Histori BYD dari Perusahaan Baterai hingga Jadi Penguasa Dunia Kendaraan NEV

Bukan sekadar produsen otomotif, melainkan sebuah perusahaan raksasa yang merambah banyak sektor

Histori BYD dari Perusahaan Baterai hingga Jadi Penguasa Dunia Kendaraan NEV

Sepanjang tahun lalu, Build Your Dreams (BYD) sukses menjual 3 juta kendaraan NEV (new energy vehicle). Produksi ini menjadi torehan terbanyak global mengalahkan Tesla. Nah, mereka baru saja masuk pasar Indonesia lewat tiga model andalan: Dolphin, Atto 3 dan Seal. Perusahaan teknologi global ini berbasis di Shenzhen, Guangdong, China. Mereka melakukan investasi besar selama 30 tahun. Tujuannya menghasilkan teknologi guna mencapai visi dan misi menciptakan lingkungan bebas emisi.

KEY TAKEAWAYS

  • Infrastruktur juga menjadi salah satu keahlian BYD

    Masifnya riset dan pengembangan juga mampu menghasilkan banyak inovasi
  • Guna mewujudkan visi mendinginkan bumi sebesar 1°C. BYD menggabungkan keunggulan teknologi dengan perhatian mendalam terhadap lingkungan. Saat ini, mereka telah menjadi pemimpin dalam industri global. Hingga sekarang pabrikan Cina ini telah menjual lebih dari enam juta unit NEV. Keikutsertaan mereka di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 untuk menunjukkan komitmen perusahaan. Lalu, demi memperluas jangkauan pasar global dan mengenalkan visi kepada konsumen di Indonesia.

    “BYD berdiri pada 1995 sebagai perusahaan baterai dengan rumah yang disewa sebagai kantor dan hanya terdiri dari 20 orang. Namun setelah tiga tahun. Kami mendirikan cabang di Eropa, dua tahun kemudian kami bekerja sama dengan dua raksasa selular dunia. Lanjut pada 2003 kami membuat mobil kami sendiri. Dalam kurun waktu 12 tahun, perusahaan sudah memiliki kantor pusat. Kemudian 2023 kemarin, BYD menjadi produsen EV terbesar di dunia. Ini adalah 20 tahun sangat pendek untuk berkembang sepesat ini. Dan merupakan sebuah kebanggaan kami dalam mencapai hal itu,” ujar Jacob Ma, Head of Training BYD Asia-Pacific, Assistant President Director, PT BYD Motor Indonesia, di hadapan media (21/2).

    Dari awal berdiri, BYD dikenal sebagai salah satu pemeran utama dalam industri baterai, dengan reputasi yang dibangun melalui inovasi dan kualitas produk. Keunggulan mereka dalam meracik teknologi baterai sudah dipupuk melalui berbagai kemitraan strategis sejak 2000 bareng merek-merek terkemuka di industri telekomunikasi.

    BYD Headquarter BYD Headquarter

    Tepat pada 2003, BYD membeli perusahaan negara agar mempunyai lisensi untuk membuat mobil dan memulai produksi mobil konvensional pada 2010. BYD yakin bahwa kemampuan dalam memproduksi mobil konvensional dapat menjadi langkah awal untuk memproduksi NEV.

    Pada 2008, mereka membuat mobil bertenaga hybrid pertama di dunia, bernama f3dm. Asal tahu, dm merupakan singkatan dari dual mode EV atau hybrid. Dengan fokus awal di produksi baterai, perusahaan kemudian berkembang menjadi produsen mobil listrik dan komponen kendaraan elektrik.

    Adapun teknologi yang diciptakan BYD beragam. Mulai dari blade battery pada 2020 yang pasang di setiap EV BYD. Lalu e-platform pada 2021, menjadikan ruang mesin menjadi lebih efisien dari segi kelapangan maupun keamanan. Serta sistem mesin eight in one powertrain, diklaim sangat canggih. Kontribusi lini bisnis BYD melalui produksi NEV saat ini telah menempatkan BYD sebagai perusahaan pertama di dunia penyedia solusi seluruh rantai industri kendaraan listrik.

    Teknologi Berkelanjutan BYD

    BYD Blade Battery

    Melalui upaya terus-menerus dalam riset dan pengembangan. BYD berhasil memperluas jangkauan produk, mencakup berbagai sektor dan seluruh jenis industri. Termasuk transportasi publik, truk listrik, kendaraan khusus dan sistem new energy. Dengan visi menciptakan dunia lebih hijau dan berkelanjutan. Mereka bertekad BYD terus menjadi pionir dalam menawarkan solusi teknologi cerdas dan ramah lingkungan guna memenuhi tuntutan masa depan.

    Lalu BYD memiliki pengetahuan mendalam mengenai siklus hidup baterai, termasuk desain, produksi dan daur ulang. Tidak semua produsen baterai memiliki kemampuan daur ulang seperti ini. Perusahaan juga bekerja sama dengan mitra untuk mengelola program daur ulang baterai. Lalu mengubahnya menjadi sumber energi lain yang disimpan dalam sistem penyimpanan energi, termasuk solar system. Hal Ini membuat mereka memiliki ekosistem energi terintegrasi secara menyeluruh.

    Dua Strategi Utama BYD

    Bluebird BYD e6

    Perusahaan mempunyai dua strategi utama dalam menjalankan kegiatan, yaitu transportasi energi hijau (green transportation) dan rantai industri menyeluruh (full industry chain). Dalam strategi transportasi energi hijau. Mereka ingin merevolusi semua kendaraan bergerak menjadi EV. Hal ini membuat BYD menginvestasikan banyak waktu dan biaya di mobil penumpang biasa dan seluruh kendaraan yang bisa diubah menjadi penggerak elektrik. Apabila strategi ini dapat berjalan 100 persen. Maka diklaim dapat meningkatkan potensi pengurangan polusi di dunia.

    Cara ini membuat BYD optimis mampu mengimplementasikan strategi ini karena teknologinya telah disematkan di berbagai transportasi umum di berbagai negara. Di Indonesia keberadaan BYD sudah dimulai dengan kendaraan umum berbasis EV. Contoh, armada digunakan untuk Transjakarta dan unit taksi. Di Singapura, teknologi mereka sudah terpasang di bus, mobil penumpang, taksi dan truk. Sementara itu, 80 persen bus elektrik di Inggris, sudah menggunakan teknologi sama. Termasuk di Amerika Serikat, digunakan di bus elektrik tronton, dan truk.

    Nah, strategi kedua, rantai industri menyeluruh atau full chain industry memegang peran penting terhadap keberhasilan BYD saat ini. Pabrikan merakit hampir seluruh komponen EV termasuk baterai dan BMS (battery management system) secara mandiri. Sehingga membuat mereka mempunyai kuasa penuh untuk mengelola produksi di bagian manufaktur. Selain itu, mereka bisa dengan cepat mengirim kendaraan kepada pelanggan dan mengubah kendaraan EV secara cepat. Tak ayal bila produksi kendaraan elektriknya begitu masif.

    Baca Juga: BYD Siap Bangun Moda Transportasi Sky Shuttle di IKN dan Kota-kota Indonesia

    Empat Industri Utama BYD

    BYD Sky Shuttle

    BYD mempunyai empat bisnis utama yang saling berkaitan satu sama lain. Diversifikasi usahanya yaitu otomotif, elektronik, renewable energy dan rail transit. Dengan fokus terhadap akuisisi energi, penyimpanan dan aplikasi. Mereka menawarkan solusi energi baru komprehensif dengan nol emisi.

    Otomotif

    Dengan riset dan pengembangan mandiri, BYD telah menjadi satu-satunya perusahaan di dunia yang menguasai teknologi inti kendaraan listrik baru (NEV). Contohnya seperti baterai, motor, kontrol elektronik dan chip. Saat ini, NEV BYD telah membentuk tiga lini produk utama di mobil penumpang, kendaraan komersial dan forklift.

    Elektronik

    BYD adalah penyedia layanan dan solusi manufaktur elektronik (EMS) dengan pendekatan satu atap. Setelah lebih dari dua dekade pengembangan, perusahaan ini mencakup empat bidang utama, yaitu: ponsel pintar dan laptop, sistem otomatis cerdas, dan new intelligent product.

    Renewable Energy

    BYD merupakan pelopor dalam menyediakan ekosistem energi nol emisi mulai dari pembangkitan daya hingga penyimpanan, dan penggunaan. Sejak tahun 2008, produk tenaga surya dan penyimpanan energi BYD telah diekspor ke enam benua, lebih dari 20 negara, dan lebih dari 90 kota.

    Rail Transit

    Melalui kekayaan IP (Hak Kekayaan Intelektual) 100 persen independen dan penguasaan penuh atas seluruh rantai industri. BYD menyediakan solusi keseluruhan untuk transportasi rel, mulai dari desain, badan kendaraan dan balok rel. Hingga sistem komunikasi dan operasi serta pemeliharaan cerdas.

    Kini BYD mempunyai 90.000 tenaga penelitian dan pengembangan. Bahkan merupakan salah satu terbesar di dunia. Selain itu, mereka mempunyai 11 riset institut. Tidak hanya membantu BYD dalam proses bisnis, tapi juga menolong industri sosial. Kemudian, perusahaan mempunyai kemampuan untuk mengajukan 19 paten setiap hari. Lalu berencana untuk membangun jumlah tim penelitian dan pengembangan sampai 200.000 orang.

    Pencapaian dari Konsistensi Terhadap Visi

    BYD Production Milestone

    Hasil pengakuan atas dedikasi terhadap inovasi keberlanjutan. Pabrikan telah menerima berbagai pencapaian dan pengakuan internasional. Hal ini mencakup penjualan 90 unit per hari di Jerman. Sekaligus menegaskan BYD dalam menghasilkan kendaraan yang dibutuhkan masyarakat global. Di Asia, khususnya di Thailand, mereka sanggup menjual 10.300 unit dalam waktu satu bulan 12 hari dengan satu model saja. Bahkan semenjak peluncuran 2022, masuk di kategori empat teratas industri otomotif. Teknologi blade Battery sangat terintegrasi, memenangkan "Global New Energy Vehicle Innovation Technology Award" di Kongres Kendaraan Energi Baru Dunia 2020.

    Indikasi keberhasilan BYD juga terlihat dari pertumbuhan penjualan kendaraan listrik. Sebagai produsen NEV terbesar di dunia, EV BYD saat ini telah tersebar di 70 negara dan 400 kota di enam benua. Pencapaian ini menjadikannya sebagai produsen kendaraan elektrik terbesar di dunia. Pada 2023, produksi NEV mereka secara global mencapai 3.045.231 unit dengan peningkatan sekitar 62,24 persen dari tahun sebelumnya. Bahkan pada tahun sama, sudah bisa memecahkan rekor penjualan, yaitu sebesar 3.024.417 unit NEV. Pada 1995 pendapatan perseroan sebesar 9,6 juta US$ lalu pada kinerja 2022, penghasilan sudah mencapai 61 miliar USS. Sungguh lompatan luar biasa bukan?

    “Tentu saja, untuk mencapai green transportation energy. Kami harus berkolaborasi dengan banyak pihak. Karena kami tidak bisa bertarung sendiri. Ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa jika bertepuk sebelah tangan, maka tepuk tangan tidak akan berbunyi. Kami berharap pada masa depan akan lebih banyak kolaborasi yang dapat dilakukan BYD dengan para pelaku industri. Terutama dalam hal energy intelligence dan teknologi masa depan,” pungkas Jacob. (ALX/ODI)

     

    Baca Juga: Kilas Balik Perjalanan Isuzu hingga Menjadi Produsen Kendaraan Niaga Dunia

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    Model Mobil BYD

    • BYD Seal
      BYD Seal
    • BYD Atto 3
      BYD Atto 3
    • BYD Dolphin
      BYD Dolphin
    Harga Mobil BYD

    IIMS 2024

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang
    • BYD D9
      BYD D9
      Rp 1,056 Milyar Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Mei, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
    • BYD Atto 4
      BYD Atto 4
      Rp 464,33 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
      Perkiraan Diluncurkan Mei, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan

    Video Mobil BYD Terbaru di Oto

    Oto
    • BYD Atto 3, Paket Lengkap Mobil Listrik Saat Ini | First Impression
      BYD Atto 3, Paket Lengkap Mobil Listrik Saat Ini | First Impression
      30 Jan, 2024 .
    • BYD Dolphin, Jarak Jangkau Nyaris 500 Km dengan Fitur Super Lengkap!
      BYD Dolphin, Jarak Jangkau Nyaris 500 Km dengan Fitur Super Lengkap!
      30 Jan, 2024 .
    Tonton Video Mobil BYD

    Artikel Mobil BYD dari Carvaganza

    • BYD dan PLN Kolaborasi Kembangkan Ekosistem, Sediakan Puluhan Ribu Unit EV
      BYD dan PLN Kolaborasi Kembangkan Ekosistem, Sediakan Puluhan Ribu Unit EV
      Muhammad Hafid, 18 Mar, 2024
    • BYD Gelar Pameran Mall ke Mall, Bertema Sambut Euro 2024
      BYD Gelar Pameran Mall ke Mall, Bertema Sambut Euro 2024
      Muhammad Hafid, 17 Mar, 2024
    • Yuk, Kenalan Dengan Teknologi e-Platform 3.0 dan 8-in-1 Powertrain Punya BYD
      Yuk, Kenalan Dengan Teknologi e-Platform 3.0 dan 8-in-1 Powertrain Punya BYD
      Anjar Leksana, 27 Feb, 2024
    • Sejarah BYD Kuasai Pasar Mobil Listrik Dunia, Awalnya Pembuat Baterai Ponsel
      Sejarah BYD Kuasai Pasar Mobil Listrik Dunia, Awalnya Pembuat Baterai Ponsel
      Anjar Leksana, 24 Feb, 2024
    • IIMS 2024: BYD dan Bank Mandiri Jalin Kemitraan Fasilitasi Pembiayaan
      IIMS 2024: BYD dan Bank Mandiri Jalin Kemitraan Fasilitasi Pembiayaan
      Anjar Leksana, 20 Feb, 2024

    Artikel Mobil BYD dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • 10.000 Unit Mobil Listrik BYD Jadi Armada Operasional PLN
      10.000 Unit Mobil Listrik BYD Jadi Armada Operasional PLN
      Anjar Leksana, 19 Mar, 2024
    • BYD Kerja Bareng PLN untuk Sokong Ekosistem Kendaraan Listrik
      BYD Kerja Bareng PLN untuk Sokong Ekosistem Kendaraan Listrik
      Anjar Leksana, 16 Mar, 2024
    • Racikan Ini yang Bikin Mobil Listrik BYD Semakin Ringkas dan Efisien
      Racikan Ini yang Bikin Mobil Listrik BYD Semakin Ringkas dan Efisien
      Anjar Leksana, 28 Feb, 2024
    • Sepak Terjang BYD, dari Pembuat Baterai Ponsel Jadi Penguasa Mobil Listrik Dunia
      Sepak Terjang BYD, dari Pembuat Baterai Ponsel Jadi Penguasa Mobil Listrik Dunia
      Anjar Leksana, 26 Feb, 2024
    • Cicilan Kredit Mobil Listrik BYD Dolphin Premium Seharga Rp425 Juta
      Cicilan Kredit Mobil Listrik BYD Dolphin Premium Seharga Rp425 Juta
      Anjar Leksana, 23 Feb, 2024
    • First Drive BYD Seal: Sensasi Supercar Tanpa Perlu Mahal
      First Drive BYD Seal: Sensasi Supercar Tanpa Perlu Mahal
      Setyo Adi, 29 Feb, 2024
    • First Drive BYD Dolphin: Banyak Keunggulan dari Rival Sekelasnya
      First Drive BYD Dolphin: Banyak Keunggulan dari Rival Sekelasnya
      Anjar Leksana, 12 Feb, 2024
    • Test Drive BYD Atto 3: Kualitas Mengejutkan dan Banyak Gimik
      Test Drive BYD Atto 3: Kualitas Mengejutkan dan Banyak Gimik
      Anindiyo Pradhono, 09 Feb, 2024

    Bandingkan

    You can add 3 variants maximum*