pintu. Kemungkinan karena dimensi, tapi rasanya jarang pemilik Jimny kebut-kebutan di jalanan bukan?

    Jimny 5 doors

    Bagi yang mencari tombol mode berkendara, tidak akan ditemui di Jimny 5 pintu ini. Gantinya, dan dirasa memberikan citra klasik dan kemampuan offroad murni, adalah tuas tambahan untuk mode gerak roda. Terdapat mode 2H, 4H, dan 4L yang bisa dipilih pengemudi dengan memposisikan tuas transmisi ke mode N dan kendaraan berhenti. Selama pengujian perdana, mode yang dipilih adalah mode 2H yang memang biasa digunakan untuk harian.

    Impresi Berkendara

    Berada di sisi pengemudi Jimny 5 pintu rasanya tidak memberikan perbedaan mencolok dengan varian 3 pintu. Persis sama. Kesan retro modern tetap dihadirkan dari area dasbor yang mengotak dan meter cluster penunjuk jarum konvensional dipadukan dengan MID.Pengaturan duduk pengemudi dilakukan manual, rebah tegak, tinggi rendah, lewat tuas di bagian samping jok. Lingkar kemudi sayangnya belum teleskopik, masih tilt naik dan turun.

    Pengemudi dengan bobot 95 kilogram dan tinggi 170 cm, berada di balik kemudi Jimny 5 pintu, cukup memberikan kesan padat. Door trim terasa dekat dengan badan dimana door handle bagian dalam bisa dijadikan arm rest selama berkendara. Jendela di kiri dan kanan juga terasa lapang, memudahkan melihat kaca spion yang berbentuk kotak untuk sisi kiri dan kanan kendaraan.

    Jimny 5 doors

    Jok dengan balutan bahan fabric memberikan rasa nyaman sepanjang mengemudi. Tidak terasa mewah memang, namun mampu menopang pengemudi dengan postur badan lebar. Bagi yang baru pertama mencoba Jimny, tombol buka tutup jendela ditemukan di area konsol tengah, bukan pada door trim.

    Soal sudut pandang, karena area depan tidak ada perubahan, tetap serupa dengan Jimny 3 pintu. Kaca depan masih dengan sudut tegak yang memberikan area pandang luas, meski pilar A cukup besar. Impresi di belakang kemudi juga terasa tinggi dan besar, berkat kap mesin yang terlihat di area depan pengemudi.

    Perbedaan tentu saat melihat ke belakang. Ada tambahan dua pintu sebagai akses ke baris kedua. Suzuki telah memudahkan pengemudi saat bermanuver parkir dengan kehadiran sensor parkir dan kamera belakang. Sayang tampilan gambar dari kamera belakang yang ditampilkan di layar head unit 9 inci tidak terlalu jernih.

    Jimny 5 doors

    Soal handling. sepanjang pengujian di area tes, kemudi Jimny 5 pintu terasa memberikan ruang kosong ketika kemudi diputar. Tidak terlalu responsif namun ini masih bisa diterima saat mengajak mobil bermanuver di area tes.

    Penggunaan recirculating ball pada sistem kemudi memang banyak ditujukan bagi kendaraan off road dengan penggunaan di area ekstrem. Namun saat di kota, kemungkinan saat memutar balik kendaraan, putaran kemudi menjadi lebih banyak. Soal putar balik ini juga yang berbeda dengan model 3 pintu. Jimny 5 pintu membutuhkan radius putar minimum 5,7 meter sedangkan model 3 pintu 4,85 meter.

    Suspensinya juga tetap memberikan karakter model 3 pintu. Terasa cukup padat, jika tidak ingin dibilang keras, saat berjalan perlahan melewati polisi tidur. Suspensi depan dan belakang menggunakan 3-link rigid axle with coil spring yang bertujuan untuk membantu kenyamanan penumpang saat melewati kondisi jalan ekstrem. Suspensi ini tetap memberikan rasa berkendara nyaman, dan selama di area tes, terasa cukup rigid.

    Jimny 5 doors

    Performa di Area Ekstrem

    Pada area Jimny Adventure Experience, meski tidak diberikan kesempatan mengemudi, Oto.com bisa merasakan kemampuan jelajah model 5 pintu Jimny ini apabila di habitat ekstrem. Terdapat area gundukan yang membuat ban mobil terangkat sebagian, trek dengan kemiringan cukup ekstrem, area berbatu, area pasir dan ramp tanjakan turunan dengan sudut sekitar 30 sampai 35 derajat.

    Area ini memperlihatkan kemampuan jelajah model 5 pintu yang lebih panjang, tidak kalah dengan model 3 pintu. Jimny 5 pintu menawarkan approach angle 36 derajat, departure angle 47 derajat dan paling penting pada versi lebih panjang ini adalah breakover angle di bagian tengah sebesar 24 derajat. Breakover ini adalah kemampuan area tengah untuk menghindari benturan saat kondisi jalanan turunan atau tanjakan ektrem, ditambah dengan ground clearance 210 mm, tidak ada kesulitan model Jimny 5 pintu mengatasi area ekstrem.

    Pada area gundukan yang mengangkat dua roda Jimny, terasa kemampuan brake limited slip differential traction control, membantu mobil keluar dari kondisi roda kehilangan traksi. Fitur ini terasa saat ada ban kehilangan traksi, komputer akan mengaplikasikan rem pada ban yang selip. Kemudian tenaga disalurkan pada roda yang masih memiliki traksi untuk membantu kendaraan bergerak.

    Jimny 5 doors

    Pada trek negatif yang miring ke kanan, Jimny 5 pintu memberikan rasa percaya diri begi pengemudi dengan ban yang tidak mudah terangkat. Salah satu kelebihan sumbu roda yang lebih panjang memang ban akan lebih sulit terangkat dibandingkan sumbu roda yang pendek. Ini penting bagi off-roader. Ban tetap akan membantu kendaraan keluar dari kondisi terjebak akibat ban tidak menapak permukaan jalan.

    Area berikutnya yang menarik adalah ramp over tanjakan dan turunan ekstrem. Berkat departure angle tinggi dan mesin K15B bertenaga, tidak ada kesulitan dalam menanjak. Fitur hill hold assist dan hill descent control bekerja saat kendaraan dalam posisi menanjak dan menurun. Khusus fitur hill descent control, cara kerja fitur ini cukup halus mengaplikasikan rem, tidak terasa kasar, yang tentu menambah kenyamanan berkendara Jimny 5 pintu.

    Simpulan

    Sebagai sebuah kendaraan off-road sejati, Jimny 5 pintu memberikan aspek yang dibutuhkan penggemar luar ruang dalam berkendara. Kini ruang penyimpanan lebih lapang, dengan kemampuan jelajah yang sudah dibuktikan di area ekstrem.

    Suzuki Jimny 5 door

    Jika ingin berkendara di dalam kota, Jimny juga sudah memberikan fitur yang terhitung cukup nyaman. Terlebih di baris kedua yang kini menawarkan ruang dan juga posisi duduk lebih nyaman dibanding model 3 pintu. Cocok jadi mobil keluarga di akhir pekan.

    Sayangnya, bagi konsumen Jimny 5 pintu yang memang ingin memiliki model ini untuk kendaraan harian dan perkotaan, kemungkinan akan terbentur pada penilaian harga. Pada saat peluncurannya, Suzuki membanderol model ini di angka Rp462 juta sampai Rp470 jutaan. Ternyata harga tersebut adalah harga yang disarankan oleh ATPM. Di tenaga penjual, Jimny 5 pintu kini sudah tembus Rp520 juta.

    Rasanya memang sulit menilai Jimny sebagai konsumen yang menginginkan mobil harian untuk keluarga. Model ini selalu di ranah hobi yang kemungkinan tidak akan keberatan merogoh kocek lebih dari setengah miliar untuk model ini. Banderol Rp500 juta juga sudah dihuni berbagai model yang pastinya lebih menarik, fitur lebih canggih, dan dibekali mesin yang lebih bertenaga.

    Keputusan tetap pada konsumen yang menyesuaikan dengan dana. Memilih Suzuki Jimny sudah pasti tahu berbagai risikonya. (STA/TOM)

    Baca juga: First Drive BYD Atto 3: Kualitas Berbicara

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    Model Mobil Suzuki

    • Suzuki XL7
      Suzuki XL7
    • Suzuki Ertiga
      Suzuki Ertiga
    • Suzuki Carry
      Suzuki Carry
    • Suzuki S-Presso
      Suzuki S-Presso
    • Suzuki Jimny
      Suzuki Jimny
    • Suzuki Grand Vitara
      Suzuki Grand Vitara
    • Suzuki Baleno
      Suzuki Baleno
    • Suzuki Ignis
      Suzuki Ignis
    • Suzuki APV Arena
      Suzuki APV Arena
    • Suzuki Ertiga Smart Hybrid
      Suzuki Ertiga Smart Hybrid
    Harga Mobil Suzuki

    Jangan lewatkan

    Promo Suzuki Jimny 5 Door, DP & Cicilan

    • Single Tone MT DP Rp 30 Juta Angsuran Rp 6 Juta x 60 Bulan Rp 465 Juta OTR Lihat Promo
    • Dual Tone MT DP Rp 40 Juta Angsuran Rp 6 Juta x 60 Bulan Rp 468 Juta OTR Lihat Promo
    • Single Tone AT DP Rp 50 Juta Angsuran Rp 6 Juta x 60 Bulan Rp 478,6 Juta OTR Lihat Promo
    • Dual Tone AT DP Rp 50 Juta Angsuran Rp 7 Juta x 60 Bulan Rp 481,6 Juta OTR Lihat Promo

    IIMS 2024

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Suzuki Jimny 5 Door Terbaru di Oto

    Oto
    • Suzuki Jimny 5 Door, Harga di Goreng Tapi Banyak Peminat
      Suzuki Jimny 5 Door, Harga di Goreng Tapi Banyak Peminat
      07 Mar, 2024 .
    • Ini Rasanya Suzuki Jimny 5-Door di Trek Offroad, Lebih Baik dari 3 Pintunya?
      Ini Rasanya Suzuki Jimny 5-Door di Trek Offroad, Lebih Baik dari 3 Pintunya?
      07 Mar, 2024 .
    • Suzuki Jimny 5 Door 2024, Kecil Tapi Lapang | First Imprrssion
      Suzuki Jimny 5 Door 2024, Kecil Tapi Lapang | First Imprrssion
      16 Feb, 2024 .
    Tonton Video Mobil Suzuki Jimny 5 Door

    Bandingkan & Rekomendasi

    Suzuki Jimny
    Suzuki Jimny
    Rp 447,4 - 464 Juta
    Harga Jimny
    Kia Seltos
    Kia Seltos
    Rp 342,5 - 446,5 Juta
    Harga Seltos
    Mazda CX-3
    Mazda CX-3
    Rp 399,9 - 495,5 Juta
    Harga Mazda CX-3
    MG HS
    MG HS
    Rp 460,8 - 550,8 Juta
    Harga MG HS
    Nissan Kicks e-Power
    Tenaga 101
    138
    109
    160
    81
    Torsi 130 Nm
    242 Nm
    144 Nm
    250 Nm
    103 Nm
    Power Steering Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    AC Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    Anti Lock Braking System Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    Kantong Udara Pengemudi Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    Airbag Penumpang Depan Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    Adjustable Seats Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    Headrest Kursi Belakang Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    EBD (Electronic Brake Distribution) Ya
    Ya
    Ya
    Ya
    Ya

    Tren SUV

    • Yang Akan Datang
    • VinFast VF 6
      VinFast VF 6
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • VinFast VF 7
      VinFast VF 7
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • MG 3
      MG 3
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Mei, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Mercedes Benz EQE SUV
      Mercedes Benz EQE SUV
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Neta U
      Neta U
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • Haval Jolion
      Haval Jolion
      Harga menyusul
      Perkiraan Diluncurkan Mei, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    Mobil SUV Yang Akan Datang

    Artikel Mobil Suzuki Jimny 5 Door dari Carvaganza

    • 4 Hal Ini Bikin Suzuki Jimny 5 Pintu Tetap Andal Diajak Off-Road
      4 Hal Ini Bikin Suzuki Jimny 5 Pintu Tetap Andal Diajak Off-Road
      Anjar Leksana, 12 Mar, 2024
    • Mencoba Langsung Fitur-Fitur Suzuki Jimny 5-Door di Jalur Offroad
      Mencoba Langsung Fitur-Fitur Suzuki Jimny 5-Door di Jalur Offroad
      Bangkit Jaya, 07 Mar, 2024
    • Sudah Pesan Suzuki Jimny 5 Pintu, Lihat 3 Inspirasi Gaya Modifikasi Berikut
      Sudah Pesan Suzuki Jimny 5 Pintu, Lihat 3 Inspirasi Gaya Modifikasi Berikut
      Setyo Adi, 26 Feb, 2024
    • FIRST DRIVE: Suzuki Jimny 5 Pintu, Beda Dimensi Tapi Sama Tangguhnya
      FIRST DRIVE: Suzuki Jimny 5 Pintu, Beda Dimensi Tapi Sama Tangguhnya
      Setyo Adi, 22 Feb, 2024
    • IIMS 2024: Heboh 'Digoreng' Sales, Suzuki Jamin Harga Jimny 5 Pintu Tidak Berubah
      IIMS 2024: Heboh 'Digoreng' Sales, Suzuki Jamin Harga Jimny 5 Pintu Tidak Berubah
      Muhammad Hafid, 21 Feb, 2024

    Artikel Mobil Suzuki Jimny 5 Door dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Beli Suzuki Jimny 5 Door MT Tipe Termurah, Dapat Apa Saja?
      Beli Suzuki Jimny 5 Door MT Tipe Termurah, Dapat Apa Saja?
      Anjar Leksana, 12 Mar, 2024
    • Suzuki Jimny 5 Pintu Asyik Diajak Off-Road karena 4 Perangkat Ini
      Suzuki Jimny 5 Pintu Asyik Diajak Off-Road karena 4 Perangkat Ini
      Anjar Leksana, 07 Mar, 2024
    • Suzuki Jimny 5 Pintu Meluncur, Siap-siap Inden Panjang Lagi
      Suzuki Jimny 5 Pintu Meluncur, Siap-siap Inden Panjang Lagi
      Anjar Leksana, 15 Feb, 2024

    Bandingkan

    You can add 3 variants maximum*