Mercedes Benz Kenalkan Update E63 AMG, Punya Wajah Baru Mirip AMG GT

Mercedes-Benz kenalkan wajah baru E63 AMG sebagai buntut dari penyegaran E-Class W213. Rival BMW M5 ini mendapatkan facelift komprehensif, membuatnya tampak seperti model berbeda. Berlaku untuk sedan maupun estate. Kendati begitu, tidak ada update menyoal jantung pacu.


Jelas tampak beda, sang sedan super Mercedes kini berparas agresif bak AMG GT. Ia mendapatkan rangkaian grille Panamericana yang terinspirasi dari kejayaan 300SL di era 50an. Membuka lebar, terisi 12 jeruji vertikal sebagai ciri AMG masa kini. Eksekusi ini turut mengoptimalkan aliran udara menuju jantung buas. Lambang three-pointed star pun ikutan mengembang, berisi serangkaian sensor asistensi berkendara.


Mercedes-AMG E63


Peranti pengaliran udara tidak ketinggalan direvisi. Kanal udara bagian apron diberikan flap penuh mengisi dari tengah sampai ke sisi intake ‘jet-wing’. Diferensiasi model anyar ini membuat bagian apron semakin menekankan nuansa gahar. Di sisi terbawah, merekat splitter sebagai pencipta gaya tekan. Ia dikelir sewarna bodi pada model standar, silver shadow untuk menunjukkan model E63S, atau bisa juga hitam mengilap atau serat karbon tergantung paket opsional.


Adaptasi facelift membuat E63 menganut lampu horizontal bersudut tajam sebagaimana keluarga E-Class. Kemudian disudahi rancangan diffuser segar berisi twin tailpipe di kedua sisi. Elemen pembaruan eksterior lain diberikan untuk versi lebih liar E63 S. ia mengenakan sepatu baru 5 palang ganda berukuran 20 inci yang sisi aerodinamikanya telah dioptimalkan.


Baca juga: Mercedes-Benz GLS 450 4Matic AMG Line Resmi Dipasarkan, Dibanderol Rp 2,325 Miliar


Kalau melirik kabin, dapat terlihat layout menyerupai model sebelum. Namun, di moder termutakhir ini menganut set kontrol anyar. Paling menonjol adalah setir bergaya twin spoke horizontal dengan kubah lingkaran di tengahnya. Disibukkan oleh serangkaian tombol dan touchpad untuk mengendalikan instrument cluster, display media, cruise control, serta fungsi telepon dan audio.


Selain itu, ditemukan touchpad lebar untuk mengatur fungsi multimedia pada konsol tengah. Menggantikan komposisi touchpad dan kontrol putar pada model sebelum. Lewat permukaan sentuh ini pengguna dapat mengendalikan sistem infotainment MBUX yang sekarang sudah menjadi standar Mercedes Benz. Tapi bukan hanya itu, disediakan pula fitur voice command “hey Mercedes”.


Mercedes-AMG E63


Di balik seluruh penyegaran ini, sektor mekanikal dari model sebelum dipertahankan. Enjin V8 4.000 cc biturbo sanggup membuncahkan tenaga sampai 571 hp diikuti torsi 750 Nm pada base model E63 4MATIC+. Ada juga versi buas E63 S 4MATIC+ dengan torehan output tenaga 612 hp dan momen puntir 850 Nm. Urusan drivetrain, seluruh daya tersalur ke empat roda melalui girboks AMG Speedshift MCT 9G dengan paddle shift.


E63 S memang menjadi versi paling brutal, menawarkan kesenangan lewat fitur drift mode. Tapi sekarang, fitur drift tidak eksklusif di S saja. Pasalnya, paket opsional AMG Dynamic Plus tersedia untuk base model. Berisi program berkendara Race dan Drift, sistem pengereman S-Model, dan AMG Steering Wheel dibalut Dinamica Microfibre. (Krm/Tom)


Sumber: Netcarshow, CarandDriver


Baca juga: Mercedes-Benz Umbar Wajah S-Class Terbaru

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store