Pilihan Pikap Bekas, Solusi Murah untuk Bisnis dan Usaha

Harga tetap bertahan, mudah dirawat dan durabilitas sudah teruji

Pilihan Pikap Bekas, Solusi Murah untuk Bisnis dan Usaha

Jenis kendaraan niaga ringan di Indonesia menjadi bagian dari moda usaha. Selain dipakai untuk menyokong rantai industri. Pikap juga digunakan masyarakat dalam mendukung bisnis. Baik di level perintis, UMKM maupun berbagai kebutuhan. Barangkali tertarik membeli unit bekas. Sedikitnya ada empat pilihan pabrikan Jepang seperti Suzuki Carry, Daihatsu Gran Max. Sedangkan opsi mesin diesel terdapat Mitsubishi L300 dan Isuzu Traga. Sila cek kelengkapan masing-masing model.

Suzuki Carry

Suzuki carry

Contohnya saja Suzuki Carry Pick-up. Kalau ambil baru di diler, siapkan kisaran dana Rp169,5 juta sampai Rp178,4 juta on the road Jakarta. Sedangkan untuk harga seken terbilang sangat ekonomis. Di wilayah Jabodetabek tersedia mulai Rp90 jutaan. Ini untuk keluaran 2019 yang masih relatif muda. Anda bisa memilih opsi dengan atau tanpa electronic power steering.

Harga Suzuki Carry Pick-up Bekas:

  • Suzuki Carry Pick-up 2019 Rp85 jutaan
  • Suzuki Carry Pick-up 2020 Rp93 jutaan
  • Suzuki Carry Pick-up 2021 Rp100 jutaan
  • Suzuki Carry Pick-up 2022 Rp110 jutaan

Poin menarik dari Carry generasi terbaru ialah radius putar 4,3 meter. Angka ini menjamin kemudahan sopir untuk berputar balik, parkir kendaraan dan bermanuver. Bahkan sedikit lebih baik dari milik Daihatsu GranMax 4,7 meter. Kemudian dimensinya pun lapang. Bak Carry Pick Up memiliki panjang 2.505 mm, lebar 1.745 mm dan tinggi 425 mm. Ia sanggup mengangkut muatan seberat 1 ton. Agar isi tetap aman selama perjalanan, pelanggan dapat memanfaatkan pengait yang ada di sekeliling bak untuk mengikatkan barang. Pengait berjumlah 12 di tipe FD (Flat Deck) dan 22 buat tipe WD (Wide Deck).

Terus di sektor keamanan, Carry pikap juga dipasangi fitur Immobilizer di anak kuncinya. Pelanggan tidak perlu khawatir saat memarkir kendaraan dan dapat menjalankan bisnis dengan lebih tenang. Kompartemen pun banyak sebagai kendaraan niaga ringan. Unit memiliki enam tempat penyimpanan barang. Termasuk tempat botol dan kantong di belakang jok di varian AC dan 10 tempat di varian non-AC. Kelengkapan itu membuat ruang kabin semakin lega untuk menampung tiga orang. Fitur lain yang juga tersedia untuk memudahkan pengendaraan yakni Sliding Seat.

Sejak 2019 hingga sekarang, Carry dibekali mesin bensin K15B dengan volume ruang bakar 1,5 liter. Pembakaran empat piston memberi tenaga 97 PS pada 5.600 rpm. Dorongan torsi puncak tersedia 135 Nm di 4.400 rpm. Jika dilihat dari data angka, mobil lebih perkasa dari mesin G15A lama. Menurut Suzuki, walau kapasitas mesin sama, namun bisa irit bahan bakar sampai 15 persen dibanding model lawas. Besaran tenaga masih terbilang mencukupi sebagai penggerak mobil niaga ringan.

Mengenai jaminan suku cadang tak perlu diragukan. Sangat banyak. Sebab mesin itu dipakai di produk Suzuki lain juga, yang terbukti keandalannya. Jadi sangat cocok untuk diaplikasikan di kendaraan niaga ringan buat usaha. Kemudian karena sederet selling point itu, Carry senantiasa menjadi produk Suzuki paling laris. Terus menjadi tulang punggung perusahaan.

Daihatsu Gran Max

Daihatsu GranMax PU 2020

Opsi lain kendaraan niaga ringan yang menjadi andalan masyarakat Indonesia untuk menunjang usaha adalah Daihatsu Gran Max jenis pick up. Mobil yang diproduksi PT Astra Daihatsu Motor (ADM) itu kerap dijadikan angkutan kurir, ambulans, hingga disulap menjadi mobil toko. Mobil ini pertama kali dikenalkan di Indonesia pada 2007, sebagai pengganti Daihatsu Zebra Master. Lalu pada 2022, Gran Max resmi mendapatkan facelift yang mengubah mesin hingga beberapa fitur lain.

Berikut daftar harga Daihatsu Gran Max Pikap bekas:

  • Daihatsu Gran Max tahun 2019 1.3L Rp80 jutaan
  • Daihatsu Gran Max tahun 2020 1.5L Rp95 jutan
  • Daihatsu Gran Max tahun 2021 1.5L Rp100-120 jutaan
  • Daihatsu Gran Max tahun 2022 1.5L Rp125 jutaan

Eksterior Daihatsu Gran Max minim perubahan sejak debut awal. Mobil ini masih mempertahankan desain khas yang sama, termasuk model facelift yang dirilis tahun lalu. Kendaraan senantiasa menggunakan desain serba boxy dan sederhana. Tidak banyak aksesori untuk mempercantik tampilan luar. Bahkan versi facelift hanya mendapatkan minor improvement, khusus untuk model 1.500 cc.

Perubahan ini termasuk ukuran roda. Naik dari 14 inci menjadi 15 inci dan trim teratas mendapatkan kelir dua warna. Sedangkan Daihatsu Gran Max model terendah tetap menggunakan pelek kaleng. Interior bergantung pada model yang dipilih. Varian minivan tersedia jumlah kursi lapang menampung penumpang. Lalu blind van dan pick up hanya memiliki 2 kursi saja.

Gran Max pada umumnya mempunyai interior serba sederhana, layaknya sebuah mobil niaga. Tipe tertinggi mendapatkan kenyamanan seperti AC, radio single DIN, serta berbagai tempat penyimpanan. Namun fitur-fitur kenyamanan dan keselamatan lainnya masih absen, seperti power windows, panel pintu, AC double blower, pengereman ABS dan airbags.

Daihatsu Gran Max tersedia dengan dua pilihan enjin. Pertama mesin 1.300 cc K3-DE dengan semburan tenaga 87 PS dan torsi 11,7 kgm (115 Nm). Lalu opsi kedua adalah jantung pacu 1.500 cc 3SZ-VE yang memberi output 96 PS dan torsi 134 Nm. Di versi facelift, tipe 1.5L mendapatkan mesin baru berkode 2NR-VE, satu basis dengan Avanza-Xenia terbaru. Dapur pacunya menghasilkan tenaga 98 PS dan torsi 134 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda belakang (RWD) melalui transmisi manual 5 percepatan.

Baca Juga: Pilihan SUV Bekas Rp100 Jutaan, Ada Honda HR-V hingga Mitsubishi Outlander Sport

Mitsubishi L300

Mitsubishi L300

Mitsubishi L300 jadi kendaraan niaga andalan MMKSI. Model legendaris ini tidak banyak berubah dari beberapa dekade laku. Demikian pula dengan peminatnya. Nah, untuk keluaran terbaru Euro 4, tipe bab sasis Rp229,25 juta. Lalu pick up flat deck dilepas Rp232 juta on the road Jakarta. Salah satu nilai jual kendaraan ini ialah memiliki ukuran kargo delapan persen lebih luas, atau kian panjang 200 mm menjadi 2.630 mm.

Sehingga unggul dan menguntungkan pengusaha dari sisi kapasitas maupun daya angkut. Termasuk menjadi poin utama andalan sebuah kendaraan pikap. Ongkos servis dibilang mudah dengan jaminan garansi. Konsumen dapat melakukan itu lebih dari 300 jaringan bengkel atau diler resmi. Ketersediaan suku cadang lebih dari 3.500 outlet di seluruh Indonesia. Menurut MMKSI, ia memiliki ketahanan produk serta usia pakai yang awet untuk jangka waktu lama.

Harga Mitsubishi L300 Euro 4 Bekas:

  • Mitsubishi L300 FD 2022 Rp183 juta
  • Mitsubishi L300 FD 2023 Rp200 jutaan

Walau bekas, penyegaran Colt L300 tampak kentara. Itu terjadi di bagian interior maupun eksterior. Kabin semakin luas dan lega. Rancangan speedometer analog baru, juga pegangan pintu. Terus posisi speaker berubah. Bagian tubuh luar, mendapatkan penyegaran tampilan dengan desain bumper serta grille anyar. Ada balutan kromium banyak. Posisi kabin pun lebih tinggi 100 mm.

Emisi gas buang dijanjikan lebih ramah lingkungan dan konsumsi bahan bakar kian efisien. Mitsubishi Colt L300 berbekal jantung pacu diesel 4N14 dengan standar spesifikasi Euro 4. Kubikasi enjin 2.268 cc dengan kode 4N14 - DOHC 4 silinder segaris. Teknologinya sudah direct injection, inter cooler common rail turbocharger. Tenaga puncak tersembur 99,25 PS di 3.500 rpm. Lalu torsi maksimal 200 Nm diraih sejak 1.000-3.500 rpm. Artinya tenaga naik 40 persen lebih besar dari model sebelumnya. Ini demi mendukung muatan lebih banyak dan dorongan tenaga kian besar.

Isuzu Traga

Isuzu Traga

Mobil niaga ringan Isuzu Traga, mengusung mesin penenggak solar (Euro 4) berkode 4JA1-L berkapasitas 2,5 liter direct injection turbo. Diklaim sangat bandel dan punya efisiensi bahan bakar baik. Menurut pabrikan, suku cadang mesin juga mudah ditemukan, di luar bengkel resmi. Dorongan torsi puncaknya mencapai 191,22 Nm sejak 1.800 rpm. Embusan daya maksimal 80 PS pada 3.500 rpm. Penyalur daya pakai transmisi manual lima percepatan, sama seperti milik D-Max.

Kisaran Harga Isuzu Traga Pikap Bekas:

  • Isuzu Traga 2019 Rp166 juta
  • Isuzu Traga 2020 Rp170 juta
  • Isuzu Traga 2021 Rp175 juta
  • Isuzu Traga 2022 Rp197 juta

Bagian lain tak kalah penting ialah kapasitas muatan. Traga memiliki dimensi sangat besar di kelasnya. Lihat saja, panjang kendaraan mencapai 4.520 mm, lebar 1.705 mm dan tinggi 1.985 mm. Sekadar gambaran, kendaraan diklaim mampu membawa lebih kurang 60 galon air dalam sekali angkut. Artinya, ada 12 galon lebih banyak yang dapat digendong. Ia memiliki GVW 2.950 kg.

Agar mampu menopang beban. Mobil komersial Isuzu ini pakai suspensi depan double wishbone with coil spring. Sedangkan di belakang menggunakan leaf spring type yang sudah diperkuat. Di bagian kaki-kaki tersemat ban berukuran 195, ring 14 inci depan & belakang. Terdapat sistem pengereman cakram roda depan dan model tromol di belakang.

Visibilitas kabin Traga terbilang baik. Sehingga pengemudi bisa menjangkau berbagai sudut di luar kendaraan. Mulai dari posisi tempat duduk, setir hingga tuas transmisi. Untuk memindahkan gigi, letak tuas berada tepat di samping kiri lingkar kemudi. Sangat memudahkan untuk berkendara. Urusan lingkar kemudi, kedua model sudah pakai power steering. Sehingga sopir lebih mudah mengendalikan kendaraan. Kemudian tak cepat lelah ketika bermanuver khususnya pada kecepatan rendah. Tapi kalau spesifikasi keseluruhan dibedah. Ia layak masuk dalam daftar pembelian. Mesin relatif bisa bersaing, kapasitas muatan (GVW) serta tampilan lebih baik. Nah, itulah deret kelengkapan tiap kendaraan niaga bekas yang bisa Anda pilih untuk melakukan usaha. (ALX/ODI)

Baca Juga: Dana Setara All New Toyota Agya GR Sport, Ini Pilihan Mobkas Paling Menarik

Anjar Leksana

Anjar Leksana

Anjar Leksana adalah wartawan multitalenta. Ia pernah jadi guru bahasa Inggris, sebelum kepincut jadi wartawan ekonomi di salah satu majalah. Tidak lama, ia lantas tertarik dengan dunia otomotif, yang hingga sekarang dilakoni. Kiprahnya di dunia jurnalistik otomotif diawali dengan menulis untuk majalah otomotif ternama seperti Autocar Indonesia, Autobild, hingga Black Experience. Pengalamannya mengulas mobil serta pengetahuannya di bidang industri menjadi modal berharga untuk menyuguhkan tulisan yang berkualitas.

Baca Bio Penuh

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

IIMS 2024

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang
  • VinFast VF 6
    VinFast VF 6
    Rp 344,98 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • VinFast VF 7
    VinFast VF 7
    Rp 544,98 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • BYD D9
    BYD D9
    Rp 1,056 Milyar Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Agu, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • MG 3
    MG 3
    Rp 203,04 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Agu, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Toyota Hilux Rangga
    Toyota Hilux Rangga
    Rp 785,8 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Sep, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
  • Jajal Gokart didalam Mall, Cocok buat Latihan Balap
    Jajal Gokart didalam Mall, Cocok buat Latihan Balap
    28 May, 2024 .
  • Hyundai Tambah Varian Palisade, Jawaban Permintaan Konsumen
    Hyundai Tambah Varian Palisade, Jawaban Permintaan Konsumen
    28 May, 2024 .
  • 5 kelebihan dan kekurangan Wuling Cloud EV, Harganya Menarik!
    5 kelebihan dan kekurangan Wuling Cloud EV, Harganya Menarik!
    24 May, 2024 .
  • Cari Spot Foto Terbaik Bareng All New Honda CR-V e: HEV, Jalan Hampir 1.500 KM
    Cari Spot Foto Terbaik Bareng All New Honda CR-V e: HEV, Jalan Hampir 1.500 KM
    24 May, 2024 .
  • BAIC BJ40 Plus yang mirip Jeep Wrangler dan BAIC X55-II yang berlimpah fitur mutakhir
    BAIC BJ40 Plus yang mirip Jeep Wrangler dan BAIC X55-II yang berlimpah fitur mutakhir
    21 May, 2024 .
  • Bahas 5 Kelebihan dan Kekurangan Nissan Kicks e-Power
    Bahas 5 Kelebihan dan Kekurangan Nissan Kicks e-Power
    15 May, 2024 .
  • Cari Spot Foto Terbaik Bareng All New Honda CR-V e: HEV, Jalan Hampir 1.500 KM
    Cari Spot Foto Terbaik Bareng All New Honda CR-V e: HEV, Jalan Hampir 1.500 KM
    15 May, 2024 .
  • Neta V-II Tampil Lebih Menarik dengan Harga yang Kompetitif!
    Neta V-II Tampil Lebih Menarik dengan Harga yang Kompetitif!
    06 May, 2024 .
  • BYD Seal: Sedan Sport Mewah EV Punya Harga Terjangkau | Road Test
    BYD Seal: Sedan Sport Mewah EV Punya Harga Terjangkau | Road Test
    06 May, 2024 .
  • Canggihnya Mobil Hidrogen Hyundai Nexo. Sekali Isi 630 km!
    Canggihnya Mobil Hidrogen Hyundai Nexo. Sekali Isi 630 km!
    06 May, 2024 .
Tonton Video Mobil

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Chery Recall Tiggo 5X, Masalah Sama Seperti Omoda 5
    Chery Recall Tiggo 5X, Masalah Sama Seperti Omoda 5
    Bangkit Jaya, Hari ini
  • Mitsubishi Perluas Jaringan di Kaltim, Buka Dealer di Berau dan Bontang
    Mitsubishi Perluas Jaringan di Kaltim, Buka Dealer di Berau dan Bontang
    Setyo Adi, Hari ini
  • Neta L Mulai Dijual di Cina, Lawan ZS EV dan Omoda E5
    Neta L Mulai Dijual di Cina, Lawan ZS EV dan Omoda E5
    Muhammad Hafid, Hari ini
  • Penting Untuk Keselamatan, Ketahui Tanda-Tanda Rem Mobil Bermasalah
    Penting Untuk Keselamatan, Ketahui Tanda-Tanda Rem Mobil Bermasalah
    Setyo Adi, Hari ini
  • IIMS Surabaya 2024 Dibuka Pekan Ini, Gabungkan Pameran dan Konser
    IIMS Surabaya 2024 Dibuka Pekan Ini, Gabungkan Pameran dan Konser
    Zenuar Yoga, Hari ini

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature
  • advice
  • Begini VinFast VF e34 yang Bakal Dijual Nanti, Interiornya Lebih Berkualitas
    Begini VinFast VF e34 yang Bakal Dijual Nanti, Interiornya Lebih Berkualitas
    Eka Zulkarnain H, 27 Mei, 2024
  • Mobil Listrik Cina Diprediksi Bakal Menguasai Market Dunia
    Mobil Listrik Cina Diprediksi Bakal Menguasai Market Dunia
    Anjar Leksana, 27 Mei, 2024
  • Hyundai Palisade XRT Varian Baru Mengisi Trim Tertinggi
    Hyundai Palisade XRT Varian Baru Mengisi Trim Tertinggi
    Muhammad Hafid, 27 Mei, 2024
  • Ferrari Ogah Pasang Turbo ke Mesin V12
    Ferrari Ogah Pasang Turbo ke Mesin V12
    Alvando Noya, 27 Mei, 2024
  • Melihat Langsung Kemegahan Pabrik VinFast di Vietnam
    Melihat Langsung Kemegahan Pabrik VinFast di Vietnam
    Eka Zulkarnain H, 25 Mei, 2024
  • Efek Fatal Aquaplaning, Begini Cara Menghindarinya
    Efek Fatal Aquaplaning, Begini Cara Menghindarinya
    Anjar Leksana, 26 Jan, 2024
  • 8 Poin Penting Berkendara Mudik Aman, Termasuk Posisi Safety Loading
    8 Poin Penting Berkendara Mudik Aman, Termasuk Posisi Safety Loading
    Anjar Leksana, 03 Apr, 2023
  • Penyebab Ban Mobil Benjol dan Cara Mencegahnya
    Penyebab Ban Mobil Benjol dan Cara Mencegahnya
    Anjar Leksana, 28 Mar, 2023
  • Bahaya Fatal Microsleep, Lakukan Ini untuk Mencegahnya
    Bahaya Fatal Microsleep, Lakukan Ini untuk Mencegahnya
    Setyo Adi, 02 Jan, 2023
  • Begini Cara Mengatur Bukaan Pedal Gas dan Kopling Mobil Manual yang Benar
    Begini Cara Mengatur Bukaan Pedal Gas dan Kopling Mobil Manual yang Benar
    Anjar Leksana, 30 Des, 2022
  • Hyundai Stargazer X: Versatile Crossover dengan Kenyamanan MPV
    Hyundai Stargazer X: Versatile Crossover dengan Kenyamanan MPV
    Setyo Adi, 13 Mar, 2024
  • First Drive BYD Seal: Sensasi Supercar Tanpa Perlu Mahal
    First Drive BYD Seal: Sensasi Supercar Tanpa Perlu Mahal
    Setyo Adi, 29 Feb, 2024
  • First Drive BYD Dolphin: Banyak Keunggulan dari Rival Sekelasnya
    First Drive BYD Dolphin: Banyak Keunggulan dari Rival Sekelasnya
    Anjar Leksana, 12 Feb, 2024
  • Test Drive BYD Atto 3: Kualitas Mengejutkan dan Banyak Gimik
    Test Drive BYD Atto 3: Kualitas Mengejutkan dan Banyak Gimik
    Anindiyo Pradhono, 09 Feb, 2024
  • Test Drive New Nissan Kicks e-Power: Fokus ke Efisiensi
    Test Drive New Nissan Kicks e-Power: Fokus ke Efisiensi
    Wahyu Hariantono, 29 Jan, 2024
  • Kerap Dibandingkan, Pilih New Toyota Rush GR Sport atau Daihatsu Terios R?
    Kerap Dibandingkan, Pilih New Toyota Rush GR Sport atau Daihatsu Terios R?
    Setyo Adi, 27 Mei, 2024
  • Pendatang Baru Citroen C3 Aircross, Lawan Pemain Lawas Toyota Rush
    Pendatang Baru Citroen C3 Aircross, Lawan Pemain Lawas Toyota Rush
    Setyo Adi, 22 Mei, 2024
  • Ragam Jenis Konfigurasi Mesin dan Segala Kelebihannya
    Ragam Jenis Konfigurasi Mesin dan Segala Kelebihannya
    Muhammad Hafid, 18 Mar, 2024
  • Kisah Kesuksesan Isuzu Menjadi Produsen Kendaraan Niaga Kelas Dunia
    Kisah Kesuksesan Isuzu Menjadi Produsen Kendaraan Niaga Kelas Dunia
    Anjar Leksana, 26 Jan, 2024
  • 10 Mobil Polisi Paling Keren di Dunia
    10 Mobil Polisi Paling Keren di Dunia
    Muhammad Hafid, 09 Jan, 2023
  • Cara Menangani Kondisi Mobil Alami Aquaplaning di Jalan
    Cara Menangani Kondisi Mobil Alami Aquaplaning di Jalan
    Anjar Leksana, 15 Jan, 2024

Bandingkan

You can add 3 variants maximum*