First Drive Chery Tiggo 5X: Harga Jadi Senjata

Apakah mampu memikat dengan banyaknya fitur yang dimiliki?

First Drive Chery Tiggo 5X: Harga Jadi Senjata

Chery Tiggo 5X jadi tawaran terbaru di segmen SUV berukuran kompak. Ini sekaligus melengkapi Tiggo series yang sudah beredar lebih dulu yakni Tiggo 8 Pro dan Tiggo 7.

Perkenalan perdananya Februari lalu kerap jadi pertanyaan. Bagaimana rasa berkendara model ini di jalanan umum? Chery kemudian memberikan kesempatan menjajal model terbarunya ini, di kawasan Pantai Indah Kapuk 2, Jakarta.

Chery menyediakan jalur sepanjang kira-kira 10 kilometer yang bisa dieksplorasi di kawasan tersebut. Bahasan kali ini hanya berkutat pada impresi berkendara dan performa yang ditawarkan. Sebab untuk desain sudah dibahas pada saat peluncurannya. Seperti apa impresi Chery Tiggo 5X? Simak laporan berikut.

Impresi Awal

Chery Tiggo 5X

Chery menawarkan varian Tiggo 5X Champion, tertinggi untuk dicoba. Meski masuk ke segmen SUV kompak, berada di balik kemudi Tiggo 5X tidak memberikan kesan sempit, justru terasa lapang. Selain itu, posisi duduk bisa diatur menggunakan tuas elektrik, rebah tegak maju mundur dan tinggi rendah, agar menyesuaikan dengan preferensi mengemudi. Kesan kendaraan yang tinggi khas SUV juga masih bisa dirasakan pada model ini.

Kesan ini kemungkinan berkat desain dasbor simpel modern yang memberikan sudut pandang luas untuk mengemudi. Head unit 10,25-inci juga dibuat floating sehingga tidak mengganggu pandangan mengemudi ke arah depan. Selain itu pengaturan kolom lingkar kemudi sudah tilt teleskopik, memperluas kebutuhan ruang dan gaya berkendara pengemudi.

Perhatian tersendiri ada dari pilar A yang terasa sedikit lebar. Meski demikian, kesan mengganggu belum bisa ditemui sepanjang uji coba di jalan umum kawasan PIK yang menawarkan jalanan lebar dan minim kendaraan lain.

Penilaian lainnya adalah kenyamanan jok berbalut kulit pada TIggo 5X. Jok berdesain lebar dan terasa nyaman menopang tubuh pengemudi maupun penumpang.

Lingkar kemudi terasa nyaman digenggam. Selain berbalut kulit, diameternya juga terasa pas dengan genggaman tangan. Perhatian ada pada tombol-tombol di sisi kiri dan kanan yang perlu sedikit penyesuaian. Sebelah kiri menawarkan pengaturan fitur ADAS dan sebelah kanan menawarkan pengaturan fitur hiburan. Kehadiran layar MID 7 inci TFT selain memberikan kesan atraktif dan futuristik, juga memberikan beragam informasi seputar kendaraan. Desain antar mukanya menyerupai seri Tiggo di atas 5X.

Chery Tiggo 5X

Kembali soal impresi mengemudi. Tiggo 5X tidak menawarkan mode berkendara, namun hanya memberikan mode kemudi Comfort dan Sport. Kedua mode ini akan memberikan perbedaan respon gerak kemudi sesuai kegemaran pengemudi.

Sayangnya, pengaturan mode kemudi ini hanya bisa diakses melalui head unit. Lewat sub menu Auxiliary Drive, pengguna Tiggo 5X akan menemukan tawaran Steering Mode bersama dengan pengaturan fitur ADAS.

Di mode Comfort, respons kemudi terasa ringan. Kemungkinan ini untuk berkendara di dalam kota atau area dengan kecepatan rendah guna bermanuver. Mode Sport, maka pengemudi akan merasakan lingkar kemudi lebih berat digerakkan. Cocok untuk dikecepatan tinggi yang membutuhkan kestabilan kendaraan.

Namun sedikit penilaian, kedua fitur ini terasa sebagai gimmick berkendara yang sebenarnya tidak terlalu berdampak kepada kendali. Di kedua mode, kemudi masih terasa kosong, tidak tajam untuk bermanuver. Rasanya bagi pengemudi yang gemar perubahan kendaraan cepat dan tajam, ada sedikit rasa yang mengganggu di area kemudi ini.

Apresiasi baik diberikan kepada kinerja peredaman suspensi. Chery menggunakan semi independent rear suspension yang terasa nyaman melewati jalanan lapang di areal PIK 2 dengan kondisi kendaraan diisi empat penumpang dewasa. Ada beberapa speed trap di jalanan ini, goncangan mampu diredam dengan baik. Ini terasa sewaktu di baris pertama maupun kedua yang membuat Tiggo 5X sebagai sebuah SUV yang mampu memberikan kenyamanan.

Tidak banyak skenario manuver ekstrem sewaktu pengujian perdana ini. Namun dari beberapa jalur berbelok dan putar arah, Tiggo 5X terasa cukup stabil dan minim terasa bodi roll berlebih. Performa ban 215/65 R16 dan tinggi ground clearence 180 mm membuat rasa berkendara SUV yang mampu melibas beragam kondisi jalan mendapat kesan positif.

Selain itu, kenyamanan juga terasa berkat kualitas peredaman kabin. Meski varian Champion memiliki sunroof, namun tidak banyak suara luar yang masuk ke dalam kendaraan. Sedikit terdengar derungan mesin dan suara ban, namun hal tersebut tidak terlalu menggangu. Ini juga menjadi modal penting menikmati hiburan dari head unit yang disambungkan keempat speaker di sekeliling kabin.

Performa Mesin

Chery Tiggo 5X

Tiggo 5X memakai mesin 1.500 cc VVT yang menawarkan tenaga 112 hp dan torsi 138 Nm di putaran 2.750 mm. Lalau dikawinkan dengan transmisi CVT. Chery menyebutkan di lembar faktanya transmisi ini menawarkan 7-percepatan. Namun dari unit yang dicoba, mampu menawarkan hingga 9-percepatan melalui mode manual.

Impresi perdana mesin ini, dalam skenario berkendara santai, cukup memberikan tenaga. Torsi terasa pada putaran rendah dan tanpa harus menekan pedal gas cukup dalam mampu memberikan dorongan pada kendaraan.

Rasa berbeda terasa ketika ingin lebih kencang. Asupan tenaga tidak bisa dibilang instan, sebab terasa sedikit jeda. Meski demikian, performa transmisi terasa cukup halus saat melakukan pergantian gigi.

Kemungkinan, pengaturan ini dilakukan untuk mendapatkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Ini tentu jadi tugas selanjutnya saat pengujian kendaraan di berbagai kondisi jalan dan waktu yang lama.

Simpulan

Chery Tiggo 5X

Kehadiran Tiggo 5X jelas wajib dipertimbangkan, terutama untuk calon konsumen mobil pertama, keluarga muda, atau yang ingin kendaraan kedua modern padat fitur. Tawaran dimensi kompak, namun dengan ruang lapang, membuat Tiggo 5X bisa juga untuk jadi mobil keluarga dan digunakan harian.

Terlebih, di varian teratas Champion, Chery sudah menawarkan fitur ADAS canggih. Terdapat fitur adaptive cruise control, lane departure warning, forward collision warning, auto emergency braking, blind spot detection, rear cross traffic alert dan intelligent headlamp, jelas membuat Tiggo 5X jadi SUV kompak yang patur disejajarkan dengan rivalnya yang sudah hadir.

Harga menjadi poin plus tersendiri. Chery menawarkan Tiggo 5X dengan harga perkenalan Rp249 juta untuk varian Classic dan Rp279 juta untuk varian Champion. Untuk harga normal keduanya adalah Rp269 juta dan Rp299 juta. Termasuk kompetitif untuk jadi pilihan SUV pertama. Chery juga memasang Tiggo 5X bisa bertarung di dua kelas yakni SUV kompak dan SUV kecil yang dihuni nama-nama besar.

Chery juga menawarkan garansi kendaraan selama enam tahun atau 150.000 km sebagai wujud layanan purna jual mereka. Konsumen juga bebas jasa perawatan berkala selama empat tahun atau 60.000 km. Hadir juga layanan roadside assistance gratis selama satu tahun dengan opsi perpanjangan. (STA/ODI)

Baca Juga: Road Test Chery Tiggo 7 Pro

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

Model Mobil Chery

  • Chery Omoda 5
    Chery Omoda 5
  • Chery Tiggo 5x
    Chery Tiggo 5x
  • Chery Omoda E5
    Chery Omoda E5
  • Chery Tiggo 8 Pro
    Chery Tiggo 8 Pro
  • Chery Tiggo 7 Pro
    Chery Tiggo 7 Pro
Harga Mobil Chery

Jangan lewatkan

IIMS 2024

  • Yang Akan Datang
  • Chery Tiggo 4 Pro
    Chery Tiggo 4 Pro
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Jun, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan

Video Mobil Chery Tiggo 5x Terbaru di Oto

Oto
  • Chery Tiggo 5X, Mulai Rp269Juta Fiturnya Bejibun
    Chery Tiggo 5X, Mulai Rp269Juta Fiturnya Bejibun
    27 Feb, 2024 .
Tonton Video Mobil Chery Tiggo 5x

Bandingkan & Rekomendasi

Honda BRV
Honda BRV
Rp 292,9 - 363,4 Juta
Harga Honda BRV
Toyota Rush
Toyota Rush
Rp 284,4 - 310,45 Juta
Harga Rush
DFSK Glory 560
DFSK Glory 560
Rp 203,9 - 275,9 Juta
Harga Glory 560
Kia Sonet
Kia Sonet
Rp 227,6 - 346 Juta
Harga Sonet
Daihatsu Terios
Daihatsu Terios
Rp 240,55 - 306,75 Juta
Harga Terios
Panjang 4453 mm
4435 mm
4515 mm
4120 mm
4455 mm
Lebar 1735 mm
1695 mm
1815 mm
1790 mm
1695 mm
Tinggi 1666 mm
1705 mm
1735 mm
1615 mm
1705 mm
Tempat Duduk 7
7
5
5
7
Jenis Transmisi Manual
Manual
Manual
Manual
Manual
Mesin 1.5L Petrol Engine, 4 Cylinder 16 Valve DOHC
1.5L Petrol Engine, In-Line 4 Cylinder 16 Valve DOHC
1.5L Petrol Engine, 4 Cylinder 16 Valve
1.5L Petrol Engine, 4 Cylinder 16 Valve DOHC
1.5L Petrol Engine, 4 Cylinder 16 Valve DOHC
Anti Lock Braking System Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Radio AM/FM Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Jenis penggerak -
-
FWD
-
-
Ground Clearance -
-
-
205 mm
220 mm

Tren SUV

  • Yang Akan Datang
  • VinFast VF 6
    VinFast VF 6
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • VinFast VF 7
    VinFast VF 7
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • MG 3
    MG 3
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Mei, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Mercedes Benz EQE SUV
    Mercedes Benz EQE SUV
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Neta U
    Neta U
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Haval Jolion
    Haval Jolion
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Mei, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
Mobil SUV Yang Akan Datang

Artikel Mobil Chery Tiggo 5x dari Carvaganza

  • Cek Perbedaan Varian Chery Tiggo 5X, Champion dan Classic
    Cek Perbedaan Varian Chery Tiggo 5X, Champion dan Classic
    Setyo Adi, 30 Mar, 2024
  • FIRST DRIVE: Chery Tiggo 5X Cocok Untuk Keliling Kota, Fiturnya Kompetitif
    FIRST DRIVE: Chery Tiggo 5X Cocok Untuk Keliling Kota, Fiturnya Kompetitif
    Setyo Adi, 28 Mar, 2024
  • Chery Segera Kirim Unit Tiggo 5X ke Konsumen Bulan Depan
    Chery Segera Kirim Unit Tiggo 5X ke Konsumen Bulan Depan
    Setyo Adi, 26 Mar, 2024
  • Chery Tiggo 5X Ramaikan Segmen SUV Kompak, Begini Komparasinya Dengan Wuling Alvez
    Chery Tiggo 5X Ramaikan Segmen SUV Kompak, Begini Komparasinya Dengan Wuling Alvez
    Setyo Adi, 27 Feb, 2024
  • IIMS 2024: Chery Tiggo 5X Resmi Meluncur, Ada Harga Spesial Selama Pameran
    IIMS 2024: Chery Tiggo 5X Resmi Meluncur, Ada Harga Spesial Selama Pameran
    Bangkit Jaya, 21 Feb, 2024

Artikel Mobil Chery Tiggo 5x dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature
  • advice
  • Suzuki Vitara Hybrid 2024 Disegarkan, Kabin Masih Tampak Usang
    Suzuki Vitara Hybrid 2024 Disegarkan, Kabin Masih Tampak Usang
    Anjar Leksana, 09 Apr, 2024
  • Nikmatnya Road Trip Jakarta - Malang Naik Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid
    Nikmatnya Road Trip Jakarta - Malang Naik Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid
    Zigwheels, 08 Apr, 2024
  • Menyusuri Jalur Mudik Selatan Jawa Bersama Nissan Kicks e-Power
    Menyusuri Jalur Mudik Selatan Jawa Bersama Nissan Kicks e-Power
    Zenuar Istanto, 06 Apr, 2024
  • Cek Lokasi 9 Posko Siaga Toyota untuk Para Pemudik Lebaran 2024
    Cek Lokasi 9 Posko Siaga Toyota untuk Para Pemudik Lebaran 2024
    Anjar Leksana, 06 Apr, 2024
  • Kehebatan Hyundai Ioniq 5 N Diganjar World Performance Car 2024
    Kehebatan Hyundai Ioniq 5 N Diganjar World Performance Car 2024
    Anjar Leksana, 05 Apr, 2024
  • Efek Fatal Aquaplaning, Begini Cara Menghindarinya
    Efek Fatal Aquaplaning, Begini Cara Menghindarinya
    Anjar Leksana, 26 Jan, 2024
  • 8 Poin Penting Berkendara Mudik Aman, Termasuk Posisi Safety Loading
    8 Poin Penting Berkendara Mudik Aman, Termasuk Posisi Safety Loading
    Anjar Leksana, 03 Apr, 2023
  • Penyebab Ban Mobil Benjol dan Cara Mencegahnya
    Penyebab Ban Mobil Benjol dan Cara Mencegahnya
    Anjar Leksana, 28 Mar, 2023
  • Bahaya Fatal Microsleep, Lakukan Ini untuk Mencegahnya
    Bahaya Fatal Microsleep, Lakukan Ini untuk Mencegahnya
    Setyo Adi, 02 Jan, 2023
  • Begini Cara Mengatur Bukaan Pedal Gas dan Kopling Mobil Manual yang Benar
    Begini Cara Mengatur Bukaan Pedal Gas dan Kopling Mobil Manual yang Benar
    Anjar Leksana, 30 Des, 2022
  • Hyundai Stargazer X: Versatile Crossover dengan Kenyamanan MPV
    Hyundai Stargazer X: Versatile Crossover dengan Kenyamanan MPV
    Setyo Adi, 13 Mar, 2024
  • First Drive BYD Seal: Sensasi Supercar Tanpa Perlu Mahal
    First Drive BYD Seal: Sensasi Supercar Tanpa Perlu Mahal
    Setyo Adi, 29 Feb, 2024
  • First Drive BYD Dolphin: Banyak Keunggulan dari Rival Sekelasnya
    First Drive BYD Dolphin: Banyak Keunggulan dari Rival Sekelasnya
    Anjar Leksana, 12 Feb, 2024
  • Test Drive BYD Atto 3: Kualitas Mengejutkan dan Banyak Gimik
    Test Drive BYD Atto 3: Kualitas Mengejutkan dan Banyak Gimik
    Anindiyo Pradhono, 09 Feb, 2024
  • Test Drive New Nissan Kicks e-Power: Fokus ke Efisiensi
    Test Drive New Nissan Kicks e-Power: Fokus ke Efisiensi
    Wahyu Hariantono, 29 Jan, 2024
  • Ragam Jenis Konfigurasi Mesin dan Segala Kelebihannya
    Ragam Jenis Konfigurasi Mesin dan Segala Kelebihannya
    Muhammad Hafid, 18 Mar, 2024
  • Kisah Kesuksesan Isuzu Menjadi Produsen Kendaraan Niaga Kelas Dunia
    Kisah Kesuksesan Isuzu Menjadi Produsen Kendaraan Niaga Kelas Dunia
    Anjar Leksana, 26 Jan, 2024
  • 10 Mobil Polisi Paling Keren di Dunia
    10 Mobil Polisi Paling Keren di Dunia
    Muhammad Hafid, 09 Jan, 2023
  • Merasakan Langsung Mobil Listrik Volvo C40 Recharge di Tanah Kelahirannya
    Merasakan Langsung Mobil Listrik Volvo C40 Recharge di Tanah Kelahirannya
    Eka Zulkarnain H, 02 Jan, 2023
  • Transformasi Toyota Vios dari Generasi Pertama Hingga Sekarang
    Transformasi Toyota Vios dari Generasi Pertama Hingga Sekarang
    Anjar Leksana, 14 Okt, 2022
  • Cara Menangani Kondisi Mobil Alami Aquaplaning di Jalan
    Cara Menangani Kondisi Mobil Alami Aquaplaning di Jalan
    Anjar Leksana, 15 Jan, 2024

Bandingkan

You can add 3 variants maximum*