Yamaha Indonesia Terjunkan Dua Pembalap di WorldSSP300

Gambar
Review Pengguna

Yamaha Indonesia menerjunkan dua pembalap sekaligus di World Supersport 300 (WorldSSP300). Galang Hendra masih jadi andalan. Namun di seri pamungkas nanti, ia didampingi pembalap muda Muhammad Faerozi.


Yamaha World Supersport 300


Helatan akhir WorldSSP300 di Qatar, menjadi berita baik buat Faerozi. Dia ditunjuk mengikuti kelas paling sengit di ajang WSBK. Pihak pabrikan mengungkap, pemilihan rider 16 tahun itu, tak lepas dari penampilannya ketika berlaga di balap yang tengah digelutinya.


"Kami sangat senang dapat mengumumkan Faerozi membalap di World Supersport 300 di Qatar dengan motor Yamaha R3 rakitan Indonesia bersama Galang Hendra Pratama. Terakhir, Faerozi menunjukkan konsistensinya di ajang ARRC 2019 dan sempat meraih Super Pole di Suzuka 4 Hours," kata Minoru Morimoto, President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di Yamaha Flagship Shop, Cempaka Putih, Jakarta Utara (10/10).


Faerozi sendiri, kini memasuki musim kedua di kejuaraan Asia Road Racing Championship (ARRC 2019) pada kelas Asia Production (AP) 250. Catatan apik dibuatnya ketika berhasil merebut podium ke-3 di seri Thailand, Mei lalu.


Selain itu, dia juga ikut serta dalam balap ketahanan Suzuka 4 Hours. Di balapan itu, Faerozi meraih pole position dan finish di urutan 9 bersama rekannya dari Jepang, Maiku Watanuki. Selanjutnya, sang rider menorehkan kemenangan di balap ketahanan Yamaha Endurance Festival 2019.


Pada debutnya ini, Faerozi juga menghuni paddock tim Semakin Di Depan Biblion Motoxracing. Tim yang sudah menaungi Galang selama 2 tahun berkompetisi di WorldSSP300. "Ini kabar yang mengejutkan. Tapi, saya ucapkan terima kasih kepada Yamaha yang memberikan kesempatan untuk balapan di WorldSSP 300 Qatar sebagai Wild Card. Saya sangat senang bisa balapan dengan Galang Hendra dan juga tim MotoXracing yang memiliki banyak pengalaman di WorldSSP 300," ungkap pengguna nomor 45 itu.


Lebih lanjut, rider asal Lumajang, Jawa Timur ini punya misi tembus di 10 besar. Bukan usaha yang mudah, mengingat pesaing di kategori ini juga berat. Kedua rider penunggang Yamaha R3 juga mesti berhadapan dengan Honda CBR500, KTM RC390 dan Kawasaki Ninja 400. Barisan kuda besi dengan kapasitas lebih besar. Motor buatan Indonesia jelas kalah spek. Tapi Galang bakal menurunkan jurusnya kepada Faerozi, supaya Yamaha R3 bisa bersaing di lintasan.


"Saya akui cukup berat dengan spek mereka yang lebih besar. Saya harus menerapkan gaya out-in di corner. Beda dari pembalap lain dengan cara in-in. Selain itu, saya juga harus tahan gas di RPM tinggi. Biar keluar tikungan bisa push. Masalahnya kalau racing line tertutup. RPM pasti turun dan keluar corner gap-nya bisa 8 meter," papar Galang.


"Tapi seri terakhir ini paling saya tunggu-tunggu. Karakter sirkuitnya flat dan punya high speed corner. Sekaligus penasaran membuktikan performa Yamaha R3. Semoga saya bisa menyelesaikan musim ini di 5 besar. Dan, bisa menjadi pembalap terbaik untuk kategori Tissot Super pole Award dan Pirelli Best Lap Award," tutup pemilik nomor 55.


Yamaha WSSP300


Sebagai informasi di pencatat super pole terbanyak, Galang bersaing dengan pembalap Manuel Gonzalez. Pembalap Kawasaki itu juga menjadi lawannya untuk memperebutkan titel peraih best lap. Galang sedikit di atas angin karena sudah mengumpulkan 2 kali best lap. (Ano/Van)


Baca Juga: Tangguhnya Land Cruiser Prado, Saksi Bisu Saat Wiranto Ditusuk

Jelajahi Yamaha R25

Yamaha R25 Rp 61,66 - Rp 68,12 Juta Cicilan : Rp 1,41 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store